-->

Soal dan Pembahasan Tes Seleksi PPPK Mapel PPKN Jenjang SD, SMP, SMA/SMK

Kherysuryawan.id – Soal dan kunci jawaban serta pembahasan PPPK untuk guru PPKN jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA dan jenjang SMK.

Sahabat Pendidikan yang berbahagia, di kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa contoh soal latihan PPPK untuk mata pelajaran PPKN yang bisa digunakan oleh para guru PPKN jenjang SD,SMP, SMA/SMK dalam belajar mandiri untuk persiapan mengikuti seleksi P3K nantinya.

 


Di setiap soal yang disajikan pada postingan ini sudah di siapkan pula kunci jawabannya selain kunci jawaban maka di setiap soal juga telah di berikan pembahasan dari setiap kunci jawaban yang di berikan. Dengan adanya kunci jawaban serta pembahasannya maka tentunya akan memudahkan anda yang akan mempelajarinya.

 

Soal PPPK PPKN jenjang SD,SMP, SMA/SMK yang ada di postingan ini dapat anda jadikan sebagai bahan pembelajaran serta bisa menjadi sebuah referensi pembelajaran yang berguna. Dengan tekun belajar maka pastinya apa yang kita harapkan bisa terwujud. Sama halnya ketika akan mengikuti seleksi PPPK maka sebelumnya anda memang harus bisa banyak belajar dan mempersiapkan diri dengan baik sehingga bisa memiliki bekal yang mantap ketika tiba saatnya akan mengikuti seleksi PPPK.

 

Soal yang di sedikakan pada postingan ini ialah soal dalam bentuk pedagogik dan juga soal professional jadi anda bisa mempelajarinya dengan baik. Untuk memudahkan anda dalam mempelajari soal-soal latihan PPPK materi PPKN ini maka hendaknya anda membaca baik-baik soal serta pembahasannya agar anda mudah dalam memahaminya.

 

Baiklah untuk mempersingkat waktu anda dalam membaca postingan ini dan untuk anda yang ingin berlatih mengerjakan atau hanya sekedar ingin melihat soal latihan PPPK lengkap dengan pembahasannya, maka silahkan anda simak selengkapnya di bawah ini :

 

SOAL PPPK PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL MATA PELAJARAN PPKN UNTUK JENJANG SD, SMP, SMA, SMK

 

1. Kurikulum mata pelajaran PPKn memuat tentang pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), keterampilan kewarganegaraan (civic skills), dan karakter kewarganegaraan (civic disposition). Analisis hukum digunakan ketika membicarakan tentang ....

A. peranan partai politik dalam penyuluhan hukum di masyarkat

B. penyelenggaraan otonomi daerah berdasarkan undang-undang

C. pengaruh struktur sosial terhadap kesadaran hukum masyarakat

D. fungsi legislasi yang dimiliki oleh DewanPerwakilan Rakyat

E. hambatan kultural dalam membangun sistem hukum nasional

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Kurikulum mata pelajaran PPKn kajiannya memuat tentang pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), keterampilan kewarganegaraan (civic skills), dan karakter kewarganegaraan (civic disposition). Dalam konteks teori hukum, misalnya mata pelajaran PPKn mengkaji tentang penyelenggaraan otonomi daerah berdasarkan undang-undang. Otonomi daerah akan dikaji dari aspek hukum, baik landasan maupun dalam praktik penyelenggaraan dari perspektif yuridis.

 

2. Rumusan indikator pencapaian kompetensi yang tepat untuk kompetensi dasar: “Mematuhi

norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan” adalah ....

A. melaksanakan ketentuan norma kesopanan di lingkungan sekolah

B. menganalisis berbagai norma-norma yang berlaku di masyarakat

C. menjelaskan makna berbagai norma yang berlaku di masyarakat

D. mengidentifikasi berbagai kasus pelanggaran norma di masyarakat

E. menunjukkan macam-macam norma yang berlaku di masyarakat

Kunci Jawaban: A

Pembahasan

Guru PPKn harus mampu mengembangkan indikator pencapaian kompetensi dari kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum. Untuk kompetensi dasar “mematuhi norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat untuk mewujudkan keadilan” yang tepat yaitu “melaksanakan ketentuan norma kesopanan di lingkungan sekolah”. Kompetensi dasar ini termasuk dalam kompetensi dasar afektif (civic dispositions). Untuk mengembangkan indikator yang sesuai dapat dicermati dari kata kerja operasional yang ada dalam KD, yaitu “mematuhi”. Kata kerja operasional ini kemudian dikembangkan dalam indikator pencapaian kompetensi menjadi “melaksanakan”.

3. Pak Iqbal akan mengajar PPKn dengan indikator pencapaian kompetensi: “mensintesiskan kewenangan lembaga-lembaga negara menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945”. Model pembelajaran yang tepat adalah ....

A. simulasi

B. debat

C. diskusi

D. ceramah

E. praktik

Kunci Jawaban: C

Pembahasan

Guru PPKn harus mampu memilih model pembelajaran yang tepat agar ketercapaian kompetensi pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Pada prinsipnya tidak ada model pembelajaran yang terbaik, karena model yang dipilih sangat tergantung dari kompetensi yang akan dicapai. Untuk indikator pencapaian kompetensi “menganalisis nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan negara”, model pembelajaran yang tepat yaitu diskusi.

 

4. Para pemuda telah membuktikan peranannya yang sangat monumental dan bersejarah dalam meletakkan dasar yang kokoh bagi terbentuknya Indonesia merdeka, yang dibuktikan dengan lahirnya Sumpah Pemuda 1928. Pengembangan materi pembelajaran yang mengarahkan pada integrasi nasional pada masa sekarang dapat berupa ....

A. pilihan politik identitas menjadi ajang pertarungan ideologi

B. pilihan politik bersifat sementara untuk memenangkan pemilu

C. pemilu merupakan ajang adu argumentasi dan program pembangunan

D. tokoh politik mengemukakan janjinya untuk menarik pemilih

E. banyaknya partai politik simbol keberhasilan demokrasi

Kunci jawaban: C

Pembahasan

Materi PPKn dapat berupa pengembangan dari pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge) yang dikembangkan oleh guru dalam pembelajaran. Salah satu materi yang dikembangkan guru dalam pembelajaran PPKn yaitu tentang Sumpah Pemuda 1928. Pada kajian materi ini dijabarkan tentang peran pemuda dalam meletakkan dasar yang kokoh bagi terbentuknya Indonesia merdeka. Pengembangan materi pembelajaran yang dapat mengarahkan pada integrasi nasional pada masa sekarang dapat berupa pemilu merupakan ajang adu argumentasi dan program pembangunan

 

5. Pak Iqbal sebagai guru PPKn merumuskan indikator pencapaian kompetensi dalam pembelajaran yang berisi “membandingkan pendapat para pendiri negara tentang isi Pancasila”. Untuk itu, materi ajar yang tepat untuk dikembangkan oleh Pak Iqbal adalah ....

A. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia

B. perumusan dasar negara oleh BPUPKI

C. pendapat para pendiri negara tentang Pancasila

D. perumusan dasar negara dalam sidang panitia sembilan

E. Pancasila sebagai ideology negara Indonesia

Kunci Jawaban: C

Pembahasan

Dalam mengembangkan bahan ajar, guru PPKn harus memperhatikan kesesuaian antara materi yang dikembangkan dengan indikator pencapaian kompetensi. Materi ajar yang dikembangkan berdasarkan pada indikator pencapaian kompetensi yang dikembangkan sebelumnya. Untuk indikator “membandingkan pendapat para pendiri negara tentang isi Pancasila” materi ajar yang tepat untuk dikembangkan adalah “pendapat para pendiri negara tentang Pancasila”. Materi ini dapat dikembangkan menjadi beberapa bagian yang antara lain mendeskripsikan berbagai pendapat dari para pendiri negara tentang Pancasila.

 

6. Ibu Mawar akan mengajar mata pelajaran PPKn dan merumuskan tujuan pembelajaran: “siswa dapat melakukan kerjasama dalam berbagai bentuk dalam kehidupan sehari-hari di sekolah”. Pendekatan yang tepat untuk diterapkan oleh Ibu Mawar adalah ....

A. induktif

B. deduktif

C. individual

D. kelompok

E. saintifik

Kunci Jawaban: D

Pembahasan

Sebelum nenentukan model pembelajaran, guru PPKn perlu terlebih dahulu menentukan pendekatan yang akan digunakan dalam pembelajaran. Pendekatan yang tepat untuk tujuan pembelajaran “siswa dapat melakukan kerjasama dalam berbagai bentuk dalam kehidupan sehari-hari di sekolah”, yakni pendekatan kelompok.

 

7. Seorang guru PPKn akan menerapkan model pembelajaran project citizen. Materi pembelajaran yang sesuai yaitu ....

A. sejarah pergerakan nasional sebelum Sumpah Pemuda

B. menipisnya nasionalisme di kalangan generasi muda

C. peran generasi muda dalam mencetuskan sumpah pemuda

D. peran organisasi yang memunculkan gerakan Sumpah Pemuda

E. mengidentifikikasi nilai-nilai Sumpah Pemuda

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Guru PPKn dalam menentukan dan memilih model pembelajaran harus secara cermat menganalisis indikator pencapaian komepetensi dan materi yang akan disampaikan dalam pembelajaran. Untuk model pembelajaran project citizen materi yang dikembangkan harus memuat permasalahan terkait kebijakan publik yang nantinya akan diselesaikan di kelas. Materi yang memuat permasalahan antara lain: “menipisnya nasionalisme di kalangan generasi muda”.

 

8. Pak Eko sebagai guru PPKn SMP akan menerapkan metode pembelajaran inquiry. Indikator pencapaian kompetensi yang tepat untuk dikembangkan yaitu ....

A. mengidentifikasi adat-istiadat dan budaya yang berkembang di masyarakat

B. menentukan berbagai dampak jika nilai-nilai Pancasila tidak diamalkan

C. mendeskripsikan perilaku yang sesuai untuk pengamalan sila-sila Pancasila

D. mengidentifikasi berbagai contoh pengalaman nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan

E. menyebutkan kelebihan dan kekurangan nilai-nilai demokrasi Pancasila

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Guru PPKn dalam mengembangkan metode pembelajaran harus mencermati indikator pencapaian kompetensi yang akan dikembangkan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai untuk indikator pencapaian kompetensi “menentukan berbagai dampak jika nilai-nilai Pancasila tidak diamalkan” yaitu metode pembelajaran inquiry. Metode inquiry melatih peserta didik untuk mencoba menemukan dan berpikir analitis terhadap suatu permasalahan yang ada di masyarakat. Dengan kemampuan melakukan analisis yang mendalam terhadap permasalahan yang ada di masyarakat, peserta didik dikembangkan kemampuan keterampilan kewarganegaraannya.

 

9. Pak Bakri meminta peserta didik untuk mempresentasikan hasil telaah tentang akibat pelanggaran lalu lintas melalui metode diskusi. Dalam hal ini, langkah awal yang dilakukan dalam pembelajaran adalah ....

A. membagi kelas menjadi beberapa kelompok

B. meminta peserta didik mengidentifkasi masalah

C. mencari contoh-contoh pelanggaran lalu lintas

D. melakukan investigasi ke lapangan secara berkelompok

E. menyimpulkan hasil investigasi yang sudah dilakukan

Kunci Jawaban: A

Pembahasan

Setiap model pembelajaran memiliki langkah-langkah atau sintak baku yang diterapkan dalam pembelajaran. Guru PPKn harus mampu memahami setiap urutan langkah yang akan diterapkan. Ketika guru PPKn akan menerapkan model pembelajaran “diskusi”, maka langkah awal yang dilakukan oleh guru adalah membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Dalam membagi kelompok guru dapat menggunakan strategi inovatif, termasuk dalam memberi nama kelompok. Misalnya untuk menentukan suatu kelompok tertentu guru dapat membuat potongan puzzle beberapa rumah adat sesuai dengan jumlah kelompok yang akan dibuat. Lalu kemudian membagikan kepada semua peserta didik. Setelah puzzle terbentuk utuh menjadi satu bentuk rumah adat, maka itulah anggota kelompoknya dan nama kelompok sesuaikan dengan nama rumah adat.

 

10. Pak Budi sebagai guru PPKn merumuskan indikator pencapaian kompetensi “menjelaskan proses pembentukan peraturan daerah”. Media pembelajaran yang tepat dipilih oleh Pak Budi untuk mencapai kompetensi pembelajaran tersebut adalah ....

A. video tentang sidang pembentukan peratura daerah

B. bagan alur proses pembentukan peraturan daerah

C. video tentang kegiatan pembentukan peraturan daerah

D. gambar tentang sidang pembentukan peraturan daerah

E. aplikasi tentang sidang pembentukan peraturan daerah

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Guru PPKn di samping harus mampu mengembangkan bahan ajar, metode, dan evaluasi, juga mampu memilih dan mengembangkan media pembelajaran yang tepat untuk mencapai kompetensi pembelajaran. Media yang tepat untuk indikator pencapaian kompetensi “menjelaskan proses pembentukan peraturan daerah” yaitu bagan alur proses pembentukan peraturan daerah. Melalui bagan alur tersebut, akan memudahkan peserta didik dalam pencapaian kompetensi pembelajaran.

 

11. Seorang siswa memainkan handphone di dalam kelas ketika guru sedang mengajar, maka reinforcement yang tepat diberikan oleh guru kepada anak tersebut adalah ....

A. memberikan ancaman

B. memberikan hukuman

C. memberikan tugas tambahan

D. memberikan peringatan

E. mendekati siswa tersebut

Kunci Jawaban: E

Pembahasan

Dalam proses pembelajaran seorang guru harus bisa memilih solusi jika ada siswa yang melakukan hal yang kurang baik dalam pembelajaran. Siswa diharapkan menjadi sadar dan tidak mengulanginya lagi. Dalam hal siswa memainkan handphone maka guru bisa mendekatinya dan bicara dari hati ke hati.

12. Ketua Komisi Yudisial (KY) melihat banyak hakim yang melanggar hukum dalam menjalankan tugasnya. Komisi Yudisial juga bertugas mengajukan usul penjatuhan sanksi terhadap hakim kepada pimpinan Mahkamah Agung atau Mahkamah Konstitusi. Berdasarkan wacana di atas, keterampilan kewarganegaraan yang harus dimiliki siswa sebagai warga negara adalah ....

A. menganalisis kasus-kasus hukum yang melibatkan hakim

B. merancang usulan sanksi yang tepat terhadap hakim pelanggar hukum

C. mendorong agar KY memberikan sanksi berat bagi hakim pelanggar hukum

D. mengevaluasi putusan MA apabila memecat semua hakim pelanggar hukum

E. memahami tugas-tugas dari lembaga tinggi negara

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Dalam praktik belajar kewarganegaraan maka sesuai dengan indikator pencapaian kompetensinya, maka siswa sebagai warga negara maka harus memiliki keterampilan kewarganegaraan. Terkait kasus di atas maka mereka harus bisa merancang usulan sanksi yang tepat bagi hakim yang sudah terbukti melanggar.

13. Ketika dalam suatu kegiatan pembelajaran, guru memberi kesempatan kepada peserta didikuntuk menemukan pengetahuan tentang perilaku manusia dalam memanfaatkan tempat sampah dari berbagai sumber belajar, maka tampilan guru tersebut dikategorikan sebagai ....

A. mengamati lingkungan

B. mengumpulkan informasi

C. mengidentifikasi masalah

D. menemukan masalah

E. merumuskan masalah

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Dalam melakukan prosedur evaluasi pembelajaran maka guru harus mengarah pada pendekatan saintifik. Dalam kegiatan dimana guru yang memberi kesempatan peserta didik untuk menemukan pengetahuan tentang perilaku manusia dalam memanfaatkan sampah dikategirikan mengumpulkan informasi.

14. Penilaian pembelajaran PPKn bertujuan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta  didik. Ketika dalam suatu kegiatan penilaian pembelajaran, guru mengunakan instrumen yang berbeda antara peserta didik laki-laki dan perempuan, maka kegiatan penilaian tersebut dikategorikan sebagai tindakan yang tidak ....

A. objektif

B. adil

C. sahih

D. akuntabel

E. valid

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Guru dalam merencanakan dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil belajar peserta didik dalam PPKn maka tidak boleh memberikan perlakuan yang berbeda hanya karena berbeda jenis kelamin, karena hal ini menjadi tidak adil. Guru dalam melakukan penilaian harus dilakukan dengan adil dan tidak membedakan latar belakang maupun jenis kelamin.

 

15. Kegiatan mengembangkan kisi-kisi penilaian dalam prosedur penilaian pembelajaran PPKn dilaksanakan setelah ....

A. tujuan pembelajaran diketahui

B. teknik penilaian ditentukan

C. penilaian telah dilaksanakan

D. instrumen penilaian telah disusun

E. kunci jawaban disusun

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Sesuai dengan langkah-langkah yang dilakukan guru dalam menyusun perencanaan penilaian pembelajaran. Setelah teknik penilaian ditentukan, maka guru mengembangkan kisi-kisi penilaian. Kisi-kisi yang dibuat memuat materi, indikator pencapaian kompetensi, bentuk soal, tingkat kesukaran soal, dan berapa jumlah soal dari setiap indikator pencapaian kompetensi.

 

16. Jenis instrumen penilaian yang tepat dipergunakan guru untuk memperoleh hasil belajar peserta didik dengan Indikator Pencapaian Kompetensi “menganalisis makna Sumpah Pemuda dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia” adalah ....

A. lembar observasi 9

B. produk

C. projek

D. skala sikap

E. tes tertulis uraian

Kunci Jawaban: E

Pembahasan

Jenis instrumen penilaian yang tepat dipergunakan guru untuk memperoleh hasil belajar peserta didik dengan Indikator Pencapaian Kompetensi “menganalisis makna Sumpah Pemuda dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia” adalah tes tertulis berupa uraian karena guru ingin mengetahui pemikiran peserta didik terkait makna yang itu akan lebih mendalam jika menggunakan uraian.

 

17. Bentuk kegiatan remedial bagi peserta didik yang hasil belajarnya di bawah KBM untuk tujuan

pembelajaran “peserta didik dapat menganalisis makna dan arti kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia” adalah ....

A. membuat ringkasan isi buku tentang makna kebangkitan nasional

B. mengerjakan PR tentang makna dan arti kebangkitan nasional 1908

C. membuat karya tulis tentang kebangkitan nasional 1908

D. membuat ringkasan isi buku Sukarno

E. melakukan ulangan harian ulang

Kunci Jawaban: A

Pembahasan

Menentukan jenis remidial harrus berdasarkan sebuah hasil penilaian. Bentuk kegiatan remedial bagi peserta didik yang hasil belajarnya di bawah KBM untuk tujuan pembelajaran “peserta didik dapat menganalisis makna dan arti kebangkitan nasional 1908 dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia” yang paling tepat adalah membuat ringkasan isi buku tentang makna kebangkitan nasional.

 

18. Jenis instrumen penilaian yang tepat dipergunakan guru untuk memeroleh hasil belajar peserta didik dengan IPK “mempresentasikan hasil identifikasi pengaruh kemajuan ilmu  pengetahuan dan teknologi terhadap Negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika” adalah ....

A. jurnal

B. projek

C. unjuk kerja

D. observasi

E. tes tertulis

Kunci Jawaban: C

Pembahasan

Unjuk kerja merupakan jenis instrumen penilaian yang tepat dipilih guru untuk memeroleh hasil belajar peserta didik sesuai IPK yang ada. IPK “mempresentasikan hasil identifikasi pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap Negara dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika” akan meminta peserta didik untuk tampil mempresentasikan hasil kerja peserta didik, dan penilaian yang sesuai adalah unjuk kerja.

19. Salah satu permasalahan dalam pembelajaran PPKn yang sering ditemukan adalah kebosanan peserta didik, iklim belajar yang tidak kondusif. Solusi yang bisa dipergunakan guru terhadap masalah belajar tersebut yang paling sesuai dengan jiwa Kurikulum 2013 adalah dengan menggunakan model pembelajaran ....

A. scientific approach

B. cooperative learning

C. contextual teaching and learning

D. discovery learning

E. project based learning

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Salah satu cara yang bisa digunakan guru dalam inovasi pembelajaran maka dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif, karena ada banyak tipe seperti jigsaw, TGT, STAD dan lain-lain, sehingga dalam prosesnya akan bervariasi dan menyenangkan peserta didik. Melalui pembelajaran kooperatif peserta didik diajak untuk bekerjasama dengan teman lainnya dan mengembangkan salah satu bentuk keterampilan kewarganegaraan (civic skills)

 

20. Penggunaan teknologi terbaru dapat dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik maksimal. Pada tujuan pembelajaran “peserta didik dapat menganalisis dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang - Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945” adalah dengan cara ....

A. membaca buku elektronik tentang dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia

B. membuat kliping dari media elektronik tentang dinamika peran Indonesia dalam perdamaian

dunia

C. membuat karya tulis tentang dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia

D. membuat ringkasan isi buku elektronik tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia

E. melakukan kajian lapangan tentang peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai UUD NRI Tahun 1945

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Penggunaan teknologi baru dapat memberikan hasil yang maksimal dari peserta didik. Untuk menganalisis dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia sesuai Undang - Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun1945” adalah dengan cara membuat kliping dari media elektronik tentang dinamika peran Indonesia dalam perdamaian dunia.

21. Bagi negara yang merdeka dan berdaulat dasar negara memiliki kedudukan yang penting karena ....

A. tanpa dasar negara tidak menenuhi unsur negara

B. dengan dasar negara banyak negara yang mengakui

C. dasar negara menjadikan masyarakat menjaga ketertiban

D. pemerintahan yang maju harus memiliki dasar negara

E. sebagai dasar mengatur penyelenggaraan negara

Kunci Jawaban: E

Pembahasan

Bagi negara yang merdeka dan berdaulat perlu memiliki dasar negara. Pancasila merupakan dasar negara Indonesia. Pancasila digunakan sebagai dasar negara untuk mengatur penyelenggaraan negara. Tanpa dasar negara maka penyelenggaraan negara tidak dapat dijalankan dengan baik, bahkan akan terjadi kekacauan/konflik.Oleh karena itu keberadaaan dasar negara bagi suatu negara sangatlah penting dan perlu. Tanpa dasar negara penyelenggaraaan suatu negara akan berjalan tanpa arah yang jelas.

22. Dalam proses perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara melibatkan utusan dari berbagai wilayah di Indonesia, hal itu dimaksudkan agar ....

A. sesuai dengan kehendak pemerintah Jepang

B. tindak lanjut dari peristiwa Sumpah Pemuda

C. sebagai perwakilan pejuang kemerdekaan

D. ada keterwakilan seluruh Bangsa Indonesia

E. perwakilan organisasi di wilayah Indonesia

Kunci Jawaban: D

Pembahasan

Perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara melibatkan utusan yang mewakili berbagai wilayah di Indonesia. Hal itu dimaksudkan agar ada keterwakilan dari seluruh Bangsa Indonesia. Pancasila merupakan dasar negara yang disepakati bersama oleh seluruh rakyat Indonesia melalui wakil-wakilnya di sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Perumusan Pancasila sebagai dasar negara dalam sidang BPUPKI diutarakan oleh para tokoh yang mengajukan ide/gagasan tentang dasar negara. Mereka yang menyampaikan gagasan tentang dasar negara dan berpidato pada siding BPUPKI yaitu: Soekarno, M.Yamin, dan Soepomo.

 

23. Berikut ini merupakan contoh perilaku yang mencerminkan kedudukan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia adalah ....

A. presiden membuat kebijakan pembangunan infra struktur baru

B. DPR membuat undang-undang tentang pendidikan

C. presiden memilih menteri-menteri di cabinet kerja

D. presiden menghadiri hajatan pernikahan putri anggota DPR

E. masyarakat melakukan uji materi undang-undang kepada MK

Kunci Jawaban: D

Pembahasan

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia berfungsi sebagai pedoman atau petunjuk dalam kehidupan sehari-hari. Ini berati, Pancasila sebagai pandangan hidup merupakan petunjuk arah semua kegiatan atau aktivitas hidup dan kehidupan di segala bidang. Salah satu contoh Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa yaitu presiden menghadiri hajatan pernikahan putri anggota DPR. Kehadiran presiden dalam peristiwa tersebut bukan kapasitasnya sebagai kepala negara, tetapi sebagai individu warga negara yang menghormati undangan orang lain. Menghadiri hajatan pernikahan merupakan bagian dari perilaku yang mencerminkan kedudukan Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa yang termanifestasikan dalam perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-hari warga negara. Nilai nilai Pancasila dijadikan sebagai pedoman atau petunjuk dalam kehidupan warga negara sebagai pribadi.

 

24. Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara dapat dilihat dari contoh implementasi dalam

kehidupan sehari-hari yaitu ....

A. perayaan hari besar agama dihadiri Presiden dan semua pejabat negara

B. Presiden menghadiri undangan pesta perkawinan anak Ketua MPR

C. warga negara dimungkinkan mengajukan uji materiil terhadap undang-undang

D. mengembangkan sikap toleransi ketika bertemu dengan sahabat dari lain pulau

E. memajukan kebudayaan daerah sesuai dengan nilai-nilai Pancasila

Kunci Jawaban: C

Pembahasan

Pancasila sebagai dasar negara sering juga disebut sebagai Philosophische Grondslag dari negara, ideologi negara, staatsidee. Pancasila digunakan sebagai dasar mengatur pemerintah negara. Atau dengan kata lain, Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan negara. Dalam penyelenggaraan negara para pejabat negara mendasarkan kebijakan yang dibuat pada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Pancasila dijadikan sebagai dasar pijakan dalam penyelenggaraaan negara, sehingga pelaksanaan atau jalannya ketatanegaraan dilandaskan pada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

25. Penggunaan pesan singkat melalui media sosial mempengaruhi bentuk pola silahturahmi antarwarga masyarakat Indonesia yang bila berlanjut secara sosial dimungkinkan terjadinya kondisi ....

A. menurunnya kualitas hidup gotong-royong

B. penggunaan alat komunikasi yang canggih

C. internet dalam keluarga sebagai kebutuhan

D. semakin kuatnya ikatan kekeluargaan

E. hubungan guru dan siswa semakin akrab

Kunci Jawaban: A

Pembahasan

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia secara ideal mengandung makna bahwa Pancasila dijadikan sebagai pedoman atau petunjuk dalam kehidupan sehari-hari. Namun  dalam praktik nyata di masyarakat, seringkali tidak sesuai dengan kondisi ideal. Misalnya, media sosial akan mempengaruhi bentuk pola silaturrahmi, dan dapat menurunkan kualitas hidup gotong-royong di masyarakat. Kegiatan atau aktivitas warga negara sebagai individu dalam kehidupan sehari-hari senantiasa didasarkan pada nilai-nilai baik yang terkandung dalam Pancasila sebagai pandangan hidup.

26. Pejabat negara yang memanfaatkan mobil dinas untuk berbagai kegiatan pribadi merupakan tindakan yang tidak dibenarkan oleh Pancasila sebagai dasar negara karena perilaku tersebut

....

A. melanggar norma kesopanan

B. dibolehkan pejabat di atasnya

C. mendapat dukungan masyarakat

D. melanggar ketentuan hukum

E. menjadi kebiasaan masyarakat

Kunci Jawaban: D

Pembahasan

Pancasila sebagai dasar negara menjadi landasan dan pedoman dalam membentuk dan menyelenggarakan negara. Hal ini berarti perilaku para penyelenggara negara dalam pelaksanaan penyelenggaraan pemerintah negara, harus sesuai dengan perundang-undangan yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

 

27. Sesuai dengan nilai-nilai yang terkadung dalam sila keempat Pancasila, Presiden dapat melakukan komunikasi politik dengan Wakil Presiden atau menteri-menteri negara melalui ....

A. pembagian tugas dan kewenangan dengan Wakil Presiden

B. memberi kesempatan jeda istirahat kepada peserta sidang kabinet

C. mengangkat menteri negara dari berbagai latar belakang

D. mengusulkan gaji menteri negara secara proporsional

E. penyediaan rumah dinas yang layak sebagai pejabat negara

Kunci Jawaban: A

Pembahasan

Pancasila memiliki nilai-nilai yang dapat diterapkan dalam praktik penyelenggaraan  pemerintahan negara Indonesia. Lembaga-lembaga negara dalam sistem pemerintahan di Indonesia dalam menyelenggarakan jalannya pemerintahan negara mendasarkan pada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, termasuk lembaga kepresidenan. Presiden dapat menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dalam menjalankan tugas pemerintahan.

 

28. Berikut merupakan salah satu contoh peristiwa yang pernah terjadi di Indonesia yang dikategorikan sebagai suatu bentuk pelanggaran hak asasi manusia dalam perspektif nilai-nilai Pancasila adalah ....

A. konvoi motor gede yang dilakukan oleh sekelompok orang

B. premanisme yang terjadi di kota-kota besar di Indonesia

C. vandalisme yang menyebabkan kotornya ruang publik

D.radikalisme yang dilakukan oleh sekelompok golongan tertentu

E. aksi teroris yang menyebabkan jatuhnya korban meninggal dunia

Kunci Jawaban: E

Pembahasan

Hak asasi manusia merupakan hak-hak yang melekat kepada manusia secara kodrati yang tanpa hak-hak itu manusia tidak dapat hidup layak sebagai manusia. Melekat secara kodrati inilah yang membedakan antara hak asasi manusia dengan hak-hak yang lainnya. Pancasila sangat menghormati dan menjunjung tinggi hak asasi manusia sebagai bentuk perlindungan terhadap hak-hak warga negara Indonesia.

29. Salah satu perbedaan praktik sistem demokrasi Pancasila di Indonesia berdasar Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang terjadi pada masa orde baru dan reformasi di antaranya adalah dalam hal ....

A. pengambilan keputusan

B. pelibatan rakyat

C. keterbukaan

D.transparansi

E. kebebasan

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang didasarkan atas nilai-nilai Pancasila. Demokrasi Pancasila yang dilaksanakan berdasar Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945. Dalam demokrasi Pancasila pelibatan rakyat dalam pengambilan keputusan menjadi salah satu bagian penting yang harus dilaksanakan.

 

30. Berikut ini merupakan salah satu contoh peristiwa yang dapat dikategorikan sebagai kasus

pelanggaran hak warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai nilai-nilai Pancasila adalah ....

A. terlambat membayar pajak kendaraan

B. tidak menghadiri undangan hajatan pernikahan

C. memanfaatkan ruang publik untuk bercengkerama

D.penggunaan trotoar jalan untuk berjualan

E. tidak mengikuti upacara bendera di sekolah

Kunci Jawaban: D

Pembahasan

Hak asasi manusia merupakan seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan kebaradaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa dan merupakan anugrah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah dan setiap orang demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia. Dalam pelaksanaannya hak yang dimiliki oleh warga negara harus didasarkan pada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

31. Berikut ini merupakan salah satu contoh norma yang berlaku pada masyarakat di Indonesia, yang bertujuan untuk mewujudkan keadilan dalam masyarakat adalah ....

A. perintah memakai helm mengendarai motor

B. larangan membuang sampah ke sungai

C. perintah membayar berbagai macam pajak

D. larangan menerima uang saat pilkada

E. perintah untuk memiliki kartu tanda penduduk

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Norma adalah ketentuan yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan tingkah laku yang sesuai dan berterima, aturan, ukuran, atau kaidah yang dipakai sebagai tolak ukur untuk menilai atau memperbandingkan sesuatu. Norma dibuat salah satunya bertujuan untuk mewujudkan keadilan bagi masyarakat.

 

32. Nilai yang dapat dipetik dari kinerja para pendiri negara dalam peristiwa sejarah perumusan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah ....

A. sikap rela berkorban yang tinggi

B. keinginan untuk merdeka yang kuat

C. kecerdasan tinggi para pendiri negara

D. keterlibatan semua komponen bangsa

E. kerjasama yang baik dengan Jepang

Kunci Jawaban: A

Pembahasan

Perumusan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 melalui proses sejarah yang panjang. Melalui sidang BPUPKI naskah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berhasil dirumuskan. Ada banyak nilai yang dapat dipetik dari proses sejarah tersebut, salah satunya adalah sikap rela berkorban dari para pendiri negara.

33. Kedudukan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam sistem hukum nasional, yaitu sebagai ....

A. sumber hukum materiil di Indonesia

B. perundang-undangan yang tidak boleh diubah

C. acuan pengembangan hukum di Indonesia

D. sumber hukum tertinggi di Indonesia

E. dasar falsafah hukum di Indonesia

Kunci Jawaban: D

Pembahasan

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 memiliki kedudukan penting dalam sistem hukum nasional. Dalam sistem hukum nasional, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 memiliki kedudukan sebagai hukum yang tertinggi di Indonesia. Artinya, tidak ada peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi dari UUD NRI 1945.

 

34. Tata urutan peraturan perundangan-undangan dalam sistem hukum di Indonesia memngandung makna bahwa ….

A. dalam pembuatan peraturan perundang-undangan tidak boleh bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi

B. semua peraturan perundangan dalam sistem hukum nasional yang dibuat harus mendasarkan pada undang-undang

C. komponen peraturan perundang-undangan merupakan satu bagian dan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain

D. pembuatan peraturan perundang-undangan dapat bertentangan dengan aturan di atasnya asalkan wajar

E. peraturan perundang-undangan dalam sistem hukum di Indonesia harus mendasarkan pada keinginan pemerintah

Kunci Jawaban : A

Pembahasan

Dalam pembuatan peraturan perundang-undangan, pembuatnya harus menerapkan dasar pemikiran yang mendasarinya, selain di samping asas yang bersifat umum dan bersifat khusus. Agar tidak terjadi pertentangan antar peraturan perundangan, maka dibuatlah tata urutan peraturan perundang-undangan.

35. Alinea kedua pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengandung makna ....

A. pernyataan kemerdekaan Indonesia

B. tujuan negara Indonesia merdeka

C. kemerdekaan Indonesia telah diraih

D. konsekuensi dari pernyataan kemerdekaan

E. perjuangan kemerdekaan telah selesai

Kunci Jawaban: E

Pembahasan

Setiap isi alinea pembukaan UUD NRI Tahun 1945 memiliki isi dan makna. Alinea kedua yang berisi pernyataan perjuangan bangsa Indonesia telah mencapai tingkat yang menentukan. Dalam alinea kedua ini ada makna konsekuensi logis dari pernyataan kemerdekaan bangsa Indonesia.

 

36. Pokok pikiran pertama pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, yaitu: “negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasar atas persatuan dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”. Perwujudannya diantaranya adalah ....

A. pembangunan nasional di segala bidang

B. pembentukan TNI dan Kepolisian

C. pembentukan kementerian pertahanan

D. adanya pendidikan bela negara

E. adanya konsep wawasan nusantara

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 memuat empat pokok pikiran, keempat alinea masing-masing mengandung cita-cita luhur dan filosofis. Pokok pikiran pertama, “negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dengan berdasar atas persatuan dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”, salah satunya dapat diwujudkan dalam bentuk pembentukan TNI dan kepolisian.

 

37. Bentuk negara Indonesia berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia

Tahun 1945 terlihat pada ....

A. adanya negara-negara bagian dalam wilayah Indonesia

B. wilayah negara dibagi ke dalam provinsi, kabupaten, dan kota

C. anggaran pemerintah provinsi semuanya dari pemerintah pusat

D. provinsi berlaku sebagai negara bagian yang mandiri dan otonom

E. menteri negara tidak boleh ikut campur pemerintahan daerah

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Bentuk negara Indonesia adalah negara kesatuan, yang lebih sering disebut Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pernyataan yang secara tegas menyatakan bahwa Indonesia adalah negara kesatuan tertuang dalam UUD NRI Tahun 1945 pasal 1 yang berbunyi ”Negara Indonesia ialah negara kesatuan yang berbentuk Republik”. Bentuk negara kesatuan salah satunya dapat dicermati dari adanya desentralisasi kekuasaan.

 

38. Kedaulatan Negara Indonesia berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah kedaulatan rakyat. Salah satu perwujudannya adalah ....

A. pemilihan presiden dan wakil presiden langsung oleh rakyat

B. keterlibatan rakyat dalam perumusan kebijakan publik

C. adanya partai politik sebagai peserta dalam pemilu

D. adanya pemilu untuk memilih anggota DPR/DPD

E. adanya pemilihan kepala daerah secara serentak

Kunci Jawaban: A

Pembahasan

Kedaulatan negara berdasar UUD NRI Tahun 1945 adalah kedaulatan rakyat yang mengandung makna bahwa rakyat memiliki kekuasaan tertinggi. Pemilihan presiden dan wakil presiden langsung oleh rakyat sebagai salah satu bentuk perwujudan dari kedaulatan rakyat. Negara yang menganut sistem kedaulatan rakyat memberikan kekuasaan kepada rakyat untuk melaksanakan kekuasaan.

 

39. Berdasarkan ketentuan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dikenal adanya konsep warga negara dan penduduk. Perbedaan diantara keduanya adalah ....

A. status atau kedudukannya

B. kartu identitas yang dimiliki

C. tempat dan waktu kelahiran

D. waktu tinggal di wilayah negara

E. asal usul keturunan orang tua 21

Kunci Jawaban: A

Pembahasan

Penduduk dan warga negara merupakan dua konsep yang berbeda. Penduduk lebih luas cakupannya dari pada Warga Negara Indonesia. Pasal 26 ayat (2) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menegaskan bahwa penduduk ialah Warga Negara Indonesia dan orang asing yang bertempat tinggal di Indonesia. Yang membedakan antara warga negara dan penduduk adalah status dan kedudukan yang dimiliki.

 

40. Berikut merupakan salah satu alasan perlunya keterlibatan setiap warga negara Indonesia di bidang pertahanan dan keamanan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah ....

A. memperkuat ketahanan dan keamanan masyarakat agar tercipta ketenteraman

B. agar negara berada dalam kondisi aman, tenteram, terkendali, dan sejahtera

C. agar terwujud pemerintahan yang stabil dan berwibawa yang mendukung pembangunan nasional

D. Mengupayakan keselamatan setiap warga negara agar terjaga dari segala bentuk ancaman

E. agar segala bentuk ancaman terhadap kedaulatan negara terjaga dan dapat dikendalikan

Kunci Jawaban: C

Pembahasan

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 mengatur dengan jelas tentang pertahanan dan keamanan. Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban dalam bidang pertahanan dan keamanan. Oleh karena itu, warga negara perlu terlibat dalam upaya pertahanan dan keamanan agar terwujud pemerintahan yang stabil dan berwibawa yang mendukung pembangunan nasional.

41. Pembatasan masa jabatan Presiden sebagaimana ditetapkan melalui Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dalam perspektif demokrasi merupakan perwujudan

....

A. rekrutmen politik terbuka

B. penegakan supremasi hukum

C. rotasi kekuasaan negara

D. akuntabilitas pemerintahan

E. pelaksana pemerintahan

Kunci Jawaban: C

Pembahasan

Lembaga-lembaga negara dalam sistem ketatanegaraan di Indonesia fungsi dan kewenangannya diatur dalam UUD NRI Tahun 1945. Lembaga Kepresidenan sebagai salah satu penyelenggara negara fungsi dan kewenangannya juga diatur dengan jelas. Salah satu aturan itu adalah adanya pembatasan masa jabatan presiden. Hal itu dimaksudkan agar terjadi rotasi kekuasaan dan tidak adanya kekuasaan yang permanen.

 

42. Penyelenggaraan pemilihan umum di Indonesia dilaksanakan oleh komisi pemilihan umum yang memiliki kewenangan sebagai berikut ....

A. memilih anggota Dewan Perwakilan Daerah yang berasal dari calon perorangan

B. memilih Presiden, Wakil Presiden, dan Menteri-menteri Negara dalam satu paket

C. melaksanakan pemilihan umum yang dapat diwakilkan kepada pemegang hak adat

D. memilih anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat dari partai politik

E. menetapkan pemenang berdasarkan jumlah suara dari hitung cepat

Kunci Jawaban: A

Pembahasan

Ada banyak lembaga-lembaga negara dalam penyelenggaraan pemerintahaan negara Indoensia. Komisi Pemilihan Umum merupakan salah satu lembaga negara kewenangannya telah diatur dalam UUD NRI Tahun 1945. Salah satu kewenangan yang dimiliki oleh KPU adalah memilih anggota Dewan Perwakilan Daerah yang berasal dari calon perorangan.

43. Indonesia sebagai negara hukum, memiliki sistem hukum nasional sendiri yang berbeda dengan negara lain. Berdasarkan UUD NRI tahun 1945, lembaga yang melaksanakan kegiatan pembuatan hukum (law making) adalah ….

A. MPR dan DPR

B. KY dan Presiden

C. MA dan DPR

D. DPR dan Presiden

E. MK dan MA

Kunci Jawaban: D

Pembahasan

Indonesia adalah negara yang mendasarkan penyelenggaraaan pemerintahan berdasarkan hukum (rechstaat). Sistem hukum di Indonesia berdasarkan ketentuan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Salah satu ketentuan hukum yang ada mengatur tentang lembaga negara. Lembaga melaksanakan kegiatan pembuatan hukum (law making) adalah DPR dan Presiden.

44. Kewenangan mengadili pada tingkat pertama dan terakhir yang putusannya bersifat final dalam memutus pembubaran partai politik dilaksanakan oleh ....

A. Pengadilan Negeri

B. Pengadilan Tinggi

C. Komisi Yudisial

D. Mahkamah Agung

E. Mahkaman Konstitusi

Kunci Jawaban: E

Pembahasan

Sistem peradilan di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Kewenangan lembaga pengadilan di Indonesia diatur juga dalam UUD NRI Tahun 1945. Salah satu lembaga pengadilan yaitu Mahkamah Konstitusi yang memiliki kewenangan mengadili pada tingkat pertama dan terakhir yang putusannya bersifat final dalam memutus pembubaran partai politik.

 

45. Keterlibatan Indonesia dalam kerjasama antar-bangsa sebagaimana diamatkan oleh Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dimaksudkan untuk ....

A. membina dan menegakkan perdamaian dunia

B. memenuhi berbagai kebutuhan warga negara Indonesia

C. mengatur kehidupan warganegara yang berada di luar negeri

D.membangun perekonomian dan stabilitas keamanan negara

E. mendapatkan dana pembangunan di dalam negeri

Kunci Jawaban: A

Pembahasan

Indonesia sebagai bagian dari bangsa-bangsa di dunia berperan serta dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia. Keterlibatan Indonesia dalam kerjasama dengan bangsa[1]bangsa lain di dunia memang diamanatkan oleh UUD NRI Tahun 1945. Salah satu tujuan kerjasama tersebut adalah untuk membina dan menegakkan perdamaian dunia.

46. Setiap orang yang memiliki perkara hukum di pengadilan didampingi oleh penasihat hukum, baik yang berasal dari organisasi IPHI, LBH mau pun IKADIN. Hal ini terkait untuk menjamin keadilan dan kedamaian, karena ....

A. adanya mafia peradilan yang sulit dikendalikan

B. adanya peluang penyuapan dalam kasus hukum

C. adanya proses penegakan hukum yang sesuai dengan peran hukum dalam masyarakat

D. adanya tunggakan perkara hukum yang sangat banyak

E. adanya penegak hukum yang kurang profesional

Kunci Jawaban: C

Pembahasan

Sesuai dengan peran hukum dalam masyarakat bangsa yang bebas (the role of law in free society) adalah agar: 1). Masyarakat dan individu bebas dari penindasan, baik penindasan dari luar atau bangsa lain maupun penindasan dari dalam oleh para penguasa juga penindasan antara sesama angota masyarakat; 2). Masyarakat tidak diperlakukan secara otoriter, penguasa tidak boleh menjadi alat kekuasaan (instrument of power), penguasa tidak boleh menjelma atau mempersonifikasikan diri sebagai hukum, kebebasan dan kemerdekaan individu tidak boleh ditentukan oleh kehendak atau keinginan penguasa.

 

47. Penegakan hukum terhadap tindak pidana korupsi terus dilakukan, tetapi para pejabat negara

seolah tidak takut melakukan korupsi. Belum efektifnya penegakan hukum dalam hal ini sangat dipengaruhi oleh ....

A. anggaran negara yang terus semakin membesar

B. perekonomian negara tidak stabil memberikan peluang korupsi

C. perilaku aparatur hukum yang kurang tegas

D. sikap dan perilaku aparatur yang menghambat pembangunan nasional

E. peran serta masyarakat yang sangat kurang

Kunci Jawaban: C

Pembahasan

Pelaksanaan hukum dapat berlangsung secara normal,damai tetapi dapat juga karena pelanggaran hukum itu sendiri, Dalam hal ini hukum yang dilanggar itu harus ditegakkan agar terjaminnya perlindungan hukum, keadilan dan kedamaian dalam bermasyarakat dan bernegara, terlebih jika ini berkaitan dengan perilaku aparaturnya.

48. Berkaitan dengan karakteristik yang dimilikinya, penerapan otonomi daerah seperti perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan dimasukkan dalam kewenangan wajib. Kewenangan wajib tersebut terkait dengan ....

A. kedudukan dan peran pemerintah daerah

B. kedudukan dan peran pemerintah pusat

C. fungsi dan tugas pokok pemerintah pusat

D. fungsi dan tugas pokok pemerintah daerah

E. aturan dan kebijakan pemerintah pusat

Kunci Jawaban: A

Pembahasan

Sesuai dengan BAB VI Pemerintah Daerah Pasal 18 UUD NRI Tahun 1945. Pemerintah daerah mempunyai beberapa kewenangan yang yang sudah diatur dengan undang-undang tentang pemerintahan daerah. Di antara kewenangan itu adalah kewenangan wajib terkait kedudukan dan peran pemerintah daerah.

 

49. Berdirinya Budi Utomo menandai lahirnya kebangkitan nasional karena organisasi ini memiliki ide dasar agar bangsa Indonesia mampu mengurus negara yang merdeka dengan kekuatan sendiri. Gagasan Budi Utomo tersebut selanjutnya menggugah dan mendorong lahirnya ....

A. pegawai baru bagi pemerintah

B. kaum terpelajar Indonesia

C. kesadaran kaum pribumi untuk merdeka

D. berbagai organisasi sosial - politik untuk kemerdekaan

E. keinginan untuk Indonesia merdeka sekarang juga

Kunci Jawaban: D

Pembahasan

Lahirnya Budi Utomo 20 Mei 1908 menandai lahinya pergerakan perjuangan Indonesia yang bersifat organisasi.Gagasan Budi Utomo pada tahun tersebut menggugah dan mendorong lahirnya berbagai organisasi social-politik untuk kemerdekaan Indonesia.

 

 

50. Sumpah Pemuda, tidak dapat lepas dari organisasi kepemudaan yang bernama Perhimpunan Pelajar - Pelajar Indonesia (PPPI) yang didirikan pada tahun 1926. Para pemuda menyadari bahwa perjuangan kemerdekaan tidak akan berhasil tanpa ....

A. kerja keras

B. semangat pemuda Indonesia

C. hadirnya kaum muda yang terpelajar

D. pergerakan politik pemuda Indonesia

E. persatuan bangsa Indonesia

Kunci Jawaban: E

Pembahasan

Sumpah Pemuda yang lahir pada 28 Oktober 1928 dikenal sebagai orde penegas yang menjadi cikal bakal lahirnya bangsa Indonesia. Bagi para pemuda kesadaran akan pentingnya persatuan bangsa Indonesia menjadi bagian penting dari perjuangan kemerdekaan Indonesia.

 

51. Sebagai perwujudan semangat kebangsaan kolektif dalam perjuangan kemerdekaan Republik

Indonesia, maka tanggal berdirinya Budi Utomo diperingati sebagai hari Kebangkitan Nasional Indonesia. Hal ini karena Budi Utomo merupakan ….

A. organisasi yang didirikan oleh kaum terpelajar

B. organisasi yang didukung oleh pemerintah Belanda

C. organisasi sosial modern yang menanamkan semangat kebangsaan

D. bentuk penghargaan yang diberikan oleh Belanda kepada Indonesia

E. organisasi politik yang menentang kolonial Belanda

Kunci Jawaban: C

Pembahasan

Menurut Van Deventeer Indonesia bagaikan wanita cantik yang baru bangun dari tidurnya. Semangat kebangsaan dimulai dari Budi Utomo sebagai organisasi sosial modern yang menanamkan semangat kebangsaan.

 

52. Untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia, bangsa Indonesia secara bersama[1]sama hendaknya memiliki komitmen dalam mencapai masyarakat adil dan makmur. Dalam konteks kehidupan siswa, maka setiap siswa seharusnya mempunyai komitmen untuk ....

A. melawan segala bentuk penyalahgunaan narkoba

B. menolak paham intoleransi

C. menolak segala bentuk kekerasan

D. menghindari perbuatan yang tercela

E. menolak paham radikalisme

Kunci Jawaban: A

Pembahasan

Siswa dapat mempunyai komitmen kebangsaan secara kolektif untuk memperkuat NKRI yang berupa ancaman non fisik yaitu penyalahgunaan narkoba. Penyalahgunaan narkoba merupakan salah satu bentuk ancaman terhadap generasi muda.

53. Salah satu semangat dalam mewujudkan cinta tanah air dalam konteks Negara Kesatuan

Republik Indonesia, yakni semangat perdamaian dan semangat Pancasila. Dalam konteks

kehidupan siswa, maka setiap siswa seharusnya mempunyai komitmen untuk ....

A. melawan segala bentuk kemaksiatan

B. belajar bersama mengerjakan soal ujian

C. menolak segala bentuk kekerasan dan radikalisme

D. menghindari perbuatan yang tercela

E. bersama-sama menghadapi ketidakadilan

Kunci Jawaban: C

Pembahasan

Cinta tanah air dan bangsa dalam konteks NKRI maka siswa harus menolak segala bentuk kekerasan dan radikalisme. Kekerasan dan radikalisme harus dihindari karena dapat merusak perdamaian dan semangat Pancasila. Peserta didik perlu memiliki komitmen cinta tanah air untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

54. Semangat dan komitmen kebangsaan diperlukan untuk memperkuat NKRI melalui belanegara. Dalam konteks kehidupan bernegara, yang dapat dilakukan oleh siswa adalah bela negara yaitu ....

A. memahami Pancasila, UUD NRI 1945, dan peraturan hukum lainnya

B. mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

C. menjaga nama baik sekolah

D. menuntut ilmu demi kemajuan bangsa dan negara

E. menjaga nama baik dan kehormatan bangsa dan negara

Kunci Jawaban: D

Pembahasan

Konsep bela negara dapat dilakukan sesuai profesi masing-masing dalam hal ini seorang siswa menuntut ilmu demi kemajuan bangsa dan Negara. Bagi siswa menuntut ilmu merupakan bentuk bela negara demi kemajuan bangsa dana negara Indonesia.

55. Salah satu implikasi kebijakan otonomi daerah yang dikembangkan di Indonesia adalah ....

A. pemerintah pusat tidak lagi berkewajiban memberikan anggaran kepada daerah

B. daerah-daerah lebih kreatif dalam mengembangkansumber dayanya

C. terjadinya pemusatan kekuasaan dari pemerintah pusat ke daerah

D. hanya putera-putera daerah yang dapat berpartisipasi secara aktif dalam pembangunan di daerah

E. pemilihan kepala daerah melalui perwakilan secara demokratis

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Sesuai dengan pasal 18 A UUD NRI tahun 1945 tentang Pemerintah Daerah. (1)Hubungan wewenang antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah provinsi, kabupaten, dan kota, diatur dengan UU dengan memperhatikan kekhususan dan

keragaman daerah (2) Hubungan keuangan, pelayanan umum, pemanfaatan SDA dan sumber daya lainnya antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah diatur dan dilaksanakan secara adil dan

selalu berdasarkan UU.

 

56. Prinsip yang menyatakan kedudukan manusia Indonesia ditempatkan dalam kerangkakesatuan politik, sosial, budaya, ekonomi serta pertahanan keamanan disebut dengan prinsip dari ....

A. ketahanan nasional

B. wawasan nusantara

C. nasionalisme Indonesia

D. kebhinekatunggalikaan

E. keadilan sosial

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Wawasan Nusantara adalah wawasan nasional bangsa dan negara Indonesia yang memandang Indonesia merupakan satu kesatuan di bidang ideologi, politik, ekonomi, serta sosial budaya dan pertahanan dan keamanan.

57. Salah satu faktor pemersatu bangsa adalah bendera, bahasa, dan lambang negara, serta lagu

kebangsaan. Pengaturannya dalam undang-undang bertujuan untuk memperkuat NKRI yaitu ....

A. menjaga kehormatan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia

B. menjaga kesatuan TNI dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia

C. menjaga wilayah perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia

D. menjaga pulau-pulau terpencil dari pengakuan negara lain

E. memberikan identitas bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia

Kunci Jawaban: A

Pembahasan

Sesuai pasal 35 UUD NRI tahun 1945 yang berbunyi bendera negara Indonesia ialah sang saka merah putih, maka bendera sebagai salah satu identitas bangsa yang membedakannya dengan bangsa yang lain.

 

58. Salah satu faktor penghambat dimana terjadi konflik antarkelompok masyarakat yang dapat membahayakan NKRI. Salah satu sumber utama konflik tersebut tercermin dalam perilaku ....

A. fanatisme dalam menjalankan semua agamanya

B. persaingan untuk memperoleh tempat tinggal

C. pertukaran kesenian antar daerah

D. suatu suku mendominasi suku-suku lainnya

E. kerjasama ekonomi yang saling menguntungkan

Kunci Jawaban: D

Pembahasan

Merupakan hal yang tidak boleh terjadi karena merupakan salah satu faktor penghambat persatuan dan kesatuan bangsa. Konflik antarkelompok masyarakat merupakan salah satu yang dapat membahayakan NKRI, ketika suatu suku mendominasi suku-suku lainnya.

 

59. Setiap pelajar dalam kedudukannya sebagai warga negara Indonesia mempunyai kesempatan

untuk berpartisipasi dalam membangun dan menjaga kesatuan nasional, salah satu caranya adalah ….

A. meningkatkan kemampuan di bidang teknologi

B. meningkatkan penguasaan terhadap pengetahuan umum

C. mengikuti berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler

D. mengembangkan sikap saling menghormati semua agama

E. menjadi anggota aktif Gerakan Pramuka

Kunci Jawaban: E

Pembahasan

Sesuai pasal 9 UU no 3 tahun 2002 tentang Pertahanan Negara yaitu upaya bela negara yang dapat dilakukan melalui PKn, wajib militer, masuk menjadi anggota TNI/Polri dan sesuai profesi masing-masing. Sebagai seorang pelajar maka tetap dapat berpartisipasi misalnya dengan menjadi anggota Pramuka.

 

60. Kesalahpahaman antarkampung atau antarsuku dapat memicu konflik dua pihak yang berselisih. Pendekatan yang hendaknya dibangun secara terus-menerus adalah ....

A. membiarkan setiap kelompok untuk menyadari kesalahannya

B. diterapkan hukuman yang maksimal biar tidak terulang

C. pemerintah menjadi penengah agar konflik cepat selesai

D. membangun kesadaran multikultural dalam berbagai bidang

E. menempatkan petugas keamanan di lokasi yang rawan

Kunci Jawaban: D

Pembahasan

Dinamika persatuan dan kesatuan bangsa dapat dipengaruhi oleh kesalahpahaman antar kampung atau antar suku. Untuk itu perlu dibangun kesadaran multikultural dalam berbagai bidang. Kesadaran bahwa kita memang memiliki perbedaan tetapi perbedaan tidak menjadi suatu perpecahan yang membahayakan persatuan dan kesatuan NKRI.

 

61. Senjata adat ini merupakan alat untuk menebas/memotong rumput bagi masyarakat Madura, untuk memberi makan ternak sapi. Tetapi tidak jarang Clurit ini pun digunakan sebagai alat untuk berperang antar individu. Senjata adat yang dimaksud adalah ....

A. Kujang

B. Clurit

C. Mandau

D. Parang

E. Sabit

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Keberagaman suku bangsa Indonesia dalam hal senjata tradisional terdiri dari bermacam[1]macam dan nama yang berbeda pula, meski memilik nama berbeda tetapi memiliki persamaan tujuan sesuai asal daerah masing-masing

62. Bentuk-bentuk kerjasama dalam masyarakat seperti kerja bakti, membantu bencana alam dan

yang lainnya didasarkan oleh sikap kekeluargaan dalam masyarakat Indonesia yang bukan hanya didasarkan oleh ikatan darah dan kewilayahan saja karena ....

A. sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia yakni gotong royong

B. kita semua sama sebagai bangsa Indonesia

C. merupakan perwujudan Sumpah Pemuda

D. dalam rangka mengisi kemerdekaan Republik Indonesia

E. sebagai kewajiban warga negara Indonesia

Kunci Jawaban: A

Pembahasan

Bentuk-bentuk kerjasama bukan hanya didasarkan oleh ikatan daerah dan kewilayahan saja karena sudah menjadi tradisi masyarakat sejak dulu. Bangsa Indonesia dikenal memiliki tradisi yang bermacam-macam dalam kehidupan masyarakat.

 

63. Pendidikan merupakan salah satu sarana yang efektif dalam menanamkan nilai-nilai Sumpah Pemuda. Guru dapat melakukan upaya untuk membina persatuan dan kesatuan siswa antar sekolah dengan ....

A. melaksanakan upacara bendera dengan tertib

B. membentuk forum komunikasi pelajar antardaerah

C. mengembangkan sikap saling menghormati perbedaan agama

D. membina pergaulan tanpa membedakan status sosial

E. menggalang kegiatan pramuka

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Salah satu proyeksi nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan siswa antar sekolah dengan

membentuk forum komunikasi pelajar antar daerah. Dengan adanya komunikasi maka segala permasalahan yang mungkin timbul akan dapat diminimalisir.

 

64. Pasal 36 UUD NRI Tahun 1945 berbunyi bahasa negara adalah Bahasa Indonesia. Seorang guru PPKn harus mampu membina siswanya agar berperilaku sesuai semangat Sumpah Pemuda, yaitu ....

A. prinsip penghargaan terhadap bahasa Melayu sebagai bahasa pergaulan

B. prinsip multikultural dalam berkebudayaan dan berbahasa

C. prinsip pengakuan dominasi kebahasaan melayu di sekolah

D. kemitraan egaliter antarsuku bangsa dalam berbahasa Indonesia

E. berbahasa baku ketika menyajikan hasil karya ilmiah yang dilakukan

Kunci Jawaban: E

Pembahasan

Pasal 36 UUD NRI Tahun 1945 yang berbunyi bahasa negara ialah Bahasa Indonesia. Ini merupakan perwujudan dari Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Ini harus dilakukan sejak dini dan guru harus membina siswanya dan dimulai dengan berbahasa Indonesia yang baik dan benar, dengan menyajikan hasil karya ilmiah yang dilakukan mereka.

 

65. Pemerataan hasil pembangunan di Indonesia masih belum merata. Hal itu ditunjukkan oleh adanya jumlah penduduk yang berada di bawah garis kemiskinan belum menurun secara signifikan. Dalam upaya mewujudkan persatuan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika, maka kebijakan yang tepat adalah ....

A. memenuhi kebutuhanpanganpenduduk melalui impor beras

B. menciptakan lapangan kerja untuk mengurangi pengangguran

C. menggalakkan program zakat tanpa pandang bulu

D. menjaga stabilitas harga melalui mekanisme pasar

E. meningkatkan akses masyarakat kepada pelayanan produksi

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Menciptakan lapangan kerja untuk mengurangi pengangguran merupakan salah satu bentuk prinsip persatuan dalam keberagaman sosial ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

 

66. Sebagai bangsa majemuk, perbedaan kebiasaan di antara masyarakat sepatutnya disikapi secara bijak oleh masyarakat itu sendiri. Sikap bijaksana dikembangkan agar ....

A. terbentuk persatuan dan kesatuan di daerah setempat

B. terbina ketahanan nasional yang kuat di daerah

C. tercipta kehidupan masyarakat yang damai dan tenteram

D. terjadi penyelesaian perrmasalahan di masyarakat

E. tidak terjadi kerusuhan komunal di masyarakat

Kunci Jawaban: C

Pembahasan

Sikap bijak perlu dikembangkan dalam kaitannya dengan prinsip harmoni dalam keberagaman

bangsa Indonesia dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Bangsa Indonesia adalah bangsa yang memiliki keberagaman

 

67. Berikut ini yang menjadi faktor pendukung terbinanya integrasi nasional,yaitu ....

A. sejarah yang menimbulkan rasa senasib dan seperjuangan

B. masyarakat Indonesia yang sangat heterogen

C. wilayah negara Republik Indonesia yang begitu luas

D. masih besarnya ketimpangan pembangunan

E. lemahnya nilai-nilai budaya bangsa dari pengaruh budaya asing

Kunci Jawaban: A

Pembahasan

Pengalaman sejarah dapat menjadi faktor pembentuk integrasi nasional. Karena merupakan motivasi dalam bela negara. Suatu bangsa yang mengalami sejarah perjuangan bangsa akan semakin mempertebal motivasi dalam bela negara.

 

68. Kebijakan pemerintah yang ditujukan untuk mengatasi segala ancaman,yang akan membahayakan kelangsungan kehidupan berdasarkan Pancasila sebagai dasar negara, merupakan strategi dalam menghadapi ancaman di bidang ....

A. ideologi

B. politik

C. ekonomi

D. sosial budaya

E. pertahanan dan keamanan

Kunci Jawaban: A

Pembahasan

Ancaman merupakan sesuatu yang bersifat menggugah secara konsepsional dan berasal dari luar negeri. Untuk itu kebijakan pemerintah sekaligus strateginya di bidang ideologi sangat diperlukan. Karena tidak kalah berbahayanya dibanding ancaman fisik.

 

69. Ancaman terhadap ideologi negara melalui bidang ekonomi semakin relevan untuk diwaspadai. Hal itu, di antaranya dipicu oleh sentimen masyarakat terhadap kebijakan yang memberikan peluang usaha terhadap pihak asing dan ketimpangan ekonomi di masyarakat. Solusi yang tepat untuk mengatasinya adalah ....

A. meningkatkan mutu pendidikan dan karakter masyarakat

B. memberikan penyuluhan kepada masyarakat marginal

C. penyelenggaraan pemilihan umum yang bersih, adil, dan jujur

D. menanggulangi kemiskinan dan memeratakan kesejahteraan

E. pemberantasan terorisme dan gerakan separatis dari luar negeri

Kunci Jawaban: D

Pembahasan

Tugas pemerintah melalui kebijakan yang dikeluarkan di bidang ekonomi seperti menanggulangi kemiskinan dan memeratakan kesejahteraan dapat dilakukan untuk mengatasi ancaman terhadap negara di bidang ekonomi. Masalah ekonomi sangat mendesak untuk diatasi secara komprehensif.

 

70. Teknologi informasi telah menghadirkan media massa yang dapat memengaruhi pola pikir karena dapat menggiring opini masyarakat yang memberikan implikasi ideologis, yaitu ....

A. mudah terpengaruh oleh hal yang berbau barat

B. kehilangan arah sebagai bangsa yang memiliki jati diri

C. lenyapnya identitas kultural nasional dan lokal

D. hilangnya semangat nasionalisme dan patriotisme

E. cenderung pragmatisme dan keinginannya serba instan

Kunci Jawaban: B

Pembahasan

Pengaruh media sosial dewasa ini sangat luar biasa, beredarnya hoax dapat memengaruhi pola pikir masyarakat dan menggiring opini yang berimplikasi ideologis. Hal ini dapat

menyebabkan bangsa Indonesia kehilangan arah sebagai bangsa yang memiliki jati diri, ini sangat membahayakan dan harus segera diatasi.


  • SOAL DAN KUNCI JAWABAN PPPK MAPEL PPKN LAINNYA (DISINI)

 

Demikianlah informasi seputar kumpulan soal-soal latihan PPPK untuk guru mata pelajaran PPKN jenjang SD,SMP, SMA/SMK yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga melalui postingan ini anda yang sedang mencari kumpulan soal-soal latihan PPPK untuk mata pelajaran PPKN maka bisa mendapatkan manfaatnya.

Sekian dan semoga bermanfaat. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel