-->

Cara Memperbaiki NIK & Identitas PTK di Verval PTK Tahun 2021

Kherysuryawan.id - Cara Memperbaiki Residu (NIK & Identitas PTK) di VervalPTK New 2021.

Sahabat Pendidikan, pada postingan kali ini saya akan membahas sekaligus akan memberikan tutorial seputar data guru dan tenaga kependidikan (GTK) yang terdapat di laman verval PTK. Seperti kita ketahui bahwa laman verval PTK merupakan sebuah akses untuk operator dapodik sekolah jika akan melakukan perbaikan data identitas guru dan tenaga kependidikan yang mengalami masalah.

 

Saat ini data pendidik dan juga data tenaga kependidikan khususnya mengenai nomor induk kependudukan (NIK) banyak yang sedang mengalami masalah dimana data identitas GTK masuk di menu residu pada kevalidan data di dukcapil.

Mengapa hal itu bisa terjadi ???

Jika sebelumnya data NIK dan identitas lainnya pada setiap guru dan juga tenaga kependiaikan tidak mengalami masalah atau tidak masuk dalam daftar residu itu adalah hal yang wajar saja sebab sebelumnya data NIK di dapodik masih belum sinkron dengan data dukcapil dan saat ini ketika ada data yang bermasalah maka hal itu dikarenakan pada data NIK PTK sudah di padankan antara data yang ada di dapodik dengan data yang ada di dukcapil.

 

Jika kita perhatikan baik-baik pada laman verval PTK maka disana kita bisa melihat Dimana NIK di dalam VervalPTK ada dua indikator hasil validasi, yaitu validasi dengan indikator Tanda Silang atau Tanda Centang. Pada hasil yang menunjukkan tanda centang maka itu artinya data PTK tidak mengalami masalah antara data yang ada di verval PTK dengan data yang ada di dukcapil. Sedangkan jika validasi di tandai dengan tanda silang merah maka itu artinya ada data NIK yang tidak sesuai antara data yang ada di verval PTK dengan yang ada di dukcapil.

 

Tanda silang merah pada validasi verval PTK di sebabkan oleh beberapa hal dan tentunya ada hubungannya dengan data identitas PTK. Data atau identitas yang bermasalah di verval PTK bisa saja di sebabkan karena :

1.   Jenis Kelamin tidak sesuai dengan data Dukcapil

2.   Tanggal Lahir tidak sesuai dengan data Dukcapil

3.   Nama Ibu Kandung tidak sesuai dengan data Dukcapil

4.   Nama tidak sesuai dengan data Dukcapil

5.   NIK tidak sesuai dengan data Dukcapil

6.   NIK Tidak Ditemukan

7.   Dan lainnya (tergantung masalah masing-masing PTK)

 

Intinya silang merah pada validasi yang terdapat pada verval PTK ialah di sebabkan karena ada data atau identitas PTK yang tidak sesuai antara yang di verval PTK dengan yang ada di dukcapil dan jika anda mengalami masalah tersebut maka jalan satu-satunya adalah melakukan perbaikan data atau identitas yang salah agar bisa menjadi sesuai dengan data yang sebenarnya.

 

Dibanyak kasus yang sering dialami oleh para PTK dengan adanya tanda silang merah pada verval PTK yaitu di sebabkan oleh data NIK PTK yang tidak sesuai dengan data dukcapil. Perlu di ketahui bahwa JIka NIK data PTK tidak sesuai dengan database Dukcapil, maka data PTK tersebut akan masuk ke dalam Residu dengan indikator validasi Tanda Silang "x". Tetapi apabila NIK tersebut sesuai dengan data Dukcapil, maka indikator validasi data PTK bertanda centang.

 

Lantas bagaimana cara untuk mengatasi masalah NIK tidak sesuai dengan data dukcapil atau cara untuk Memperbaiki Residu (NIK & Identitas PTK) di VervalPTK ????

Melalui postingan ini saya akan memberikan penjelasan tentang bagaimana cara mudah untuk bisa mengatasi masalah residu di verval PTK yang mengakibatkan munculnya tanda silang merah pada validasi data PTK di verval PTK.

 

Sebelum saya memberikan informasi dan penjelasan mengenai cara memperbaiki NIK dan identitas GTK di vervalPTK maka anda harus menyiapkan beberapa data penting pendukung berikut ini :

-          Kartu Tanda Penduduk (KTP)

-          Kartu Keluarga (KK)

-          Akte Kelahiran


Baiklah berikut ini solusi yang bisa anda lakukan jika anda mengalami masalah NIK dan identitas PTK yang tidak sesuai dengan data DUKCAPIL:

1.   Silahkan anda masuk ke laman vervalPTK melalui alamat berikut : http://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/

2.   Untuk login gunakan akun operator dapodik yang sudah di daftarkan di SDM data kemdikbud

3.   Setelah berhasil login, silahkan klik menu “Perbaikan Identitas”



4.   Selanjutnya akan dimunculkan seluruh data PTK ,baik data PTK yang bermasalah maupun data yang tidak bermasalah

5.   Kemudian filter data PTK pada kolom “Valid Dukcapil” dan pilih “Residu”,



6.   Maka akan keluar seluruh data PTK yang bermasalah yang masuk ke dalam Residu PTK dan terlihat tanda silang merah

7.   Untuk memperbaiki data yang ada di residu, maka silahkan klik tombol “Perbaikan”



8.   Selanjutnya akan tampil data perbaikan seperti tampak pada gambar di bawah ini



9.   Silahkan Isikan data perbaikannya sesuai yang ada pada bukti fisik (KTP, KK, atau Akte)

10.   Kemudian silahkan unggah bukti pengajuan perbaikan data dalam bentuk file (.jpg). (JIka di perlukan)

11.   Terakhir klik “Perbaikan Data”

12.   Selama menunngu hasil perbaikan data maka anda bisa melakukan pemantauan pada menu “Status Perbaikan”

13.   Selesai.

 

Demikianlah penjelasan mengenai cara untuk melakukan perbaikan data NIK dan identitas PTK yang bermasalah di vervalPTK, semoga melalui informasi ini maka anda yang mengalami kasus ini bisa mendapatkan solusinya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel