Cara Eksplorasi Rapor Pendidikan Sekolah Tahun 2023/2024

Kherysuryawan.id – Panduan mengeksplorasi Rapor Pendidikan untuk sekolah PAUD, SD, SMP, SMA, SMK.

Halo sahabat kherysuryawan, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi tentang bagaimana cara melakukan eksplorasi rapor pendidikan pada satuan pendidikan. panduan ini admin akan bagikan sebagai dasar bagi sekolah dalam melakukan eksporasi rapor pendidikannya.

 


Apa sih tujuan dari rapor pendidikan ?

Rapor Pendidikan adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya. Kebijakan evaluasi sistem pendidikan yang baru lebih menekankan pada orientasi terhadap mutu pendidikan dan sistem yang terintegrasi.

 

Rapor pendidikan juga berfungsi sebagai instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik evaluasi internal maupun eksternal yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output).

 

Tujuan dilunucurkannya Rapor Pendidikan yaitu dapat menjadi bahan refleksi serta dapat meningkatkan mutu belajar mengajar secara merata dan menyeluruh. Dengan cara ini, akan menjadi bahan evaluasi di masa depan dan dapat meningkatkan Pendidikan secara tepat dan berbasis informasi.

 

Melalui Rapor Pendidikan ini satuan pendidikan dimudahkan memiliki data hasil evaluasi. Kemudian karena terintegrasi, jadi semua aktivitas satuan pendidikan bisa digunakan secara komprehensif, sehingga diharapkan pendidikan di sekolah dasar terencana dengan baik menggunakan basis data.

 

Rapor Pendidikan ini sendiri merupakan sebuah platform yang menyajikan hasil Asesmen Nasional dan data lainnya untuk mengetahui capaian satuan pendidikan dalam tampilan yang terintegrasi. Platform ini ditujukan supaya satuan pendidikan dan pemerintah daerah dapat menggunakan data menjadi bahan untuk refleksi, dan mengidentifikasi tantangan pendidikan di satuan pendidikan dan daerah masing-masing. Ketika sudah masuk ke rapor pendidikan, pada beranda nanti akan ada tampilan NPSN, alamat, dan kota serta provinsi. Lalu di halaman Rapor Pendidikan ada ringkasan eksekutif atau executive summary. Di halaman executive summary ini akan tampak dimensi-dimensi dan indikator, seperti terdapat mutu hasil belajar peserta didik, ada iklim keamanan inklusivitas di satuan pendidikan dan ada kompetensi guru dan tenaga kependidikan.

 

Didalam rapor pendidikan ada yang Namanya Rekomendasi Perencanaan Berbasis Data (PBD). Perencanaan Berbasis Data (PBD) merupakan mekanisme perencanaan yang komprehensif dan berbasis fakta (Identifikasi, Refleksi, Benahi).

 

Dalam mengakses rapor pendidikan maka hendaknya pihak sekolah melakukan ekplorasi yang tujuannya untuk mencari akar masalah dan mencari inspirasi untuk melakukan pembenahan atau membenahi masalah yang ada pada rapor pendidikan sekolah.

 

Bagaimana melakukan ekplorasi rapor pendidikan ?

Baiklah untuk anda yang ingin melakukan ekplorasi rapor pendidikan satuan pendidikan, maka disini admin kherysuryawan akan memberikan panduan cara untuk melakukan ekplorasi rapor pendidikan pada satuan pendidikan.

 

Berikut ini file Panduan melakukan ekplorasi rapor pendidikan satuan pendidikan :

 


Untuk mendapatkan filenya silahkan dapatkan (DISINI)

 

Demikianlah informasi tentang cara mudah untuk melakukan ekplorasi rapor pendidikan pada satuan pendidikan, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pihak sekolah yang ingin melakukan ekplorasi rapor pendidikan sekolahnya.

 

 

 

 

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel