√ Cara Download Prefill Dapodik Terbaru

Salam Satu Data !
Selamat berjumpa kembali di blog kherysuryawan.id
Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai permasalahan seputar aplikasi dapodik khususnya yang berhubungan dengan tugas sebagai operator dapodik sekolah.

Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa aplikasi dapodik baru saja di rilis yaitu aplikasi dapodik versi terbaru yang di beri nama aplikasi dapodikdasmen versi 2020.
Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 merupakan aplikasi dapodik yang di gunakan untuk pneginputan data pada tahun pelajaran 2019/2020.

Setiap memasuki tahun ajaran baru maka tentunya pihak kemendikbud yang dalam hal ini para pengembang aplikasi dapodikdasmen pusat selalu merilis aplikasi dapodik terbarunya dengan tujuan untuk memberikan pembaharuan dari aplikasi sebelumnya serta lebih meningkatkan performa aplikasi yang akan di gunakan sehingga para pengguna pun dapat menggunakannya dengan mudah.

Sebagai seorang operator sekolah tugas dalam melakukan penginputan data sekolah mulai dari data guru, data peserta didik, data sarana prasarana, dan data sekolah lainnya sudah merupakan tanggung jawab dan tugas yang harus dilakukan oleh seorang operator sekolah.
Apabila anda adalah seorang operator sekolah maka tentunya anda telah memahami bagaimana cara untuk melakukan penginstalan aplikasi dapodik serta mengetahui prosedur awal yang harus di lakukan sebelum menggunakan aplikasi dapodik.

Namun apabila anda merupakan pegawai baru yang baru saja di tugaskan sebagai operator sekolah maka tentunya anda harus benyak belajar dari berbagai sumber atau melalui buku panduan penggunaan dapodik agar anda dapat melakukan pengisian data di dapodik dengan benar.
Langkah awal sebelum melakukan penginputan data di aplikasi dapodik, maka anda harus dapat melakukan download aplikasi dapodik tersebut serta mendownload prefill dapodik sesuai dengan prefill sekolah anda masing-masing.

Setiap sekolah memiliki prefill aplikasi dapodik yang berbeda-beda yang artinya bahwa prefill dapodik setiap sekolah tidak sama sebab di dalm prefill dapodik tersebut tersimpan data-data terbaru yang di miliki oleh setiap sekolah ketika sekolah melakukan syncronisasi data dapodik.

Pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial mengenai cara mudah untuk melakukan download Prefill aplikasi dapodik sesuai dengan prefill sekolah anda masing-masing.
Bagi anda yang masih belum memahami tentang cara untuk melakukan download prefill aplikasi dapodik maka melalui postingan ini anda dapat mengetahui langkah-langkahnya.

Berikut ini langkah-langkah untuk mendownload prefill aplikasi dapodik versi terbaru sesuai dengan prefill sekolah anda masing-masing.

·       Langkah pertama silahkan anda kunjungi alamat link di bawah ini :
http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
·       Selanjutnya akan muncul seperti pada gambar di bawah ini, dan silahkan anda klik menu “UNDUHAN”

·       Kemudian klik tulisan “Data Prefill” untuk mengetahui dan memilih data prefill yang akan anda download



·       Selanjutnya akan muncul laman unduh prefill sesuai dengan nama-nama dari setiap provinsi yang ada di Indonesia



·       Silahkan anda pilih unduh prefill sesuai dengan nama provinsi tempat sekolah anda bernaung, dalam hal ini sebagai contoh jika anda tinggal di daerah provinsi DKI Jakarta maka silahkan anda klik “ Unduh Prefil Prov. D.K.I Jakarta “



·       Setelah itu akan tampil beberapa link unduhan prefill dan anda dapat memilih salah satu dari link tersebut.



·       Kemudian akan tampil seperti pada gambar di bawah ini, dan silahkan anda isi kolom username, password dan kode registrasi sesuai dengan data dapodik anda masing-masing dan apabila sudah mengisi ketiga kolom tersebut, maka lanjutkan dengan mengklik “Generate”



·       Selanjutnya silahkan anda klik tulisan “Download” seperti pada gambar di bawah ini



·       Setelah anda berhasil mendownload maka jangan lupa untuk menyimpan file prefill hasil download tersebut ke dalam drive C pada computer anda dan letakkan file tersebut ke dalam folder “Prefill_Dapodik” seperti pada gambar di bawah ini




Itulah langkah-langkah dalam melakukan download prefill dapodik baik menggunakan aplikasi dapodik versi apapun maka cara untuk melakukan unduh atau download prefill dapodik caranya adalah sama seperti yang telah saya jelaskan di atas.

Apabila anda telah mendownload aplikasi dapodik serta telah mendownload Prefill dapodik sesuai dengan prefill dapodik sekolah anda, maka anda akan berhasil dalam melakukan pemasangan aplikasi dapodik sehingga anda dapat mengerjakan aplikasi dapodik secara offline.

Demikianlah tutorial mengenai cara mudah dalam melakukan download Prefill aplikasi dapodik, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan sebagai seorang operator dapodik sekolah kiranya anda dapat melakukan tugas dengan baik, dan akhir kata saya ingin mengucapkan selamat menjalankan aktivitas dalam melakukan penginputan data sekolah ke dalam aplikasi dapodik versi terbaru.

0 Response to "√ Cara Download Prefill Dapodik Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel