-->

Cara Memasang Foto Profil di info GTK

Kherysuryawan.id – Cara memunculkan foto di info GTK dan cara menganti atau mengedit foto profil yang muncul di laman info GTK.

Apakah anda seorang guru atau tenaga kependidikan di suatu sekolah ? jika ya, maka tentunya anda sudah tidak asing mendengar tentang laman info GTK. Bagi seorang guru dan tenaga kependidikan, laman info GTK sangat penting untuk di akses sebab untuk melihat update data yang diinput di dalam aplikasi dapodik maka kita bisa melihat hasilnya pada laman info GTK.

 


Secara umum jika seorang guru dan tenaga kependidikan akan melakukan cek tunjangan maka cara mudah untuk mengeceknya ialah dengan mengakses laman info GTK. Sebagai contoh bagi seorang guru yang akan melakukan cek tunjangan sertifikasi makai a harus melihat data lengkapnya pada laman info GTK apakah data sertifikasinya sudah valid atau belum, nah begitu juga bagi seorang tenaga kependidikan yang mana saat akan melakukan cek bantuan subsidi upah (BSU) maka juga harus melakukan cek di laman info GTK.

 

Saat ini dilaman info GTK telah terbit menu baru yakni tampilan foto profil masing-masing PTK akan muncul di bilah atas samping kanan saat PTK akan melakukan login ke laman info GTK. Meskipun demikian ternyata tidak semua guru dan tenaga kependidikan yang mengakses laman info GTK melihat foto profil mereka muncul di laman info GTK.

 

Pertanyaannya ialah, apakah hal itu adalah sebuah masalah ????

Jawabannya ialah tentun saja hal tersebut merupakan sebuah masalah sebab jika foto profil PTK tidak muncul di laman info GTK itu berarti data foto PTK tersebut masih kosong atau belum di upload sehingga ketika di akses di laman info GTK foto profil tidak tampil.

 

Di sisi lain ada juga yang telah melakukan upload foto profil sehingga foto profil PTK sudah muncul di laman info GTK hanya saja setelah di lihat dan diamati ternyata foto profil yang terpasang tidak sesuai dengan harapan sehingga timbul keinginan untuk mengganti tampilan foto profil yang muncul di laman info GTK agar lebih terlihat keren sesuai harapan.

 

Melalui postingan ini saya akan memberikan tutorial atau penjelasan mengenai bagaimana sih cara untuk memasang atau menampilkan/memunculkan foto profil guru atau foto profil tenaga kependidikan di laman info GTK serta cara untuk mengetahui bagaimana cara mengganti tampilan foto profil yang telah muncul di laman info GTK dengan foto atau gambar yang lain.

 

Berbicara mengenai info GTK maka sangat erat hubungannya dengan pengisian data di aplikasi dapodik sekolah. Seluruh data yang muncul di laman info GTK yaitu bersumber dari hasil penginputan pada aplikasi dapodik sehingga jika ada data yang akan di rubah maka salah satu caranya ialah dengan mengubah data yang ada di dalam aplikasi dapodik. Namun demikian khusus masalah foto profil yang muncul di laman info GTK maka tidak ada hubungannya dengan dapodik sebab untuk melakukan pemasangan foto profil agar bisa muncul di laman info GTK maka caranya tiak perlu dengan menakses aplikasi dapodik melainkan dengan cara melakukan verval PTK.

 

Pada menu verval PTK maka disana nantinya akan ada sebuah menu yang menyediakan tempat untuk melakukan upload foto masing-masing PTK dan apabila PTK sudah melakukan upload foto pada menu verval PTK maka nantinya foto yang telah di upload tersebut akan secara otomatis muncul di laman info GTK saat masing-masing PTK mengakses laman info GTK nya.

 

Jadi pemasangan foto profil PTK pada laman verval PTK sangat menentukan keberhasilan tampilan foto yang akan muncul di laman info GTK. Selain bisa melakukan pemasangan foto profil pada verval PTK disana juga tersedia menu untuk melakukan perubahan foto profil sehingga bagi anda yang merasa ingin mengganti foto profil yang tampil di laman info GTK maka anda bisa melakukannya dengan cara verval PTK.

 

Lantas bagaimana cara melakukan upload foto profil pada verval PTK ???

Sebelum saya memberikan penjelasan tentang cara melakukan upload foto di verval PTK agar bisa tampil pada laman info GTK maka sekedar informasi bahwa untuk bisa melakuan akses kelaman verval PTK maka hanya bisa dilakukan oleh operator dapodik sekolah sebab untuk bisa login nantinya hanya akan bisa dilakukan oleh operator dapodik sekolah yang telah memiliki akun SDM data.

 

Bagi anda yang ingin melakukan pemasangan foto profil di verval PTK maka anda bisa menyiapkan gambar/foto yang akan di upload kemudian anda bisa meminta bantuan operator dapodik sekolah untuk melakukan upload foto profil tersebut sehingga nantinya bisa muncul di laman info GTK saat anda akan mengakses laman info GTK.

 

Baiklah berikut ini langkah-langkah untuk memasang foto profil PTK di info GTK melalui verval PTK :

1.       Silahkan anda membuka laman verval PTK melalui alamat berikut ini: http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id

2.       Isi username dan password menggunakan email dan password operator dapodik yang telah di daftarkan pada SDM data kemdikbud

3.       Setelah berhasil login maka akan terlihat beberapa menu yang ditampilkan

4.       Silahkan scroll ke bawah dan klik menu “Perbaikan Foto”




5.       Silahkan anda upload/ganti foto anda sesuai keinginan

6.       Setelah terupload/terganti maka dalam waktu 1x24 jam silahkan cek foto profil anda di info GTK

7.       Selesai.

 

Demikianlah cara untuk memasang dan memunculkan foto profil di laman info GTK, semoga anda yang hingga hari ini belum memiliki foto profil di info GTK atau foto anda masih terlihat kosong maka anda bisa melakukan cara yang telah saya informasikan pada postingan ini.

Sekian dan semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel