Contoh Surat Keterangan Lulus (SKL) Tahun 2021

Kherysuryawan.id – Contoh File surat keterangan lulus (SKL) untuk jenjang SD, SMP, SMA, SMK Tahun 2021.

Sahabat edukasi, kembali lagi pada postingan ini saya membagikan informasi seputar kelulusan peserta didik yang berada di jenjang sekolah tingkat akhir. Seperti kita ketahui bahwa bagi siswa tingkat akhir yang akan diluluskan maka sekolah harus bisa menyiapkan format surat keterangan lulus bagi mereka yang dinyatakan lulus, sehingga surat keterangan lulus tersebut nantinya bisa digunakan untuk melakukan pendaftaran pada jenjang sekolah selanjutnya.

 


Bagi peserta didik tingkat akhir yakni kelas 6 SD, kelas 9 SMP dan kelas 12 SMA/SMK maka nantinya siswa yang dinyatakan lulus akan mendapatkan ijazah dan selain ijazah maka sekolah juga harus memberikan yang Namanya surat keterangan lulus (SKL). Untuk membuat surat keterangan lulus maka sekolah wajib membuatnya untuk bukti awal bahwa siswa yang dinyatakan lulus dapat memiliki bukti fisik sebagai bahan untuk mendaftar di sekolah tingkat selanjutnya.

 

Bagi satuan Pendidikan baik itu jenjang SD, jenjang SMP, maupun jenjang SMA/SMK yang mungkin hingga saat ini belum memiliki file surat keterangan lulus (SKL) atau mungkin telah memiliki sebelumnya namun masih merupakan format SKL versi lama maka disini saya akan membagikan file surat keterangan kelulusan versi baru yang bisa digunakan untuk semua sekolah dan semua jenjang.

 

Postingan ini sengaja saya buat untuk membantu setiap sekolah yang mungkin membutuhkan file surat keterangan lulus (SKL) untuk di gunakan di sekolahnya masing-masing. Jika anda membutuhkan filenya maka disini melalui postingan ini saya akan membagikannya secara gratis kepada anda sekalian dan semoga bisa digunakan dengan baik sesuai peruntukkanya.

 

Sebelum saya membagikan file surat keterangan lulus (SKL) ini, maka disini saya juga akan memberikan penjelasan sedikit mengenai syarat yang harus di penuhi oleh setiap peserta didik tingkat akhir agar dapat dinyatakan lulus dari sekolahnya masing-masing. Apabila syarat tersebut tidak terpenuhi maka sekolah bisa memberikan sanksi berupa pernyataan atau keterangan bahwa siswa tersebut dinyatakan tidak lulus dan begitu juga sebaliknya apabila siswa tersebut telah memenuhi semua persyaratan kelulusan maka tentunya nantinya ia bisa mendapatkan surat keterangan kelulusan.

 

Ada 3 syarat yang dapat digunakan sebagai dasar untuk menyatakan kelulusan peserta didik di setiap jenjang Pendidikan diantaranya yaitu :

1.   Menyelesaikan seluruh program pembelajaran yang dibuktikan dengan rapor tiap semester.

2.   Memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik; dan

3.   Mengikuti Ujian yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan.

Apabila ketiga syarat tersebut diatas telah terpenuhi maka siswa berhak menyandang status kelulusan dan tentunya sesuai dengan aturan yang juga di berlakukan pada masing-masing satuan Pendidikan.

 

Berbicara mengenai kelulusan, maka bagi bapak dan ibu guru yang ingin mendapatkan file surat keterangan lulus (SKL) baik itu untuk jenjang SD, SMP, SMA/SMK maka disini saya akan membagikan filenya secara gratis dan juga file yang akan saya bagikan disini sudah dalam bentuk Microsoft word sehingga akan sangat mudah untuk digunakan.

 

 

Adapun Tata Cara Pengisian Nilai Pada Daftar Nilai Ujian Sekolah adalah sebagai berikut :

-        Pertama yang harus disiapkan adalah format daftar nilai dalam bentuk surat keterangan lulus (SKL) seperti contoh yang akan saya bagikan pada postingan ini

-        Siapkan kertas dengan ukuran kertas A4 yang ber-kop sekolah.

-        Isi data nama, tanggal lahir, nomor peserta, nomor induk siswa dan nomor induk siswa nasional peserta didik.

-        Siapkan daftar nilai ujian sekolah masing-masing siswa

-        Masukkan nilai hasil rata-rata pengetahuan dan keterampilan untuk semua mata pelajaran yang diperoleh dari ujian sekolah, sebagai contoh hasil ujian Bahasa Indonesia dengan nilai 85 (tanpa desimal).

-        Hitung rata-rata semua nilai mata pelajaran dengan angka dua di belakang koma. Contoh: rata-rata ujian sekolah 90,47

-        Lampirkan pas foto

-        Tetapkan tempat dan tanggal penerbitan, nama sekolah dan tanda tangan Kepala Sekolah.

-        Nilai yang tertera pada Surat Keterangan Lulus ialah sama dengan nilai ujian sekolah pada halaman belakang Ijazah.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan file surat keterangan lulus (SKL) dalam bentuk format word dan Aplikasi SKHUsementara Versi Masa Pandemi tahun 2021 ini, maka silahkan anda dapatkan filenya di bawah ini :


  • File Surat Keterangan Lulus (SKL) Terbaru (DISINI)
  • Aplikasi SKHU Sementara Masa Pandemi (DISINI)

Demikianlah informasi mengenai file surat keterangan lulus (SKL) tahun 2021 ini, semoga bisa bermanfaat bagi setiap satuan Pendidikan yang akan menggunakannya dan jangan lupa untuk menyesuaikan penggunaannya sesuai jenjang sekolah masing-masing.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel