Materi Tes PPPK Tahun 2021

Kherysuryawan.id – Materi Tes Seleksi P3K Guru SD, SMP, SMA DAN SMK Tahun 2021.

Tidak lama lagi seleksi PPPK guru Tahun 2021 akan dimulai olehnya itu para calon peserta seleksi harus mengetahui jenis-jenis materi yang akan dimunculkan pada saat seleksi PPPK nantinya dan dengan mengetahui jenis materi yang akan di muculkan nantinya maka tentunya akan memudahkan para peserta dalam mempelajari materi seputar PPPK.

 


Melalui postingan ini saya akan memberikan materi tes PPPKtahun 2021, yang mana materinya yaitu meliputi 3 tes kompetensi dasar yang diantaranya adalah kompetensi teknis, kompetensi manajerial, kompetensi sosio kultural, dan tes wawancara.

Untuk lebih jelasnya tentang materi pada masing-masing kompetensi maka silahkan anda simak penjelansannya di bawah ini :

1.   MATERI KOMPETENSI TEKNIS, MELIPUTI :

Pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis Jabatan.

 

2.   KOMPETENSI MANAJERIAL, MELIPUTI :

Pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku dalam berorganisasi yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan:

• Integritas

• Kerjasama

• Orientasi pada hasil

• Komunikasi

• Pelayanan publik

• Pengembangan diri dan orang lain

• Pengambilan keputusan

• Mengelola perubahan


3.   KOMPETENSI SOSIO KULTURAL, MELIPUTI

Pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku dalam berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, dalam peran pemangku jabatan sebagai perekat bangsa yang terkait dengan:

• Kepekaan terhadap perbedaaan budaya

• Kemampuan berhubungan sosial

• Kepekaan terhadap konflik

• Pengendalian diri

• Empati

 

4.   TES WAWANCARA

Tes wawancara sebagaimana dimaksud bertujuan untuk menilai moralitas dan integritas peserta seleksi kompetensi. Hasil tes wawancara digunakan sebagai bahan penetapan kelulusan hasil seleksi.

 

Adapun jumlah soal untuk masing-masing tes adalah sebagai berikut :

-          Jumlah soal tes kompetensi teknis yaitu 70 - 100 soal, dikerjakan dalam waktu 120-160 menit dan tipe soal yaitu pilihan ganda berjumlah 5 (Benar, Salah)

-          Jumlah soal tes kompetensi manajerial yaitu 20 - 30 soal, dikerjakan dalam waktu 120-160 menit dan tipe soal yaitu Pilihan ganda berjumlah 4 ( Nilai: 4,3,2,1,0 )

-          Jumlah soal tes kompetensi sosio kultural yaitu 10 - 20 soal, dikerjakan dalam waktu 120-160 menit dan tipe soal yaitu Pilihan ganda berjumlah 5 ( Nilai: 5,4,3,2,1,0 )

-          Jumlah soal tes wawancara(berbasis komputer) yaitu 10 soal, dikerjakan dalam waktu 10 menit dan tipe soal yaitu Pilihan ganda berjumlah 4 ( Nilai: 4,3,2,1,0 )

 

Untuk PASSING GRADE yaitu sebagai berikut :

-          PG Nilai Kompetensi Teknis, direkomendasikan oleh Instansi Pembina dan ditetapkan PANSELNAS

-          PG Nilai Penjumlahan Kompetensi Manajerial dan Sosio Kultural, ditentukan PANSELNAS

-          PG Wawancara tidak ditentukan, hanya untuk menambah nilai akhir dan dapat dipergunakan oleh Instansi Pengguna untuk menggali dan mengkonfirmasikan kembali integritas dan moralitas peserta.

 

Pada seleksi PPPK Guru 2021, akan diberikan tambahan nilai/afirmasi pada penilaian Kompetensi Teknis dengan kriteria tertentu. Adapun jenis-jenis tambahan nilai/afirmasi sebagai berikut:

1.   Sertifikat Pendidik, mendapatkan jumlah tambahan nilai 100% dari nilai maks. Kompetensi Teknis Berlaku untuk semua peserta yang memiliki sertifikat pendidik yang linier dengan formasi yang dilamar

2.   Usia, mendapatkan jumlah tambahan nilai 15% dari nilai maks. Kompetensi Teknis Berlaku untuk peserta di atas 35 tahun dan berstatus aktif sebagai Guru selama 3 tahun terakhir (berdasarkan data Dapodik).

3.   Disabilitas, mendapatkan jumlah tambahan nilai 10% dari nilai maks. Kompetensi Teknis • Kriteria guru yang bisa melamar akan disiapkan oleh Kemendikbud. • Verifikasi akan dilakukan oleh Kemendikbud dengan metode verifikasi video.

4.   Guru Honorer THK-II, mendapatkan jumlah tambahan nilai 10% dari nilai maks. Kompetensi Teknis Peserta terdaftar di database THK-II BKN dan berstatus aktif sebagai guru selama 3 tahun terakhir (berdasarkan Data Dapodik).

DenganCatatan:

-          Tambahan nilai/afirmasi dapat diterapkan secara akumulatif.

-          Nilai total Kompetensi Teknis tidak boleh lebih besar daripada nilai maksimal Kompetensi Teknis.

 

Adapun alur tahapan seleksi PPPK guru adalah sebagai berikut :

Pelaksanaan Tes PPPK guru akan dilaksanakan dalam 3 tes, dan yang akan menjadi peserta tes seleksi PPPK yaitu terdiri atas 4 kategori, antara lain sebagai berikut :

1.   KATEGORI 1 : Honorer THK-II sesuai database THK-II di BKN;

2.   KATEGORI 2 : Guru Honorer yang masih aktif mengajar di sekolah negeri di bawah kewenangan Pemerintah Daerah dan terdaftar sebagai Guru di Dapodik Kemendikbud;

3.   KATEGORI 3 : Guru yang masih aktif mengajar di sekolah swasta dan terdaftar sebagai Guru di Dapodik Kemendikbud;

4.   KATEGORI 4 : Lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang belum menjadi guru dan terdaftar di Database Lulusan Pendidikan Profesi Guru Kemendikbud.

 

TES PERTAMA HANYA BISA DIIKUTI OLEH PESERTA KATEGORI 1 DAN KATEGORI 2 DENGAN KETENTUAN SEBAGAI BERIKUT :

-          Tidak dapat melamar ke instansi lain.

-          Jika formasi tersedia dan serdik atau kualifikasi ybs sesuai, harus melamar di formasi tsb.

-          Jika formasi tidak tersedia dan/atau serdik/kualifikasi ybs tidak sesuai, dapat melamar di formasi lain di instansi tsb.

 

TES KEDUA BISA DIIKUTI OLEH PESERTA KATEGORI 1, 2 (yang tidak lulus) dan KATEGORI  3 DAN 4 DENGAN KETENTUAN SEBAGAI BERIKUT :

-          Peserta memilih kembali formasi di instansinya yang masih belum terisi sesuai serdik atau kualifikasi ybs.

-          Peserta 1, 2, & 3 tidak dapat melamar di instansi lain.

-          Peserta 4 melamar di instansi sesuai dengan domisilinya

-          Diambil nilai tertinggi antara PG-1 dan PG-2.

 

TES KETIGA BISA DIIKUTI OLEH PESERTA KATEGORI 1, 2, 3, 4 (yang tidak lulus)  DENGAN KETENTUAN SEBAGAI BERIKUT :

-          Peserta memilih kembali formasi yang masih belum terisi sesuai serdik atau kualifikasi ybs.

-          Seluruh peserta dapat melamar di instansi lain.

-          Diambil nilai tertinggi antara PG-1, PG-2, & PG-3

 

PENGISIAN FORMASI KOSONG

-          Setelah tes ketiga, formasi yang masih belum terisi dapat dilakukan optimalisasi pengisian formasi kosong.

-          Pengisian formasi kosong dilakukan berdasarkan rangking penilaian Sekolah yang akan ditentukan Kemendikbud.


BAGI ANDA YANG MEMBUTUHKAN MODUL BELAJAR PPPK TERBARU VERSI ASLI DARI KEMENDIKBUD MAKA SILAHKAN CEK (DISINI)


Demikianlah informasi seputar materi tes seleksi PPPK guru tahun 2021 serta alur pendaftaran PPPK yang bisa saya sampaikan melalui postingan kali ini, semoga bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel