-->

Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2022

Kherysuryawan.id – Langkah-langkah melakukan registrasi dan install aplikasi dapodik versi 2022.

Sahabat Pendidikan, bagaimana kabar anda hari ini??? Semoga anda yang sedang membaca postingan ini selalu dalam keadaan sehat dan senantiasa dapat menjalankan aktivitas keseharian dengan baik. Pada postingan kali ini saya akan membagikan tutorial tentang bagaimana cara untuk melakukan penginstalan aplikasi dapodik versi terbaru yaitu dapodik versi 2022 serta bagaimana cara melakukan registrasi aplikasi dapodik versi 2022 secara offline dan online.

 

Seperti kita ketahui bahwa Saat ini kita memasuki tahun ajaran baru yaitu tahun pelajaran 2021/2022 sehingga aplikasi dapodik yang digunakan saat ini pun merupakan aplikasi dapodik versi terbaru yakni dapodik versi 2022. Sebagai seorang operator dapodik sekolah maka dengan di rilisnya aplikasi dapodik versi terbaru saat ini maka aka nada pekerjaan baru lagi yang harus di lakukan yakni mulai dari melakukan install aplikasi dapodik, melakukan penginputan data dan melakukan penarikan data peserta didik baru kedalam aplikasi dapodik versi terbaru.

 

Tahapan awal atau langkah awal yang harus dilakukan oleh seorang operator dapodik sekolah dalam memasuki tahun ajaran baru ialah menyiapkan seluruh data peserta didik baru yang nantinya akan di jadikan sebagai dasar penarikan data dan penginputan data siswa baru kedalam aplikasi dapodik. Namun sebelum semuanya itu dilakukan ada tahapan yang lebih penting lagi yang harus di pahami oleh seorang OPS dalam menjalankan dan mengerjakan aplikasi dapodik yaitu melakukan install atau registrasi aplikasi dapodik.

 

Nah berbicara mengenai install aplikasi dapodik versi 2022, maka tentunya sebagai operator dapodik yang sudah berpengalaman mungkin sudah tidak asing lagi dengan cara ini namun bagi operator dapodik yang masih baru maka tentunya harus memahami prosedur yang benar tentang bagaimana cara untuk melakukan install aplikasi dapodik versi 2022 agar nantinya aplikasi dapat berjalan dengan baik dan tanpa kendala.

 

Pada postingan ini saya akan memberikan penjelasan mengenai cara menginstal aplikasi dapodik Versi 2022 yang merupakan aplikasi dapodik versi terbaru untuk tahun pelajaran 2021/2022. Bagi anda para operator dapodik yang masih baru yang belum mengetahui cara melakukan install aplikasi dapodik atau pun bagi operator dapodik lama yang mungkin sudah lupa tentang cara melakukan install aplikasi dapodik dan registrasi aplikasi dapodik, maka melalui artikel ini anda bisa mendapatkan penjelasannya.

 

Sebelum melakukan install aplikasi dapodik versi 2022, maka terlebih dahulu anda harus menyiapkan hal-hal berikut ini :

-          Spesifikasi komputer yang harus dimiliki untuk menggunakan Aplikasi Dapodik, yaitu:

a) prosesor Intel Core i3 atau yang setara;

b) memori standar 4GB DDR3;

c) hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD;

d) sistem operasi Windows 10;

e) aplikasi terpasang peramban web seperti google chrome atau mozilla firefox

-          Siapkan kode registrasi dan akun dapodik

-          Download aplikasi dapodik versi 2022, jika belum silahkan download (DISINI)

-          Download/generate prefill aplikasi dapodik, jika belum mengetahui caranya maka silahkan lihat (DISINI)

-          selanjutnya lakukan pengaturan waktu pada komputer. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan proses sinkronisasi dan tarik data berjalan lancar.

-          Nonaktifkan anti virus di laptop/computer yang akan di install aplikasi dapodik

 

Baiklah berikut ini langkah-langkah melakukan install aplikasi dapodik versi 2022.

1. Jika sebelumnya dilaptop anda telah terpasang aplikasi dapodik versi lama maka silahkan uninstall terlebih dahulu aplikasi dapodik lama.

2. Siapkan fail installer yang sudah diunduh sebelumnya. Sangat disarankan untuk menutup program lain yang masih terbuka sebelum melakukan instalasi.

3. Klik ganda fail installer dapodik, jika muncul peringatan keamanan, pilih Yes atau untuk komputer dengan sistem operasi Windows versi tertentu, klik Run Anyway. Selanjutnya akan ditampilkan jendela instalasi Dapodik. Klik lanjut.



4. Pada jendela perjanjian persetujuan pilih saya setuju dan klik lanjut.

5. Masuk ke jendela persiapan memasang Aplikasi Dapodik, klik “Pasang” untuk memulai proses instalasi aplikasi.

6. Proses instalasi Aplikasi Dapodik sedang berjalan. Tunggu hingga proses pemasangan ini selesai.



7. Untuk mengakhiri proses pemasangan Aplikasi Dapodik, klik “Selesai”.



8. Setelah selesai melakukan instalasi, pastikan untuk selalu membersihkan cache pada peramban web sebelum menggunakan Aplikasi Dapodik versi 2022.

9. Langkah selanjutnya setelah selesai menginstal aplikasi dapodik ialah melakukan Registrasi Dapodik, untuk mengetahui cara melakukan registrasi dapodik versi terbaru silahkan lihat selengkapnya (DISINI)

10. Selesai.

 

Demikianlah cara mudah untuk melakukan install aplikasi dapodik versi 2022. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat rekan-rekan operator yang membutuhkannya sehingga dapat melakukan instalisasi aplikasi dapodik secara benar.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel