90 Soal & Jawaban PAS/UKK PPKN Kelas 7 SMP Semester 1& 2

Kherysuryawan.id – Soal dan jawaban PAS/PAT/UKK/UAS PPKN kelas 7 SMP semester 1 dan semester 2.

Sahabat Pendidikan, apakah anda membutuhkan soal ulangan akhir semester atau soal ulangan kenaikan kelas ??? jika ya, maka melalui postingan ini saya akan membagikannya untuk anda sekalian.

 


Adapun soal penilaian akhir semester (PAS) / soal ulangan kenaikan kelas (UKK) yang akan saya bagikan disini ialah soal untuk mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKN) untuk kelas 7 SMP. Soal yang di sajikan ini ialah soal mulai dari semester 1 hingga semester 2 sehingga sangat baik untuk menjadi bahan referensi bagi guru yang akan membuat soal ulangan kenaikan kelas untuk mata pelajaran PPKN serta sangat bermanfaat pula bagi siswa yang akan berlatih mengerjakan soal penilaian akhir semester PPKN kelas 7 sehingga nantinya bisa memiliki penguasaan yang baik ketika akan menghadapi ulangan semester.

 

Bentuk soal PAS/PAT/UKK/UAS PPKN kelas 7 SMP semester 1 dan semester 2 yang ada di dalam postingan ini yaitu terdiri dari 2 jenis soal yakni soal pilihan ganda dan juga soal essay/uraian. Untuk soal pilihan ganda yaitu berjumlah 85 soal yang sudah lengkap dengan kunci jawaban serta soal uraian yaitu berjumlah 5 soal dan juga sudah dilengkapi dengan pembahasannya.

 

Seluruh soal PAS/UAS/UKK/PAT PPKN kelas 7 semester 1 dan semester 2 ini tentunya akan mudah untuk di pelajari karena sudah di siapkan dengan kunci jawabannya, namun demikian apabila masih ada jawaban yang kurang tepat maka mohon untuk dilakukan koreksi dan dilaporkan melaui kolom kontak yang ada di blog ini agar dapat segera untuk di perbaharui.

 

 

Bagi bapak dan ibu guru yang mengajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PPKN) di kelas 7 SMP dan akan membuat soal ulangan kenaikan kelas namun belum memiliki banyangan untuk membuat soal tersebut maka kiranya postingan ini bisa menjadi wadah dan referensi untuk bapa dan ibu guru dalam membuat dan menyiapkan soal ulangan akhir semester atau ulangan kenaikan kelas.

 

Bagi para siswa yang akan berlatih sebelum meghadapi ulangan akhir semester atau ulangan kenaikan kelas pada mata pelajaran PPKN maka bisa mempelajari soal-soal yang ada di dalam postingan ini sehingga anda bisa memiliki bekal yang mantap dalam menghadapi ulangan kenaikan kelas nantinya.

 

Baiklah untuk lebih jelasnya maka silahkan anda perhatikan dan pelajari baik-baik soal PAS/UAS/UKK/PAT PPKN kelas 7 SMP di bawah ini :

 

 

SOAL PILIHAN GANDA

1. Bangsa Indonesia memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Hal ini sesuai dengan kedudukan Pancasila sebagai....

A. perjanjian luhur bangsa

B. pandangan hidup bangsa

C. dasar negara

D. jiwa dan kepribadian bangsa

KUNCI JAWABAN : D

 

2. Salah satu contoh pengamalan sila pertama Pancasila adalah ....

A. menjaga persatuan dan kesatuan bangsa

B. menjalankan perintah Tuhan sesuai dengan agama yang dianut

C. mengembangkan musyawarah untuk mufakat

D. Memperlakukan secara adil dalam bidang hukum, ekonomi, kebudayaan dan social

KUNCI JAWABAN : B

 

3. Setiap manusia harus Mengakui persamaan derajat, persamaan hak, dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin, kedudukan sosial, warna kulit dan sebagainya. Hal ini merupakan wujud sikap yang sesuai dengan pengamalan Pancasila sila ke ....

A. 1

B. 2

C. 3

D. 4

E. 5

KUNCI JAWABAN : B

 

4. Cita- cita mewujudkan masyarakat adil dan makmur yang merata baik materiil maupun spiritual menjadikan Pancasila sebagai ....

A. Dasar negara

B. Sumber hukum

C. Cita- cita dan tujuan negara

D. Falsafah hidup

KUNCI JAWABAN : C

 

5. Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara republik Indonesia sejak ....

A. 1 Juni 1945

B. 14 Agustus 1945

C. 17 Agustus 1945

D. 18 Agustus 1945

KUNCI JAWABAN : D

 

6. Sidang pertama BPUPKI pada tanggal 29 Mei - 1 Juni 1945 membahas tentang ....

A. rumusan dasar negara

B. proklamasi kemerdekaan Indonesia

C. Undang- Undang dasar negara Indonesia

D. konstitusi

KUNCI JAWABAN : A

 

7. Mr. Muhammad Yamin mengemukakan pemikirannya tentang dasar negara pada sidang BPUPKI tanggal 29 Mei 1945. Berikut ini salah satu usulan rumusan dasar negara yang dikemukakan, KECUALI ....

A. Peri kebangsaan

B. Perikemanusiaan

C. Kekeluargaan

D. Kesejahteraan rakyat

KUNCI JAWABAN : C

 

8. Pancasila dipandang memiliki kedudukan hukum yang tetap karena ....

A. Pancasila merupakan sumber hukum tertinggi

B. Pancasila harus dipatuhi oleh segenap anggota masyarakat

C. Sumber hukum utama bersifat abadi yang tidak dapat diganggu gugat

D. Pancasila merupakan aturan yang sangat baku

KUNCI JAWABAN : C

 

9. Di bawah ini adalah pernyataan yang benar mengenai norma agama, kecuali ....

A. norma agama bersifat abadi yaitu berlaku selama manusia hidup di dunia

B. norma agama berlaku hanya terbatas pada kelompok tertentu saja

C. pelanggaran akan norma agama menimbulkan dosa dan diancam hukum dari Tuhan 

D. norma agama merupakan tuntunan hidup ke arah jalan yang benar

KUNCI JAWABAN : B

 

10.  Norma- norma dalam kehidupan masyarakat diperlukan agar tercipta suasana yang ....

A. kekacauan

B. kewaspadaan tinggi

C. tertib dan harmonis

D. keresahan dalam masyarakat

KUNCI JAWABAN : C

 

11. Berikut ini yang bukan merupakan unsur- unsur norma hukum adalah ....

A. aturan bersifat memaksa

B. ketegasan dalam sanksi

C. tata aturan yang fleksibel

D. perintah harus ditaati oleh setiap orang

KUNCI JAWABAN : C

 

12. Salah satu contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan masyarakat adalah ....

A. beribadah sesuai ajaran agama

B. bersikap sopan terhadap orang yang lebih tua

C. membawa kelengkapan surat saat berkendara

D. memakai masker saat keluar rumah dalam masa pandemic

KUNCI JAWABAN : B

 

13. Cara pelajar sekolah untuk ikut serta mewujudkan keadilan dalam kehidupan masyarakat adalah ....

A. ikut bergabung dengan kegiatan demonstrasi yang dilakukan oleh mahasiswa

B. menjauhi segala bentuk perbuatan melanggar hukum

C. aktif sebagai penggalang dana kemanusiaan

D. selalu memantau perkembangan hukum di Indonesia

KUNCI JAWABAN : B

 

14. Faktor utama untuk mendorong tercapainya suatu keadilan adalah ....

A. diberlakukannya hukum secara sepihak

B. kesejahteraan penegak hukum yang terjamin

C. proses peradilan hukum yang transparan

D. adanya jaminan dan kepastian hokum

KUNCI JAWABAN : D

 

15. Contoh perilaku yang sesuai dengan norma- norma yang berlaku di lingkungan sekolah adalah ....

A. menaati perintah orang tua

B. tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan

C. tidak bertidak main hakim sendiri

D. membayar pajak sesuai ketentuan

KUNCI JAWABAN : B

 

16. Ketua BPUPKI adalah ....

A. Mr. Soepomo

B. Ir. Soekarno

C. dr. K.R.T Radjiman Wedyodiningrat

D. Moh Yamin

KUNCI JAWABAN : C

 

17. Di bawah ini merupakan keputusan yang dihasilkan dalam sidang PPKI pertama tanggal 18 Agustus 1945, kecuali ....

A. mengesahkan Undang- Undang Dasar 1945

B. menetapkan Ir. Soekarno dan Drs. Mohamad Hatta sebagai Presiden dan wakil presiden  Republik Indonesia

C. menetapkan pembagian wilayah Indonesia menjadi 8 provinsi

D. membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat untuk membantu presiden

KUNCI JAWABAN : C

 

18. Konstitusi pertama bangsa Indonesia sekaligus merupakan sumber hukum tertinggi dari hukum yang berlaku di Indonesia adalah ....

A. Pancasila

B. UUD 1945

C. Piagam Jakarta

D. Kepres

KUNCI JAWABAN : B

 

19. Tujuan negara kesatuan Indonesia tercantum dalam ....

A. Pembukaan UUD 1945

B. Batang tubuh UUD 1945

C. Pokok pikiran UUD 1945

D. Penjelasan UUD 1945

KUNCI JAWABAN : A

 

20. Salah satu nilai dalam pembukaan UUD 1945 adalah nilai universal, artinya  ....

A. mengandung nilai- nilai yang diunjung tinggi oleh semua bangsa yang beradab di dunia

B. berlaku untuk seluruh rakyat Indonesia saja

C. mampu menampung aspirasi masyarakat luas

D. menjadi latar belakang perlawanan terhadap penjajahan

KUNCI JAWABAN : A

 

21. Berikut ini adalah tujuan dari negara Indonesia, kecuali ....

A. melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia

B. mencerdaskan kehidupan bangsa

C. memajukan kepentingan umum

D. ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan social

KUNCI JAWABAN : C

 

22. Sebagai tertib hukum, pembukaan UUD 1945 tidak bisa diubah. Di bawah ini pernyataan yang selaras dengan kalimat tersebut adalah ....

A. Nilai- nilai dalam pembukaan UUD 1945 adalah kehendak rakyat

B. Pembukaan UUD 1945 merupakan dasar filosofis negara Indonesia

C. Pembukaan UUD 1945 sesuai dengan tuntutan jaman

D. Pembukaan UUD 1945 merupakan satu satunya yang ada di dunia

KUNCI JAWABAN : B

 

23. UUD tahun 1945 merupakan sebagian dari hukum dasar, yaitu hukum dasar tertulis. Berikut ini adalah hal yang memguatkan pernyataan tersebut, kecuali ....

A. UUD 1945 berkedudukan sebagai sumber hukum

B. UUD 1945 merupakan hukum dasar diatas peraturan perundang- undangan lainnya

C. UUD 1945 melandasi setiap peraturan perundang- undangan di bawahnya

D. Adanya sumber hukum lain yang kedudukannya lebih tinggi dari UUD 1945

KUNCI JAWABAN : D

 

24. Terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur merupakan salah satu tujuan yang tercantum dalam Pancasila terutama sila ....

A. pertama

B. kedua

C. keempat

D. kelima

KUNCI JAWABAN : D

 

25. Salah satu nilai yang wajib kita teladani dari para pendiri bangsa adalah sikap....

A. primordialisme

B. chauvinisme

C. nasionalisme

D. egosentrisme

KUNCI JAWABAN : C

 

26. Keberagaman dalam masyarakat menjadi tantangan karena tumbuhnya perasaan kedaerahan dan kesukuan yang berlebihan dapat mengancam keutuhan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, upaya meningkatkan kerukunan antar suku, pemeluk agama, dan kelompok-kelompok sosial lainnya dapat dilakukan melalui dialog dan kerja sama dengan prinsip...

A. kebersamaan, kesetaraan, toleransi, dan saling menghormati

B. kesetaraan, kesejajaran, keadilan, dan mufakat

C. musyawarah mufakat, keadilan, dan kemandirian

D. kepercayaan, kedamaian, toleransi, dan kesetaraan

KUNCI JAWABAN : A

 

27. Perkembangan budaya di kepulauan yang tersebar di Indonesia berkembang sesuai dengan tingkat kemajuan masyarakat dan lingkungan masing-masing. Dengan demikian, muncullah keberagaman dalam masyarakat. Hal tersebut disebabkan oleh...

A. kondisi negara kepulauan

B. keadaan transportasi dan komunikasi

C. perbedaan kondisi alam

D. letak strategis wilayah Indonesia

KUNCI JAWABAN : A

 

28. Perhatikan pernyataan berikut ini :

1) Letak strategis wilayah Indonesia

2) Berasal dari nenek moyang yang berbeda

3) Kondisi Negara kepulauan

4) Perbedaan kondisi alam

5) Perbedaan pendapatan dan mata pencaharian

6) Keadaan transportasi dan komunikasi

Faktor yang menyebabkan keanekaragaman bangsa Indonesia ditunjukkan pernyataan nomor...

A. 1,2,3, dan 4

B. 1,3,4, dan 6

C. 2,3,4, dan 5

D. 3,4,5, dan 6

KUNCI JAWABAN : B

 

29. Pada Hari Kartini, seluruh siswa kelas 7 akan menggunakan pakaian adat. Putri akan akan menggunakan pakaian adat tradisional dari Betawi yang khas dengan kebaya dan selendang kepala. Berbeda dengan Putri, Husna menggunakan pakaian adat dari Makasar, yaitu baju bodo lengkap dengan perhiasannya. Pakaian adat yang dipakai siswa kelas 7 merupakan bagian...

A. ras

B. agama

C. suku bangsa

D. multi kulturalisme

KUNCI JAWABAN :C

 

30. Gambar rumah adat disamping berasal dari propinsi...

 
A. Aceh

B. Sumatera Utara

C. Kalimantan Barat

D. Sumatera Barat

KUNCI JAWABAN : D

 

31. Perhatikan pernyataan berikut :

1. Agama Hindu dan Budha dibawa oleh bangsa India

2. Agama Islam dibawa oleh pedagang Gujarat

3. Agama Hindu dan Budha di bawa oleh bangsa Eropa

4. Agama Islam dibawa oleh pedagang Malaysia

5. Agama Kong Hu Chu dibawa oleh pedagang dari Cina

Pernyataan yang benar terhadap proses terjadinya keberagaman agama di Indonesia ditunjukkan oleh nomor...

A. 1, 2, 4

B. 1, 2, 5

C. 1,3, dan 4

D. 1,3, dan 5

KUNCI JAWABAN : B

 

32. Dyah memiliki kulit sawo matang, tubuh tinggi, mata besar, dan berwarna cokelat muda, sedangkan Ayu memiliki kulit kuning langsat, rambut lurus, mata sipit, dan berwarna cokelat tua. Perbedaan ciri-ciri fisik tersebut disebut...

A. Ras

B. Budaya

C. golongan

D. suku bangsa

KUNCI JAWABAN : A

 

33. Bangsa kita adalah bangsa yang majemuk, artinya bahwa bangsa kita terdiri dari berbagai macam suku, agama, ras dan antar golongan. Keberagaman ini memiliki dampak negatif dan dampak positif. Dibawah ini merupakan salah satu dampak positif dari keberagaman bangsa Indonesia, yaitu...

A. adanya ketidakharmonisan dalam hubungan kemasyarakatan

B. memberikan manfaat bagi perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia

C. banyak bermunculan konflik antar masyarakat di daerah

D. perkembangan pembangunan di Indonesia menjadi terhambat

KUNCI JAWABAN : B

 

34. Makna dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika, meskipun beragam...

A. suku bangsa, agama, ras dan antar golongan tetapi tetap satu kesatuan.

B. pemikiran tetapi tetap untuk kemajuan Indonesia

C. Indonesia negara majemuk, tetapi mampu hidup rukun

D. peraturan tetapi tetap menjunjung hukum nasional

KUNCI JAWABAN : A

 

35. Negara Indonesia terdiri dari wilayah yang sangat luas terbentang dari Sabang sampai Merauke. Indonesia memiliki ribuan pulau yang tersebar dan menjadi tempat berdiamnya penduduk dengan ragam suku bangsa, bahasa, budaya, agama dan adat istiadat. Arti penting keberagaman suku, ras, agama dan antar golongan, bagi bangsa Indonesia salah satunya adalah...

A. penyebab konflik antar suku, agama, ras dan antar golongan

B. penyebab maraknya aksi demonstrasi memperjuangkan hak masyarakat

C. keberagaman bangsa yang sangat berharga untuk mencapai tujuan

D. keberagaman merupakan masalah biasa yang tidak perlu dibahas

KUNCI JAWABAN : C

 

36. 1. Melaksanakan ajaran agama yang dianutnya dengan baik dan benar

2. Mengikuti acara ibadah agama orang lain untuk menunjukkan toleransi

3. Melarang umat beragama lain melaksanakan ibadah

4. Tidak memaksakan keyakinan agama yang dianutnya kepada orang lain

5. Toleran terhadap pelaksanaan ibadah yang dianut pemeluk agama lain

Yang merupakan wujud perilaku toleransi dalam kehidupan antar umat beragama pada masyarakat yang beragam ditunjukkan dengan nomor...

A. 1, 2 dan 4

B. 1, 3 dan 5

C. 1, 3 dan 4

D. 1, 4 dan 5

KUNCI JAWABAN : D

 

37. Jefri adalah pelajar di sekolah favorit, yang kebanyakan siswanya berasal dari keluarga mampu. Jefri terpilih menjadi ketua kelas, padahal Jefri berasal dari keluarga tidak mampu.

Dari cerita di atas, menunjukkan bahwa di sekolah Jefri telah menjunjung nilai-nilai toleransi dalam keberagaman, yaitu toleransi antar...

A. umat beragama

B. golongan

C. suku

D. daerah

KUNCI JAWABAN :B

 

38. Kerja sama dalam mengusir penjajah untuk meraih kemerdekaan tanpa dibatasi oleh perbedaan suku bangsa, adat istiadat, agama merupakan bukti kemampuan bangsa Indonesia dalam hal...

A. berkompromi dengan penjajah

B. berdialog dengan penjajah

C. mempersatukan perbedaan yang ada

D. membentuk organisasi politik

KUNCI JAWABAN :

 

39. Bentuk kerja sama atau gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dapat tampak dalam kehidupan..

A. sosial politik, ekonomi, pertahanan dan keamanan, dan kehidupan umat beragama

B. sosial politik, ekonomi, pertahanan dan keamanan, dan sistem peradilan

C. hukum, ekonomi, keamanan dan pertahanan, dan kehidupan umat beragama

D. perdagangan, keamanan dan pertahanan, hukum, dan kehidupan umat beragama

KUNCI JAWABAN : A

 

40. Tujuan nasional bangsa Indonesia yang hendak dicapai melalui upaya pembangunan nasional, tercantum dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 alinea...

A. pertama

B. kedua

C. ketiga

D. keempat

KUNCI JAWABAN : D

 

41. Gotong royong adalah kerjasama yang dilakukan sejumlah warga masyarakat untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan. Sikap gotong royong adalah bekerja sama-sama dalam menyelesaikan pekerjaan dan menikmati hasil pekerjaan tersebut secara adil. Kelebihan gotong royong dibandingkan bentuk kerja sama yang lainnya adalah...

A. dilakukan tanpa pamrih

B. dilakukan secara bersama

C. dilakukan dalam berbagai kegiatan

D. hasil yang didapat menguntungkan semua pihak

KUNCI JAWABAN : A

 

42. Di sebuah kampung, ada kegiatan yang rutin dilakukan setiap hari minggu. Kegiatan ini dilakukan secara bersama-sama untuk membersihkan lingkungan sekitar rumah warga, jalan-jalan sepanjang kampung, dan lapangan yang ada di kampung tersebut. Hal ini menunjukkan bentuk gotong royong, yaitu...

A. tolong menolong

B. gugur gunung

C. kerja sosial

D. kerja bakti

KUNCI JAWABAN : D

 

43. Musyawarah untuk mufakat merupakan cerminan dari pelaksanaan sila ke-4 Pancasila yang pada prinsipnya menegaskan bahwa bangsa Indonesia akan terus memelihara dan mengembangkan semangat bermusyawarah dalam perwakilan. Gambar tersebut di atas merupakan bentuk kerjasama dalam kehidupan...

A. keamanan dan pertahanan

B. sosial politik

C. ekonomi

D. umat beragama

KUNCI JAWABAN : B

 

44. Dalam pasal 33 ayat 1 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan “Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan“. Hal ini berarti dalam kegiatan usaha ekonomi digunakan prinsip kerjasama, saling membantu dalam suasana demokrasi ekonomi untuk mencapai kesejahteraan bersama secara adil. Salah satu bentuk kerjasama dalam bidang ekonomi yang diharapkan dalam pasal ini adalah...

A. Firma

B. BUMN

C. Koperasi

D. CV

KUNCI JAWABAN : C

 

45. Sikap selalu memisahkan diri dari kehidupan sosial di masyarakat karena adanya jurang pemisah akibat perbedaan suku bangsa, adat istiadat, agama dan bahasa daerah. Sikap tersebut dalam kerjasama diberbagai bidang kehidupan masyarakat harus dihindari termasuk sikap tidak terpuji yang disebut...

A. fanatik sempit

B. individualis

C. eksklusivisme

D. primordialisme

KUNCI JAWABAN : C

 

46. Kerjasama merupakan usaha yang dilakukan dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama dalam berbagai bidang kehidupan yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan...

A. kekuatan untuk menghadapi pemberontakan dalam negeri

B. kekuatan untuk menghadapi serangan bangsa asing

C. kekuatan untuk mencapai tujuan nasional

D. modal utama pelaksanaan pembangunan

KUNCI JAWABAN : C

 

47. 1. Mempererat persaudaraan dan kebersamaan

2. Mendorong timbulnya semangat gotong royong dan kekeluargaan

3. Menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan

4. Adanya kecenderungan mencapai kesejahteraan

Arti pentingnya kerjasama ditunjukkan dengan pernyataan nomor...

A. 1,2, dan 3

B. 1,2, dan 4

C. 1,3, dan 4

D. 2,3, dan 4

KUNCI JAWABAN :A

 

48. Mewujudkan kerjasama antar sesama warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dapat dilakukan dengan cara...

A. membantu tugas tentara ketika negara berperang

B. mematuhi peraturan perundang-undangan

C. ikut piket di kantor polisi jika polisi sedang sibuk

D. mengumpulkan dana untuk membeli senjata api

KUNCI JAWABAN : B

 

49. Negara Republik Indonesia memiliki banyak penganut agama yang perlu dilindungi oleh negara dan perlu dijaga kerukunannya demi persatuan dan kesatuan. Di bawah ini manakah perilaku yang menunjukkan sikap bekerja sama antar umat beragama...

A. membantu orang lain yang sama-sama memahami agama

B. menghormati umat seagama dan kepercayaannya yang sama

C. menghormati orang lain yang berbeda agama tetapi masih saudara

D. menghormati umat seagama dan berbeda agama

KUNCI JAWABAN : D

 

50. Contoh pelaksanaan kerjasama atau gotong royong di dalam kehidupan sekolah, yang melibatkan seluruh warga sekolah dalam kegiatan...

A. kebersihan lingkungan sekolah

B. peningkatan kompetensi guru

C. menggali sumber dana pendidikan

D. perkemahan pramuka terpadu

KUNCI JAWABAN :A

 

51. Proklamasi memberikan makna rasa bebas dan merdeka dari belenggu penjajah. Hal ini merupakan makna proklamasi dari aspek...

A. sosiologis

B. psikologis

C. politis

D. kultural

KUNCI JAWABAN : A

 

52. Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat beserta hak-hak tradisionalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pernyataan tersebut adalah bunyi dari UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pasal...

A. 18A ayat 2

B. 18B ayat 2

C. 19

D. 17

KUNCI JAWABAN :B

 

53. Otonomi daerah adalah kewenangan daerah otonom untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan...

A. kehendak masyarakat dan para pejabat di daerah

B. aspirasi masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan

C. anjuran pemerintah pusat yang disesuaikan dengan kondisi daerah

D. kehendak para wakil rakyat dan pemerintah daerah

KUNCI JAWABAN : B

 

54. Berikut ini merupakan hak daerah dalam menyelenggarakan otonomi daerah adalah...

A. pengelolaan seluruh kekayaan alam sesuai aspirasi masyarakat daerah

B. mengadakan hubungan luar negeri dengan ijin presiden

C. mengangkat tentara dan polisi sesuai kebutuhan daerahnya masing-masing

D. mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan

KUNCI JAWABAN : D

 

55. Dengan adanya otonomi daerah, potensi sumber daya alam dapat dikelolah oleh sumber daya manusia yang dimiliki oleh daerah setempat supaya daerah dapat berkembang maju. Peran daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia antara lain...

A. meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai bidang kehidupan

B. meningkatkan pendapatan per kapita bagi masyarakat pedesaan

C. mengali sumber dana sebesar-besarnya untuk pembangunan di daerah

D. membantu pemerintah pusat dalam penarikan pajak untuk pembangunan nasional

KUNCI JAWABAN :A

 

56. Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang dibagi atas provinsi yang didalamnya dibagi atas kabupaten dan kota. Pemerintah daerah menjalankan otonomi seluas-luasnya demi kemajuan daerahnya yang digali atas potensi daerah masing-masing. Kemajuan daerah akan lebih cepat tercapai apabila bangsa Indonesia memiliki nilai...

A. persatuan dan kesatuan

B. kesetiakawanan dalam berteman

C. perjuangan dalam meraih cita-cita

D. kerukunan dalam menyelesaikan masalah

KUNCI JAWABAN :A

 

57. Kegagalan perlawanan bangsa Indonesia melawan penjajah pada masa awal pergerakan nasional disebabkan...

A. penduduknya sangat besar

B. wilayah Indonesia yang luas

C. perjuangan bersifat kedaerahan

D. kurang memanfaatkan potensi alam

KUNCI JAWABAN :C

 

58. Keterikatan daerah terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia ditegaskan dengan disepakati bentuk negara kesatuan yang menghendaki...

A. terjadinya persamaan di dalam menggunakan bahasa daerah dan nasional

B. bersatunya seluruh wilayah Indonesia dalam satu negara

C. hilangnya perbedaan adat istiadat di tiap-tiap daerah di Indonesia

D. terciptanya keharmonisan hubungan rakyat dengan pejabat

KUNCI JAWABAN :C

 

59. Sumber daya alam yang dimiliki negara Indonesia sangat melimpah tersebar di berbagai daerah yang akan dipergunakan demi kepentingan rakyat. Kekayaan alam setiap daerah di Indonesia merupakan...

A. kekayaan bagi pemerintah pusat

B. kekayaan seluruh bangsa Indonesia

C. milik pemerintah daerah setempat

D. milik pihak-pihak yang mengelola

KUNCI JAWABAN :B

 

60. Bumi air dan kekayaan yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat, merupakan bunyi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, pasal...

A. 33 ayat (1)

B. 33 ayat (2)

C. 33 ayat (3)

D. 33 ayat (4)

KUNCI JAWABAN :C

 

61. Dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia pernah terjadi upaya untuk mengganti bentuk negara. Bentuk negara yang sesuai dengan pasal 1 ayat 1 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah...

A. republik

B. monarki

C. federal

D. kesatuan

KUNCI JAWABAN :D

 

62. Nilai-nilai yang perlu ditanamkan dan disadari oleh setiap warga negara demi tegaknya NKRI adalah...

A. setiap warga negara memiliki kedudukan bertingkat-tingkat sesuai dengan perjuangannya terhadap pemerintah pusat

B. setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama tanpa membeda-bedakan asal daerah

C. setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam membela negara jika memang benar-benar dibutuhkan

D. setiap orang diberi kesempatan membela negara jika menguntungkan dirinya

KUNCI JAWABAN :B

 

63. Doni adalah mahasiswa di suatu universitas terkemuka dikotanya. Doni ingin ikut berpartisipasi dalam usaha bela negara. Salah satu usaha bela negara yang dapat Doni lakukan sebagai mahasiswa adalah...

A. ikut pelatihan dasar kemiliteran (Menwa)

B. ikut organisasi anarkhis

C. melakukan demonstrasi di depan Istana Negara

D. menolak menjadi relawan di daerah-daerah terpencil

KUNCI JAWABAN :A

 

64. Kirana berasal dari suatu suku bangsa dan tinggal di Jakarta. Kirana selalu menganggap kebudayaannya lebih unggul dan selalu membanggakan kebudayaannya sendiri. Hal yang dilakukan Kirana merupakan ancaman dari bidang sosial dan budaya yang menunjukkan adanya sikap...

A. etnosentrisme

B. nasionalisme

C. konsumerisme

D. primordialisme

KUNCI JAWABAN :A

 

65. Bagi bangsa Indonesia keberagaman suku, bangsa, budaya, agama, ras, dan antar golongan apabila dikelola dengan baik merupakan...

A. mendorong percepatan pembangunan daerah

B. sumber pendapatan di daerah-daerah

C. kekayaan bangsa yang sangat berharga

D. modal pokok dalam pembangunan nasional

KUNCI JAWABAN :C

 

66. Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Hal ini bunyi pasal dalam batang tubuh UUD 1945 pasal ....

A. 1 ayat (1)

B. 1 ayat (2)

C. 2 ayat (1)

D. 18 ayat (1)

KUNCI JAWABAN : A

 

67. Nilai persatuan dan kesatuan termaktub dalam pembukaan UUD 1945 alenia ....

A. pertama

B. kedua

C. ketiga

D. keempat

KUNCI JAWABAN : D

 

68. Bentuk negara kesatuan dimana segala sesuatu dalam negara tersebut diatur langsung dan diurus pemerintah pusat sedangkan daerah - daerah tinggal melaksanakannya adalah bentuk negara kesatuan dengan sistem ....

A. sentralisasi

B. desentralisasi

C. demokrasi

D. otonomi

KUNCI JAWABAN : A

 

69. Konstitusi negara Indonesia secara tegas mengakui dan menghormati satuan-satuan pemerintahan daerah yang bersifat istimewa dan masyarakat hukum adat. Di bawah ini yang bukan termasuk masyarakat hukum adat adalah ....

A. marga

B. nagari

C. gampong

D. rukun warga

KUNCI JAWABAN : D

 

70. Berikut ini adalah daerah yang menyandang status otonomi khusus atau istimewa, kecuali ....

A. Daerah Istimewa Yogyakarta

B. Provinsi Papua Barat

C. Jawa Tengah

D. Daerah Khusus Ibukota

KUNCI JAWABAN : C

 

71. Berdasarkan pasal 18 ayat (1) UUD 1945 Amandemen, negara kesatuan yang dianut adalah negara kesatuan dengan sistem ....

A. sentralisasi

B. desentralisasi

C. terpusat

D. kesatuan

KUNCI JAWABAN : B

 

72. Berikut ini pernyataan yang tidak benar berkaitan dengan isi pasal 18 ayat (1) sampai ayat (6) adalah ....

A. daerah otonom mengatur dan mengurus urusan pmerintahan menurut asas otonomi dan tugas pembantuan

B. kepala daerah dipilih secara demokratis

C. Pemerintah daerah menjalankan otonomi seluas- luasnya, kecuali urusan pemerintahan yang oleh undang- undang ditentukan sebagai urusan pemerintah pusat

D. pemerintah daerah otonom tidak memiliki DPRD

KUNCI JAWABAN : D

 

73. Di bawah ini yang bukan merupakan tujuan negara seperti yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 adalah ....

A. melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia

B. memajukan kesejahteraan umum

C. mencerdaskan kehidupan bangsa

D. menjaga ketertiban hanya untuk wilayah- wilayah yang berdekatan dengan negara Indonesia

KUNCI JAWABAN : D

 

73. Tujuan pembentukan negara Indonesia sejalan dengan cita- cita negara kesatuan republik Indonesia yaitu mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur sesuai dengan amanat pembukaan UUD 1945 alenia ....

A. pertama

B. kedua

C. ketiga

D. keempat

KUNCI JAWABAN : B

 

75. Melaksanakan kerjasama dengan negara lain menurut pembukaan UUD 1945 harus dilandasi oleh nilai- nilai ....

A. kesamaan dan kesatuan

B. perdamaian dan keadilan sosial

C. persatuan dan perdamaian

D. kemakmuran dan kesejahteraan

KUNCI JAWABAN : B

 

76. Di bawah ini adalah salah satu manfaat dan kesempatan yang diperoleh rakyat dalam pelaksanaan otonomi daerah, kecuali ....

A. memajukan daerahnya

B. memperluas daerah otonomi

C. mengenal dengan baik daerahnya

D. memecahkan masalah berdasarkan situasi dan kondisi setempat

KUNCI JAWABAN :B

 

77. Penyerahan wewenang pemerintahan oleh pemerintah ke daerah otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dalam sistem NKRI disebut ....

A. sentralisasi

B. dekonsentrasi

C. desentralisasi

D. tugas pembantuan

KUNCI JAWABAN : C

 

78. Pelimpahan sebagian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat kepada gubernur sebagai wakil pemerintah pusat, kepada instansi vertikal  di wilayah tertentu, dan atau kepada gubernur dan bupati atau walikota sebagai penanggung jawab urusan pemerintahan umum disebut ....

A. sentralisasi

B. dekonsentrasi

C. desentralisasi

D. tugas pembantuan

KUNCI JAWABAN : B

 

79. Penugasan dari pemerintah pusat kepada daerah otonom untuk melaksanakan sebagian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat atau dari pemerintah daerah provinsi kepada daerah kabupaten/ kota untuk melaksanakan sebagaian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah provinsi disebut ....

A. sentralisasi

B. dekonsentrasi

C. desentralisasi

D. tugas pembantuan

KUNCI JAWABAN : D

 

80. Salah satu prinsip otonomi daerah dimana daerah leluasa untuk menyelenggarakan pemerintahan yang mencakup semua bidang pemerintahan, kecuali kewenangan di bidang politik luar negeri, pertahanan keamanan, peradilan oneter dan fiskal, agama, serta kewenangan bidang lain yyang ditetapkan oleh aturan pemerintah merupakan prinsip ....

A. nyata

B. luas

C. bertanggung jawab

D. bertujuan

KUNCI JAWABAN : B

 

81. Prinsip otonomi dimana daerah menangai urusannya berdasarkan tugas, wewenang, dan kewajiban yang telah ada dan berpotensi untuk tumbuh, hidup dan berkembang sesuai dengan potensi dan kekhasan daerah adalah prinsip ....

A. nyata

B. luas

C. bertanggung jawab

D. bertujuan

KUNCI JAWABAN : A

 

82. Penyelenggaraan otonomi harus berjalan sesuai dengan tujuan dan untuk memberdayakan daerah termasuk mensejahterakan rakyat yang merupakan bagian utama dari tujuan nasional. Hal ini termasuk dalam prinsip ....

A. nyata

B. luas

C. bertanggung jawab

D. bertujuan

KUNCI JAWABAN : C

 

83. Perhatikan hal- hal berikut ini,

(1) peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat yang semakin baik

(2) pengembangan kehidupan demokrasi

(3) keadilan

(4) pemisahan dari pemerintah pusat

(5) mendorong untuk memberdayakan masyarakat

(6) menumbuhkan prakarsa dan kreativitas

 

Tujuan pemberian otonomi kepada daerah ditunjukkan oleh nomor ....

A. (1), (2), (3), (4), (5)

B. (2), (3), (4), (5), (6)

C. (1), (3), (4), (5), (6)

D. (1), (2), (3), (5), (6)

KUNCI JAWABAN : D

 

84. Berdasaran asas otonomi daerah, maka setiap daerah memiliki kewenangan yang luas dalam hal ....

A. kebijakan fiskal dan moneter

B. mengelola keuangan negara

C. melaksanakan politik luar negeri

D. mengelola keuangan daerah

KUNCI JAWABAN : D

 

85. Sebagai ujung tombak untuk mewujudkan kesejahteraan umum, maka ....

A. otonomi merupakan kemerdekaan dan keleluasaan daerah dalam mengatur daerahnya sendiri tanpa campur tangan pemerintah pusat

B. daerah selalu memerlukan bantuan pemerintah pusat dalam membangun daerahnya

C. otonomi merupakan kemerdekaan untuk daerah- daerah masing- masing

D. kekuatan masyarakat berada di daerah bersama- sama untuk mewujudkan kesehateraan Bersama

KUNCI JAWABAN :D

  

SOAL URAIAN

86. Jelaskan perbedaan kondisi alam dapat menyebabkan keberagaman masyarakat Indonesia!

PEMBAHASAN :

Kondisi alam yang berbeda seperti daerah pegunungan, pantai, padang rumput, dataran rendah, rawa, dan laut mengakibatkan perbedaan masyarakat. Masyarakat di daerah pantai berbeda dengan masyarakat pegunungan, seperti perbedaan bentuk rumah, mata pencaharian, makanan pokok, pakaian, kesenian bahkan kepercayaan.

  

87. Berikan alasan keberagaman masyarakat Indonesia bisa menjadi potensi (kekayaan bangsa)!

PEMBAHASAN :

Keberagaman masyarakat Indonesia dikatakan sebagai potensi (kekayaan bangsa), karena akan membuat bangsa kita menjadi bangsa yang besar dan memiliki kekayaan yang melimpah, baik kekayaan alam maupun kekayaan budaya yang dapat menarik minat wisatawan asing untuk mengunjungi Indonesia.

  

88. Tuliskan 2 (dua) nama lain gotong royong di Indonesia!

PEMBAHASAN :

-          Subak (Bali)

-          Sabilulungan (Jawa Barat)

-          Manunggal sakato (Sumatra Barat)

-          Sikaroban (Palembang)

-          Gugur gunung (Jawa)

-          Mapalus (Minahasa)

  

89. Bagaimana cara menumbuhkan semangat kerjasama di lingkungan sekolah !

PEMBAHASAN :

-          Tentukan tujuan bersama

-          Berpartisipasi aktif menyusun dan melaksanakan aturan sekolah

-          Selalu bekerjasama

-          Saling percaya

-          Saling menghargai dan memberikan penghargaan

-          Tidak membuat masalah

  

90. Jelaskan makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia dilihat dari aspek hukum !

PEMBAHASAN :

Proklamasi merupakan pernyataan keputusan politik tertinggi bangsa Indonesia untuk menghapuskan hukum kolonial diganti dengan hukum nasional yaitu lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia

 

Demikianlah soal penilaian akhir tahun (PAT), soal penilaian akhir sekolah (PAS), soal ulangan kenaikan kelas (UKK), soal ulangan akhir sekolah (UAS) mata pelajaran PPKN kelas 7 SMP semester 1 dan semester 2, yang bisa saya bagikan melalui kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel