Pedoman Akreditasi Sekolah dan Madrasah Tahun 2021

Kherysuryawan.id – Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan SMK Tahun 2021/2022.

Sahabat Pendidikan, pada postingan kali ini saya akan membagikan buku pedoman atau panduan dalam melakukan akreditasi bagi sekolah SD, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK. Dengan membaca buku pedoman akreditasi maka bagi yang sekolahnya akan di akreditasi dapat memperoleh informasi penting dalam kesiapan menghadapi akreditasi sekolah.

 


Perlu di ketahui bahwa buku Pedoman akreditasi ini disusun sebagai manifestasi fungsi dan tanggung jawab BANS/M dalam melaksanakan program akreditasi sekolah/madrasah. Pedoman ini memuat garis-garis besar kebijakan BAN-S/M dalam pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah tahun 2021 yang dalam implementasinya akan dituangkan dalam Panduan sebagai rambu-rambu dalam pelaksanaan program akreditasi sekolah/madrasah.

 

Mengingat sampai saat ini Indonesia masih menghadapi situasi masa pendemi maka Pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah tahun 2021 lebih banyak dilaksanakan secara daring (online) mengingat situasi Pandemi yang belum mereda, dan dalam rangka mematuhi kebijakan pemerintah terkait wabah COVID-19, yakni dengan meniadakan pertemuan yang melibatkan banyak orang secara langsung.

 

Bagi sekolah yang akan melakukan akreditasi di tahun 2021 ini, maka melalui buku Pedoman ini diharapkan bisa menjadi acuan bagi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah di tahun 2021. Dengan membaca dan memahami pedoman pelaksanaan akreditasi ini maka diharapkan sekolah yang akan di akreditasi dapat bersiap untuk mengikuti pelaksanaan akreditasi meskipun harus dilakukan secara daring.

 

Sebagai informasi dasar tentang panduan akreditasi tahun 2021 bagi sekolah dan madrasah bahwa didalam file pedoman akreditasi tahun 2021 ini terdapat begitu banyak pembahasan yang akan diulas didalamnya seputar pelaksanaan akreditasi tahun 2021. Adapun jenis materi yang bisa di peroleh dari buku pedoman akreditasi tahun 2021 ini yaitu diantaranya sebagai berikut :

1. PENDAHULUAN

A. Pengertian Akreditasi

B. Landasan Hukum Akreditasi

C. Tujuan Akreditasi

D. Manfaat Hasil Akreditasi

E. Fungsi Akreditasi

 

2. SISTEM AKREDITASI 2021

A. Sistem Akreditasi Sekolah/Madrasah

B. Alur Mekanisme Sistem Pemantauan Dasbor

C. Alur Mekanisme Proses Akreditasi Sekolah/Madrasah

D. Tindak lanjut Hasil Akreditasi

1. Rekomendasi Tindak Lanjut

2. Implementasi Hasil Rekomendasi

E. Surveilans

1. Latar Belakang

2. Tujuan

3. Jenis, Bentuk Kegiatan, dan Ruang Lingkup

4. Objek Surveilans

5. Mekanisme Surveilans

6. Pelaksanaan Surveilans

7. Kriteria Pengambilan Keputusan

 

3. MANAJEMEN AKREDITASI

A. Prinsip Pelaksanan Akreditasi

1. Objektif

2. Komprehensif

3. Adil

4. Transparan

5. Akuntabel

6. Profesional

B. Organisasi Penyelenggara Akreditasi

C. Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M)

D. Unit Pendukung Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M)

1. Divisi-Divisi

2. Komisi Etik

3. Tim Ahli

4. Tim Ad Hoc

E. Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Provinsi

F. Koordinator Pelaksana Akreditasi Sekolah/Madrasah (KPA-S/M)

G. Unit Pendukung BAN-S/M

1. Kepala Sekretariat BAN-S/M

2. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BAN-SM

3. Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP) BAN-S/M

4. Staf Sekretariat BAN-S/M

5. Organisasi Pendukung BAN-S/M Provinsi

H. Ketatalaksanaan Administrasi

I. Logo BAN-S/M

J. Sampul dokumen terbitan BAN-SM

K. Publikasi Umum BAN-S/M

L. Kop Surat, Kode Surat, dan Stempel

1. Kop Surat BAN-S/M dan BAN-S/M Provinsi.

2. Kode Surat BAN-S/M dan BAN-S/M Provinsi

3. Stempel

 

4. REKRUTMEN DAN PELATIHAN

A. Pengantar

B. Ruang Lingkup

C. Rekrutmen dan Seleksi Asesor

1. Tujuan

2. Alur Rekrutmen dan Seleksi

D. Penguatan dan Pelatihan

1. Penguatan Pelatih Asesor

2. Pelatihan Pelatih Asesor

3. Pelatihan Penguatan Asesor

4. Pelatihan Asesor Baru

5. Penguatan Asesor SPK

 

5. NORMA, KODE ETIK DAN SANKSI

A. Pengantar

B. Norma Pelaksanaan Akreditasi

1. Kejujuran

2. Mandiri

3. Profesionalisme

4. Keadilan

5. Kesejajaran

6. Keterbukaan

7. Tanggung jawab

8. Menjaga kerahasiaan

C. Kode Etik Pelaksanaan Akreditasi

1. Kode Etik BAN-S/M Provinsi dan KPA

2. Kode Etik Asesor

3. Kode Etik Sekolah/Madrasah

D. Sanksi Pelanggaran Kode Etik

1. Sanksi kepada BAN-S/M provinsi dan KPA

2. Sanksi kepada Asesor

3. Sanksi kepada Sekolah/Madrasah

 

6. PELAPORAN

A. Pelaporan Penggunaan Anggaran Akreditasi

1. Jenis Laporan

B. Pelaporan Pelaksanaan Program Akreditasi

1. Sistematika Laporan

2. Penjelasan Isi Laporan

 

Dalam pelaksanaan akreditasi Kelayakan satuan pendidikan mengacu pada standar nasional pendidikan, karena standar nasional pendidikan merupakan kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Adapun yang menjadi dasar penilaian dalam akreditasi pada satuan Pendidikan sekolah/madrasah yaitu meliputi :

(1) standar isi;

(2) standar proses;

(3) standar kompetensi lulusan;

(4) standar pendidik dan tenaga kependidikan;

(5) standar sarana dan prasarana;

(6) standar pengelolaan;

(7) standar pembiayaan; dan

(8) standar penilaian Pendidikan

 

Kegiatan Akreditasi diharapkan menjadi pendorong dan dapat menciptakan suasana kondusif bagi perkembangan pendidikan serta memberikan arahan dalam melakukan penjaminan mutu sekolah/madrasah yang berkelanjutan, guna mencapai mutu yang diharapkan.

 

Secara spesifik, Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah ini dimaksudkan sebagai:

1. acuan BAN-S/M dan BAN-S/M Provinsi serta asesor dalam pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah;

2. acuan sekolah/madrasah untuk menyiapkan diri dalam memenuhi ketentuan pelaksanaan akreditasi;

3. acuan dalam mengevaluasi program-program sekolah/madrasah untuk meningkatkan mutu pendidikan; dan

4. acuan dalam merencanakan, melaksanakan, evaluasi, dan tindak lanjut pelaksanaan program untuk meningkatkan mutu akreditasi.

 

Akreditasi sekolah/madrasah sangat penting untuk dilakukan bagi setiap satuan Pendidikan yang telah siap untuk mendapatkan kesempatan akreditasi.

Adapun tujuan dari akreditasi yaitu :

1. memberikan informasi tentang kelayakan sekolah/madrasah yang dilaksanakan;

2. memberikan pengakuan peringkat kelayakan;

3. memetakan mutu pendidikan mengacu pada standar nasional pendidikan; dan

4. memberikan pertanggungjawaban kepada pemangku kepentingan (stakeholder) sebagai bentuk akuntabilitas publik

 

Setelah sekolah/madrasah melakukan akreditasi, maka ada begitu banyak manfaat yang bisa di rasakan dalam pelaksanaan akreditasi bagi sekolah/madrasah. Adapun manfaatnya yaitu sebagai berikut :

1. acuan dalam upaya peningkatan mutu dan pengembangan sekolah/madrasah;

2. umpan balik dalam usaha pemberdayaan dan pengembangan kinerja warga sekolah/madrasah dalam rangka menerapkan visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, dan program sekolah/madrasah;

3. motivasi agar sekolah/madrasah terus meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap, terencana, dan kompetitif baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional bahkan regional dan internasional; dan

4. informasi dan rekomendasi Pemerintah, pemerintah daerah, yayasan/lembaga pendidikan, maupun komite sekolah/madrasah dalam rangka perbaikan mutu sekolah.

 

Selain mengetahui tujuan dan manfaat dari pelaksanaan akreditasi sekolah/madrasah maka perlu juga mengetahui fungsi dari akreditasi itu sendiri.

Akreditasi sekolah/madrasah memiliki fungsi sebagai berikut:

1. Pengetahuan, yaitu informasi bagi semua pihak tentang kelayakan sekolah/madrasah dilihat dari berbagai unsur terkait yang mengacu pada standar nasional pendidikan.

2. Akuntabilitas, yaitu bentuk pertanggungjawaban sekolah/madrasah kepada publik, apakah layanan yang dilakukan dan diberikan oleh sekolah/madrasah telah memenuhi harapan atau keinginan masyarakat.

3. Pembinaan dan pengembangan, yaitu dasar bagi sekolah/madrasah, pemerintah, dan masyarakat dalam upaya peningkatan atau pengembangan mutu sekolah/madrasah.

 

Bagi anda yang sekolahnya akan diakreditasi di tahun 2021 ini maka anda sangat disarankan untuk bisa membaca pedoman akreditasi sekolah/madrasah tahun 2021 ini agar bisa mengetahui pentingnya melaksanakan akreditasi bagi sekolah yang telah memenuhi persyaratan.

Melalui postingan ini saya akan membagikan file buku pedoman akreditasi bagi sekolah/madrasah tahun 2021.

 

Baiklah untuk anda yang ingin membaca dan memahami aturan pelaksanaan akreditasi bagi sekolah/madrasah tahun 2021, maka silahkan anda download filenya yang akan saya bagikan di bawah ini :


  • File Pedoman Akreditasi Sekolah/madrasah Tahun 2021 (DISINI)

Demikianlah informasi yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini mengenai pedoman akreditasi bagi sekolah/madrasah tahun 2021, semoga melalui postingan ini maka anda yang sekolahnya akan di akreditasi tahun 2021 ini bisa mempersiapkan segalanya dengan baik sehingga pada saat pelaksanaan akreditasi nantinya bisa berjalan dengan lancar dan juga bisa mendapatkan nilai yang memuaskan sesuai harapan.

Sekian, semoga Bermanfaat dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel