-->

2 Cara Cek Kecepatan Bandwidth Internet di Tempat Anda

Kherysuryawan.id – Langkah mudah untuk mengetahui kecepatan internet di sekolah, rumah, atau tempat yang anda singgahi saat ini baik dengan menggunakan HP maupun dengan menggunakan laptop.

Sahabat Pendidikan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini saya akan membahas informasi seputar teknologi khusususnya di dunia internet yang tentunya juga akan sangat bermanfaat bagi dunia Pendidikan.

 

Yah, saat ini dengan semakin majunya dunia internet dan teknologi maka membuat semua pekerjaan lebih cenderung dilakukan secara online. Hal itu hampir berlaku di semua perkantoran dan tidak terkecuali di setiap sekolah yang juga system kerjanya harus menggunakan jaringan internet yakni secara online.

 

Sebagai contoh jika di sekolah maka yang harus di kerjakan dengan system online atau dengan bantuan internet yaitu ketika sekolah akan melakukan proses synkronisasi dapodik, sinkronisasi aplikasi PMP, sinkronisasi aplikasi erapor, pelaksanaan asesmen nasional (AN), pengiriman data rencana kerja aggaran sekolah (RKAS) dan mungkin masih banyak lagi yang lainnya.

 

Jika anda adalah pengguna internet namun selama ini anda masih belum memahami bagaimana cara untuk bisa mengetahui bearapa besar kecepatan internet yang ada di tempat anda masing-masing, nah melalui kesempatan inilah saya akan sedikit berbagi informasi mengenai cara mudah untuk bisa melihat dan mengetahui kecepatan internet yang ada di tempat anda masing-masing.

 

Saya membuat postingan ini bukan tanpa dasar melainkan saya membagikan informasi ini dari sebuah pengalaman ketika saya akan melihat kecepatan bandwidth internet yang ada di sekolah saya untuk kebutuhan dalam melakukan verval TIK, dan saat akan melakukan pendataan UN/AKM/asesmen. Nah melalui pengalaman yang saya dapatkan tersebut maka saya membagikannya disini untuk bisa membantu para pendidik ataupun masyarakat umum yang ingin mengetahui cara mudah dalam melihat kecepatan internet di tempat anda masing-masing.

 

Adapun kecepatan bandwidth internet yang bisa di cek disini yaitu kecepatan bandwidth pada saat akan melakukan download/unduh dan kecepatan bandwidth saat akan menggunggah atau mengupload sebuah file. Jika anda ketika akan melakukan pekerjaan yang membutuhkan data untuk mengisi jumlah/angka yang berhubungan dengan kecepatan bandwidth internet maka melalui postingan ini kiranya bisa membantu.


Sebagai informasi tambahan bahwa sebelum anda melakukan cek kecepatan internet maka usahakan anda berada di posisi yang saat ini akan anda cek kecepatan bandwidth internetnya. sebagai contoh jika anda akan mengecek kecepatan yang ada di sekolah anda, maka anda harus melakukan cek saat anda sedang berada di sekolah anda.

 

Baiklah berikut ini 2 cara mudah untuk mengetahui kecepatan bandwidth internet.

 

1.   Dengan menggunakan speedtest.cbn.id

Untuk anda yang ingin mengetahui kecepatan internet di tempat atau di sekolah maka anda bisa memanfaatkan cara ini. Untuk mengetahui cara melakukan pengecekan kecepatan internetnya yaitu sebagai berikut :

-          Silahkan kunjungi situs https://speedtest.cbn.id/

-          Selanjutnya klik “GO”

-          Tunggu hingga proses penghitungan kecepatan bandwidth selesai

-          Apabila selesai maka akan tampil seperti gambar di bawah ini



-          Hasilnya adalah kecepatan internet untuk menggunduh sesuai gambar diatas adalah 4,2 Mbps dan kecepatan internet untuk menggunggah sesuai gambar diatas adalah 0,7 Mbps

-          Selesai

 

2.   Dengan menggunakan speedtest.net

Cara yang kedua ini juga dapat anda manfaatkan untuk melakukan tes kecepatan internet di tempat anda masing-masing. Cara kerjanya adalah sebagai berikut :

-          Silahkan kunjungi situs https://www.speedtest.net/id

-          Klik “MULAI”

-          Tunggu hingga proses penghitungan kecepatan bandwidth selesai

-          Apabila selesai maka akan tampil seperti gambar di bawah ini



-          Hasilnya adalah kecepatan internet untuk menggunduh sesuai gambar diatas adalah 5,56 Mbps dan kecepatan internet untuk menggunggah sesuai gambar diatas adalah 7,08 Mbps

-          Selesai

 

Kedua cara diatas dapat anda lakukan dengan mudah jika anda menggunakan perangkat computer atau laptop sedangkan jika anda akan melakukan pengecekan dengan menggunakan perangkat mobile atau HP maka anda bisa menggunakan tool Speedtest by Ookla, V-SPEED Speed Test, V-SPEED Speed Test, Internet Speed Test dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Demikian informasi ini saya berikan kiranya bisa bermanfaat buat anda yang sedang membacanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel