Soal dan Pembahasan PPPK Bahasa Indonesia SMP SMA SMK 2021

Kherysuryawan.id – Kumpulan soal Tryout latihan PPPK Bahasa Indonesia lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan yang mendetail untuk para calon ASN PPPK.

Salam hangat dari saya pemilik blog Pendidikan kherysuryawan.id. saya sangat merasa Bahagia setiap saya bisa membagikan sebuah postingan yang bisa disukai oleh pengunjung setia blog saya dan termasuk postingan ini saya pun sangat berharap bisa bermanfaat bagi banyak orang.

 


Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh soal-soal latihan PPPK untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMP, SMA dan SMK. Jika anda yang sedang membaca postingan ini namun anda membutuhkan soal latihan lengkap dengan pembahasannya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia jenjang SD maka anda bisa mendapatkannya pada postingan saya terdahulu sebab postingan yang membahas soal P3K Bahasa Indonesia jenjang SD sudah saya publish sebelum saya membuat postingan ini.

 

Sahabat Pendidikan yang berbahagia, perlu anda ketahui bahwa contoh soal latihan PPPK Bahasa Indonesia jenjang SMP dan SMA ini sangat mudah untuk anda pelajari sebab di setiap soal yang di berikan sudah di lengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya yang sangat lengkap. Jadi selain anda berlatih mengerjakannya maka anda pun bisa mempelajari pembahasannya sehingga anda akan mudah untuk memahaminya.

 

Dengan ketekunan anda dalam belajar maka pastinya anda akan mendapatkan pengetahuan yang luas dan juga pemahaman yang lebih baik. Bagi anda yang akan mengikuti seleksi ASN PPPK tahun ini maka anda tentunya harus bisa berlatih dan mempersiapkan diri dalam menghadapi seleksi nantinya. Oleh sebab itulah maka kumpulan soal P3K Bahasa Indonesia ini kiranya bisa membantu anda dalam belajar secara mandiri.

 

Adapun soal yang akan di sajikan di postingan ini adalah soal pedagogik Bahasa Indonesia dan juga soal professional Bahasa Indonesia yang kesemuanya telah di rangkum menjadi satu dan setiap soalnya pun telah di berikan kunci jawabannya.

 

Baiklah untuk anda yang ingin berlatih dan belajar soal-soal PPPK mapel Bahasa Indonesia jenjang SMP dan SMA/SMK maka silahkan anda pelajari soal latihannya yang telah di lengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya di bawah ini :

 

1. Seorang guru Bahasa Indonesia SMP akan mengajarkan kompetensi dasar 3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan. Indikator yang paling sesuai dengan kompetensi dasar tersebut adalah ...

A.menentukan struktur organisasi teks laporan hasil observasi.

B.menentukan ciri bahasa teks laporan hasil observasi.

C.menjelaskan struktur organisasi teks laporan hasil observasi

D.menjelaskan ciri bahasa teks laporan hasil observasi.

E.menyebutkan ciri, tujuan, dan isi teks laporan hasil observasi.

Jawaban: E

PEMBAHASAN :

Indikator merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Perumusan indikator menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur (menggunakan tabel kata kerja operasional Bloom). Untuk KD mengidentifikasi informasi, kata kerja operasional yang tepat adalah menyebutkan ciri, tujuan, dan isi. Kata menentukan dan menemukan juga dapat menjadi indikator untuk KD mengidentifikasi, hanya pilihan materi pada jawaban tidak tepat. Informasi berisi ciri, tujuan, dan isI.

 

2. Seorang guru Bahasa Indonesia mengajarkan kompetensi dasar 4.16 Memerankan isi fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar. Materi yang paling tepat sesuai kompetensi dasar tersebut adalah ... .

A.pengetahuan faktual

B.pengetahuan metakognitif

C.pengetahuan prosedural

D.pengetahuan konseptual

E. keterampilan

Jawaban :C

PEMBAHASAN :

Penyusunan materi pembelajaran memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan. Cakupan materi berupa pengetahuan faktual, metakognitif, prosedural, dan konseptual. Faktual berisi contoh terkait dengan materi. Metakognitif berisi konsep yang berkaitan dengan contoh di kehidupan sehari-hari. Konseptual berisi konsep-konsep terkait dengan materi. Prosedural berisi tahapan yang terkait dengan materi. Oleh karena itu, jika ada KD memerankan, materi yang diajarkan terkait dengan prosedural yaitu merancang tokoh fabel, latar, dialog; menentukan urutan cerita; merancang pemeranan fabel; melakukan pemeranan.

 

3. Dalam suatu kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia, peserta didik mencermati topik yang menarik dan berada dalam konteks lingkungan sekolahnya. Ia kemudian mendata hal-hal yang perlu diketahui, kemudian mencari dan mengumpulkan informasi melalui observasi, wawancara, dan telaah pustaka serta kemudian menuangkannya dalam laporan yang sudah disepakati. Setelah selesai, kemudian menyajikannya secara lisan di depan kelas. Pembelajaran menulis ini menggunakan pendekatan ... .

A.inquiry

B. saintifik

C.discovery

D.berbasis proyek

E. berbasis masalah

Jawaban :B

PEMBAHASAN :

Rumusan langkah pembelajaran mewujud pada pemilihan pendekatan atau metode pembelajaran yang mengacu pada Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yaitu pendekatan saintifik, metode discovery/inquiry, pembelajaran berbasis masalah.

Saintifik meliputi mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasi. Inquiry meliputi orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan menarikn kesimpulan.

Discovery meliputi stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan penarikan kesimpulan.

Berbasis masalah meliputi orientasi masalah, organisasi belajar, penyelidikan indvidu dan kelompok, pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah, analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah.

Berbasis proyek meliputi penentuan proyek, perancangan langkah-langkah, penyusunan jadwal, penyelesaian proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru, penyusunan laporan dan presentasi, dan evakuasi proses dan hasil proyek.

 

4. Seorang guru meminta para peserta didiknya untuk mengamati suatu jenis teks, merumuskan pertanyaan yang ingin diketahui, mengidentifikasi dan menganalisis isi teks, membuat kesimpulan, dan mempresentasikan hasil diskusi. Pembelajaran membaca teks ini menggunakan pendekatan ... .

A.inquiry

B.saintifik

C.discovery

D.berbasis proyek

E.berbasis masalah

Jawaban: B

PEMBAHASAN :

Rumusan langkah pembelajaran mewujud pada pemilihan pendekatan atau metode pembelajaran yang mengacu pada Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, yaitu pendekatan saintifik, metode discovery/inquiry, pembelajaran berbasis masalah. Saintifik meliputi mengamati, menanya, mengeksplorasi mengasosiasi, dan mengomunikasi. Inquiry meliputi orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan menarikn kesimpulan. Discovery meliputi stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan penarikan kesimpulan. Berbasis masalah meliputi orientasi masalah, organisasi belajar, penyelidikan indvidu dan kelompok, pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah, analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah. Berbasis proyek meliputi penentuan proyek, perancangan langkah-langkah, penyusunan jadwal, penyelesaian proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru, penyusunan laporan dan presentasi, dan evakuasi proses dan hasil proyek.

 

5. Seorang guru Bahasa Indonesia SMP akan mengajarkan kompetensi dasar 3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan. Media yang paling sesuai untuk mencapai kompetensi dasar tersebut adalah media ... .

A.audio dan atau audio visual

B. visual dan atau cetak

C.audio visual dan atau visual

D.audio dan atau IT

E. noncetak dan atau cetak

Jawaban: C

PEMBAHASAN :

Ada beberapa jenis media yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Media visual merupakan setiap bentuk media yang memiliki bentuk fisik nyata yang dapat dilihat, dibaca, dan diraba. Jika dibandingkan dengan media – media pembelajaran lainnya, media visual cenderung jauh lebih mudah untuk ditemukan. Beberapa contoh media visual yaitu gambar, foto, buku majalah, alat peraga, dan lain – lain. Media audio adalah media yang hanya dapat diakses melalui organ pendengaran. Beberapa bentuk media audio yaitu suara, lagu, siaran radio, audio CD, dan lain – lain. Media audio visual merupakan jenis media yang mencakup media audio (dapat didengar) dan media visual (dapat dilihat). Beberapa contoh media audio visual yaitu siaran televisi, pertunjukan drama, teater, film layar lebar, dan lain – lain Media berbasis IT yaitu jenis media yang cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber[1]sumber yang berbasis mikro-prosesor (ada yang interaktif). Untuk soal ini, media berupa visual dan audio visual karena kompetensi yang diajarkan menggunakan buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan.

 

6. Seorang guru akan mengajar kompetensi dasar 4.8 Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. Sumber pembelajaran yang paling sesuai dengan kompetensi dasar tersebut adalah ... .

A.lingkungan sekolah

B.kumpulan cerita rakyat atau hikayat

C.berbagai buku referensi

D.rekaman drama dari televisi

E.teks berita dalam surat kabar

Jawaban: B

PEMBAHASAN:

Sumber belajar menurut Ahmad Rohani & Abu Ahmadi (1995: 152) adalah guru dan bahan-bahan pelajaran berupa buku bacaan atau semacamnya. Pengertian selanjutnya dari sumber belajar adalah segala daya yang dapat dipergunakan untuk kepentingan proses pembelajaran baik langsung maupun tidak langsung, di luar diri peserta didik yang melengkapi diri mereka pada saat pembelajaran berlangsung. Klasifikasi sumber belajar terdiri atas:

1. Message (pesan)

2. People (orang)

3. Materials (bahan)

4. Device (alat)

5. Technique (teknik)

6. Setting (lingkungan)

Sumber belajar pada soal berbentuk bahan dan karena KDnya mengembangkan cerita rakyat dalam bentuk cerpen, maka sumber belajar yang diperlukan adalah kumpulan cerita rakyat.

 

7. Setelah selesai mengajar kompetensi dasar kompetensi dasar 4.4 Mengonstruksi teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan guru harus melakukan penilaian. Instrumen penilaian pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut sebaiknya berupa ... .

A.angket

B.tes lisan

C.tes performansi

D.tes pilihan ganda

E.rubrik penilaian proyek

Jawaban: E

PEMBAHASAN :

Instrumen penilaian adalah alat yang digunakan untuk melakukan penilaian atau evaluasi, instrumen penilaian dapat berupa tes maupun nontes dan observasinya dapat dilakukan dengan cara observasi sistematis dan non-sistematis. Tes terdiri atas beragam bentuk tes tulis, tes lisan, tes intelegensi, tes kemampuan, tes sikap, tes kepribadian, tes hasil belajar. Nontes terdiri atas observasi, wawancara, skala sikap, daftar cek, angket, studi kasus, tes pemberian penghargaan. Instrumen penilaian yang digunakan, disesuaikan dengan jenis penilaiannya. Untuk keterampilan menulis yang menghasilkan tulisan, yang diperlukan adalah instrumen berupa rubrik atau pedoman penilaian proyek yang berisi indikator-indikator terkait dengan unsur-unsur sebuah tulisan, dalam hal ini teks eksposisi, ada struktur dan kebahasaan.

 

8. Perhatikan penggalan RPP berikut ini!Bagian dari penggalan RPP yang tidak sesuai dengan prinsip pembelajaran pada kurikulum 2013 adalah …

A.pendekatan

B.metode

C.media pembelajaran

D.sumber belajar

E. metode dan model pembelajaran

Jawaban: E

PEMBAHASAN :

Sesuai dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, komponen RPP terdiri atas:

-          identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;

-          identitas mata pelajaran atau tema/subtema;

-          kelas/semester;

-          materi pokok;

-          alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;

-          tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;

-          kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;

-          materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;

-          metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;

-          media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;

-          sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;

-          Langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan

-          penilaian hasil pembelajaran

Untuk itu, yang tidak sesuai dengan komponen RPP yang telah ditetapkan adalah metode dan model pembelajaran karena yang digunakan saat ini adalah metode pembelajaran inkuiry/discovey, pembelajaran berbasis masalah, dan pendekatan awal yaitu saintifik.

 

9. Seorang guru meminta para peserta didiknya untuk mengamati suatu lingkungan, merumuskan pertanyaan yang ingin diketahui, mengumpulkan informasi terkait dengan lingkungan yang dipilih, menyusun laporan, dan mempresentasikan hasil laporan baik idividu maupun kelompok. Pendekatan yang dipakai dalam pembelajaran tersebut adalah pendekatan ... .

A.inquiry

B.saintifik

C.discovery

D.berbasis proyek

E.berbasis masalah

Jawaban: B

PEMBAHASAN :

Saintifik meliputi mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasi. Inquiry meliputi orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan menarikn kesimpulan.

Discovery meliputi stimulasi, identifiksi masalah, pengumpulan 11 data, pengolahan data, pembuktian, dan penarikan kesimpulan.

Berbasis masalah meliputi orientasi masalah, organisasi belajar, penyelidikan indvidu dan kelompok, pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah, analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah.

Berbasis proyek meliputi penentuan proyek, perancangan langkah-langkah, penyusunan jadwal, penyelesaian proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru, penyusunan laporan dan presentasi, dan evaluasi proses dan hasil proyek. Untuk langkah guru yang terdapat di soal mengacu pada pendekatan saintifik.

 

10. Dalam suatu kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia, peserta didik memilih dan menyepakati topik yang menarik dan berada dalam konteks lingkungan sekolahnya. Mereka kemudian merumuskan masalah dan menyusun hipotesis. Selanjutnya mencari dan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, telaah pustaka, serta melakukan pembuktian atas hipotesis sebelumnya. Setelah mendapatkan data maka disusun sebuah kesimpulan. Model pembelajaran menulis yang dipakai dalam kegiatan pembelajaran tersebut adalah ... .

A.inquiry

B.saintifik

C.discovery

D.berbasis proyek

E.berbasis masalah

Jawaban: C

PEMBAHASAN :

Model pembelajaran merupakan suatu bentuk pembelajaran yang memiliki nama, ciri, sintak, pengaturan, dan budaya, misalnya Discovery Learning, Project-based Learning, Problem-based Learning, Inquiry Learning. learning”.

Saintifik meliputi mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasi. Inquiry meliputi orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan menarik kesimpulan.

Discovery meliputi stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan penarikan kesimpulan. Berbasis masalah meliputi orientasi masalah, organisasi belajar, penyelidikan indvidu dan kelompok, pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah, analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah. Berbasis proyek meliputi penentuan proyek, perancangan langkah-langkah, penyusunan jadwal, penyelesaian proyek dengan fasilitasi dan monitoring guru, penyusunan laporan dan presentasi, dan evakuasi proses dan hasil proyek.

Sesuai dengan tahapan yang dipaparkan di soal, jawaban yang tepat adalah opsi C.

 

11. Dalam pembelajaran mengonstruksi suatu teks, salah satu prinsip pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang harus ada adalah ... .

A.mengamati

B.menanya

C.mencoba atau mengeksplorasi

D.mengasosiasi atau merumuskan

E. mengomunikasikan

Jawaban: C

PEMBAHASAN :

Tahapan dalam pembelajaran saintifik terdiri atas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasi.

 

12. Jika seorang guru mengajar dengan kompetensi dasar Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi (LHO) berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan dengan pendekatan saintifik, pada tengah kegiatan guru meminta siswa secara berkelompok untuk membaca, menganalisis, dan menyimpulkan isi informasi yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi yang ditugaskan. Menurut pendapat Saudara, kegiatan tersebut termasuk ke dalam tahapan pembelajaran ... .

A.mengamati beragam contoh teks LHO

B.menanya hal-hal terkait dengan struktur teks LHO

C.mencoba atau mengeksplorasi informasi teks LHO

D.mengasosiasi atau merumuskan informasi teks LHO

E.mengomunikasikan hasil identfikasi informasi teks LHO

Jawaban: C

PEMBAHASAN :

Langkah pembelajaran yang digunakan dalam soal adalah saintik yang terdiri atas mengamati, menanya, mengeksplorasi, dan mengomunikasi. Untuk itu jawaban yang tepat adalah mengeksplorasi atau mengumpulkan data tentang informasi teks LHO. Dalam soal tersebut:

- membaca = mengamati (mengobservasi)

- mengajukan petanyaan = (menanya)

- menyusun/mengonstruksi = (mengasosiasi)

- mempresentasi = mengomunikasi

 

13. Dalam suatu kegiatan pembelajaran, guru meminta siswa untuk membaca suatu jenis teks, mengajukan pertanyaan tentang teks tersebut, menyusun atau mengonstruksi teks tersebut, dan mempresentasikannya di depan kelas. Tahapan tersebut adalah ... .

A.mengamati

B.menanya

C.mencoba atau mengeksplorasi

D.mengasosiasi atau merumuskan

E.mengomunikasikan

Jawaban: C

PEMBAHASAN :

Langkah pembelajaran yang digunakan dalam soal adalah saintik yang terdiri atas mengamati, menanya, mengeksplorasi, dan mengomunikasi. Untuk itu jawaban yang tepat adalah mengeksplorasi (opsi C)

 

14. Seorang guru memberikan umpan balik dan penguatan tentang hasil menulis teks deskripsi. Hal tersebut dilakukan pada saat kegiatan... .

A.prapembelajaran

B.awal pembelajaran

C.inti pembelajaran

D.penutup pembelajaran

E.tindak lanjut pembelajaran

Jawaban: D

PEMBAHASAN :

Sesuai dengan Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.

Kegiatan pendahuluan terdiri atas penyiapan peserta didik, pemberian motivasi secara kontekstual, apersepso, penjelasan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar, dan penyampaian cakupan materi yang akan dipelajari.

Kegiatan inti menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran.

Kegiatan penutup terdiri atas refleksi bersama, pemberian umpan balik oleh guru, pemberian penugasan atau tindak lanjut, pemberian informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran selanjutnya. Kegiatan yang dilakukan guru adalah pemberian umpan balik untuk menguatkan proses pembelajaran yang telah terjadi. Kegiatan tersebut ada di kegiatan akhir pembelajaran.

 

15. Seorang guru memberikan pengalamannya dalam bentuk contoh sebuah puisi untuk merangsang siswa terkait dengan pembelajaran menulis sebuah puisi. Hal tersebut dilakukan pada saat kegiatan... .

A. prapembelajaran

B. awal pembelajaran

C. inti pembelajaran

D. penutup pembelajaran

E. tindak lanjut pembelajaran

Jawaban: B

PEMBAHASAN :

Sesuai dengan Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan pendahuluan terdiri atas penyiapan peserta didik, pemberian motivasi secara kontekstual, apersepsi, penjelasan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar, dan penyampaian cakupan materi yang akan dipelajari. Kegiatan inti menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. Kegiatan penutup terdiri atas refleksi bersama, pemberian umpan balik oleh guru, pemberian penugasan atau tindak lanjut, pemberian informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran selanjutnya.

Kegiatan yang dilakukan guru adalah pemberian contoh secara kontekstual sebagai apersepsi untuk memberikan ransangan pada siswa. Kegiatan tersebut ada di kegiatan awal pembelajaran.

 

16. Setelah siswa menyimak video pembacaan puisi , guru meminta siswa untuk menemukan dan menjelaskan penggunaan rima, pilihan kata, dan pesan dalam puisi tersebut. Siswa diminta menuangkannya dalam bentuk peta konsep. Hal tersebut dilakukan pada saat kegiatan... .

A. prapembelajaran

B. awal pembelajaran

C. inti pembelajaran

D. penutup pembelajaran

E. tindak lanjut pembelajaran

Jawaban: C

PEMBAHASAN :

Sesuai dengan Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan pendahuluan terdiri atas penyiapan peserta didik, pemberian motivasi secara kontekstual, apersepso, penjelasan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar, dan penyampaian cakupan materi yang akan dipelajari. Kegiatan inti menggunakan model pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran. Kegiatan penutup terdiri atas refleksi bersama, pemberian umpan balik oleh guru, pemberian penugasan atau tindak lanjut, pemberian informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran selanjutnya.

Kegiatan yang dilakukan guru dan siswa sudah menggunakan metode, media, serta sumber belajar. Oleh karena itu kegiatan tersebut ada di kegiatan inti pembelajaran.

 

17. Seorang guru akan mengajarkan materi dengan kompetensi dasar 4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis. Bentuk instrumen penilaian yang memiliki karakteristik otentik yang dapat digunakan adalah … .

A.tes tertulis tentang pengetahuan faktual

B.tes lisan tentang pengetahuan prosedural

C.tes pilihan ganda tentang pengetahuan metakognitif

D.lembar observasi dan wawancara

E. penugasan dan lembar observasi

Jawaban: E

PEMBAHASAN :

Karakteristik penilaian autentik, adalah sebagai berikut:

1. Bisa digunakan untuk formatif maupun sumatif, pencapaian kompetensi terhadap satu kompetensi dasar (formatif) maupun pencapaian terhadap standar kompetensi atau kompetensi inti dalam satu semester (sumatif).

2. Mengukur keterampilan dan performansi, bukan mengingat fakta, menekankan pencapaian kompetensi keterampilan (skill) dan kinerja (performance), bukan kompetensi yang sifatnya hafalan dan ingatan.

3. Berkesinambungan dan terintegrasi, merupakan satu kesatuan secara utuh sebagai alat untuk mengumpulkan informasi terhadap pencapaian kompetensi siswa.

4.Dapat digunakan sebagai umpan balik terhadap pencapaian kompetensi siswa secara komprehensif. Untuk menilai kemampuan siswa dalam menciptakan kembali teks anekdot dilakukan melalui penilaian kompetensi sikap dan keterampilan. Teknik dan bentuk yang tepat adalah tes uraian berbentuk penugasan berupa hasil tulisan teks anekdot dan untuk penilaian sikapnya saat siswa menyampaikannya secara lisan.

Jawaban yang tepat adalah E.

-          Opsi A, bisa dipakai untuk mengukur pengetahuan faktual secara tertulis.

-          Opsi B, dipakai untuk mengukur pengetahuan prosedural secara lisa

-          Opsi C, mengukur pengetahuan metakognitif

-          Opsi D, observasi dapat melihat secara langsung hasil yang diperoleh, wawancara dapat menggali informasi lebih jauh dan mendalam.

-          Opsi E, penugasan untuk mengukur keterampilan menulis, dan lembar observasi untuk mengukur sikap siswa dalam menyampaikan hasil tulisnya secara lisan

 

18. Untuk mengukur sikap kerja sama siswa dalam suatu kegiatan pembelajaran dengan kompetensi dasar 4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis diperlukan instrumen penilaian yang sesuai, yaitu pedoman observasi. Salah satu butir indikator penilaian yang dapat digunakan adalah ... .

A.pengertian kerja sama dan jenis-jenis kerja sama

B.keaktifan dan partisipasi dalam bekerja kelompok

C.pemahaman terhadap struktur dan aspek kebahasaan teks anekdot

D.keaktifan dalam memahami struktur dan aspek kebahasaan teks anekdot

E. keaktifan dan partisipasi dalam memahami struktur dan aspek kebahasaan teks anekdot

Jawaban: B

PEMBAHASAN :

Permendikbud No. 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian, mengatur tentang prosedur penilaian aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Adapun penilaian aspek sikap dilakukan melalui tahapan:

a. mengamati perilaku peserta didik selama pembelajaran;

b. mencatat perilaku peserta didik dengan menggunakan lembar observasi/pengamatan;

c. menindaklanjuti hasil pengamatan; dan

d. mendeskripsikan perilaku peserta didik.

Bentuk instrumen dalam penilaian sikap terdiri atas pedoman observasi, daftar cek dan skala peniliaian disertai rubrik, lembar penilaian diri, lembar penilaian antarpeserta, lembar jurnal

 

19. Seorang guru akan mengajar dengan komptensi dasar 3.11 Menganalisis isi, struktur dan kebahasaan teks negosiasi. Teknik dan bentuk instrumen yang digunakan oleh guru adalah tes tertulis berupa uraian. Salah satu indikator penilaian yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut adalah ...

A.Apakah yang dimaksud struktur dan kebahasaan teks negosiasi?

B.Apakah perbedaan struktur organisai teks negosiasi dengan teks yang lain?

C.Apakah perbedaan aspek kebahasaan teks negosiasi dengan teks yang lain?

D.Mengapa struktu organisasi teks negosiasi berbeda denan teks yang lain?

E.Tulislah struktur teks negosiasi seperti yang ada dalam teks yang sudah disediakan!

Jawaban: E

PEMBAHASAN :

Permendikbud No. 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian, mengatur tentang prosedur penilaian aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian pengetahuan adalah penilaian yang dilakukan untuk mengetahui penguasaan siswa yang meliputi pengetahuan faktual, konseptual, maupun prosedural serta kecakapan berpikir tingkat rendah hingga tinggi. Penilaian pengetahuan dilakukan dengan berbagai teknik penilaian. Guru memilih teknik penilaian yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang akan dinilai. Teknik penilaian pengetahuan terdiri atas tes tertulis, tes lisan, penugasan, dan portofolio. Bentuk instrumen untuk tes tertulis meliputi benar-salah, menjodohkan, pilihan ganda, isian/melengkapi, dan uraian. Bentuk instrumen tes lisan adalah tanya jawab. Bentuk instrumen penugasan adalah tugas individu atau kelompok. Bentuk instrumen portofolio adalah sampel pekerjaan siswa terbaik yang diperoleh dari penugasan dan tes tertulis.

Bentuk tes uraian sudah tepat digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan indikator penilaian yang tepat untuk menilai kemampuan menganalisis adalah membuat tulisan tentang hasil analisis.

-          Opsi A: mengetes pemahaman konsep struktur dan kebahasaan teks negosiasi

-          Opsi B: mengetes pemahaman perbedaan struktur organisasi teks, atau membandingkan.

-          Opsi C: mengetes pemahaman, membaningkan aspek kebahasaan teks satu dengan lainnya

-          Opsi D: mengetes pemahaman

-          Opsi E: mengetes keterampilan menganalisis isi/informasi, struktur, dan kebahasaan teks negosiasi melalui kegiatan menulis.

 

20. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar peserta didik guru dapat menggunakan evaluasi … .

A.sumatif

B.formatif

C.proses

D.hasil

E.hasil belajar

Jawaban: D

PEMBAHASAN :

-          Evaluasi sumatif adalah adalah evaluasi yang dilakukan untuk menentukan hasil dan kemajuan belajar siswa.

-          Evaluasi formatif adalah evaluasi yang dilaksakan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses belajar mengajar.

-          Evaluasi proses adalah evaluasi yang ditujukan untuk melihat proses pelaksanaan, baik mengenai kelancaran proses, kesesuaian dengan rencana, faktor pendukung dan faktor hambatan yang muncul dalam proses pelaksanaan, dan sejenisnya.

-          Evaluasi hasil adalah evaluasi pembelajaran yang ditujukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar peserta didik.

-          Evaluasi hasil belajar adalah evaluasi yang mencakup tingkat penguasaan siswa terhadap tujuan pembelajaran yang ditetapkan, baik umum maupun khusus, ditinjadu dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.

 

21. Bacalah dengan cermat teks dialog singkat berikut ini!

O1 : Sejauh mana kementerian pendidikan sudah mengantisipasi terjadinya kebocoran soal UNAS.

O2 : Di samping melalui pengawasan ketat selama penyusunan dan pencetakan, pendistribusian soal juga dikawal oleh sejumlah pihak; termasuk petugas dari kepolisian.

Dialog di atas menggunakan bahasa Indonesia ragam ....

A. santai

B. akrab

C. informal

D. nonformal

E. formal

Jawaban: E

PEMBAHASAN :

Ragam bahasa formal adalah ragam bahasa yang memiliki ciri sebagai berikut.

(1) Menggunakan gramatikal secara eksplisit dan konsisten

(2) Menggunakan imbuhan secara lengkap

(3) Menggunakan kata ganti resmi

(4) Menggunakan kata baku

(5) Menggunakan Ejaan yang Disempurnakan, dan

(6) Menghindari unsur kedaerahan.

(Nasucha, Yakub., Rohmadi, Muhammad, dan Wahyudi, Agus Budi. 2009. Bahasa Indonesia untuk Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Yogyakarta: Media Perkasa)

 

 

22. Seorang guru menggunakan pendekatan pembelajaran bahasa tertentu dengan anggapan bahwa pemerolehan bahasa itu terjadi melalui pengkondisian atau pembiasaan. Anggapan guru itu didasari oleh paham aliran linguistik yang lazim disebut teori ....

A. nativisme

B. behaviorisme

C. interaksionisme

D. kognitivisme

E. naturalisme

Jawaban: B

PEMBAHASAN :

Aliran behaviorisme adalah aliran yang beranggapan bahwa belajar merupakan hasil faktor eksternal yang dikenakan kepada suatu organisme (B.F. Skinner, 1957). Menurut Skinner perilaku kebahasaan sama dengan perilaku yang lain, yaitu dikontrol oleh konsekuensinya.

Dengan demikian, pemerolehan bahasa juga dikondisikan, dibiasakan, dan dikontrol.

 

Soal

Bacalah dengan cermat teks berikut ini! Rokok adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah. Rokok dibakar pada salah satu ujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup lewat mulut pada ujung lain. Ada dua jenis rokok, yaitu rokok yang berfilter dan tidak berfilter. Filter pada rokok terbuat dari bahan busa serabut sintesis yang berfungsi meyaring nikotin, Rokok biasanya dijual dalam bungkusan terbentuk kotak atau kemasan kertas yang dapat dimasukkan dengan mudah ke dalam saku. Sejak beberapa tahun terakhir, bungkusan-bungkusan tersebut juga umumnya disertai pesan kesehatan yang memperingatkan perokok akan bahaya kesehatan yang dapat ditimbulkan dari merokok, misalnya kanker paru-paru atau serangan jantung.

 

23. Bahasa yang digunakan pada teks tersebut termasuk ragam bahasa ….

A. informal

B. jurnalistik

C. bisnis

D. ilmiah

E. hukum

Jawaban: D

PEMBAHASAN :

Ragam bahasa ilmiah, adalah ragam bahasa yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

1. Menggunakan kata atau istilah nonfiguratif

2. Menggunakan kalimat-kalimat efektif

3. Menghindari bentuk persona atau pengakuan dengan tujuan untuk menjaga objektivitas

4. Mengutamakan keterpaduan dan keruntutan isi

(Sumber: Hasan Alwi, dkk, 1993: 142)

 

24. Berikut ini adalah kalimat yang berpola S-P-Pel ...

A. Jabatan itu membutuhkan kompetensi kepemimpinan tinggi.

B. Semua pihak menghendaki jabatan itu.

C. Jabatan itu menjadi rebutan antardepartemen.

D. Orang itu sudah lama menduduki jabatan itu.

E. Pada dasarnya, jabatan itu kekuasaan.

Jawaban: C

PEMBAHASAN :

Kalimat tersebut berpola S-P-Pel dengan rincian sebagai berikut.

Jabatan itu = subjek

menjadi rebutan = predikat

antar departemen = pelengkap

Untuk membedakan antara objek dengan pelangkap, berikut adalah ciri-ciri objek:

1. Letaknya selalu setelah langsung predikatnya;

2. Objek biasanya berupa nomina atau frasa nominal;

3. Selain satuan berupa nomina dan frasa nominal, konstituen objek dapat pula berupa klausa;

4.Dapat diganti dengan pronominal-nya;

5. Objek pada kalimat aktif transitif akan menjadi subjek jika kalimat itu dipasifkan

(Hasan Alwi, dkk 2003:328)

Sedangkan ciri-ciri pelengkap adalah:

1. Berwujud frasa nominal, frasa verbal, frasa ajektival, frasa preposisional, atau klausa;

2. Berada langsung dibelakang predikat jika tak ada objek dan dibelakang objek kalau unsure ini hadir;

3. Tak dapat menjadi subjek akibat penafsiran kalimat;

4. Tak dapat diganti dengan –nya kecuali dalam kombinasi preposisi selain di, ke, dari, dan akan

(Hasan Alwi, dkk 2003:329)

 

25. Afiks atau imbuhan yang digunakan dalam kata berikut ini memiliki makna gramatikal lebih dari satu ....

A. beristeri

B. merumput

C. pembohong

D. meteran

E. jauhi

Jawaban: C

PEMBAHASAN :

Dalam KBBI (2008:461) gramatikal diartikan sesuai dengan tata bahasa. Makna gramatikal ditentukan oleh perubahan kata karena proses afikasi, reduplikasi, komposisi, atau kalimatisasi. Makna dari gramatikal sendiri adalah kata yang berubah-ubah sesuai dengan konteks (berkenaan dengan situasinya, yaitu tempat, waktu, dan lingkungan penggunaan bahasa) pemakainya. Berdasarkan arti gramatikal di atas, makna kalimat gramatikal adalah kalimat yang makna katanya berubah-ubah karena mengalami proses pengimbuhan, pengulangan, ataupun pemajemukan yang disesuaikan menurut tata bahasa serta terikat dengan konteks pemakainya. Dalam soal tersebut, pilihan yang termasuk memiliki makna gramatikal ganda adalah kata „pembohong‟ karena kata tersebut dapat diterapkan dalam kalimat dengan proses gramatikal yang berbeda dan memiliki makna yang berbeda pula.


  • SOAL DAN KUNCI JAWABAN PPPK BAHASA INDONESIA LAINNYA (DISINI)

 

Demikianlah beberapa soal latihan PPPK untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi tingkat SMP, SMA dan SMK. Semoga kumpulan soal PPPK Bahasa Indonesia yang telah di lengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasan diatas bisa membantu para guru dalam mempelajari soal – soal latihan P3K sehingga nantinya ketika akan mengikuti seleksi dapat dengan mudah menjawab soal-soal yang di berikan.

Sekian dan Semoga Bermanfaat, selamat Belajar !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel