-->

Cara Aktivasi Rekening Bantuan PIP

Kherysuryawan.id – Cara melakukan pencairan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dengan terlebih dahulu melakukan aktivasi rekening bagi penerima PIP.

Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dapat diterima oleh siswa mulai dari jenjang SD, SMP, SMA hingga SMK selain itu mahasiswa yang juga memiliki kartu Indonesia pintar juga kini memiliki kesempatan untuk mendapatkan bantuan PIP.

 


Besaran nominal bantuan PIP yang disalurkan dalam bentuk uang tunai memiliki besaran yang berbeda-beda tergantung dari tingkat jenjang Pendidikan. pada postingan saya terdahulu saya telah menyampikan informasi lengkapnya mengenai besaran nominal bantuan PIP yang akan di terima oleh setiap siswa mulai dari jenjang SD hingga SMA sehingga disini saya tidak akan legi membahasnya.

 

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai apa yang dimaksud dengan aktivasi rekening dan bagaimana cara untuk melakukan aktivasi rekening agar siswa bisa melakukan pencairan bantuan PIP. Melalui postingan ini saya akan memberikan informasi mengenai pentingnya bagi siswa atau pihak sekolah dalam menyampaikan informasi seputar aktivasi rekening bagi siswa penerima bantuan PIP.

 

Melakukan Aktivasi rekening maksudnya ialah membuka rekening baru dan melakukan pengaktifan rekening tersebut sehigga nantinya rekening yang telah di aktivasi tersebut dapat digunakan untuk melakukan pencairan bantuan PIP. Untuk melakukan aktivasi rekening maka siswa harus sudah terdaftar dan masuk sebagai calon penerima bantuan PIP.

 

Untuk mengetahui siapa-siapa saja siswa yang harus melakukan aktivasi rekening maka hal ini bisa didapatkan informasinya melalui pihak sekolah di masing-masing tempat siswa bersekolah. Bagi siswa yang tidak melakukan aktivasi rekening sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan maka tentunya siswa tersebut tidak akan bisa melakukan pencairan bantuan PIP nya.

 

Aktivasi rekening sebenarnya hanya diperuntukkan bagi siswa penerima PIP yang masih baru dalam hal ini siswa yang akan menerimakan bantuan PIP selama ini belum pernah memiliki rekening yang digunakan untuk melakukan pencairan PIP sedangkan bagi siswa yang mungkin telah melakukan pencairan PIP sebelumnya maka pastinya ia telah memiliki rekening bank sehingga ia tidak perlu lagi melakukan aktivasi rekening.

 

Mengapa aktivasi rekening bantuan PIP sangat penting untuk dilakukan ???

Ya, aktivasi rekening untuk pencairan PIP memang sangat penting sekali untuk dilakukan sebab apabila siswa yang Namanya masuk sebagai penerima bantuan PIP dalam SK penerima bantuan PIP tidak melakukan aktivasi rekening hingga batas waktu yang telah ditentukan maka dapat dipastikan siswa tersebut tidak akan bisa melakukan pencairan PIP dan bantuan PIP yang telah di berikan maka akan di kembalikan ke KAS negara.

 

Jadi sangat penting bagi sekolah dalam hal ini yang sebagai pemberi informasi tentang daftar nama penerima bantuan PIP di setiap tahap pencairan untuk bisa memberikan informasi kepada setiap siswanya yang masuk sebagai calon penerima PIP dan yang belum melakukan aktivasi rekening agar segera bisa melakukan aktivasi rekening sehingga nantinya siswa tersebut bisa melakukan pencairan PIP dengan mudah dan lancar.

 

Lantas bagaimana cara melakukan aktivasi rekening bantuan PIP ???

Disini saya akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara untuk melakukan aktivasi rekening PIP. Bagi siswa yang belum melakukan aktivasi rekening bantuan PIP maka anda bisa memahami cara untuk bisa melakukan aktivasi rekening agar bisa melakukan proses pencairan bantuan PIP sesuai dengan prosedur yang berlaku.

 

Untuk anda khususnya siswa penerima bantuan PIP maka anda bisa melakukan aktivasi rekening dengan 2 cara yaitu :

1.   Melakukan aktivasi rekening secara mandiri (siswa sendiri)

2.   Melakukan aktivasi rekening dengan bantuan pihak sekolah (Secara kolektif)

 

Apabila anda ingin melakukan aktivasi rekening dengan cara mendatangi pihak bank secara mandiri maka anda bisa melakukannya dengan mempersiapkan semua persyaratan yang akan diperlukan saat akan melakukan aktivasi rekening. Untuk mengetahui persyaratannya maka anda bisa berkooordinasi dengan pihak sekolah atau dengan pihak dinas Pendidikan setempat.

 

Apabia anda ingin melakukan pencairan dengan bantuan pihak sekolah maka anda pun harus bisa berkoordinasi dengan pihak sekolah sehingga nantinya seluruh data yang diminta untuk dipersiapkan sebagai bahan pembuatan rekening dan aktivasi rekening bisa berjalan dengan lancar dan pihak sekolah tentunya akan meminta data-data lengkap peserta didik untuk dijadikan sebagai bukti dalam melakukan aktivasi rekening.

 

Dimasa pendemi seperti sekarang ini, tentunya siswa penerima PIP tidak bisa leluasa dalam melakukan proses aktivasi rekening dibank penyalur bantuan PIP sehingga opsi atau pilhan yang kedua yakni melakukan aktivasi rekening dengan bantuan pihak sekolah (secara kolektif) bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi siswa untuk melakukan aktivasi rekening bantuan PIP.

 

Sekali lagi saya menyampaikan bahwa proses aktivasi rekening bagi siswa yang baru pertama kali akan melakukan pencairan bantuan PIP sangat penting dilakukan agar bantuan PIP dapat disalurkan dengan baik dan tidak dikembalikan kepada KAS negara dengan catatan siswa penerima PIP masih benar-benar aktif di sekolah.

 

Demikian informasi mengenai cara mudah melakukan aktivasi rekening bantuan PIP serta pentingnya bagi siswa dalam melakukan aktivasi rekening bantuan PIP sehingga dapat melakukan pencairan bantuan PIP dengan mudah dan lancar.

Semoga artikel ini bisa membantu dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel