-->

Cara Tambah Logo Pada Hasil Cetak eRapor SD, SMP, SMA/SMK

Kherysuryawan.id – langkah-langkah menambahkan/memasukkan logo sekolah atau logo gambar Tut Wuri Handayani kedalam hasil cetakkan erapor.

Sahabat pendidikan, seperti kita ketahui bahwa saat ini hamper semua sekolah telah menggunakan aplikasi erapor dari kemendikbud mulai dari sekolah jenjang SD, sekolah jenjang SMP, sekolah jenjang SMA hingga sekolah jenjang SMK.

 

Aplikasi erapor keluaran kemendikbud memang sangat membantu sekolah dalam melakukan penginputan nilai bahkan memudahkan dalam melakukan print rapor siswa sebab di dalam aplikasi erapor selain dapat memudahkan dalam melakukan input nilai juga dapat langsung melakukan cetak hasil rapor siswa.

 

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara untuk bisa menambahkan logo ataupun gambar pada hasil cetakkan rapor sehingga tampilan rapor yang telah di cetak bisa terlihat lebih indah dan memiliki sedikit perbedaan dari hasil cetak rapor pada umumnya. Postingan ini sengaja saya buat agar sekiranya bagi sekolah yang akan menerapkan cara untuk menambahkan logo atau gambar ke dalam hasil cetakkan erapor maka bisa memanfaatkan artikel ini sebagai bahan referensi.

 

Dalam menggunakan aplikasi erapor Banyak guru dan wali kelas mengeluhkan bagaimana cara menambahkan logo sekolah pada lembar eRapor yang akan dicetak pada selembar kertas. Memang hal tersebiut wajar saja menjadi sebuah keluhan sebab di dalam Aplikasi eRapor yang dirilis oleh Kemdikbud tidak menyediakan fitur watermark guna memasang atau menambahkan logo sekolah. Padahal di lain pihak, sekolah ingin memberikan sentuhan ciri khusus sekolahnya pada lembar eRapor tersebut.

 

Seperti kita ketahui bahwa saat guru atau wali kelas akan melakukan cetak hasil rapor yang ada di dalam aplikasi erapor maka hasil yang akan di cetak harus di download terlebih dahulu dan hasil download filenya yaitu berbentuk PDF. Dengan file rapor dalam bentuk PDF maka nantinya kita bisa memasukkan logo sekolah ataupun gambar lain sesuai keinginan kita untuk dimasukkan kedalam file rapor siswa yang akan di cetak.

 

Sebenarnya cara untuk memasukkan logo sekolah atau gambar tertentu kedalam kertas hasil cetakkan rapor dalam format PDF sangat mudah sekali untuk di lakukan dan tentunya jika kita bisa mempelajarinya maka cara untuk memasukkan logo sekolah atau gambar tertentu kedalam hasil cetakkan erapor akan sangat mudah untuk di lakukan oleh siapapun.

 

Dengan menggunakan watermark yaitu dengan memasukkan gambar berupa logo sekolah ke dalam hasil cetakkan erapor maka secara otomatis logo yang kita pasang akan tercetak pada saat kita melakukan printout eRapor. Tentunya hal Ini jauh lebih efisien dalam hal waktu dan biaya daripada kita harus menyiapkan lembar kertas yang telah diberi logo sekolah yang dipesan dari percetakan yang tentunya tidak lah gratis sebab mau tak mau harus di beli.

 

Melalui artikel ini saya akan memberikan solusi gratis tentang bagaimana cara untuk bisa menambahkan atau memasukkan logo sekolah atau gambar lain kedalam hasil cetakkan rapor pada aplikasi erapor sekolah yang dapat di printout langsung oleh pihak sekolah tanpa harus melakukan pemesanan kertas berlogo.

 

Karena file hasil download erapor adalah dalam bentuk PDF maka untuk bisa menambahkan atau memasukkan logo sekolah kedalam file rapor maka kita membutuhkan sebuah aplikasi pdf yang akan di gunakan untuk menambahkan watermark dalam bentuk logo sekolah atau gambar tertentu kedalam hasil cetakkan erapor. Adapun aplikasi pdf yang akan kita gunakan disini ialah PDF NITRO.

 

Bagi anda yang belum memiliki aplikasi pdf Nitro di laptop yang anda gunakan untuk melakukan cetak erapor maka silahkan terlebih dahulu anda mendownload aplikasi pdf Nitro terlebih dahulu agar nantinya anda bisa dengan mudah memasang atau memasukkan logo sekolah kedalam hasil cetakkan erapor menggunakan pdf nitro.

 

Sebagai contoh disini saya akan mencoba untuk memasukkan gambar atau logo tut wuri handayani  kedalam setiap lembaran hasil cetakan rapor siswa. Untuk anda yangf ingin mengetahui bagaimana caranya maka silahkan anda simak langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Pertama silahkan siapkan format gambar/logo sekolah atau gambar lain sesuai kebutuhan anda masing-masing yang akan di masukkan kedalam hasil cetakkan erapor( sebagai contoh saya akan memasukkan gambar Tut wuri handayani)

2. Silahkan masuk ke dalam aplikasi erapor dan download file rapor yang akan di cetak ( usahakan download seluruh file dalam 1 kelas, agar memudahkan dalam menambahkan logo nantinya)

3. Buka file erapor hasil download dan silahkan buka menggunakan pdf nitro

4. Selanjutnya pilih menu “Edit” dan pilih “watermark”



5. Selanjutnya pada watermark pilih “manage watermarks & backgrounds”



6. Pilih “new profil” dan pada menu “ADD” pilih “image”



7. Klik “browse” dan pilih logo yang akan di masukkan

8. Pada “Size” pilih ukuran gambar yang akan di tampilkan di kertas ( sesuai selera)

9. Pada menu “layout” terpakan berikut ini :

·       Horizontal = pilih “from center “ ( tujuannya agar gambar/logo berada di tengah kertas)

·       Vertical  = pilih “from center “ ( tujuannya agar gambar/logo berada di tengah kertas)

·       Opacity = pilih ukuran transparan sesuai keinginan ( semakin kecil ukuran yang di pilih, maka keterlihatan gambar/logo semakin berkurang)



10. Pada menu Page “apply on” pilih “all page” agar logo/gambar di terapkan kesemua kertas

11. Selanjutnya klik “save”

12. Kemudian klik “Apply”



13. Selesai.

14. Silahkan print dan lihat hasilnya.

 

Berikut ini contoh tampilan hasil cetak erapor yang telah di tambahkan logo atau gambar Tut Wuri handayani di setiap lembaran rapor :



 

Demikianlah informasi mengenai langkah-langkah dalam melakukan penambahan logo atau gambar kedalam hasil cetakkan erapor sekolah, semoga bagi anda yang ingin mencoba cara ini dan akan menerapkannnya kedalam hasil cetakkan erapor siswa anda maka silahkan anda coba sesuai tutorial yang telah saya jelaskan di atas.

Sekian dan Semoga Bermanfaat. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel