-->

Cara memisahkan Tanggal Bulan dan Tahun di Exel

Kherysuryawan.id - Cara menghilangkan format tanggal dan bulan pada format tanggal lahir.

Sahabat Pendidikan, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi seputar exel yang mungkin akan bermanfaat bagi anda yang sering bekerja menggunakan Microsoft exel khususnya dalam melakukan pengolahan data atau pengisian data. Adapun materi yang akan saya bahas di kesempatan kali ini yaitu mengenai bagaimana cara untuk merubah format tanggal bulan tahun pada exel menjadi format tanggal saja tanpa memasukkan bulan dan tahunnya atau hanya memasukkan bulannya saja tanpa tanggal dan tahunnya atau memasukkan tahunnya saja tanpa memasukkan tanggal dan bulannya.

  

Postingan ini sengaja saya buat sebagai sebuah arsip bagi diri saya sendiri agar Ketika kelak saya mendapati masalah yang seperti ini maka saya dapat mengetahui solusinya. Saya sengaja membagikan tulisan ini agar siapa tau diantara para pembaca ternyata juga pernah mengalami kasus yang sama seperti yang saya hadapi maka bisa teratasi melalui postingan ini.

 

Sebelum saya memberikan dan menjekaskan tentang bagaimana cara untuk memisahkan tanggal bulan dan tahun di exel maka saya akan bercerita sedikit tentang masalah yang pernag saya hadapi dimana Ketika itu saya di beri tugas oleh atasan saya untuk melakukan penginputan data peserta didik dan di dalam tabel yang harus saya inputkan terdapat kolom tanggal lahir, bulan lahir dan tahun lahir sementara data peserta didik yang telah saya miliki Ketika itu ialah berfotmat 12-04-2005 yang artinya bahwa formatnya menjadi satu antara tanggal, bulan dan tahunnya sedangkan yang harus saya kerjakan ialah saya harus memisahkan data tersebut menjadi bentuk tanggal saja, bulan saja dan tahun saja.

 

Belum sampai disitu saja masalah yang saya hadapi sebab data peserta didik yang akan saya ubah bentuk formatnya ialah sekitar 500 data sehingga jika saya akan melakukan pemisahan data tanggal, bulan dan tahun dari 500 data tersebut maka bisa dipastika saya akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk melakukan hal itu.

 

Melalui kejadian itulah maka akhirnya saya menemukan sebuah cara mudah untuk bisa menyelesaikan masalah yang saya hadapi tersebut. Ternyata jika format tanggal lahir seseorang berbentuk 12-04-2005 maka kita bisa memisah data tersebut menjadi tanggal saja (12) atau bulan saja (04) atau tahun saja (2005). Nah untuk bisa melakukannya maka di postingan ini saya akan memberikan penjelasannya.

 

Jujur saja sebenarnya persoalan untuk melakuka pemisahan data tanggal, bulan dan tahun di exel sangat mudah sekali untuk dilakukan, namun jika kita tidak tau menyelesaikan masalahnya maka sekecil dan semudah apapun masalah tersebut maka pasti akan terasa berat juga. Jadi Ketika kita menghadapi masalah maka jangan dulu berputus asa melainkan kita harus berusaha untuk bisa mencari solusinya.

 

Sahabat Pendidikan, persoalan Memisahkan Tanggal Bulan dan Tahun Di Excel ini merupakan salah satu pekerjaan yang sering dihadapi oleh pengola data atau Operator Sekolah yang bertugas mengelola data pada lembaga pendidikan . terkadang Ketika ada permintaan data siswa maka kita sering menemui masalah seperti ini. Selain itu bagi para pekerja kantoran ataupun pekerja sensus juga sering menghadapi persoalan ini dimana saat melakukan sensus penduduk maka harus memasukkan data tanggal lahir saja, bulan lahir saja dan tahun lahir saja yang tujuannya adalah untuk mengelompokkan bulan kelahiran atau pun mengelompokkan tahun kelahiran yang sama.

 

Seperti kita ketahui bahwa exel merupakan pengolah data yang bisa memudahkan siapapun yang akan mengerjakan pekerjaan seputar angka-angka dan tentunya untuk bisa mengerjakan pekerjaan di exel dengan mudah maka kita harus memahami rumus-rumus yang dapat mempercepat pekerjaan kita seperti pada persoalan untuk memisahkan data tanggal, bulan dan tahun lahir seseorang yang juga harus di kerjakan dengan menggunakan rumus sederhana.

 

Baiklah berikut ini Langkah -langkah untuk melakukan pemisahan tanggal bulan dan tahun di exel :

Berikut ini contoh yang akan di kerjakan :

 

Format yang akan di rubah

Format setelah dirubah

Tanggal

Bulan

tahun

12-04-2005

12

04

2005

 

Cara Memisahkan tanggal bulan dan tahun dari format Date diexel cukup gampang. Untuk melakukannya, maka bisa menggunakan rumus berikut ini.

=DAY    :Untuk mendapatkan data Tanggal saja dari cell data tanggal.

=MONTH        :Untuk mendapatkan data bulan saja dari cell data tanggal berupa angka.

=YEAR   :Untuk mendapatkan data tahun saja dari cell data tanggal.

=CHOOSE      :Untuk mendapatkan data bulan dari cell data tanggal berupa nama bulan.

 

Sebagai contoh ;

  • 12-04-2005 untuk mengambil tanggalnya saja maka gunakan rumus seperti gambar dibawah ini :

 

 

  • 12-04-2005 untuk mengambil tbulannnya saja maka gunakan rumus seperti gambar dibawah ini :


  • 12-04-2005 untuk mengambil tahunnya saja maka gunakan rumus seperti gambar dibawah ini :

  • 12-04-2005 untuk mengambil bulannya saja dalam bentuk huruf maka gunakan rumus seperti gambar dibawah ini :

ini rumusnya : 
=CHOOSE(MONTH(B3);

"Januari";"Februari";"Maret";"April";"Mei";"Juni";

"Juli";"Agustus";"September";"Oktober";

"Nopember";"Desember")
Bagaimana mudah bukan, baiklah berikut ini cara lainnya untuk bisa melakukan pemisahan tanggal bulan dan tahun menjadi format teks.


Berikut merupakan rumus atau formula yang diterapkan sebagaimana terlihat pada gambar diatas dengan caption Memisah tanggal bulan dan tahun format Text

 

Cell C5 mendapatkan Tanggal dengan format Text

=TEXT(B5;"DD")

 

Cell C6 mendapatkan Bulan dengan format Text

=TEXT(B6;"MM")

 

Cell C7 mendapatkan Nama Bulan dengan format Text

=TEXT(B7;"MMMM")

 

Cell C8 mendapatkan Tahun dengan format Text

=TEXT(B8;"YYYY")

 

Cell C9 mendapatkan Tanggal Bulan dan Tahun dengan format Text dengan pemisah spasi

=TEXT(B9;"dd mm yyyy")

 

Cell C10 mendapatkan Tanggal Bulan dan Tahun dengan format Text dengan pemisah garis miring

=TEXT(B10;"dd/mm/yyyy")

 

Cell C11 mendapatkan Tanggal Bulan dan Tahun dengan format Text dengan pemisah strep

=TEXT(B11;"dd-mm-yyyy")

 

Cell C12 mendapatkan Tanggal, Nama Bulan dan Tahun dengan format Text dengan pemisah spasi

=TEXT(B12;"dd mmmm yyyy")

Itulah beberapa rumus untuk bisa memisahkan format tanggal bulan dan tahun pada data di exel, meskipun sangat mudah untuk dilakukan namun jika tidak dipahami maka tetap akan sulit untuk menghasilkan seperti pada contoh-contoh diatas.


Semoga bagi anda yang telah membaca postingan ini dan berusaha untuk memahaminya maka anda bisa melakukan cara diatas dengan baik dan bisa memperoleh hasil yang baik pula sesuai dengan harapan.

Demikianlah postingan ini saya buat dan saya bagikan, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel