Rangkuman Materi Seni Budaya Kelas 8 BAB 1 Menggambar Model Semester 1

Kherysuryawan.id – Ringkasan/rangkuman materi seni budaya kelas 8 SMP BAB 1 PENERAPAN RAGAM HIAS PADA BENDA KERAS yang dalam hal ini ialah membahas tentang MENGGAMBAR MODEL.

Sahabat Pendidikan, di kesempatan kali ini saya akan membantu para pendidik dan juga pelajar untuk bisa menyiapkan ringkasan materi pelajaran khususnya untuk mata pelajaran seni budaya kelas 8 SMP BAB 1 semester 1.

 


Seperti kita ketahui bahwa untuk guru dan siswa di sekolah yang akan mempelajari mata pelajaran seni budaya dikelas 8 SMP yaitu akan belajar dengan menggunakan buku paket kurikulum 2013 yang berupa buku guru dan buku siswa seni budaya kelas 8 edisi revisi terbaru. Pada pembelajaran kurikulum 2013 saat ini hampir semua sekolah sudah memiliki buku paket pelajaran yang telah disiapkan oleh masing-masing sekolah.

 

Memang buku paket pelajaran akan sangat membantu para siswa dalam belajar dan menyelesaikan tugas yang akan di berikan oleh guru, buku menjadi sebuah sarana yang akan sangat membantu kelancaran proses pembelajaran. Oleh sebab itu sekolah mau tak mau harus dapat menyiapkan buku pembelajaran bagi siswanya agar proses pembelajaran bisa berlagsung dengan baik dan lancar.

 

Pada postingan ini saya akan membantu para guru dan siswa untuk bisa mendapatkan sajian ringkasan materi dan juga rangkuman materi pelajaran seni budaya kelas 8 SMP khususnya untuk pembelajaran pada BAB 1 tentang menggambar model yang akan di pelajari pada awal tahun pelajaran di semester 1. Degan memiliki atau membuat dan mempelajari rangkuman materi maka pastinya akan lebih memudahkan para siswa untuk menggunakannya sebagai bahan belajar.

 

Ringkasan atau rangkuman materi seni budaya kelas 8 SMP BAB 1 Menggambar Model yang akan saya sajikan di postingan ini merupakan ringkasan materi dari semua materi yang akan di pelajari pada BAB 1 dari sumber buku siswa seni budaya kelas 8 kurikulum 2013. Adapun isi dari Ringkasan dan rangkuman materi seni budaya kelas 8 SMP BAB 1 semester ini ialah berisikan materi inti atau materi yang penting-penting saja sehingga akan memudahkan para guru dan siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.

 

Sebelum saya membagikan sajian Ringkasan dan rangkuman materi seni budaya kelas 8 SMP BAB 1 Menggambar Model untuk semester 1 maka bagi para siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran harus bisa mengetahui tujuan apa saja yang harus di capai pada pembelajaran ini. Berikut ini penjelasnnya :

 

Setelah mempelajari Bab 1, siswa diharapkan mampu

1. Menjelaskan pengertian gambar model.

2. Mengidentifikasi setiap jenis objek gambar model.

3. Mengidentifikasi karakter objek gambar model.

4. Menggambar model sesuai karakter objek gambar.

 

Baiklah setelah mengetahui semua tujuan pembelajaran yang harus di capai pada pembelajaran seni budaya kelas 8 BAB 1 pada materi menggambar model, maka berikut ini ringkasan dan raangkuman materi pelajaran seni budaya kelas 8 BAB 1 semester 1 di bawah ini :

 

BAB 1 MENGGAMBAR MODEL

A. Konsep dan Prosedur Menggambar Model

Menggambar model merupakan salah satu teknik yang sering dilakukan oleh seorang perupa. Menggambar model merupakan kegiatan yang diawali dengan menentukan objek model yang akan digambar. Objek gambar model dapat berupa hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia, dan kum[1]pulan benda-benda yang disusun sesuai dengan komposisi, proporsi, keseimbangan, dan irama yang baik sehingga gambar memiliki satu kesatuan yang utuh.

 

Menggambar model (alam benda) menuntut ketepatan bentuk dan karakter objek yang akan digambar. . Alat dan bahan yang digunakan adalah pensil, charcoal (arang), pensil warna, krayon, cat air, cat akrilik, dan cat minyak.

 

1. Prinsip-Prinsip Menggambar Model

Beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam menggambar model adalah komposisi, proporsi, keseimbangan, dan kesatuan.

Berikut penjelasan tentang prinsip menggambar.

a. Komposisi

Komposisi merupakan cara menyusun dan mengatur objek yang digunakan sebagai model gambar sehingga hasilnya tampak menarik dan indah. Komposisi dapat dibuat melalui bentuk objek gambar, warna objek gambar, jenis objek gambar, dan latar belakang gambar.

 

Berikut ini Beberapa contoh bentuk komposisi :

1) Komposisi Simetris

2) Komposisi Asimetris

3) Komposisi Sentral

 

b. Proporsi

Proporsi adalah perbandingan ideal dan harmonis antara bagian-bagian benda yang menjadi objek model gambar yang dapat diamati (contoh gambar).

 

c. Keseimbangan

Keseimbangan adalah keselarasan antara bidang gambar, objek gambar, dan gambar yang dihasilkan. Keseimbangan hasil gambar model dapat diperoleh dengan cara membuat skala, memberi efek perspektif pada objek gambar dan sudut pandang penggambar.

 

d. Kesatuan

Kesatuan adalah keserasian dalam pengaturan objek gambar. Benda-benda yang diatur memiliki kesan ruang, kedalaman, dan antarobjek gambar saling mendukung sehingga akan menghasilkan gambar yang baik.

 

2. Unsur-Unsur dalam Menggambar Model

Perlu juga diperhatikan bahwa menggam[1]bar model membutuhkan kemampuan dalam menggunakan unsur-unsur rupa seperti garis, bentuk, bidang, tekstur, gelap terang (pencahayaan). Pemahaman terhadap unsur-unsur rupa tersebut sangat membantu dalam menggambar model.


Berikut ini beberapa unsur rupa yang di sajikan pada gambar di bawah ini :



  


B. Alat dan Bahan Menggambar Model

Beberapa alat dan bahan yang dapat digunakan dalam menggambar model diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Pensil

2. Penghapus

3. kertas

4. Pensil Warna

5. Krayon

6. Cat air

 

 

C. Teknik Menggambar Model (Alam Benda)

Sebelum mulai menggambar, persiapkan terlebih dahulu model objek yang akan digambar. Kemudian, siapkan juga papan atau meja gambar. Aturlah sudut pandang, jangan terlalu jauh agar dapat mengamati dengan lebih jelas. Biasakan selalu menggambar di atas permukaan miring, bukan permukaan datar. Per - mukaan datar mengakibatkan gambar yang dibuat tidak proporsional (distorsi).

 

Berikut ini contoh gambar alam benda :




 

Demikianlah ringkasan materi seni budaya kelas 8 BAB 1 tentag menggambar model yang akan di pelajari pada semester 1. Dan bagi anda yang telah melihat sajian dari ringkasan materi seni budaya kelas 8 BAB 1 diatas maka untuk lebih mengetahui inti dari materi diatas maka saya akan tampilkan pula rangkuman materinya yang dapat anda lihat di bawah ini :


RANGKUMAN !!!

Menggambar model adalah kegiatan menggambar yang menggunakan model sebagai objek gambarnya. Objek gambar model dapat berupa tumbuh-tumbuhan, hewan, manusia, dan benda-benda. Setiap model gambar memiliki bentuk dan karakter yang berbeda-beda. Proses menggambar model sebaiknya dimulai dengan bentuk-bentuk global untuk mempermudah penyelesaian gambar terutama dalam menentukan komposisi, bentuk objek, dan penguasaan bidang gambar

 

Prinsip-prinsip menggambar model, seperti: komposisi, proporsi, keseimbangan, dan kesatuan harus tetap diperhatikan agar gambar yang dihasilkan memiliki nilai estetik, menarik, dan berkesan wajar. Gambar model yang baik sangat berkaitan dengan prinsip-prinsip menggambar.

 

Untuk mengasah keterampilan dalam menggambar model lakukan latihan terus menerus sampai memahami bentuk yang sebenarnya. Gunakan pensil dan kertas buram sebagai media dan alat saat latihan menggambar. Latihan yang dilakukan sekaligus melatih imajinasi dan kepekaan rasa serta merekam bentuk-bentuk objek sebagai referensi visual dalam menggambar model.

 

 

Demikianlah informasi mengenai ringkasan dan rangkuman materi seni budaya kelas 8 SMP BAB 1 tentang menggambar model yang bisa saya sajikan pada postingan ini, semoga bisa bermanfaat bagi para pendidik maupun pelajar yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel