Kumpulan Catatan Wali Kelas Untuk Rapor Siswa SD,SMP,SMA/SMK

Kherysuryawan.id – 100+ Lebih jenis catatan wali kelas yang bisa anda lihat sebagai contoh dan referensi bagi para wali kelas yang ingin memberikan deskripsi tentang perkembangan siswa dalam menuntaskan pembelajaran selama satu semester.

 

Sahabat pendidik yang Budiman, sebagai guru yang mungkin juga merangkap sebagai wali kelas salah satu tugas penting yang harus di kerjakan di akhir semester yaitu memberikan nilai kepada setiap peserta didik yang di ajar serta melakukan penginputan nilai kedalam aplikasi eRapor atau kedalam rapor k13 dan tentunya sebagai wali kelas yang tak kalah pentingnya ialah memberikan deskripsi atau catatan wali kelas tentang ketuntasan belaajr siswa atau perkembangan siswa dalam melakukan pembelajaran selama 1 semester atau selama 1 tahun pada saat kenaikan kelas.

 


Membuat catatan wali kelas atau deskripsi perkembangan siswa memang terasa susah-susah gampang artinya bahwa meskipun bisa di katakan bahwa hampir setiap hari guru memberikan pembelajaran pada siswa di sekolah, namun belum tentu guru bisa memberikan penilaian sepenuhnya secara gambling kepada setiap siswa dalam melihat perkembangan siswa oleh sebab itu maka tentunya guru atau wali kelas akan sangat membutuhkan yang Namanya sebuah referensi atau setidaknya contoh kata-kata yang baik dan mudah untuk dipahami oleh siswa sebagai sebuah catatan tentang perkembangan siswa di rapor siswa.

 

Mengapa saya membuat postingan ini dan memberi judul sebagai kumpulan catatan wali kelas untuk rapor siswa???

Jawabannya ialah karena pada postingan-postingan sebelumnya saya telah banyak sekali membagikan contoh-contoh catatan wali kelas yang bisa menjadi referensi bagi guru dan wali kelas dalam membuat kata-kata deskripsi untuk di tuliskan di rapor siswa sebagai bentuk motivasi atau perhatian guru dan wali kelas dalam perkembangan belajar siswa.

 

Pada postingan saya mengenai contoh-contoh catatan wali kelas disana saya telah memberikan berbagai jenis contoh catatan wali kelas yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi ketika akan membuat kata-kata deskripsi untuk di berikan kepada siswa perwaliannya.

Memang setiap wali kelas lebih mengetahui perkembangan belajar siswanya namun tak ada salahnya juga jika para wali kelas mencari contoh kata-kata untuk siswa yang nantinya akan di tuliskan di rapor siswa sebagai sebuah motivasi agar siswa dapat lebih giat dalam belajar di pembelajaran selanjutnya.

 

Melalui postingan inilah saya sengaja ingin memberikan kemudahan kepada para pembaca dalam mengetahui jenis-jenis contoh catatan wali kelas yang telah saya bagikan pada postingan sebelumnya sehingga bagi anda yang mungkin susah untuk mencarinya satu persatu maka melalui postigan inilah saya akan merangkumnya disini untuk memudahkan anda dalam mendapatkan jenis-jenis contoh catatn wali kelas untuk di tulis di rapor siswa.

 

Ada beberapa jenis contoh catatn wali kelas yang telah saya berikan dan jika dihitung secara keseluruhan bisa dikatakan sudah lebih dari 100 kata-kata contoh catatn wali kelas yang telah saya bagikan secara gratis untuk membantu para guru dan wali kelas yang akan membuat catatan wali kelas di rapor sehingga tentunya akan memudahkan wali kelas dalam memberikan kata-kata atau deskripsi untuk siswanya di rapor masing-masing siswa perwaliannya.

 

Contoh catatan wali kelas yang sudah saya bagikan yaitu meliputi catatan wali kelas yang memotivasi, catatan wali kelas yang keren, catatan wali kelas tentang kenaikan kelas, catatan wali kelas tentang siswa yang malas dan tidak naik kelas, catatan wali kelas dimasa pendemi yang menggunakan system belajar daring dan luring, catatan wali kelas yang singkat dan jelas, serta catatan wali kelas tentang kelususan siswa pada Pendidikan tingkat akhir.

 

Baiklah berikut ini contoh catatan wali kelas untuk pengisian eRapor Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka yang bisa anda lihat sesuai judul yang saya sajikan di bawah ini :

·         40 Contoh catatan wali kelas yang memotivasi (DISINI)

·         31 Contoh catatan wali kelas selama belajar Daring dan Luring dimasa Pandemi (DISINI)

·         20 Contoh catatan wali kelas yang singkat dan keren (DISINI)

 

Seluruh jenis catatab wali kelas yang telah saya rangkum pada postingan ini dapat digunakan baik untuk sekolah jenjang SD, sekolah jenjang SMP, sekolah jenjang SMA maupun jenjang SMK. Semoga kumpulan catatan wali kelas yang telah saya bagikan tersebut dapat membantu anda dalam mendapatkan referensi yang bisa dijadikan sebagai contoh catatan wali kelas dirapor siswa.

 

Saya berharap kepada para wali kelas agar dapat mengembangkannya sendiri dan menyesuaikannya dengan keadaan yang terjadi di sekolah masing-masing serta tentunya berpegang kepada hasil yang di peroleh siswa selama melakukan proses pembelajaran di sekolah.

Sekian informasi mengenai kumpulan catatan bagi wali kelas untuk di tulis dirapor, semoga bisa membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel