-->

2 Cara Registrasi Aplikasi Dapodik Versi 2022

Kherysuryawan.id – Cara registrasi dapodik versi 2022 secara online dan offline.

Sahabat Pendidikan, pada postingan kali ini saya akan membahas tentang aplikasi dapodik. Saat ini di tahun pelajaran 2021/2022 setiap sekolah sudah harus menggunakan aplikasi dapodik versi terbaru yakni aplikasi dapodik versi 2022.

 

Bagi para operator dapodik sekolah kini saatnya untuk kembali membuka lembaran baru dalam melaksanakan aktivitas pendataan pada aplikasi dapodik versi terbaru. Setelah beberapa hari di beri kesempatan untuk berlibur maka kini saatnya para OPS harus kembali beraktivitas demi mempertahankan jantung sekolah.

 

Sahabat Pendidikan, tidak semua operator dapodik sekolah telah memahami alur dan cara menggunakan aplikasi dapodik apalagi bagi mereka yang baru saja di pilih sebagai operator dapodik di sekolahnya maka tentunya masih harus banyak belajar tentang bagaimana mengoperasikan aplikasi dapodik dari awal hingga sampai tahapan sinkronisasi.

 

Sebagai tahapan awal sebelum menggunakan atau mengerjakan aplikasi dapodik maka para operator dapodik sudah harus menyiapkan segala keperluan yang menyangkut dengan kebutuhan dalam mengerjakan aplikasi dapodik. Selain itu mental dan fisik juga harus dipersiapkan dengan baik agar saat melakukan pengisian data di aplikasi dapodik maka semuanya bisa berjalan dengan baik.

 

Langkah awal dalam mengoperasikan aplikasi dapodik ialah melakukan download aplikasi dapodik dan selanjutnya menginstal aplikasi dapodik. Setelah para operator dapodik berhasil memasang atau menginstal aplikasi dapodik versi terbaru di laptop masing-masing maka tahapan selanjutnya yang tak kalah pentingnya ialah melakukan registrasi aplikasi dapodik.

 

Meskipun aplikasi dapodik telah terpasang dengan baik di dalam computer/laptop sekolah namun jika belum dilakukan registrasi maka aplikasi dapodik tersebut tidak dapat di fungsikan atau di operasikan sesuai kegunaannya. Oleh sebab itu melakukan registrasi dapodik sangat penting untuk di lakukan oleh para OPS sebelum bisa melakukan pengisian data di dalam dapodik.

 

Sebagai operator yang masih baru tentunya tahapan untuk melakukan registrasi dapodik masih belum dapat dipahami dengan baik, bahkan para operator dapodik yang sudah lama berkecimpung di dalamnya pun sering kali lupa tentang bagaimana cara untuk melakukan registrasi dapodik sebab dalam melakukan registrasi dapodik ada beberapa hal penting yang harus di siapkan dan di ketahui dan apabila registrasi dapodik tidak di lakukan dengan cara dan prosedur yang benar maka aplikasi dapodik tidak bisa digunakan.

 

Sebagai informasi bahwa melalui postingan ini saya akan memberikan penjelasan mengenai bagaimana cara mudah untuk melakukan registrasi aplikasi dapodik versi 2022, melalui kesempatan ini saya akan memberikan 2 cara dalam melakukan registrasi aplikasi dapodik versi terbaru yaitu bisa di lakukan dengan cara offline maupun bisa dilakukan dengan cara online.

 

Dari kedua cara yang akan saya jelaskan pada kesempatan ini tentunya masing-masing memiliki perbedaan dalam hal melakukan system registrasinya namun ketika sudah berhasil login maka pengoperasian dan fungsinya adalah sama. Anda boleh menggunakan salah satu dari kedua cara yang akan saya jelaskan pada postingan ini dan yang mana menurut anda baik dan mudah maka itulah yang dapat anda pilih sesuai keinginan masing-masing.

 

Baiklah berikut ini 2 cara registrasi aplikasi dapodik versi 2022 :

1. Cara registrasi aplikasi dapodik versi 2022 dengan cara offline

Cara ini dapat dilakukan tanpa harus terhubung dengan jaringan internet, hanya saja jika akan melakukan syncronisasi maka barulah harus terhubung keinternet. Jika anda akan melakukan registrasi dapodik dengan cara offline maka hal wajib yang harus anda lakukan ialah anda harus mendownload prefill dapodik terlebih dahulu.

Untuk melakukan registrasi aplikasi dapodik dengan cara offline langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

-          Pastikan aplikasi dapodik versi 2022 telah diinstal, jika belum mengetahui cara menginstalnya maka lihat penjelasannya (DISINI)

-          Silahkan terlebih dahulu download prefill dapodik dan simpan hasil downloadnya pada local disc C tepatnya pada folder “Prefill_dapodik”

-          Selanjutnya silahkan buka aplikasi dapodik versi 2022, dan akan tampil seperti pada gambar di bawah ini

Registrasi Dapodik - www.kherysuryawan.id


-          Pada kolom pertama silahkan pilih “OFFLINE”

-          Pada kolom kedua silahkan masukkan kode registrasi dapodik sekolah anda

-          Pada kolom ketiga masukkan username dapodik anda

-          Pada kolom keempat masukkan password dapodik anda

-          Selanjutnya klik menu “Registrasi”

-          Tunggu hingga proses berjalan, dan apabila telah berhasil di registrasi maka akan tampil notifikasi seperti tampak pada gambar di bawah inI, dan klik "OK"

Registrasi Dapodik - www.kherysuryawan.id


-          Selanjutnya untuk bisa masuk kedalam aplikasi dapodik maka silahkan masukkan username,password, pilih tahun pelajaran kemudian klik “MASUK” seperti tampak pada gambar di bawah ini

Registrasi Dapodik - www.kherysuryawan.id


-          Apabila telah berhasil masuk maka jangan lupa untuk melakukan pergantian password jika di perlukan.

-          Selesai, selamat mengerjakan dapodik.

 

2. Cara registrasi aplikasi dapodik versi 2022 dengan cara online

Cara ini dapat dilakukan dengan sangat simpel, sebab anda tidak perlu harus melakukan download prefill dapodik untuk bisa melakuka registrasi namun hal ini dapat dilakukan dengan catatan anda harus terhubung dengan jaringan internet.

Untuk melakukan registrasi aplikasi dapodik dengan cara online langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

-          Silahkan buka aplikasi dapodik versi 2022

Registrasi Dapodik - www.kherysuryawan.id


-          Pada kolom pertama silahkan pilih “ONLINE”

-          Pada kolom kedua silahkan masukkan kode registrasi dapodik sekolah anda

-          Pada kolom ketiga masukkan username dapodik anda

-          Pada kolom keempat masukkan password dapodik anda

-          Selanjutnya klik “MASUK”

-          Setelah berhasil masuk maka silahkan lakukan pengisian data sesuai kebutuhan.

-          Selesai.

 

Demikianlah informasi tentang tutorial cara melakukan registrasi aplikasi dapodik versi 2022 yang dapat dilakukan dengan menggunakan 2 cara, kiranya postingan ini bisa bermanfaat buat rekan-rekan operator dapodik yang baru akan melakukan registrasi aplikasi dapodik.

Selamat Mencoba, dan semoga Berhasil, Sekian dan Terimakasih.

Salam Satu Data.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel