Soal & Jawaban Ujian Akhir Pembatik Level 2 Tahun 2021

Kherysuryawan.id – Soal dan Jawaban Latihan menghadapi ujian akhir pebatik level 2 tahun 2021.

Sahabat Pendidikan, pada kesempatan kali ini kembali lagi saya akan membagikan soal latihan pembatik level 2 yang bisa digunakan untuk pembelajaran mandiri sebagai persiapan menghadapi ujian akhir pembatik level 2.

 


Pada postingan saya sebelumnya saya juga telah membagikan soal-soal latihan pembatik level 1 mulai dari soal latihan hingga soal ujian akhir pembatik dan melalui kesempatan ini kembali lagi saya akan membagikan soal latihan buat anda yang akan mengikuti tahapan pembatik level 2 di tahun 2021 ini. Anda bisa menjadikan soal ini sebagai bahan pembelajaran persiapan menghadapi ujian tahap selanjutnya.

 

Soal latihan pembatik level 2 ini dapat anda jadikan sebagai bahan pembelajaran dalam melakukan persiapan menghadapi ujian akhir pembatik level 2, semakin banyak anda belajar dan berlatih maka pastinya peluang anda untuk bisa lulus juga akan semakin besar, oleh sebab itu jadikanlah soal-soal ini sebagai bahan referensi dan pembelajaran anda dalam menghadapi ujian akhir pembatik level 2.

 

Baiklah untuk selengkapnya berikut ini beberapa jenis soal latihan pembatik level 2 tahun 2021 yang bisa anda pelajari :

 

1.Kemampuan mengidentifikasi, mengakses, memanfaatkan dan mengoptimalkan perangkat dan teknik komunikasi untuk menerima dan menyampaikan informasi kepada pihak lain merupakan salah satu kecakapan abad 21 …

A. Berpikir kritis

B. Pemecahan masalah

C. Komunikasi

D. Kolaborasi

Kunci jawaban : C

 

2. Pembelajaran Abad 21 merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan kemampuan…

A. literasi, kecakapan pengetahuan , keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi

B. literasi, kolaborasi, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi

C. literasi, kecakapan pengetahuan, interaksi, serta penguasaan terhadap teknologi

D. literasi, kompetisi, keterampilan dan sikap, serta penguasaan terhadap teknologi

Kunci jawaban : A

 

3. Kualitas karakter yang tidak sesuai dengan tuntutan kecakapan Abad 21 yaitu ….

A. Iman dan taqwa

B. Cinta tanah air dan rasa ingin tahu

C. Kreatif dan kompetisi

D. Kemampuan beradaptasi dan kepemimpinan

Kunci jawaban : C

 

4. Berikut ini salah satu kecakapan terkait dengan kolaborasi dalam pembelajaran, …

A. Bersikap terbuka dan responsif terhadap perspektif baru dan berbeda.

B. Mampu mengemukakan ide-ide kreatif secara konseptual dan praktikal.

C. Beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggungjawab, bekerja secara produktif dengan yang lain*

D. Mampu beradaptasi dalam situasi baru dan memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan

Kunci jawaban :C

 

5. Yang bukan merupakan prinsip dalam membangun pembelajaran efektif abad 21 sebagai

tuntutan era industri 4.0 dan society 5.0 adalah....

A. collaboration,

B. inovation

C. creativity

D. critical thingking

Kunci jawaban : B

 

6. Ada beberapa alasan rasional mengenai pentingnya integrasi TIK dalam pendidikan dan pembelajaran. Salah satu rasional adalah TIK sebagai faktor katalitik yaitu...

A. Pembelajaran terintegrasi TIK bertujuan agar peserta didik memiliki keterampilan yang sesuai di masyarakat

B. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran akan mempercepat proses perubahan paradigma belajar

C. Pembelajaran terintegrasi TIK meningkatkan kemampuan guru dalam mengemas penyampaian materi ajar

D. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diharapkan dapat mengurangi biaya pendidikan dan pelatihan guru

Kunci jawaban : B

 

7. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran mendukung beragam teori belajar. Misalnya penggunaan aplikasi drill dan practice sesuai dengan teori belajar behavioristik karena...

A. Aplikasi drill dan practice sesuai dengan pembelajaran penalaran dan keterampilan yang kompleks

B. Aplikasi drill dan practice sesuai untuk personalisasi kecepatan belajar dan penguasaan pengetahuan

C. Aplikasi drill dan practice akan membantu pembelajaran kolaboratif sesuai tujuan belajar behavioristik

D. Aplikasi drill dan practice akan membantu peserta didik untuk memvisualisasikan konsep belajar behavioristik

Kunci jawaban : c

 

8. Pembelajaran abad 21 merupakan implementasi dari paradigma pembelajaran aktif dan relevan dengan kebutuhan zaman. Guru sebagai fasilitator belajar melakukan integrasi TIK dalam pembelajaran berbasis proyek supaya peserta didik memiliki keterampilan kolaborasi yaitu..."

A. Mampu menyikapi ilmu secara kritis dan bermanfaat bagi kemanusiaan

B. Mampu mengatasi masalah belajar sebagai refleksi permasalahan masa depan

C. Mampu mengidentifikasi dan mengoptimalkan TIK untuk berkomunikasi

D. Mampu menjalin kerja sama dengan pihak lain untuk meningkatkan strategi

Kunci jawaban : B

 

9. Pada proses pembelajaran terintegrasi TIK di kelas, salah satu ruang lingkup TIK adalah dapat membangun kompetensi pengguna. Contoh kompetensi aspek kognitif yang dikembangkan melalui pemanfaatan TIK pembelajaran adalah..."

A. Menganalisis kondisi permasalahan secara sistemik

B. Menerapkan kemampuan bekerja sama

C. Menggunakan perangkat TIK dengan terampil

D. Memiliki sikap kreatif dan inovatif

Kunci jawaban : A

 

10. Poin-poin berikut merupakan manfaat pendayagunaan TIK pada aspek…

-       Berbagi pengetahuan adalah suatu keharusan

-       Belajar mengenai how to learn melalui penggunaan TIK

-       Belajar sepanjang hayat dengan pendayagunaan TIK

A. TIK sebagai keterampilan dan kompetensi

B. TIK sebagai supporting system manajemen pembelajaran

C. TIK sebagai infrastruktur pembelajaran

D. TIK sebagai sumber belajar

Kunci jawaban : B

 

11. Kasus : Terjadi permasalahan belajar di kelas dan Anda sebagai guru perlu melakukan analisis kebutuhan untuk mengatasi masalah yang terjadi. Anda ingin meningkatkan motivasi peserta didik untuk aktif berpartisipasi dalam aktivitas belajar, dan membangun suasana kelas yang kondusif.

Maka aspek-aspek yang perlu Anda analisis untuk menemukan solusi atas permasalahan belajar adalah...

A. Evaluasi diri, teknik mengajar, dukungan manajemen

B. Pertimbangan administratif, penambahan fasilitas TIK

C. Evaluasi diri, kemampuan pedagogis, karakteristik peserta didik

D. Pertimbangan administratif, soal evaluasi pembelajaran

Kunci jawaban : C

 

12. Untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif maka lingkungan pembelajaran pun harus disiapkan agar suportif dan kondusuf. Hal-hal yang termasuk lingkungan pembelajaran fisik adalah...

A. Metode pembelajaran, media pembelajaran, RPP

B. Perangkat peraturan manajemen, motifasi belajar, evaluasi

C. Fasilitas TIK, media pembelajaran, pengaturan ruang kelas

D. Supporting system, metode pembelajaran, komunikasi.

Kunci jawaban : A

 

13. Contoh pendayagunaan TIK dalam rencana aktivitas pembelajaran adalah...

A. Mendiskusikan analisis kasus melalui konferensi video dan fitur chat

B. Menginventarisasi bahan ajar berbasis TIK

C. Pembelajaran dengan pendekatan pemecahan masalah

D. Penggunaan aplikasi survei daring untuk tes kemampuan awal

Kunci jawaban : B

 

14. Fitur pada portal Rumah Belajar yang menyediakan beragam bahan belajar digital berbagai format, yang dapat diunduh secara gratis untuk belajar adalah...

A. Kelas Maya

B. Sumber Belajar

C. Bank Soal

D. Peta Budaya

Kunci jawaban : B

 

15. Jenis media apa saja yang terdapat pada fitur Sumber Belajar?

A. Video, Audio, VR

B. Video, Audio, konten berbasis web

C. Video, Audio, Game

D. Video, Multimedia, Game

E. Video, Multimedia, AR

Kunci jawaban : B

 

16. Pengembangan pembelajaran abad 21, guru dituntut untuk memulai satu langkah perubahan diantaranya yaitu

A. Pola pembelajaran ceramah menjadi menggunakan TIK

B. Pola pembelajaran tradisional menjadi pembelajaran menggunakan peralatan modern

C. Pola pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pola pembelajaran yang berpusat pada siswa

D. Pola pembelajaran ceramah menjadi pola pembelajaran multiarah

Kunci jawaban : C

 

17. Pengembangan pembelajaran abad 21 harus memperhatikan hal berikut, kecuali….

A. mengembangkan RPP yang mengkombinasikan target kurikulum nasional, kecakapan abad 21 dan pemanfaatan teknologi

B. Membangun kemampuan berfikir kritis

C. Memasukan unsur berfikir tingkat tinggi

D. Menerapkan pola pendekatan dan model pembelajaran yang bervariasi

Kunci jawaban : B

 

18. Prinsip pembelajaran abad 21 dalam upaya mempersiapkan siswa menjadi warga negara yang bertanggung jawab adalah …

A. Mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari

B. Memfasilitasi siswa untuk terlibat dalam lingkungan sosialnya.

C. Mengembangkan metode pembelajaran yang memungkinkan siswa terhubung dengan dunia nyata

D. Memfasilitasi siswa dalam mengkonstruksi pengetahuan dan keterampilannya

Kunci jawaban : B

 

19. Tugas pendidik untuk mampu mengembangkan pembelajaran abad 21 diantaranya yaitu …

A. Menyusun RPP yang mengkombinasikan antara target yang diminta dalam kurikulum nasional, pengembangan kecakapan abad 21 atau karakter nasional serta pemanfaatan teknologi dalam kelas

B. Menyiapkan bahan belajar dan media pembelajaran yang lengkap

C. Memasukkan unsur Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking).

D. Menerapan pola pendekatan dan model pembelajaran yang bervariasi

Kunci jawaban : B

 

20. Fitur Rumah Belajar yang mendukung kecakapan pembelajaran abad 21 dalam berkolaborasi yaitu …, kecuali

A. Sumber Belajar

B. Kelas Maya

C. Laboratorium Maya

D. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Kunci jawaban : D

 

21. Fitur Rumah Belajar yang berupa konten dalam bentuk simulasi untuk kegiatan praktikum dapat digunakan untuk pembelajaran secara individu, berkelompok, dan sarana latihan mandiri serta dapat mengembangkan kecakapan pemecahan masalah dan berkolaborasi

adalah …

A. Sumber Belajar

B. Buku Sekolah Elektronik

C. Bank soal

D. Laboratorium maya

Kunci jawaban : D

 

22. Fitur Rumah Belajar yang dapat digunakan untuk kemampuan literasi membaca peserta didik yaitu …

A. Sumber Belajar dan PKB

B. BSE dan Kelas Maya

C. Karya Bahasa Sastra dan Peta Budaya

D. Laboratorium Maya dan Bank Soal

Kunci jawaban : C

 

23. Salah satu tahapan gerakan literasi sekolah adalah “Meningkatkan kemampuan literasi di semua mata pelajaran: menggunakan buku pengayaan dan strategi membaca di semua mata pelajaran”. Aktivitas tersebut dapat difasilitasi di Rumah Belajar dengan menggunakan fitur …

A. Sumber Belajar dan Karya Guru

B. BSE dan Sumber Belajar

C. Karya Bahasa Sastra dan Peta Budaya

D. Laboratorium Maya dan Bank Soal

Kunci jawaban : B

 

24. Kemampuan untuk mengetahui berbagai bentuk media yang berbeda, seperti media cetak, media elektronik (media radio, media televisi), media digital (media internet), dan memahami tujuan penggunaannya disebut …

A. Literasi dasar

B. Literasi perpustakaan

C. Literasi media

D. Literasi sains

Kunci jawaban : C

 

25. Bagi seorang pendidik langkah awal untuk mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan kecakapan Abad 21 dan karakteristik KD dan materi yang akan dibahas yaitu …

A. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

B. Pelaksanaan Pembelajaran

C. Penyiapan bahan belajar dan media pembelajaran

D. Penilaian Hasil Belajar

Kunci jawaban : A

 

26. Bagaimana cara memanfaatkan Laboratorium Maya tanpa menggunakan akses internet?

A. Mendaftar di lab maya dan klik tombol "lakukan percobaan sekarang"

B. Login di fitur Laboratorium Maya dan klik tombol "unduh Lab Maya"

C. Login di fitur Laboratorium Maya dan klik tombol "lakukan percobaan sekaran"

D. Mendaftar di lab maya, pilih topik dna lakukan percobaan

Kunci jawaban : B

 

27. Apabila ingin melakukan aktivitas evaluasi hasil belajar mandiri, fitur apa yang dapat digunakan?

A. Sumber Belajar

B. Kelas Maya

C. Bank Soal

D. Laboratorium Maya

Kunci jawaban : C

 

28. Ada berapa kategori permainan yang dapat dimanfaatkan untuk aktivitas belajar melalui fitur Edugame?

A. 2

B. 3

C. 4

D. 5

Kunci jawaban : D

 

29. Salah satu model pembelajaran yang mengharuskan peserta didik untuk mempelajari materi terlebih dagulu melalui teknologi yang diberikan oleh pendidik, sebelum pertemuan tatap muka adalah model pembelajaran...

A. Flipped classroom

B. Gamification

C. Peer tutoring

D. Discovery learning

Kunci jawaban : D

 

30. Pada model pembelajaran blended learning, ada dua aktivitas yang dapat menyebabkan terjadinya pembelajaran yaitu...

A. Membaca materi dan menyimak video

B. Synchronous dan asynchronous

C. Synchronous dan tatap muka luring

D. Asynchronous dan diskusi melalui grup

Kunci jawaban : B


31. Sumber belajar yang secara khusus didesain sebagai komponen sistem instruksional untuk memberikan fasilitas belajar terarah dan bersifat formal, disebut ….

A. sumber belajar yang diterapkan

B. sumber belajar yang dimanfaatkan

C. sumber belajar yang dirancang

D. sumber belajar yang dibagikan

Kunci Jawaban : C

 

32. Ruang kelas, perpustakaan, aula, taman, kebun, tempat ibadah, pasar, museum, kantor merupakan sumber belajar yang berbentuk ….

A. pesan

B. bahan

C. alat/perlengkapan

D. lingkungan

Kunci Jawaban : D

 

33. Untuk mendukung terwujudnya sebuah kelas maya, setidaknya ada 5 (lima) komponen yang harus disiapkan, yaitu :

A. Jaringan, Sumber Belajar, Hardware, Kebijakan, Software

B. Konten Pembelajaran, Hardware, Software, Strategi Komunikasi, Jaringan

C. Aset Digital, Hardware, Software, Jaringan, Strategi Pembelajaran

D. Aset Digital, Jaringan, Kebijakan, Hardware, Software

Kunci Jawaban : A

 

34. Kategori pengguna kelas maya pada Rumah belajar terdiri dari :

A. Kepala Sekolah, Guru, Siswa

B. Administrator, Guru, Siswa

C. Sekolah sebagai penyelenggara, guru dan siswa

D. Administrator, kepala sekolah, siswa, guru

Kunci Jawaban : C

 

35. Berikut merupakan alur pemanfaatan kelas maya pada Rumah Belajar untuk penyelenggara :

A. Sekolah (admin) daftar sebagai penyelenggara, mengelola kelas, mengelola guru, mengelola siswa, melihat daftar kelas yang sudah dibuka, dan memonitor aktivitas pengguna dalam waktu yang dikehendaki secara per orang baik siswa maupun guru.

B. Mendaftar di Rumah Belajar, Ubah profile, membuat rancangan pembelajaran, menyiapkan bahan belajar, membuat tugas dan soal ujian, membuat topik diskusi dan memonitor aktivitas diskusi, memberikan informasi dan pemberitahuan penting melalui pengumuman dan melakukan penilaian.

C. Mendaftar di Rumah Belajar, Ubah Profil, Memilik kelas maya, Mempelajari bahan belajar yang diberikan, mengerjakan dan mengunggah tugas, melakukan diskusi dengan topik yang diberikan, dan melihat pengumuman dan mengikuti ujian.

D. Mendaftar di Rumah belajar, mengelola kelas, mengelola guru, mengelola siswa, melihat daftar kelas yang sudah dibuka, dan melihat pengumuman dan mengikuti ujian.

Kunci Jawaban : A

 

36. Fitur utama Rumah Belajar adalah … .

A. Sumber Belajar, Bank Soal, Televisi Edukasi

B. Televisi Edukasi, Radio Edukasi, Mobile Edukasi

C. Laboratorium Maya, Sumber Belajar, Kelas Digital

D. Kelas Digital, Karya Guru, Laboratorium Maya

Kunci Jawaban : C

 

37. Laboratorium Maya Rumah Belajar diperuntukkan bagi … .

A. PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Umum

B. SD, SMP, SMA, dan SMK

C. SD, SMP, dan SMA

D. SMP dan SMA

Kunci Jawaban : D

 

38. Laboratorium Maya Rumah Belajar berisi materi … .

A. Semua mata pelajaran

B. Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia

C. Matematika, Fisika, dan Biologi

D. Fisika dan Biologi

Kunci Jawaban : B

 

39. Berikut merupakan langkah-langkah membuat soal online memanfaatkan fitur Bank Soal, yaitu :

A. Setelah login, memilih menu “Soal”, kemudian klik tombol “buat baru”, mengisi formulir identitas, mengisi kolom soal, mengisi kolom jawaban, memberikan tanda untuk jawaban yang benar, menuliskan penjelasan pada kolom pembahasan, memilih tingkat kesulitan, memberikan tanda pada bagian “aktif”, menyimpan soal.

B. Setelah login, memilih menu “Soal”, kemudian klik tombol “buat baru”, mengisi formulir identitas, mengisi kolom soal, memilih tingkat kesulitan, memberikan tanda pada bagian “aktif”, menyimpan soal, mengisi kolom jawaban, memberikan tanda untuk jawaban yang benar, menuliskan penjelasan pada kolom pembahasan.

C. Setelah login, mengisi formulir identitas, mengisi kolom soal, memilih tingkat kesulitan, memberikan tanda pada bagian “aktif”, menyimpan soal, mengisi  kolom jawaban, memberikan tanda untuk jawaban yang benar, menuliskan penjelasan pada kolom pembahasan, memilih menu “Soal”, kemudian klik tombol “buat baru”.

D. Setelah login, memilih menu “Soal”, kemudian klik tombol “buat baru”, mengisi formulir identitas, mengisi kolom soal, memilih tingkat kesulitan, memberikan tanda pada bagian “aktif”, memberikan tanda untuk jawaban yang benar, menuliskan penjelasan pada kolom pembahasan, menyimpan soal, mengisi kolom jawaban.

Kunci Jawaban : B

 

40. Evaluasi saya pada Rumah Belajar merupakan :

A. semua evaluasi yang dibuat oleh pengguna itu sendiri dan pengguna lainnya, sedangkan evaluasi umum evaluasi yang dibuat oleh pengguna itu sendiri.

B. Semua evaluasi yang dibuat oleh pengguna

C. evaluasi yang dibuat oleh pengguna itu sendiri, sedangkan evaluasi umum merupakan semua evaluasi yang dibuat oleh pengguna itu sendiri dan pengguna lainnya

D. evaluasi yang dibuat oleh pengguna, sedangkan evaluasi umum merupakan evaluasi yang dibuat oleh pengguna lainnya

Kunci Jawaban : C

 

41. Kemampuan untuk mengadaptasi teknologi baru adalah pengertian dari…

a. content knowledge

b. technological content knowledge

c. technological knowledge

d. pedagogical content knowledge

Kunci Jawaban : C

 

42. Guru harus bisa menafsirkan materi pembelajaran dan menemukan cara yang pas untuk menyampaikan materi tersebut kepada siswa, hal ini yang dimaksud dengan…

a. pedagogical content knowledge

b. technological content knowledge

c. content knowledge

d. technological pedagogical knowledge

Kunci Jawaban : A

 

43.Kemampuan memecahkan masalah (problem solving), kemampuan berkomunikasi, kemampuan mencari, mengolah/ mengelola informasi adalah beberapa hal yang dibutuhkan dalam…

a. ICT literacy

b. meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran

c. membangun knowledge based society habits

d. menentukan aktivitas pembelajaran

Kunci Jawaban : B

 

44. Jika siswa ingin mendapatkan informasi pendidikan maupun materi pembelajaran yang dapat diakses kapan pun tanpa terikat dengan jadwal, maka siswa dapat memilih layanan:

a. Televisi Edukasi Live melalui kanal Youtube

b. Video on Demand (VoD)

c. Sapa Edu

d. Siaran live TV Edukasi melalui laman tve.kemdikbud.go.id/live/

Kunci Jawaban : B

 

45. Dalam rangka mendukung proses pembelajaran, Pusdatin menyediaan layanan pembelajaran berbasis streaming untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK berupa siaran dengan tema mata pelajaran masing-masing jenjang yang ditayangkan berdasarkan

jadwal yang ditentukan. Layanan tersebut dapat diakses melalui laman/aplikasi berikut, kecuali :

a. tve.kemdikbud.go.id/live/

b. aplikasi mobile TVE

c. m-edukasi.kemdikbud.go.id

d. Youtube melalui tayangan Televisi Edukasi Live

Kunci Jawaban : C

 

46. Berikut ini yang tidak termasuk layanan m-edukasi yaitu:

a. Info Edu

b. e-Komik

c. SiPAKAR

d. Mobile Vokasi

Kunci Jawaban : A

 

47.Aplikasi yang dikembangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan akan pentingnya pemberian dukungan media pembelajaran kepada pendidikan vokasi, dan berbasis mobile device adalah:

a. Mobile TVE

b. Video on Demand (VoD)

c. Mobile Vokasi

d. SiPAKAR (APLIKASI PANDAI AKTIF KARENA AR)

Kunci Jawaban : C

 

48.Dalam rangka peningkatan kompetensi siswa, selain aplikasi media pembelajaran Pusdatin juga menyediakan ajang kompetisi bagi para siswa untuk semua jenjang SD,

SMP, SMA dan SMK. Ajang kompetisi ini dapat diakses melalui program:

a. Kita Perlu Tahu

b. Bintang Edu

c. SiKECE (APLIKASI KELUARGA CERDAS)

d. Kuis Kihajar

Kunci Jawaban : D

 

49. Salah satu cara pemanfaatan media TV Edukasi dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut:

a. Mendownload aplikasi TV Edukasi

b. Instalasi apk EduStore

c. Menggunakan fitur Video On Demand

d. Mendengarkan siaran suara edukasi

Kunci Jawaban : D

 

50. Diberikan opsi cara pemanfaatan media pembelajaran dalam proses pembelajaran sebagai berikut:

1. Melalui steaming

2. Instalasi aplikasi TV Edukasi

3. Menggunakan Video On Demand

4. Download apk m-Edukasi

Manakah dari cara pemanfataan media pembelajaran diatas yang merupakan pemanfaatan media TV Edukasi:

a. 1 dan 2

b. 1 dan 3

c. 2 dan 3

d. 3 dan 4

Kunci Jawaban : B


51. Salah satu prinsip dalam model pembelajaran berbasis elektronik (e-learing) yang saat ini sedang populer adalah...

A. Pendidik dapat menentukan sendiri waktu untuk menyampaikan materi dan tugas

B. Pendidik dan peserta didik tidak perlu saling terhubung untuk mencapai tujuan belajar

C. Peserta didik hanya bisa belajar melalui LMS yang disediakan oleh sekolah

D. Peserta didik dapat menentukan sendiri kapan, dimana dan bagaimana belajarnya

Kunci Jawaban : D

 

52. Rumah Belajar memiliki fitur Edugame yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik untuk menerapkan salah satu model pembelajaran yaitu...

A. Flipped classroom

B. Gamification

C. Peer tutoring

D. Game based learning

Kunci Jawaban : D

 

53. Dalam penerapan model pembelajaran berbasis game, pembelajaran dapat diawali dengan...sebelum sesi bermain game dimulai

A. Story telling, diskusi, penjelasan cara bermain

B. Menjelaskan tujuan pembelajaran, story telling, diskusi penugasan

C. Menjelaskan tujuan pembelajaran, story telling, penjelasan cara bermain

D. Menjelaskan tujuan pembelajaran, diskusi penugasan, penjelasan cara bermain.

Kunci Jawaban : D

 

54. Bu Ani melaksanakan pembelajaran Kimia dengan bantuan TIK pada konsep Titrasi Asam Basa. Siswa diminta mengumpulkan beberapa artikel tentang manfaat cuka dalam kehidupan. Setelah itu siswa akan membuat rangkuman dan membuat poin penting dari bacaan tersebut dalam sebuah presentasi dan berkolaborasi. Apa tujuan dari strategi pembelajaran yang dilakukan oleh bu guru Ani ini?

A. Membangun Knowledge based Sociaty Habits seperti kemampuan memecahkan masalah (problem solving), kemampuan berkomunikasi, kemampuan mencari, mengolah/mengelola informasi, lalu mengubahnya menjadi pengetahuan baru dan mengkomunikasikannya kepada orang lain.

B. Membangun Knowledge based Sociaty Habits seperti kemampuan memecahkan masalah (problem solving), kemampuan berkomunikasi, kemampuan mencari, lalu mengubahnya menjadi pengetahuan baru dan mengkomunikasikannya kepada orang lain.

C. Membangun Knowledge based Sociaty Habits seperti kemampuan memecahkan masalah (problem solving), kemampuan berkomunikasi serta mengembangkan keterampilan menggunakan TIK (ICT Literacy).

D. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran

Kunci Jawaban : A

 

55. Guru Salam di SMAN 1 Taliabu menjelaskan tentang cara membuat Koloid Liofil dan Liofab kepada siswanya di kelas dengan menggunakan TV Edukasi secara Video on Demand. Tahapan sintaks dalam pembelajaran ini adalah...

A. Guru menganalisis RPP, mengidentifikasi ketersediaan media pembelajaran, lalu meminta siswa mengunduh konten. Setelah itu siswa dapat menonton konten dan guru dapat memberi penugasan kepada siswa.

B. Setelah membuat atau menyiapkan media pembelajaran, siswa dapat menonton konten dan memberikan penugasan kepada siswa.

C. Guru menganalisis RPP, mengidentifikasi ketersediaan media pembelajaran lalu meminta siswa mengunduh nilai.

D. Setelah menonton konten, siswa dapat mengerjakan tugas dan melihat kemajuan proyek yang dikerjakan.

Kunci Jawaban : A


56. Lingkungan belajar dapat diartikan sebagai “laboratorium” yang idealnya memberi kesempatan siswa untuk bereksplorasi, bereksperimen, dan ....

A. mencoba hal baru yang sesuai dengan minat dan bakat

B. merancang masa depan melalui serangkaian aktivitas pembelajaran

C. mengimplementasikan rencana pembelajaran yang berpusat pada siswa

D. mengekspresikan diri untuk mendapatkan konsep serta keterampilan baru

Kunci Jawaban : D

 

57. Pengkondisian Lingkungan Belajar dalam pengelolaan kelas ditujukan untuk ….

A. mengimplementasikan kegiatan memanfaatkan teknologi

B. mendukung terciptanya aktivitas pembelajaran

C. memastikan prestasi belajar meningkat

D. memadukan beragam sumber belajar

Kunci Jawaban : B

 

58. Lingkungan belajar dapat memberikan pengaruh positif maupun negatif dalam proses pembelajaran. Contoh pengaruh positif yang diberikan lingkungan belajar dalam proses pembelajaran adalah menstimulasi ….

A. siswa untuk menyesuaikan kecepatan belajar

B. siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran

C. siswa untuk mensinkronkan keterampilan

D. siswa untuk menyiasati keterbatasan

Kunci Jawaban : C

 

59. Salah satu aspek yang harus diverifikasi ketika akan memanfaatkan lab komputer agar dapat menunjang kebutuhan proses pembelajaran adalah ....

A. rasio jumlah guru dengan jumlah siswa

B. rasio jumlah waktu dengan jumlah siswa

C. rasio jumlah siswa dengan kuantitas materi

D. rasio jumlah siswa dengan jumlah komputer

Kunci Jawaban : D

 

60. Bentuk budaya menghargai (culture of respect) yang harus dimunculkan dalam kelas yang dikelola oleh seorang guru adalah ….

A. memberi kesempatan siswa untuk berpendapat

B. memastikan kelas dikelola dengan tertib dan teratur

C. mengelola pembelajaran sesuai jadwal yang ditetapkan

D. memeliharan rutinitas dan kebiasaan baik yang ada di kelas

Kunci Jawaban : A


61. Pak Joko adalah guru mata pelajaran Seni Budaya. Pada pertemuan ini beliau akan menjelaskan tentang mengenai Batik Garutan dan teknik membuatnya kepada siwa di kelas. Dalam kegiatan tatap muka kali ini beliau akan memanfaatkan TV Edukasi. Salah satu channel yang menjadi favorit siswa dalam mata pelajaran Seni Budaya adalah Lensa Nusantara. Menurut anda acara TV apakah yang dapat dimanfaatkan oleh pak Joko bersama siswanya di kelas?

A. Film Televisi

B. Hai Sobat

C. Rumah Adat Cerdas

D. SIKECE

Kunci Jawaban : C

 

62. Untuk proyek sains tentang "Kehidupan di desaku" Arman dan Rahmat diminta oleh gurunya untuk melihat dan menonton Video TV Edukasi di Youtube. Di dalam video ini mereka belajar tentang bagaimana menjadi kameramen. Mereka juga belajar tentang pengambilan gambar dengan sistem Panning. Ada 2 cara pengambilan gambar dengan teknik Panning yakti Pan ke kiri dan Pan ke kanan. Mereka juga belajar tentang teknik Tilt Up dan Tilt Down. Jika kamu adalah bagian dari anggota kelompok ini, bagaimana cara kamu agar bisa membantu temanmu dalam kelompok agar mereka dapat memperoleh informasi ini secara lengkap dan benar?

A. Buka Youtube TV Edukasi nonton streaming

B. Buka Youtube - TV Edukasi - Vokasi - pilih menu Boardcasting

C. Buka Youtube - TV Edukasi - Vokasi - pilih menu On Action

D. Buka Youtube - TV Edukasi - Vocasi - pilih menu Vikipedia

Kunci Jawaban : B

 

63. Diberikan opsi cara pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajar manakah dari cara pemanfaatan media pembelajaran diatas yang merupakan pemanfaatan media TV Edukasi, kecuali?

A. Melalui steaming

B. Instalasi aplikasi TV Edukasi

C. Menggunakan Video On Demand

D. Download apk m-Edukasi

Kunci Jawaban : A

 

64. Untuk menyajikan gambar objek 3 dimensi kepada siswa tentang sel, bu Nursin guru Biologi membuat demonstrasi di kelasnya. Anak-anak sangat tertarik dengan media yang disajikan oleh bu Nursin hari ini. Menurut anda jika pembelajaran yang sama akan kita sajikan oleh guru lain maka aplikasi apakah yang dapat diberikan kepada siswa sebelum mereka mulai belajar?

  

A. SIPAKAR

B. SI KECE

C. Mobil Aplication TVE

D. M-Edukasi

Kunci Jawaban : D

 

65. Pak Suranto akan menjelaskan praktikum menggunakan virtual lab. Namun ia mengalami kesulitan saat log in ke aplikasi Rumah Belajar khususnya untuk mengidentifikasi layanan produk apa saya yang termasuk bagian dari Mobile Edukasi. Menurut anda, apa saja yang termasuk layanan m-edukasi tersebut?

A. Into Edu, e_Komik dan SIPAKAR

B. e-Komik, SIKECE dan mobile vokasi

C. SIPAKAR, SIKECE dan TV Edukasi

D. SIKECE, e-Komik dan M-Edukasi

Kunci Jawaban : C


Demikianlah informasi mengenai soal latihan pembatik level 2 yang bisa saya bagikan melalui postingan ini, kiranya bisa bermanfaat buat anda yang saat ini sedang menjalani tahapan program pembatik level 2 tahun 2021. Akhir kata selamat belajar dan semoga anda sukses.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel