-->

Aplikasi SKHU Sementara Masa Pandemi Tahun 2021

Kherysuryawan.id – Download Aplikasi Pengolah nilai dan cetak SKHU masa pandemi tahun 2021.

Postingan ini akan membagikan Aplikasi SKHUS SD Masa Pandemi, Aplikasi SKHUS SMP Masa Pandemi, Aplikasi SKHUS SMA/SMK Masa Pandemi Tahun 2021.

Sahabat Pendidikan, seperti kita ketahui saat ini bahwa hampir semua sekolah yang ada di Indonesia terkena imbas dari dampak covid-19 sehingga banyak sekolah yang harus melakukan system pembelajaran jarak jauh dan adapula yang dilakukan secara online.

 


Meskipun demikian hal itu tidak menyurutkan semangat para siswa dan guru dalam melakukan aktivitas belajar mengajar meskipun ada yang menggunakan system belajar tanpa tatap muka namun dengan semakin berkembangnya dunia teknologi maka proses pembelajaran kini banyak menggunakan inovasi pembelajaran berbasis IT.

 

Dengan adanya pembelajaran yang agak berbeda dari biasanya maka dalam menentukan kurikulum sekolah di beri kebebasan untuk bisa menyesuaikan dengan menggunaakn kurikulum yang dianggap cocok untuk digunakan di sekolah tempat masing-masing. Selain itu cara mengajar dan belajar pun dapat dipilih sesuai dengan keadaan di daerah masing-masing.

 

Tentunya dengan belajar menggunakan kurikulum darurat maka bentuk penilaian yang akan di berikan pun dapat diinovasikan sesuai keadaan yang real terjadi saat proses pembelajaran berlangsung. Begitu juga dengan format yang harus digunakan maka tentunya harus menggunakan bentuk nilai masa pendemi sesuai dengan yang terjadi saat ini.

 

Pada postingan saya sebelumya saya telah membagikan format nilai untuk penilaian kelas dimasa pandemic dan pada kesempatan kali ini kembali lagi saya akan membagikan format untuk pengolah nilai yang dikhususkan bagi siswa yang berada di tingkat akhir atau lebih tepatnya untuk siswa yang akan lulus sekolah.

 

Karena saat ini banyak sekolah yang masih menggunakan kurikulum masa pandemi atau kurikulum darurat maka tantunya untuk memberikan surat keterangan lulus juga harus menggunakan format surat keterangan lulus masa pandemi dan melalui postingan ini saya akan membagikan format sekaligus aplikasinya yang sekiranya bisa bermanfaaat.

 

Untuk siswa kelas 6 SD, siswa kelas 9 SMP dan siswa kelas 12 SMA/SMK yang akan lulus di masa pandemi ini maka tentunya akan mendapatkan ijazah kelulusan dan sebelum menerimakan ijazah kelulusan maka biasanya sekolah terlebih dahulu akan memberikan surat keterangan lulus atau surat keterangan hasil ujian sementara sebagai bentuk keabsahan bahwa ssiswa tersebut benar-benar telah lulus dari sekolah.

 

SKHU atau Surat Keterangan Hasil Ujian merupakan dokumen surat keterangan yang dikeluarkan oleh pihak sekolah yang berisi nilai hasil ujian sekolah. SKHU ini diterbitkan oleh sekolah sebelum ijazah diterbitkan. Mengingat Proses penerbitan ijazah oleh sekolah cukup lama, maka untuk mengakomodir kelengkapan dokumen yang dibutuhkan siswa untuk mendaftar pada jenjang lebih tinggi, sekolah mengeluarkan surat keterangan yang kita kenal dengan nama SKHU Sementara.

 

Meskipun saat ini ujian nasional telah ditiadakan namun sekolah masih tetap mengadakan ujian sekolah yang nantinya nilai untuk menentukan kelulusan siswa ialah nilai rata-rata rapor dari semester awal hingga semester akhir dan nilai dari ujian sekolah. Nah nilai inilah yang nantinya akan dimasukkan kedalam SKHU dan di bagikan kepada setiap siswa yang dinyatakan lulus.

 

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah aplikasi yang dapat memudahkan para guru dalam menginput dan memasukkan nilai kedalam SKHU siswa. Aplikasi yang akan saya bagikan ini ialah aplikasi pengolah nilai SKHU yang mana dengan menggunakan aplikasi ini maka akan memudahkan para guru dalam melakukan cetak SKHU.

 

Aplikasi SKHU ini dapat digunakan baik untuk sekolah jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK dan cara menggunakanya pun sangat mudah sebab di sajikan dalam bentuk exel. Jika anda membutuhkan sebuah aplikasi pengolah nilai SKHU yang dapat memudahkan pekerjaan anda maka anda bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi yang akan saya bagikan ini. Aplikasi ini telah di sesuaikan dengan format masa pandemi seperti sekarang ini.

 

Di dalam aplikasi SKHU masa pandemi tahun 2021 ini ada 3 jenis format yang bisa anda dapatkan diantaranya ialah sebagai berikut :

1. Surat keterangan validasi nomor induk siswa nasional (NISN)

2. Surat keterangan berkelakuan baik dari sekolah

3. Surat keterangan kelulusan versi masa pandemi

4. Surat keterangan hasil ujian semestera (SKHU) masa pendemi

 

Nah, sebelum saya membagikan aplikasi SKHU semestera masa pandemi tahun 2021 ini, maka berikut ini panduan langkah-langkah untuk menjalankan aplikasinya :

-       Download aplikasinya terlebih dahulu

-       Ekstrak file tersebut kemudian buka file APLIKASI SKHUS tahun 2021

-       Aktifkan Enable this macro ketika anda menjumpai security warning

-       Silahkan entri data sekolah dan kriteria kelulusan

-       Silahkan isi biodata siswa

-       Silahkan isi nilai rapor semeter 1 hingga semester 6

-       Silahkan isi nilai ujian sekolah

-       Setelah selesai melakukan pengentrian data, silahkan lakukan penyimpanan.

-       Untuk cetak SKHU, Pengumuman Kelulusan, Surat Keterangan Berkelakuan baik dan Surat Keterangan Validasi NISN, anda dapat cetak melalui menu yang telah disediakan di dalam aplikasi.

-       Selamat mencoba.

 

Berikut ini aplikasi pengolah nilai SKHU Sementara Versi masa pendemi di bawah ini:


  • Aplikasi SKHU Masa Pandemi (DISINI)
 

Demikianlah informasi yang bisa saya bagikan mengenai aplikasi SKHU sementara di masa pandemi, semoga anda yang membutuhkannya bisa menggunakannya dengan baik dan senantiasa bisa bermanfaat buat kebutuhan sekolah maupun untuk keperluan siswa yang akan lulus di tahun ini.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel