Instrumen Akreditasi SD SMP SMA SMK Tahun 2021/2022

Kherysuryawan.id – Download Perangkat Instrumen akreditasi SD, Download Perangkat Instrumen akreditasi SMP, Download Perangkat Instrumen akreditasi SMA/SMK.

Sahabat pendidikan, apakah anda sedang mencari perangkat instrument akreditasi untuk model terbaru yang akan digunakan di tahun ini ??? Jika anda sedang membutuhkan instrument akreditasi maka anda bisa mendapatkan filenya pada postingan ini.

 


Seperti di ketahui bahwa bagi sekolah yang akan melakukan akreditasi sekolah, maka hal penting yang terlebih dahulu di harus di persiapkan ialah instrument akreditasi. Pada instrument tersebut akan di jelaskan tentang hal-hal apa saja yang harus di persiapkan dan diisi untuk keperluan akreditasi sekolah. Selain itu pada instrument akreditasi kita juga bisa melihat jenis administrasi apa yang nantinya harus diunggah untuk kelengkapan akreditasi.

 

Di setiap tahun dalam pelaksanaan akreditasi sekolah maka biasanya akan ada jenis instrument terbaru yang akan di gunakan pada pelaksanaan akreditasi. nah bagi sekolah baik itu sekolah SD, SMP, SMA maupun SMK yang akan melakukan akreditasi di tahun ini dan ingin memiliki instrument akreditasi maka anda bisa memilikinya disini.

 

Pada Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 209/Pl202l tentang Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah, maka bagi anda yang sekolahnya akan melakukan akreditasi ditahun ini hendaknya memiliki perangkat akreditasi tersebut dan membaca serta memahami maksud dan tujuannya.

 

Kriteria dan Perangkat Akreditasi sebagaimana dimaksud, merupakan instrumen yang digunakan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah untuk melakukan penilaian kelayakan akreditasi pada sekolah/ madrasah. Sekolah/madrasah yang belum memiliki status akreditasi akan dilakukan visitasi oleh BAN-S/M untuk menentukan status akreditasi sekolah/ madrasah.

 

Pelaksanaan akreditasi uiang sekolah/madrasah didasarkan hasil analisis data sekunder sekolah/madrasah dengan ketentuan sebagai berikut.

a.   Sekolah/madrasah yang menunjukkan penurunan indikator kinerja, maka akan dilakukan visitasi tanpa adanya usulan dari sekolah/ madrasah.

b.   Sekolah/ madrasah yang menunjukkan indikator kinerja tetap, maka status akreditasinya akan diperpanjang secara otomatis sesuai status akreditasi yang dimiliki.

c.   Sekolah/madrasah yang menunjukkan kenaikan indikator kinerja berhak mengajukan permohonan akreditasi ulang.

d.   Persetujuan atas permohonan akreditasi ulang sebagaimana dimaksud pada huruf c didasarkan pada hasil verifikasi kesesuaian permohonan dengan data sekunder.

e.   Apabila sekolah/madrasah sebagaimana dimaksud pada huruf c tidak mengajukan akreditasi ulang, maka status akreditasinya akan diperpanjang secara otomatis sesuai status akreditasi yang dimiliki.

 

Adapun pelaksanaan akreditasi sebagaimana yang akan dilaksanakan yaitu menggunakan panduan sistem penilaian akreditasi dan pedoman pelaksanaan akreditasi pendidikan dasar dan menengah yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah. Olehnya itu instrument akreditasi sangat penting untuk di miliki bagi sekolah yang akan melakukan akreditasi.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan perangkat instrument akreditasi untuk sekolah jenjang SD, SMP, SMA dan SMK maka berikut ini file yang akan saya bagikan kepada anda sekalian yang membutuhkannya.

 

  • Surat Keputusan Tentang Kriteria dan Perangkat Areditasi (DISINI
  • Perangkat Instrumen Akreditasi SD (DISINI)  
  • Perangkat Instrumen Akreditasi SMP (DISINI)
  • Perangkat Instrumen Akreditasi SMA (DISINI)
  • Perangkat Instrumen Akreditasi SMK (DISINI)


Demikianlah file tentang perangkat instrument akreditasi versi terbaru yang bisa saya bagikan kepada anda yang membutuhkannya, semoga informasi ini bisa membantu pihak sekolah yang akan melakukan kegiatan akreditasi di sekolah masing-masing.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel