-->

70 Soal & Jawaban PPPK Kompetensi Sosio Kultural Tahun 2021

Kherysuryawan.id - Soal PPPK Kompetensi sosio kultural dan kunci jawabannya. Sahabat Pendidikan, seperti kita ketahui bahwa dalam pelaksanaan tes seleksi P3K di tahun 2021 ada ada 3 jenis materi kompetensi yang akan di gunakan dalam membuat tes seleksi PPPK yang salah satunya ialah materi seleksi kompetensi sosio kultural. Materi sosiso kultural sangat penting untuk di ketahui oleh seorang calon ASN.

 


Dengan mempelajari materi sosio kultural maka kita akan mengetahui bagaimana pandangan kita terhadap kehidupan berbangsa, beragama dan bernegara yang baik. Kehidupan social juga menjadi salah satu penilaian yang sangat penting bagi seorang aparatur sipil negara sehingga dengan memasukkan materi kompetensi sosio kultural maka seorang ASN bisa memiliki pengetahuan saling menghormati, menghargai sesama dan juga hidup bergotoroyong.

 

Bagi anda yang mungkin saat ini sedang memerlukan contoh -contoh soal latihan dalam bentuk tes yang berhubungan dengan materi sosio kultural, maka melalui postingan ini saya akan membagikan beberapa contoh soal kompetensi sosio kultural yang mana di setiap soal yang disajikan sudah di lengkapi dengan kunci jawabannya sehingga mudah untuk di pelajari.

 

Dalam jawaban yang telah di sediakan apabila anda merasa masih ada jawaban yang kurang tepat maka kiranya anda bisa memberikan masukan melalui kolom komentar pada kontak yang tersedia di blog Pendidikan ini agar nantinya bisa di revisi dan bisa bermanfaat bagi banyak orang. Sebagai manusia biasa maka pastinya setiap manusia memiliki kesalahan maka olehnya itu marilah kita saling berbenah dan terus belajar agar bisa bermanfaat baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

 

Postingan ini sengaja saya buat untuk bisa membantu para calon pendaftar PPPK tahun ini yang sedang membutuhkan soal kompetensi sosio kultural, dan kiranya melalui artikel ini maka siapapun yang akan menggunakannya untuk pembelajaran maka bisa menjadi sebuah informasi pembelajaran yang bermanfaat bagi diri sendiri dan juga bagi orang lain.

 

Soal dan jawaban PPPK materi kompetensi sosio kultural yang akan saya bagikan pada postingan ini yakni berjumlah 70 soal dan anda bisa mempelajarinya sebagai bahan untuk persiapan menghadapi seleksi penerimaan PPPK di tahun ini. Selain itu soal PPPK kompetensi sosio kultural ini kiranya juga bisa menjadi bahan referensi bagi siapapun yang membutuhkannya.

 

Baiklah berikut ini 70 soal dan jawaban PPPK materi kompetensi sosio kultural yang bisa anda pelajari di bawah ini :

 

 

Bagi anda yang akan

1. Bagaimana reaksi Anda menyikapi aksi-aksi kekerasan yang sering terjadi di jalanan?

A. Takut dan trauma saat berada di jalan.

B. Tidak ambil pusing dengan kejadian tersebut.

C. Melaporkan aksi yang ada dan tetap waspada saat berkendara di jalan.

D. Hanya asyik menonton tanpa melakukan sesualu

E. Sebisa mungin mencari teman ketika melewati jalan tersebut.

Jawaban C

 

2. Jika atasan saya memberikan pendapat dan masukan kepada saya maka…

A. Saya tidak peduli karena saya sudah bekerja sesuai dengan kemampuan saya

B. Saya menerimanya dan mendengarkannya

C. Saya mengintrospeksi diri saya kemudian saya memperbaikinya

D. Pemimpin saya memang orangnya perfeksionis

E. Saya senang jika ada yang memberikan kritik dan saran pada saya

Jawaban C

 

3. Teman sekantor saya mengalami musibah, disaat yang sama ada pekerjaan penting

yang harus diselesaikan, saya…

A. memprioritaskan teman saya, karena kami bagaikan keluarga

B. menunda pekerjaan saya dan pergi untuk melihat kondisinya

C. leman saya pasli mengerti jika saya sibuk

D. bersama teman-teman yang lain pergi untuk melihat kondisinya

E. menelefon untuk memastikan kondisinya lalu kembali bekerja

Jawaban E

 

4. Dalam situasi terjadi perdebatan karena perbedaan pendapat, biasanya saya …

A. Meninggalkan ruangan karena saya tidak tahan mendengar perdebatan.

B. Berusaha menengahi agar perbedaan tidak terjadi berkepanjangan.

C. Berusaha memahami kedua belah pihak mengapa sampai terjadi perdebatan .

D. Memihak dengan orang yang sependapat dengan saya.

E. Diam dan mengikuti proses perdebatan sampai selesai.

Jawaban B

 

5. Anda baru saja mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan di mana mayontas karyawannya berlawanan jenis kelamin dengan Anda.

Suatu hari atasan Anda menemui Anda dan mengatakan bahwa kehadiran Anda membuat banyak karyawan susah fokus dalarn bekerja karena mereka lebih banyak memperhatikan diri Anda dibanding

pekerjaan mereka sendiri.

Atasan Anda kemudian mengisyaratkan agar Anda melakukan sesuatu untuk mengatasi permasalahan tesebut.

Apa yang akan Anda lakukan?

A. Tetap bekerja seperti biasa. Toh, kesalahan bukan berada di pihak saya.

B. Menyarankan kepada atasan agar mendisiplinkan para karyawan tersebut.

C. Meminta kepada baglan kepegawaian untuk dipindahkan ke divisi lain.

D. Mengubah tampilan dan perilaku Anda agar tidak menarik perhatian lawan jenis.

E. Sedapat mungkin menyarankan kepada rekan-rekan yang lain agar lebih fokus dalam bekerja.

Jawaban D

 

6. Anda ditugaskan di daerah yang punya kebudayaan berbeda dengan anda, teman satu tim juga punya latar belakang yang berbeda dengan anda.

Lalu sikap anda?

A. Menganggap perbedaan bukan masalah

B. Berusaha memahami perbedaan tersebut

C. Tidak memandang perbedaan dalam mengerjakan tugas

D. Biasa saja karena perbedaan itu pasti ada di setiap kelonnpok

E. Mencoba berbaur agar perbedaan tidak menjadi masalah di dalam kelompok

Jawaban E

 

7. Kalau kamu jadi ketua RT, terus ada tetangga perumahan baru nikah setahun istrinya WNA, suka berjernur di depan rumah, nah, para warga terganggu sama sikap si WNA,

akhirnya kamu bilang ke suaminya si WNA, kalau para warga gak nyaman dengan sikap istrinya yang suka berjemur di depan rumah itu,

nah sekarang si WNA sudah gak pemah lagi bedemur di depan rumah, tapi warga tetap gak nyaman, kamu sebagai ketua RT apa yang akan kamu lakukan?

A. Menjelaskan ke warga bahwa ada perbedaan budaya di negeri ini, gak semuanya harus ikut adat istiadat kita

B. Kamu menjelaskan ke warga bahwa ada perbedaan antara WNA tersebut dengan kita para warga melalui pengajian, arisan (kegiatan masyarakat)

C. Kamu bersikap proporsional dan netral, tapi juga menjelaskan ke warga tentang perbedaan yang ada

D. Menasehati lagi si suami WNA kalau warga tidak nyaman dengan keadaan istri kamu

E. Membiarkannya saja

Jawaban A

 

8. Ketika anda makan disebelah anda ada orang yang bau badan, bagaiamana sikap anda?

A. Cepet cepet selesaikan makan lalu pergi

B. Cuek saja dan pura pura tidak terjadi apa apa

C. Biasa saja selagi tidak menganggu anda.

D. Menyuruhnya pindah tempal duduk. Dengan dalih akan ada sodara anda yang akan duduk

E. Mencari posisi yang enak dan nyaman agar anda tidak terganggu

Jawaban C

 

9. Anda ditunjuk sebagai memimpin sebuah rapat. Ada anggota rapat yang selalu menyela

anda ketika presentasi berjalan. Sikap anda..

A. Biasa saja

B. Saya dengarkan argumentasinya dengan penuh rasa penasaran

C. Saya anggap dia orang yang aktif

D. Tidak peduli

E. Saya minta dia untuk mendengar presentasi saya lerlebih dahulu lalu memberikan argumentasi

Jawaban E

 

10. Dalam suatu kelompok kerja, biasanya anggota kelompok terdiri dari berbagai latar belakang budaya, dan saya merasa…

A. Sebagian orang menerima saya jika saya dapat mengikuti aturan dalam kelompok.

B. Perlu berhati-hati akan apa yang bisa saya katakan alau saya perbuat didalam kelompok kerja.

C. Benar-benar aman menjadi diri sendiri, dan saya tidak pernah berkonflik dengan anggota kerja yang lain.

D. Tidak pernah menjadi diri sendiri dalam kelompok kerja.

E. Tidak cukup berani untuk rnenjadi diri sendiri dalam kelompok kerja.

Jawaban C

 

11. Proses evaluasi yang berlangsung secara terus menerus dalam rangka pengendalian mutu layanan biasa disebut ….

a. Pengendalian mutu layanan

b. Perencanaan mutu layanan

c. Pengelolaan mutu layanan

d. Pemantauan mutu layanan

e. Pemanfaatan mutu layanan

Jawaban d

 

12. Istilah untuk ukuran tertentu yang digunakan sebagai patokan mutu layanan adalah ….

a. Acuan

b. Baseline

c. Bakuan

d. Standar

e. Sandaran

Jawaban d

 

13. Proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas orang lain yang dilakukan secara langsung disebut ….

a. Advokasi

b. Pelayanan

c. Pendampingan

d. Asistensi

e. Konsultansi

Jawaban b

 

14. Dalam perspektif pemberian layanan terhadap masyarakat, yang dimaksud kesesuaian antara harapan dan kenyataan layanan adalah….

a. Bakuan layanan

b. Kinerja layanan

c. Standar layanan

d. Prestasi layanan

e. Kualitas layanan

Jawaban e

 

15. Tindakan seorang konsumen dalam mencari, membeli, menggunakan, dan mengevaluasi suatu produk pelayanan disebut ….

a. Kebiasaan konsumen

b. Kebutuhan konsumen

c. Kesenangan konsumen

d. Perilaku konsumen

e. Keinginan konsumen

Jawaban b

 

16. Dalam perspektif pelayanan, keinginan para petugas untuk membantu dan memberikan pelayanan dengan cepat dan tepat serta tahu keinginan masyarakat disebut dengan …..

a. Daya dorong (thrusty)

b. Daya saing (competitiveness)

c. Daya tahan (durability)

d. Daya dukung (supporting)

e. Daya tanggap (responsiveness)

Jawaban: d

 

17. Kualitas yang menunjukkan berapa lama suatu umur teknis maupun ekonomis suatu produk layanan dinamakan ….

a. Conformance (kesesuaian)

b. Serviceability (pelayanan)

c. Durability (daya tahan)

d. Reliability (kehandalan)

e. Performance (kinerja)

Jawaban: b

 

18. Konsep pelayanan prima yang berkaitan dengan kondisi  fisik ataupun non-fisik seseorang adalah ….

a. Perhatian (attention)

b. Penampilan (appearance)

c. Tindakan (action)

d. Kemampuan (ability)

e. Sikap (attitude)

Jawaban: a

 

19. Sekumpulan data yang telah diolah dan diorganisasikan dengan cara tertentu sehingga mempunyai arti bagi penerima disebut ….

a. Informasi

b. Konten

c. Bahan

d. Data

e. Sumber

Jawaban: a

 

20. Bentuk komunikasi verbal dengan mengucapkan kata-kata secara langsung kepada lawan bicara disebut ….

a. Komunikasi tidak langsung

b. Komunikasi interpersonal

c. Komunikasi lisan

d. Komunikasi tulisan

e. Komunikasi langsung

Jawaban: c

 

21. Salah satu prinsip dari komunikasi tertulis adalah mengandung semua fakta yang diinginkan. Hal ini termasuk ke dalam pengertian prinsip ….

a. Completeness (lengkap)

b. Clarity (jelas)

c. Competitivess (kompetisi)

d. Conciseness (ringkas)

e. Concerteness (konkrit)

Jawaban: c

 

22. Pengantar pesan dalam sebuah proses komunikasi disebut ….

a. Communicator

b. Decode

c. Communican

d. Encode

e. Communication

Jawaban: a

 

23. Sumber informasi yang diperoleh dari seorang informan disebut ….

a. Informasi tidak langsung

b. Informasi primer

c. Informasi langsung

d. Informasi sekunder

e. Informasi umum

Jawaban: b

 

24. Komunikasi akan lebih mudah dimengerti apabila komunikasi dilaksanakan dalam praktek. Hal ini berkaitan dengan asas ….

a. Pelaksanaan aplikasi

b. Konsekensi

c. Uniformitas

d. Distribusi

e. Kejelasan

Jawaban: a

 

25. Di bawah ini yang bukan contoh komunikasi tertulis adalah ….

a. Naskah

b. Laporan

c. Alokon

d. Pamflet

e. Spanduk

Jawaban: c

 

26. Laporan Informasi adalah laporan yang menyampaikan tentang ….

a. Data dan Fakta

b. Peristiwa

c. Berita

d. Masalah

e. Ramalan

Jawaban: a

 

27. Lambang-lambang komunikasi yang menggunakan bahasa baik lisan maupun tulisan disebut ….

a. Parapase

b. Non-verbal

c. Semantik

d. Linguistik

e. Verbal

Jawaban: e

 

28. Jenis sumber informasi dapat dibedakan menjadi ….

a. Informasi Primer dan Sekunder

b. Informasi Benar dan Salah

c. Informasi Umum dan Khusus

d. Informasi Langung dan Tidak Langsung

e. Informasi Abstrak dan Konkret

Jawaban: a

 

29. Proses untuk mencapai tujuan organisasi melalui serangkaian tindakan dengan strategi yang menyeluruh disebut ….

a. Pengembangan

b. Perencanaan

c. Perkiraan

d. Pentahapan

e. Prediksi

Jawaban: b

 

30. Berikut ini bukan merupakan manfaat dari adanya perencanaan yang efektif adalah ….

a. Dapat mengidentifikasi hambatan dan ancaman yang potensial terjadi

b. Menghindari adanya keinginan pertumbuhan yang tidak terkendali

c. Kegiatan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien

d. Memberikan data dan informasi hasil yang telah dicapai

e. Dapat dilakukan koreksi dini atas potensi penyimpangan

Jawaban: b

 

31. Berikut yang merupakan 3 proses analisis yang secara umum digunakan

adalah ….

a. Temukan, usulkan, simpulkan

b. Identifikasi, telaah, kesimpulan

c. Pertanyaan, hipotesis, pembuktian

d. Perumusan, pengamatan, pembahasan

e. Masalah, teori, teliti

Jawaban: b

 

32. Usaha untuk melakukan pengamatan secara lebih rinci dengan cara menguraikan komponen pembentuknya untuk dikaji lebih lanjut disebut ….

a. Analisa

b. Identifikasi

c. Pemantauan

d. Pengamatan

e. Evaluasi

Jawaban: a

 

33. Gambaran umum yang sifatnya masih abstrak tentang sebuah perencanaan disebut ….

a. Gagasan

b. Abstraksi

c. Acuan

d. Konsep

e. Ide

Jawaban: d

 

34. Salah satu kultur kebiasaan kreatif yang dapat mendorong adanya inovasi dalam pelaksanaan suatu program kerja adalah ….

a. Membiasakan melakukan hal baru

b. Melakukan keinginan pribadi

c. Melakukan rutinitas pekerjaan

d. Melepaskan energi positif

e. Membiasakan diri memulai dari awal

Jawaban: a

 

35. Alat bantu perencanaan berupa jaringan yang berisi tentang kejadian,

kegiatan, waktu, dan jalur kritis, disebut ….

a. Bar chart

b. Flow chart

c. Fish bone

d. PERT

e. Gantt chart

Jawaban: b

 

36. Kemampuan untuk mengidentifikasi pola atau hubungan yang tidak nampak dengan jelas disebut ….

a. Berpikir tekstual

b. Berpikir kontekstual

c. Berpikir konseptual

d. Berpikir strategik

e. Berpikir analisis

Jawaban: c

 

37. Penggunaan alat bantu audio-visual dalam sebuah presentasi ditujukan untuk ….

a. Penyampaian gagasan utama

b. Kemudahan presentasi

c. Mengurangi kelelahan presenter

d. Membantu menjelaskan kesimpulan

e. Penyajian pesan yang penting

Jawaban: a

 

38. Tujuan penerapan berpikir konseptual dalam sebuah organisasi atau unit kerja adalah ….

a. Memecahkan masalah dengan upaya jalan keluarnya

b. Menganalisis masalah dengan menetapkan rumusan masalah

c. Mengidentifikasi masalah dengan membandingkan kenyataannya

d. Merumuskan masalah dengan mengajukan hipotesis pemecahan

e. Menggali masalah dengan mengenali potensi risikonya

Jawaban: c

 

39. Salah satu sifat dari sebuah perencanaan yang baik adalah ….

a. Mampu dirubah sesuai keinginan pengguna

b. Dikelola secara intensif, agar tetap berada di jalurnya

c. Selalu diawasi dengan ketat agar sesuai dengan target

d. Hanya dimiliki oleh pimpinan yang punya otoritas

e. Meliputi seluruh tindakan yang dibutuhkan

Jawaban: b

 

40. Alat bantu analisis untuk memetakan potensi eksternal dan kondisi internal disebut ….

a. Analisis Pert

b. Analisis Swot

c. Analisis Strategi

d. Analisis Isi

e. Analisis Cashcow

Jawaban: b

 

 

41. Suatu kegiatan mental yang melibatkan kerja otak untuk berkembangnya ide dan konsep disebut ….

a. Berpikir

b. Berkarya

c. Bertanya

d. Berinteraksi

e. Berkembang

Jawaban: a

 

42. Berikut ini yang bukan merupakan ciri inovasi adalah ….

a. Mempunyai ciri khas yang datang dari ide ataupun gagasan

b. Membutuhkan biaya yang besar untuk mengembangkannya

c. Memiliki tujuan dan target yang ingin dicapai

d. Dilakukan melalui program yang terencana

d. Mempunyai ciri atau unsur kebaruan

Jawaban: b

 

43. Menemukan atau menggunakan suatu cara baru pada situasi tertentu dalam rangka memecahkan masalah yang timbul di lingkungan organisasi disebut ….

a. Kinerja

b. Prestasi

c. Inovasi

d. Pencapaian

e. Kreativitas

Jawaban: c

 

44. Inovasi yang terjadi tanpa sengaja disebut ….

a. Gagasan

b. Invensi

c. Penemuan

d. Ide

e. Kreasi

Jawaban: c

 

45. Berikut ini yang bukan merupakan indikator seseorang dengan kemampuan analisis yang baik adalah ….

a. Mempertimbangkan validitas dari argumen dengan menggunakan berpikir deduktif-induktif

b. Membuat dan mengevaluasi kesimpulan umum berdasarkan atas penelitian dan penyelidikan

c. Meneruskan ide ataupun gagasan yang diperoleh dari pemikiran anggota organisasi

d. Menggunakan data yang mendukung untuk menjelaskan mengapa cara yang digunakan sudah tepat/benar

e. Memberikan alasan mengapa sebuah jawaban suatu masalah adalah masuk akal

Jawaban: c

 

46. Berikut yang bukan merupakan prinsip etika profesi adalah ….

a. Akuntabilitas

b. Tanggungjawab

c. Keadilan

d. Berdiskusi

e. Otonomi

Jawaban: e

 

47. Salah satu ciri orang yang berintegritas adalah ….

a. Melakukan proses yang benar untuk hasil yang benar

b. Melaksanakan tugas sesuai keinginan pimpinan

c. Menjalankan perintah berdasarkan arahan

d. Memproses hasil kerja dengan cara sendiri

e. Mengikuti setiap langkah para rekan sejawat

Jawaban: a

 

48. Berikut yang tidak termasuk sebagai syarat hubungan kerja agar dapat terjalin baik dan produktif adalah ….

a. Tidak ada pertentangan dengan norma

b. Terdapat kesepakatan antar para pihak

c. Keinginan masing-masing yang sudah menjadi kebutuhan

d. Kemampuan dan kecakapan dalam membangun sinergi

e. Adanya pekerjaan yang diperjanjikan

Jawaban: e

 

49. Pola hubungan kerja antar jabatan di antaranya bertujuan untuk ….

a. Fasilitasi pemberian layanan antar jabatan

b. Keleluasaan dalam pendelegasian tugas jabatan

c. Pengaturan wewenang dan tanggungjawab

d. Keseragaman interaksi antar jabatan

e. Pengenalan terhadap jabatan organisasi

Jawaban: c

 

50. Salah satu cerminan dari sikap integritas dalam dunia kerja adalah ….

a. Hasil kerja yang baik

b. Melihat aktivitas rekan kerja

c. Mengikuti petunjuk

d. Membaca dan mempelajari peraturan

e. Memandang perubahan

Jawaban: a

 

51. Syarat yang harus dipenuhi dalam melakukan hubungan kerja yang sinergis adalah ….

a. Membantu memecahkan masalah

b. Saling memahami tugas masing-masing

c. Saling menghargai antar petugas

d. Memberi peluang untuk melakukan apa saja

e. Saling mendukung untuk mencapai tujuan bersama

Jawaban: d

 

52. Jika anda adalah seorang guru maupun petugas penyuluhan, maka sosok berikut ini yang tidak bisa digolongkan sebagai rekan kerja adalah ….

a. Tokoh masyarakat

b. Tokoh agama

c. Akseptor

d. Masyarakat

e. Tokoh Parpol

Jawaban: e

 

53. Salah satu sifat yang yang harus dihindari oleh seorang petugas guna mencapai keberhasilan dalam menjalankan fungsinya adalah ….

a. Tepat Waktu

b. Sopan dan Ramah

c. Panjang Akal

d. Ambil Alih Pekerjaan Rekan

e. Ringan Tangan

Jawaban: d

 

54. Semangat atau dorongan batin dalam diri seseorang untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu bagi kemajuan diri dan organisasi disebut ….

a. Profesional

b. Akuntabilitas

c. Etika

d. Moral

e. Individual

Jawaban: d

 

55. Di dalam membangun kekuatan tim, terdapat kondisi di mana setiap anggota merasa saling menyukai antara satu sama lainnya dan merasa puas dengan keanggotaan tim. Kondisi ini disebut ….

a. Kesukaan tim

b. Kontigensi tim

c. Kematangan tim

d. Korelasi tim

e. Kohesi tim

Jawaban: e

 

56. Salah satu manfaat kerjasama tim bagi individu adalah ….

a. Setiap anggota tim lebih saling mengenal dan akrab

b. Kesempatan untuk mempelajari keahlian baru

c. Mendapatkan teman baru yang lebih banyak

d. Tidak memerlukan perintah langsung dari atasan

e. Tidak akan terjadi konflik di antara para anggota

Jawaban: a

 

57. Kerjasama dengan cara memberikan penekanan terhadap individu-individu lain yang terlibat dalam sebuah tim termasuk kompetensi dan peran seseorang sebagai …..

a. Pemimpin

b. Anggota Kelompok

c. Bawahan

d.  Sejawat

e. Atasan

Jawaban: a

 

58. Suatu hubungan timbal balik antara individu dengan individu lainnya, individu dengan kelompok, dan sebaliknya disebut ….

a. Relasi sosial

b. Kepentingan sosial

c. Interaksi sosial

d. Keadilan sosial

e. Kedekatan sosial

Jawaban: c

 

59. Sebuah aktivitas yang dikelola dan dilakukan sekelompok orang dalam satu organisasi guna mencapai tujuan tertentu disebut ….

a. Kerja tuntas tim

b. Kerja keras tim

c. Kerja sama tim

d. Kerja ikhlas tim

e. Kerja cerdas tim

Jawaban: c

 

60. Bentuk interaksi sosial yang asosiatif adalah ….

a. Akomodasi dan Kompetisi

b. Kerjasama dan Kompetisi

c. Konflik dan Kerjasama

d. Akulturasi dan Persuasi

e. Kooperasi dan Akomodasi

Jawaban: a

 

61. Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial adalah ….

a. Kedekatan Emosional dan Kebutuhan Sosial

b. Kontak Sosial dan Komunikasi

c. Risiko dan Tanggungjawab Sosial

d. Masalah Sosial dan Dampaknya

e. Kepentingan dan Keinginan Sosial

Jawaban: a

 

62. Salah satu bentuk interaksi sosial yang termasuk dalam kategori disosiatif

adalah ….

a. Asimilasi

b. Akulturasi

c. Kerjasama

d. Akomodasi

e. Persuasi

Jawaban: a

 

63. Salah satu urusan pemerintahan yang sepenuhnya menjadi kewenangan

pemerintah pusat adalah ….

a. Pertahanan

b. Pangan

c. Pendidikan

d. Kesehatan

e.  Kebencanaan

Jawaban: a

 

64. Letak geografis Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah ….

a. Berada di antara Samudera Pasifik dan Samudra Atlantik, serta Benua Asia dan Australia

b. Berada di antara Samudera Atlantik dan Samudra Asia, serta Benua Asia dan Afrika

c. Berada di antara Samudera Hindia dan Samudra Pasifik, serta Benua Eropa dan Australia

d. Berada di antara Samudera Atlantik dan Samudra Pasifik, serta Benua Asia

dan Hindia.

e. Berada diantara Timor Timur dan Papua Nugini

Jawaban: c

 

65. Di bawah ini yang tidak termasuk dalam instrumen hukum publik adalah….

a. Pembuatan peraturan perundang-undangan (Regeling)

b. Pembuatan peraturan sektor privat (privstaat)

c. Pembuatan peraturan perizinan (vergunning)

d. Pembuatan peraturan kebijakan (Beleidsregeis)

e. Amandemen Undang-undang Dasar

Jawaban: d

 

66. Penyelenggara pemerintah sebagai primus interpares mengandung maksud ….

a. Mengharuskan eksekutif untuk menyelenggarakan demokrasi

b. Mempertahankan kesatuan dan persatuan bangsa

c. Mengedepankan kedaulatan negara bangsa

d. Mengetahui kesesuaian dengan kepentingan masyarakat

e. Tanggap bencana di daerah tempat bertugasnya

Jawaban: a

 

67. Salah satu faktor penyebab adanya primordialisme adalah ….

a. Letak yang terisolasi sehingga tidak terpengaruh budaya asing

b. Fanatisme yang berlebihan dan meremehkan budaya asing

c. Kesetiaan terhadap sesuatu yang dimiliki sejak lahir

d. Takut keseimbangan sistem masyarakat goyah

e. Sikap tertutup terhadap budaya asing karena rasa curiga

Jawaban: c

 

68. Perbedaan suku bangsa di Indonesia tidak mengganggu keutuhan dan kesinambungan masyarakat sejauh telah terakomodasi dalam semangat ….

a. Etnosentrisme

b. Integralisme

c. Patriotisme

d. Heroisme

e. Nasionalisme

Jawaban: e

 

69. Masyarakat Indonesia sering disebut etnik pluralistik, karena merupakan masyarakat yang ….

a. Beraneka ragam adat istiadat

b. Persatuan suku bangsanya yang kuat

c. Terdiri atas beraneka ragam suku bangsa

d. Agama dan kepercayaan bervariasi

e. Terdiri atas berbagai ras

Jawaban: c

 

70. Untuk menjaga kerukunan hidup umat beragama diperlukan toleransi.  Wujud toleransi salah satunya dapat dilakukan dengan cara ….

a. Bertanggungjawab terhadap agama yang dianutnya

b. Harus menyiarkan ajaran agamanya masing-masing dengan baik

c. Berkewajiban menyatukan agama yang berbeda-beda di masyarakat

d. Saling menghormati antar sesama umat beragama

e. Menaati segala aturan agama dan menjauhi larangan-Nya

Jawaban: d

 

Demikianlah 70 soal tes seleksi kompetensi sosio kultural yang bisa saya bagikan melalui postingan ini, kiranya bisa bermanfaat bagi anda yang akan belajar persiapan menghadapi seleksi PPPK di tahun 2021 ini. Semangat belajar akan memberikan hasil yang memuaskan.

Sekian dan selamat belajar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel