-->

Rangkuman Materi IPS Kelas 8 BAB 4 Semester 2

Kherysuryawan.id – Materi, Rangkuman dan soal latihan IPS Terpadu kelas 8 SMP khususnya pada BAB 4 semester 2.

Sahabat Pendidikan, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi seputar materi yang akan di pelajari pada BAB 4 mata pelajaran IPS kelas 8 semester 2, selain materi pelajaran yang akan saya bagikan saya juga akan memberikan rangkuman materi dan soal latihan yang bisa anda gunakan sebagai behan pembelajaran.

 


Siswa-siswi SMP yang membutuhkan materi, rangkuman serta soal latihan untuk mapel IPS khususnya pada BAB 4 kelas 8 Semester 2, maka di postingan ini anda bisa melihatnya secara lengkap selain itu soal latihan yang disajikan disini terdiri dari soal pilihan ganda dan juga soal uraian. Untuk soal pilihan ganda ada 10 nomor sedangkan soal uraian ada 5 nomor sehingga total soal yang ada berjumlah 15 nomor.

 

Seluruh soal latihan yang ada pada postingan ini sudah di berikan lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasannya, namun jika dirasa masih ada kunci jawaban yang keliru atau kurang tepat maka mohon dilakukan perbaikan dan koreksi sehingga bisa memberikan hasil jawaban yang lebih tepat. Materi, rangkuman dan Soal latihan yang akan saya bagikan disini sengaja di berikan untuk bisa membantu para siswa yang akan belajar khususnya pada mapel IPS kelas 8 BAB 4 semester 2.

 

Adapun materi rangkuman dan soal latihan IPS kelas 8 BAB 4 semester 2 ini di ambil dari sumber buku IPS kurikulum 2013 kelas 8 edisi revisi terbaru.

Baiklah berikut ini isi materi yang akan di pelajari pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas 8 BAB 4 semester 2 :

 

BAB IV
PERUBAHAN MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA PENJAJAHAN DAN TUMBUHNYA SEMANGAT KEBANGSAAN
A. Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia
1. Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat
2. Kedatangan Bangsa-Bangsa Barat ke Indonesia
B. Kondisi Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan
1. Pengaruh Monopoli dalam Perdagangan
2. Pengaruh Kebijakan Kerja Paksa
3. Pengaruh Sistem Sewa Tanah
4. Pengaruh Sistem Tanam Paksa
5. Perlawanan Terhadap Kolonialisme dan Imperialisme
C. Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan
1. Latar Belakang Munculnya Nasionalisme Indonesia.
2. Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia
3. Pergerakan Nasional pada Masa Pendudukan Jepang

4. Perubahan Masyarakat Indonesia pada Masa Penjajahan


Untuk rangkuman materi IPS kelas 8 BAB 4 maka berikut ini isi rangkuman materinya :

 

Kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia telah menyebabkan kolonialisme dan imperialisme. Hidup dalam penjajahan menyebabkan penderitaan rakyat dalam berbagai bidang. Perubahan yang terjadi pada masa kolonial lebih banyak merugikan bangsa Indonesia. Pemerintah kolonial tidak memiliki perhatian serius untuk memajukan negeri jajahan. Bangsa Indonesia mencintai perdamaian, tetapi bangsa Indonesia lebih mencintai kemerdekaan. Kesewenang-wenangan penjajah mendorong bangsa Indonesia melawan.

 

Perjuangan untuk melepaskan diri dari penjajahan memerlukan pengorbanan yang sangat besar. Satu-demi satu perlawanan di berbagai daerah dapat dipatahkan penjajah. Memasuki abad XIX, bangsa Indonesia sadar bahwa salah satu kelemahan perjuangan selama ini adalah berjuang sendiri-sendiri, lebih mengandalkan satu pemimpin. Pada tahun 1928, secara tegas bangsa Indonesia mengikatkan diri dalam perjuangan nasional melalui ikrar Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Usaha bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan tercapai dengan diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

 

Sejak saat itulah bangsa Indonesia hidup dalam kemerdekaan hingga saat ini. Sepatutnya kalian terus berjuang mempertahankan kemerdekaan dan mengisi pembangunan untuk mencapai kejayaan bangsa dan negara. Pada masa penjajahan Jepang dan Belanda, masyarakat Indonesia mengalami banyak perubahan terutama dalam aspek geografis, pendidikan, ekonomi, dan politik.

 

Setelah membaca materi dan rangkuman diatas, maka kini saatnya anda mempelajari soal-soal latihan yang telah saya siapkan di bawah ini lengkap dengan kunci jawaban serta pembahasannya.

Berikut ini soal latihan IPS Terpadu kelas 8 BAB 4 semester 2 :

 

SOAL PILIHAN GANDA

1. Tanah adalah milik negara, maka rakyat harus menyewa tanah kepada negara. Hal inilah yang melatarbelakangi sistem sewa tanah pada masa pemerintahan . . . .

a. Daendels

b. Raflles

c. Janssen

d. Lord Minto

KUNCI JAWABAN : B

 

2. Pelaksanaan Tanam Paksa telah menghancurkan perekonomian Indonesia dan merupakan beban yang berat karena . . . .

a. rakyat dipaksa menyerahkan 1/5 tanah pertanian pada Belanda

b. rakyat tidak punya waktu lagi mengerjakan tanah pertaniannya untuk memenuhi kebutuhannya sendiri

c. dalam praktiknya tanah yang harus ditanami tanaman industri hampir 2/3 dari tanah yang terbaik

d. selain menanami 1/5 tanaman, wajib juga harus menyerahkan 1/5 dari hari kerjanya

KUNCI JAWABAN : B

 

3. Pelaksanaan Politik Etis yang paling dirasakan dalam pergerakan nasional bangsa Indonesia adalah . . .

a. pendidikan dengan munculnya golongan terpelajar

b. irigasi telah memajukan pertanian khususnya di Jawa

c. perpindahan penduduk telah mengangkat kesejahteraan kaum miskin

d. kemajuan ekonomi akibat politik kolonial liberal

KUNCI JAWABAN : A

 

4. Perlawanan rakyat di berbagai daerah seperti Perang Padri, Perang Diponegoro, Perang Banjar, dan sebagainya pada masa penjajahan gagal mengusir penjajah dari Indonesia. Berikut yang merupakan penyebab kegagalan perjuangan pada masa tersebut yaitu . . . .

a. tujuan tidak jelas, bersifat kedaerahan, kalah persenjataan

b. tergantung pada satu pemimpin, mengandalkan kekuatan fisik, bersifat kedaerahan

c. kalah persenjataan, pemimpin tidak berpendidikan tinggi, semangat perjuangan lemah

d. tidak memiliki komandan perang yang baik, tergantung pada satu pemimpin, kalah persenjataan

KUNCI JAWABAN : A

 

5. Berikut ini yang bukan karakteristik perjuangan bangsa Indonesia sebelum abad XX, adalah . . . .

a. tidak tergantung pada satu pemimpin

b. menggunakan persenjataan tradisional

c. bersifat lokal, kedaerahan

d. kurang menggunakan siasat perjuangan diplomasi

KUNCI JAWABAN : D

 

6. Serikat Islam asal mulanya adalah dari Serikat Dagang Islam, yang didirikan oleh pedagang Batik di Solo yang bernama . . . .

a. Haji Samanhudi

b. Haji Misbach

c. KH Ahmad Dahlan

d. KH Hasyim Asyari

KUNCI JAWABAN : A

 

7. Perhatikan beberapa putusan di bawah ini.

1) Menetapkan Pancasila.

2) Ikrar Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928.

3) Menetapkan presiden dan wakil presiden.

4) Menetapkan lagu Indonesia Raya ciptaan WR Supratman sebagai lagu kebangsaan.

5) Menetapkan bendera merah putih sebagai lambang negara Indonesia.

Yang termasuk putusan Kongres Sumpah Pemuda adalah . . . .

a. 1, 2, dan 3

b. 2, 3, dan 4

c. 2, 3, dan 5

d. 2, 4, dan 5

KUNCI JAWABAN : D

 

8. Perjuangan Kemerdekaan Indonesia ditandai dengan era kebangkitan nasional.

Kebangkitan nasional yang dimaksud adalah . . . .

a. dinyanyikannya lagu Indonesia Raya oleh para pemuda

b. kesadaran untuk membentuk pergerakan nasional

c. munculnya organisasi kedaerahan

d. perang melawan penjajah

KUNCI JAWABAN : B

 

9. Pengerahan tenaga rakyat yang sangat menyengsarakan yang dilakukan pemerintah pendudukan Jepang disebut . . . .

a. sekerei

b. oshamu seirei

c. romusha

d. rodi

KUNCI JAWABAN : C

 

10. Karena Gerakan 3A tidak mendapatkan hasil seperti yang diharapkan, sebagai gantinya pemerintah pendudukan Jepang mendirikan . . . .

a. Keibodan

b. PETA

c. PUTERA

d. Jawa Hokokai

KUNCI JAWABAN : C

 


SOAL URAIAN

1. Jelaskan bagaimana penderitaan bangsa Indonesia akibat penjajahan pada masa VOC!

PEMBAHASAN :

-       Masyarakat Indonesia banyak mendapatkan perlakuan yang tidak manusiawi dengan berbagai macam bentuk tindak kekerasan yang dilakukan oleh VOC.

-       Masyarakat Indonesia pada saat itu hanya diperbolehkan menjual bahan rempah-rempah kepada pihak VOC dengan harga murah, sehingga membuat penduduk menjadi miskin dan kelaparan.

-       VOC dengan sengaja melakukan politik devide et impera yaitu politik adu domba kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia pada masa itu sehingga membuat saling perang antar saudara se-Indonesia.

-        

2. Faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi Belanda menerapkan sistem Tanam Paksa di Indonesia?

PEMBAHASAN :

Faktor-faktor yang melatarbelakangi Belanda menerapkan sistem Tanam Paksa di Indonesia antara lain :

-       Belanda menghabiskan banyak uang dalam peperangan menghadapi Diponegoro, sehingga menyebabkan banyak kerugian yang berpengaruh besar terhadap kas negara belanda pada saat itu.

-       Kas belanda pada saat itu mengalami kekosongan sehingga membutuhkan banyak uang untuk membayar hutang-hutangnya dan mengisi kekosongan kas tersebut

 

3. Bagaimanakah manfaat Sumpah Pemuda bagi kehidupan bangsa dan bernegara saat ini?

PEMBAHASAN :

Manfaat dari sumpah pemuda bagi masyarakat indonesia adalah menumbuhkan rasa kerja keras serta rajin bekerja, semangat untuk gotong royong dalam membangun suatu kebersamaan sebagai bangsa Indonesia. Sumpah pemuda yang lahir tanggal 28 Oktober 1928 itu, saat ini telah menciptakan masyarakat Indonesia yang beragam dan hidup saling berdampingan satu sama lain.

 

4. Bagaimanakan sikap kaum pergerakan terhadap penjajahan yang dilakukan Jepang?

PEMBAHASAN :

Para kaum pergerakan sangat marah atas segala tindakan kesewenang-wenangan yang dilakukan oleh Jepang. Oleh karena itu, para kaum pergerakan tidak tinggal diam dan malah memanfaatkan keadaan tersebut untuk meningkatkan rasa nasionalisme Indonesia. Mereka kemudian mengadakan berbagai pertemuan rahasia untuk mengusir penjajah jepang.

 

5. Bagaimanakah sikap kalian sebagai pemuda memaknai kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pejuang?

PEMBAHASAN :

-       Ikut bangga dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan lomba-lomba atau acara saat hari kemerdekaan.

-       Meneruskan semangat juang para pahlawan kemerdekaan dengan menghasilkan karya-karya berprestasi.

-       Menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia yang telah dibangun sejak dahulu.

 

Demikianlah isi dari rangkuman serta soal latihan IPS Terpadu kelas 8 BAB 4 semester 2 yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi para siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel