Solusi Tidak Bisa Login di sp.datadik Pada Aplikasi Dapodik 2022

Kherysuryawan.id – Cara mengatasi tidak bisa masuk di laman sp.datadik kemdikbud go.id terbaru setelah melakukan install aplikasi dapodik versi 2022 sehingga tidak bisa melakukan Tarik paserta didik baru kedalam aplikasi dapodik versi 2022.

Sahabat Pendidikan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan berupa solusi bagi kawan-kawan operator dapodik sekolah yang sedang menghadapi masalah seputar penarikan data siswa baru yang tidak bisa dilakukan karena tidak berhasil login.

 

Apakah anda seorang operator dapodik sekolah dan apakah ketika anda akan masuk atau login kedalam laman sp.datadik untuk melakukan penarikan data peserta didik baru muncul peringatan seperti tampak pada gambar di bawah ini :

 


 

Nah, apabila anda mengalami kasus gagal login ke laman sp.datadik dan muncul notifikasi bahwa “gagal melakukan autentikasi, username dan password yang anda masukkan tidak cocok” maka itu artinya anda tidak akan bisa untuk melakukan penarikan data siswa baru. Hal ini banyak sekali dialami oleh para operator dapodik di saat menggunakan aplikasi versi 2022.

 

Pada postingan ini saya akan memberikan informasi mengenai bagaimana cara untuk bisa keluar dari masalah tersebut sehingga bisa kembali melakukan login ke laman sp.datadik dan bisa melakukan penarikan peserta didik baru. Baiklah langsung saya berikut ini penjelasan mengenai solusi agar bisa login ke laman sp.datadik dan bisa melakukan penarikan data siswa baru.

 

Sahabat Pendidikan, sebenarnya masah ini sangat mudah sekali cara untuk mengatasinya hanya saja memang kebiasann lama para operator dapodiklah yang mengakibatkan terjadinya masalah ini terjadi. Seperti kita ketahui bahwa jika kita membaca secara seksama buku panduan aplikasi dapodik versi 2022 maka kita tidak akan kesulitan dalam melakukan proses pengisian pada aplikasi dpaodik.

                                        

Lantas adakah hubungannya antara dapodik dengan login kelaman sp.datadik kemdikbud ???

Jawabannya ialah sangat berhubungan, karena kasus tidak bisa login ke laman sp.datadik dapat di selesaikan dengan melakukan alur yang benar pada proses pengisian di aplikasi dapodik, jadi untuk bisa berhasil login ke laman sp datadik maka anda harus melakukan alur yang bener terlebih dahulu di aplikasi dapodik versi 2022 yang anda gunakan saat ini.

 

Kebiasaan lama para operator dapodik sekolah ialah ingin melakukan penarikan data siswa baru terlebih dahulu sebelum melakukan syncronisasi dapodik pada saat awal menggunakan aplikasi dapodik versi terbaru. Nah jika anda yang saat ini juga membaca postingan ini dan melakukan hal yang sama seperti yang saya katakan diatas maka tentunya anda tidak akan berhasil melakukan login ke laman sp.datadik.

Meskipun anda mencoba login dengan menggunakan password dapodik lama maupun password dapodik baru maka saya pastikan anda tidak akan berhasil login ke laman sp.dadatik.

 

Seperti kita ketahui saat ini bahwa pada aplikasi dapodik versi 2022 semua pengguna dapodik pada saat awal login ke halaman dapodik versi 2022 wajib harus melakukan pergantian password sesuai dengan petunjuk yang ada di buku panduan dapodik versi 2022. Nah dengan adanya pergantian password inilah yang mengakibatkan banyak OPS yang gagal ketika login ke laman sp.datadik.

 

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah gagal login ke laman sp.datadik sehingga nantinya anda bisa melakukan penarikan data siswa baru. Hal ini saya tulis dan saya bagikan karena saya pun mengalami masalah yang sama dan pada akhirnya bisa menyelesaikan masalah ini sehingga bisa login ke laman sp.datadik untuk melakukan penarikan data siswa baru.

 

Baiklah berikut ini solusinya :

1. Silahkan install dapodik versi terbaru 2022

2. Silahkan ganti password (jika ada notif untuk mengganti password)

3. Isi data sanitasi sekolah & sarpras dengan baik

4. Input tugas sebagai kepala sekolah/PLT

5. Naikkan kelas siswa yang berada di kelas sebelumnya

6. Isi pembelajaran pada setiap kelas

7. Jangan dulu membuat kelas baru (contoh untuk SMP jangan dulu membuat kelas 7), kalo sudah terlanjur dibuat maka silahkan dihapus terlebih dahulu

8. Jangan dulu melakukan penarikan data siswa baru

9. Periksa semua validasi dapodik, hingga semua sudah tidak ada notif INVALID

10. Lakukan SYNCRONISASI.

11. Setelah berhasil syncron, silahkan login ke laman sp.datadik.kemdikbud.go.id

12. Masukkan username dapodik anda dan untuk password gunakan password dapodik terbaru

13. Selesai.

  

Jika anda melakukan hal-hal diatas dengan benar maka saya yakin anda akan berhasil melakukan login kelaman sp.datadik dan bisa melakukan Tarik data siswa baru. Intinya adalah bagi anda yang mengalami kasus tidak bisa login ke laman sp.datadik untuk melakukan Tarik data siswa baru maka silahkan lakukan SYNCRONISASI dapodik terlebih dahulu dan gunakan password dapodik terbaru untuk bisa login ke laman sp.datadik.

Selamat mencoba, Semoga Berhasil, Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel