-->

Cara Mengatasi Lambat Loading Saat Mengakses eRapor di Client

Kherysuryawan.id – erapor tidak bisa di akses dengan menggunakan 2 port sehingga menyebabkan lambat loading saat akan melakukan penginputan nilai melalui akun guru dan akun wali kelas.

Salam pendidikan, berjumpa kembali kita di blog pendidikan dan tutorial yang selalu memberikan informasi update seputar dunia pendidikan.

 

Saat ini saya akan membahas mengenai penggunaan aplikasi erapor yang merupakan aplikasi yang saat ini wajib untuk digunakan oleh setiap satuan pendidikan mulai dari sekolah jenjang SD, SMP hingga sekolah jenjang SMA/SMK. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas lebih kepada aplikasi erapor yang digunakn di jenjang SMP.

 

Seperti di ketahui bahwa untuk aplikasi erapor yang digunakan saat ini pada tahun pembelajaran 2021/2020 di jenjang SMP yaitu aplikasi erapor versi terbaru yang telah melalui beberapa tahapan update. Bagi sekolah yang telah rutin menggunakan aplikasi erapor di setiap semester maka pastinya telah mengetahui akan pembaharuan pada aplikasi erapor versi terbarunya.

 

Nah bagi sekolah yang masih baru saja bergabung dan baru menggunakan aplikasi erapor maka tentunya harus mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan saat pertama kali akan melakukan penginstalan aplikasi erapor sehingga nantinya bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan baik tanpa ada kendala sedikit pun.

 

Aplikasi erapor sangat membantu bagi pihak sekolah dalam melakukan proses penginputan nilai, selain itu di dalam aplikasi erapor juga telah di sediakan menu untuk melakukan cetak erapor sehingga mudah untuk di print dan bisa lengsung di bagikan kepada peserta didik. Selain itu bagi operator dapodik sekolah juga bisa menikmati kelebihan dalam menggunakan aplikasi erapor di sekolah sebab didalam aplikasi erapor juga tedapat menu untuk melakukan pengiriman nilai secara langsung dari aplikasi erapor ke aplikasi dapodik sehingga operator tidak perlu lagi melakukan penginputan secara manual lagi nilai siswa keaplikasi dapodik.

 

Sahabat pendidik dimanapun berada bagi anda yang di sekolah baru saja akan menggunakan aplikasi erapor khusus untuk jenjang SMP maka langklah pertama yang harus anda lakukan untuk bisa menggunakan aplikasi erapor di tahun ini ialah sebagai berikut :

1.   Silahkan anda install aplikasi erapor versi 2.0

2.   Update aplikasi erapor dari versi 2.0 ke versi 2.1

3.   Terakhir update aplikasi erapor dari versi 2.1 ke versi 2.2

4.   Silahkan melakukan sinkronisasi data dapodik agar bisa ditarik ke dalam aplikasi erapor

5.   Selamat mengerjakan erapor dengan menggunakan versi 2.2

 

Jika anda setelah menggunakan dan menjalankan erapor maka ada beberapa hal yang harus anda ketahui dan perhatikan agar ketika anda akan melakukan proses penginputan nilai dan pada saat menjalankan aplikasi erapor tidak bermasalah baik ketika akan mengakses menggunakan menu admin maupun saat mengakses menggunakan menu client yang dalam hal ini dengan menggunakan akun guru.

 

Saat anda melakukan penginstalan pada aplikasi erapor maka pastikan bahwa aplikasi erapor yang telah anda install tersebut dapat di akses dengan menggunakan 2 port , yaitu dengan port 2679 atau localhost:2679 dan dengan menggunakan port 2020 atau localhost:2020.

Hal ini sangat penting untuk anda ketahui khususnya bagi sekolah yang baru saja akan menggunakan aplikasi erapor.

 


Seperti kita ketahui bahwa di dalam mengakses aplikasi erapor ada 2 jenis port yang digunakan yaitu port 2679 dan juga port 2020. Apabila pada aplikasi erapor yang anda gunakan hanya bisa login dengan menggunakan local host 2679 saja maka anda harus melekukan perbaikan agar nantinya aplikasi yang anda gunakan tidak bermasalah, sebab jika anda sudah melangkah jauh namun anda tidalk memahami akan hal ini maka anda akan dibuat kebingungan nantinya.

 

Jika pada aplikasi erapor yang anda gunakan hanya bisa diakses dengan menggunakan port 2679 saja sedangkan saat anda akan login menggunakan port 2020 tidak bisa maka anda harus melakukan uninstall aplikasi erapor anda dan silahkan install kembali dengan mengikuti prosedur yang benar seperti yang akan saya jelaskan melalui postingan ini.

 

Perlu anda ketahui bahwa banyak pengguna aplikasi erapor yang mengalami kendala saat akan melakukan penginputan nilai di sekolah karena saat mereka akan login dengan menggunakan akun guru maka loadingnya sangat lambat sekali bahkan hingga berjam-jam tidak bisa melakukan proses input nilai. Apalagi jika client yang dalam hal ini guru yang mengkses jumlahnya ada begitu banyak maka erapor menjadi sangat lambat loading.

 

Masalah yang menyebabkan erapor menjadi lambat loading saat akan di akses oleh guru-guru yaitu karena pada aplikasi erapor yang digunakan hanya bisa diakses dengan menggunakan 1 por saja yaitu port 2679 sedangkan port 2020 tidak bisa digunakan, nah untuk bisa menjalankan aplikasi erapor dengan menggunakan 2 port agar tidak lambat loading saat akan mengakses aplikasi erapor maka silahkan anda pahami dan simak baik-baik  penjelasan di bawah ini :

-        Pastikan terlebih dahulu setelah menginstal aplikasi erapor versi 2.0 full installer port 2679 dan 2020 dapat diakses melalui computer server

-        Jika hanya 1 port saja yaitu port 2679 yang bisa digunakan untuk mengakses erapor maka jangan di teruskan penggunaannya karena nantinya akan bermasalah ketika client akan mengakses bersama-sama ( aplikasi erapor akan menjadi lambat loading/lemot)

Selanjutnya apa yang harus dilakukan apabila hanya port 2679 saja yang aktif ??? Berikut penjelasan dan langkah penyelesaiannya :

-        Kalau erapor sudah terlanjur ada entrian nilainya, maka silahkan lakukan prose backup, selanjutnya simpan file backup tersebut

-        Uninstall erapor

-        Restar laptop

-        Sebelum melakukan install kembali aplikasi erapor maka Silahkan download terlebih dahulu “All in one Visual c++”

-        Selanjutnya silahkan ekstrak file “All in one Visual c++”  tersebut

-        Buka file “All in one Visual c++” tersebut dan klik 2x pada file install_all.bat

-        Jalankan (RUN) file tersebut hingga selesai

-        Setelah selesai, silahkan install aplikasi erapor versi 2.0 full installer

-        Selanjutnya silahkan cek apakah 2 port yaitu port 2679 dan port 2020 telah aktif saat akan digunakan untuk mengakses erapor

-        Jika 2 port tersebut telah aktif maka silahkan lakukan update aplikasi hingga ke versi yang paling baru saat ini yaitu versi 2.2

-        Login admin dan lakukan proses restore jika sebelumnya melakukan proses backup

-        Selamat mengerjakan aplikasi erapor tanpa lagi ada kata lambat loading

 

Demikianlah penjelasan yang bisa saya sampaikan kepada rekan-rekan operator erapor di sekolah dan juga kepada para guru yang mungkin selama ini pernah mengalami lambat loading saat melakukan proses input nilai di aplikasi erapor, semoga dengan penjelasan diatas senantiasa bisa menambah pengetahuan anda serta bisa mengeluarkan masalah yang selama ini dihadapi saat melakukan dan menjalankan aplikasi erapor di sekolah.

 

Sekian dan semoga Bermanfaat, Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel