-->

2 Cara Input Nomor Peserta Ujian Di Aplikasi Dapodik Versi 2021

Kherysuryawan.id – Petunjuk pengisian nomor peserta ujian nasional di aplikasi dapodik versi terbaru tahun 2021.c

Sahabat operator dapodik yang berbahagia, jumla lagi pada blog pendidikan yang selalu membahas hal-hal seputar dunia pendidikan dan semoga selalu bisa bermanfaat bagi para pembaca dimanapun berada.

 

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai petunjuk dalam melakukan pengisian atau penginputan nomor ujian kedalam aplikasi dapodik versi terbaru tahun 2021. Postingan ini sengaja saya buat karena kebetula saya pun pernah mengalami masalah tentang kebungungan saya dalam melakukan porses penginputan nomor peserta ujian nasional di aplikasi dapodik.

 

Seperti kita ketahui saat ini bahwa siswa yang kemarin lulus pada tingkat akhir ditahun 2020 tidak sempat mengikuti ujian nasional sehingga ketika mereka lulus dan mendapatkan sertifikat/ijasah maka di dalam ijasah tersebut tidak dicantumkan data nomor peserta ujian nasionalnya sehingga kita sebagai operator dapodik pastinya akan kebingungan untuk memsukkan nomo ujian siswa kedalam aplikasi dapodik karena kita tidak memiliki data tersebut.

 

Perlu di ketahui bahwa meskipun siswa yang lulus pada tahun 2020 tidak lagi mengikuti ujian nasional namun mereka sempat di daftarkan untuk menjadi peserta ujian sehingga masing-masing siswa sudah memiliki nomor peserta ujian. Bagi anda yang ingin melihat nomor peserta ujian siswa yang tidak tampil di ijasah maka anda bisa meminta kepada siswa yang bersangkutan agar mereka meminta kepada pihak sekolah asalnya.

 

Nomor peserta ujian nasional (UN) merupakan nomor yang sangat penting bagi seorang siswa atau peserta didik sehingga setiap peserta didik harus memiliki dan mengetahui nomor peserta ujian nasionalnya,dengan memiliki nomor peserta ujian maka dapat di artikan bahwa peserta didik tersebut telah terdaftar dan secara resmi dapat mengikuti tahapan dalam pelaksanaan ujian nasional di sekolah. Mulai tahun 2021 ini meskipun ujian nasional sudah tidak di adakan lagi namun siswa masih bisa mengikuti ujian asesmen nasional yang prosesnya kurang lebih sama dengan ujian nasional meskipun tidak sebagai penentu kelulusan peserta didik.

 

Bagi setiap operator dapodik sekolah maka wajib hukumnya untuk mengetahui tentang pentingnya melakukan input nomor peserta ujian nasional kedalam aplikasi dapodik. Lantas apa dampak yang ditimbulkan apabila operator dapodik tidak melakukan input nomor peserta ujian kedalam aplikasi dapodik ??

 

Apabila nomor peserta ujian nasional tidak diinputkan kedalam aplikasi dapodik maka di dalam aplikasi dapodik khususnya pada menu validasi akan muncul sebuah peringatan atau warning yang menyatakan bahwa siswa atas nama …….(yang belum menginputkan nomor ujian nasional) wajib untuk melakukan input nomor peserta ujian nasionalnya. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini ;

 


Lantas bagimana prosedur pengisian nomor peserta ujian nasional yang benar di dalam aplikasi dapodik ???

Sekolah yang wajib untuk melakukan input nomor peserta ujian nasionalnya yaitu sekolah jenjang SMA/SMK serta sekolah jenjang SMP. Untuk sekolah jenjang SMA/SMK maka nomor peserta ujian yang diinput yaitu nomor peserta ujian ketika siswa duduk di bangku SMP sedangkan di sekolah jenjang SMP nomor peserta ujian siswa yang diinputkan ialah nomor peserta UN sewaktu di sekolah dasar (SD).

 

Perlu dikatahui bahwa pada tahun-tahun sebelumnya jumlah kode nomor peserta ujian memiliki jumlah angka sebanyak  14 digit seperti pada contoh di bawah ini :

1-19-02-01-001-002-6

Kode nomor peserta ujian nasional tersebut memiliki makna/arti sebagai berikut :

-        1 : kode jenjang

-        19 : kode tahun ujian

-        02 : kode provinsi

-        01: kode rayon

-        001: kode sekolah

-        002: kode peserta

-        6: cek kode peserta

 

Berbeda halnya dengan kode nomor peserta ujian yang saat ini digunakan oleh peserta didik yang mana jumlah digit pada kode nomor peserta ujiannya yaitu berjumlah 16 digit namun dengan arti dan makna yang sama dengan yang sebelumnya hanya saja jumlah angkanya yang berbeda dibandingkan dengan nomor ujian tahun sebelumnya.

 

Pada aplikasi dapodik jumlah digit yang bisa dimasukkan hanyalah berjumlah 14 digit saja sehingga banyak para operator dapodik sekolah yang bingung tentang bagaimana cara untuk melakukan input nomor kode peserta ujian nasional kedalam aplikasi dapodik. Oleh sebab itulah melalui postingan ini saya akan memberikan penjelasan mengenai cara yang bisa anda lakukan dalam menginput nomor peserta ujian nasional di aplikasi dapodik versi 2021.

 

Disini saya akan memberikan 2 opsi yang bisa anda lakukan untuk menginput nomor peserta ujian nasional peserta didik di aplikasi dapodik versi 2021. Namun sebelum anda memilih salah satu dari kedua opsi yang saya berikan ini alngkah baiknya jika sebelumnya anda melakukan kooordinasi terlebih dahulu kepada pihak dinas pendidikan setempat mengenai opsi mana kira-kira yang akan di gunakan pada sekolah yang ada di temapat anda.

 

Baiklah berikut ini 2 opsi petunjuk yang bisa dipilih dalam melakukan input nomor peserta ujian nasional kedalam aplikasi dapodik versi terbaru saat ini :

 

CARA 1

Apabila nomor peserta ujian siswa seperti di bawah ini,

1-19-01-02-0110-0001-2

Maka di daplikasi dapodik silahkan input menjadi seperti di bawah ini :

19-01-02-0110-0001-2

Seperti tampak pada gambar di bawah ini:


CARA 2

Apabila nomor peserta ujian siswa seperti di bawah ini,

1-19-01-02-0110-0001-2

Maka di daplikasi dapodik silahkan input menjadi seperti di bawah ini :

1-19-01-02-011000012

 Seperti tampak pada gambar di bawah ini:


Lantas bagaimana cara untuk melakukan penginputan nomor peserta ujian nasional siswa kedalam aplikasi dapodik ???

Berikut ini penjelasan langkah-langlah dalam memasukkan nomor peserta ujian nasional siswa kedalam aplikasi dapodik versi terbaru :

1.   Silahkan login kedalam aplikasi dapodik

2.   Klik menu “peserta didik”

3.   Pilih salah satu nama peserta didik, dan klik menu “Registrasi”

4.   Pada kolom nomor peserta UN, silahkan input nomornya

5.   Klik “simpan dan tutup”

6.   Selesai

 

Selain anda harus memasukkan nomor peserta ujian nasional di dapodik ada beberapa data lainnya yang juga harus diinputkan seperti nama sekolah asal, hoby dan cita-cita, serta nomor seri ijazah masing masing pesewrta didik.

 

Demikianlah informasi yang bisa sampaikan mengenai panduan dan poetunjuk cara melakukan input nomor peserta ujian nasional di aplikasi dapodik versi 2021, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel