Rangkuman Materi Prakarya Kelas 8 Bab 2 Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Kherysuryawan.id – Rangkuman prakarya kelas 8 Bab 2 tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang akan di pelajari pada semester 1.

Sahabat pendidikan, belajar prakarya di jenjang SMP merupakan hal yang wajib. Selain untuk menambah ilmu pengetahuan juga dapat menghasilkan keterampilan dalam berkarya. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sajian atau tampilan materi prakarya kelas 8 Bab 2 semester 1 yang mana materinya merupakan materi kurikulum 2013 dan telah di sederhanakan atau diringkas.

 


Untuk materi pelajaran prakarya yang akan di ringkas disini ialah materi prakarya kelas 8 SMP Bab 2 yang mengulas tentang Kerajinan Tekstil. Materi ini akan di pelajari pada pembelajaran di semester 1.

Adapun jenis materi yang akan di pelajari pada prakarya kelas 8 Bab 2, yaitu antara lain sebagai berikut :

   A. Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi

B. Media Penghantar Komunikasi
1. Media Komunikasi Masa Kuno
2. Media Komunikasi Modern
C. Peralatan dan Bahan Untuk Pembuatan Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
D. Perancangan dan Pembuatan Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

 

Seperti kita ketahui bahwa Mata pelajaran Prakarya bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri siswa melalui produk yang dihasilkan sendiri dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar. Prakarya juga merupakan ilmu terapan yang mengaplikasikan berbagai bidang ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan masalah praktis yang secara langsung mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Dengan demikian mempelajari mata pelajaran prakarya tentunya akan sangat penting untuk menambah wawasan dalam berkreasi.

 

Dalam mempelajari mata pelajaran prakarya di jenjang SMP Ruang lingkup mata pelajaran prakarya yang akan di pelajari meliputi empat aspek diantaranya yaitu sebagai berikut :

1.       Aspek Kerajinan

2.       Aspek Rekayasa

3.       Aspek Budidaya

4.       Aspek Pengolahan.

 

Perlu dipahami bahwa Dimana dari ke empat aspek tersebut maka peserta didik yang akan belajar materi prakarya diharapkan mampu untuk membuat produk dengan memanfaatkan potensi dari alam sekitar.

 

Sebagai seorang pendidik dan juga sebagai sebagai seorang siswa yang akan melakukan proses belajar mengajar di sekolah maka buku pelajaran yang berisi materi merupakan salah satu bahan pembelajaran yang sangat penting untuk di gunakan.

Dalam belajar mata pelajaran Prakarya khususnya pada jenjang SMP maka buku paket pelajaran Prakarya kurikulum 2013 menjadi bahan pembelajaran yang akan digunakan oleh guru dan siswa sebagai jembatan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan.

 

Pada postingan ini saya akan mencoba untuk membagikan materi prakarya kelas 8 Bab 2 tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang akan di pelajari pada pembelajaran di semester 1. Materi yang akan saya sajikan di kesempatan kali ini sudah diringkas dan juga sudah dilengkapi dengan rangkuman materinya sehingga akan memudahkan bagi para guru dan siswa yang akan menggunakannya sebagai bahan pembelajaran.

 

Semua ringkasan materi yang di sajikan pada postingan ini merupakan hasil materi yang bersumber dari buku siswa prakarya kelas 8 SMP kurikulum 2013 edisi revisi terbaru. Semoga anda yang akan menggunakan materi ringkasan ini bisa sangat terbantu dalam memudahkan anda untuk belajar mata pelajaran prakarya di kelas 8 SMP.

 

Bagi para peserta didik/siswa yang akan belajar materi prakarya kelas 8 SMP Bab 2 tentang Kerajinan Tekstil, maka ada beberapa manfaat dan tujuan pembelajaran yang diharapkan untuk bisa dicapai. Berikut ini beberapa tujuan pembelajarannya :

 

Setelah mempelajari Bab II ini, peserta didik diharapkan mampu:

1. Menghargai keberagaman produk TIK di daerah setempat dan Nusantara sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

2. Mengidentifikasi bahan alam, alat, teknik dan proses pembuatan produk TIK dengan menggunakan bahan-bahan yang terdapat di daerah setempat.

3. Merancang pembuatan produk TIK dengan jujur dan penuh rasa tanggung jawab.

4. Membuat, menguji, dan mempresentasikan produk TIK di daerah setempat dan daerah lain dengan disiplin dan tanggung jawab.

 

Baiklah bagi anda yang ingin melihat sajian ringkasan dan rangkuman materi prakarya kelas 8 Bab 2 Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), maka di bawah ini uraian materinya :

 

Bab II Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

A. Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pada zaman prasejarah, teknologi informasi dan komunikasi yang dilakukan manusia berfungsi sebagai sistem untuk pengenalan bentuk-bentuk yang manusia kenal. Untuk menggambarkan informasi yang diperoleh, mereka menggambarkannya di dinding gua tentang berburu dan juga tentang binatang buruannya. Pada masa tersebut, manusia mulai mengidentifikasi benda-benda yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal mereka, kemudian melukiskannya pada dinding gua tempat tinggalnya. Komunikasi manusia pada zaman ini berupa suara dengusan dan menggunakan isyarat tangan.

 

Perkembangan sistem informasi tersaji dalam periode-periode berikut.

1. 3000 SM

Untuk yang pertama kali, tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan menggunakan simbol-simbol yang dibentuk dari piktografi sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi (penyebutan) yang berbeda sehingga mampu menjadi kata, kalimat, dan bahasa.

 

2. 2900 SM

Pada 2900 SM bangsa Mesir Kuno menggunakan huruf hieroglif. Hieroglif merupakan bahasa simbol, di mana setiap ungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda. Jika simbol-simbol tersebut digabungkan menjadi satu rangkaian akan menghasilkan sebuah arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa hieroglif ini lebih maju dibandingkan dengan tulisan bangsa Sumeria.

 

3. 500 SM

Manusia sudah mengenal cara membuat serat dari pohon papyrus yang tumbuh di sekitar Sungai Nil. Serat papyrus dapat digunakan sebagai kertas. Kertas dari serat pohon papyrus menjadi media untuk menulis atau media untuk menyampaikan informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya juga digunakan sebagai media informasi.

 

4. 105 M

Pada masa ini, bangsa Cina berhasil menemukan kertas. Kertas yang ditemukan adalah kertas yang kita kenal sekarang. Kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, kemudian diratakan dan dikeringkan. Penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunakan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri dengan tinta. Sistem ini sekarang dikenal dengan istilah sistem cap.

 

B. Media Penghantar Komunikasi

Semenjak ditemukannya alat komunikasi, alat komunikasi terus mengalami perkembangan. Berdasarkan rentang waktunya, media komunikasi dibedakan menjadi alat kumunikasi masa lalu (kuno) dan alat komunikasi modern.

 

1. Media Komunikasi Masa Lalu (Kuno)

Komunikasi adalah penyampaian pesan atau informasi oleh seseorang kepada orang lain atau pihak lain secara langsung (lisan) maupun tidak langsung (menggunakan alat atau media komunikasi)

 

Beberapa alat komunikasi tradisional pada masa kuno sebagai berikut.

a. Kentongan

Kentongan digunakan di Indonesia sudah sejak lama. Alat ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Demak, Surakarta, Gowa Tallo, dan Yogyakarta. Kentongan berfungsi untuk memberi informasi kepada masyarakat bahwa telah atau akan terjadi sesuatu. Tanda atau kode yang digunakan berbeda-beda. Kentongan besar biasa disebut bedug.

 

b. Daun Lontar

Pada zaman yang sedikit lebih maju, manusia sudah mulai memakai bahasa tulisan sebagai media komunikasi.

Media yang digunakan untuk menulis surat adalah daun lontar. Selain itu, ada juga yang menggunakan kayu, bambu, tulang binatang, rotan, dan lempengan batu yang dikenal dengan nama prasasti.

 

c. Lonceng

Lonceng atau genta adalah suatu peralatan sederhana yang digunakan untuk menciptakan bunyi. Bentuk lonceng biasanya menyerupai sebuah tabung dengan salah satu sisi yang terbuka dan bergema saat dipukul. Alat untuk memukul dapat berupa kayu atau besi. Lonceng pada umumnya dibuat dari logam.

 

d. Burung Merpati

Merpati pos adalah adalah burung merpati yang dilatih untuk mengantarkan surat atau pesan. Merpati merupakan salah satu jenis burung yang cukup pintar, memiliki daya ingat yang kuat, kemampuan navigasi, dan memiliki naluri alamiah yang dapat kembali ke sarang meskipun sudah pergi dengan jarak yang jauh dan waktu yang lama.

 

e. Prasasti

Prasasti adalah piagam atau dokumen yang ditulis pada bahan yang keras dan tahan lama. Dalam pengertian modern di Indonesia, prasasti sering dikaitkan dengan tulisan di batu nisan atau di gedung, terutama pada saat peletakan batu pertama atau peresmian suatu proyek pembangunan.

 

f. Terompet dari Tanduk Hewan

Dahulu bunyi terompet digunakan sebagai alat komunikasi untuk menandai dimulai atau berakhirnya kegiatan-kegiatan tertentu

 

g. Terompet Keong

Terompet keong sejak dahulu telah dijadikan sebagian penanda perkumpulan atau terjadinya suatu peristiwa agar dapat berkumpul.

 

h. Asap

Secara umum sinyal asap digunakan untuk mengirimkan berita, sinyal bahaya, sebagai tanda darurat atau mengumpulkan orang banyak ke suatu tempat.

 

i. Serat Papyrus

Serat papyrus digunakan pada masa 500 SM di daerah Sungai Nil sebagai media menyampaikan informasi. Serat ini dibuat dari serat pohon papyrus.

 

j. Piktografi

Piktografi digunakan pada masa 3000 SM di Sumeria. Piktografi berupa simbol[1]simbol yang apabila disusun bisa menjadi kata/kalimat/bahasa yang memiliki makna tertentu.

 

2. Media Komunikasi Modern

Sejarah perkembangan komunikasi tidak akan pernah bisa terlepas dari kemajuan teknologi dari dulu sampai sekarang. Sejak tahun 1960-an hingga sekarang, teknologi semakin berkembang sangat pesat. Berbagai media komunikasi yang diciptakan manusia dan penemuan media-media digital menjadikan segala aktivitas kehidupan berjalan semakin efektif dan efisien.

 

Beberapa contoh media komunikasi modern sebagai berikut.

a. Surat Kabar/Koran

b. Radio

c. Televisi

d. Faksimili

e. Telepon

f. Handphone

g. Handy Talky

h. Komputer/Laptop

 

C. Peralatan dan Bahan Untuk Pembuatan Peralatan TIK

Beberapa peralatan utama untuk membuat produk TIK sebagai berikut.

a. Bor

Bor berfungsi untuk membuat atau memperbesar lubang

 

b. Gergaji

Gergaji adalah alat yang digunakan untuk memotong atau mengurangi ketebalan suatu benda.

 

c. Tang

Tang adalah alat yang digunakan untuk mencengkram dan memotong benda.

 

d. Palu

Palu atau martil adalah alat yang digunakan untuk memberikan tumbukan pukulan pada benda.

 

e. Gunting Seng

Gunting seng adalah alat yang digunakan untuk memotong seng atau sejenisnya.

 

f. Ketam

Ketam berfungsi untuk memperhalus permukaan kayu.

 

D. Perancangan dan Pembuatan Peralatan TIK

Membuat Bel Sederhana sebagai Alat Komunikasi Modern

Tahapan pembuatan bel sederhana sebagai berikut.

1. Perencanaan

2. Persiapan

3. Peralatan dan bahan

4. Pelaksanaan

 

Dari ringkasan diatas, maka berikut ini rangkuman materinya :

 

1. Cara penyampaian informasi (teknologi informasi) menurut perkembangan peradaban meliputi antara lain: gambar-gambar tak bermakna pada dinding gua, prasasti dan internet.

 

2. Menurut rentang waktunya, media komunikasi dibedakan menjadi alat komunikasi masa lalu (kuno/tradisional) dan alat komunikasi modern.

 

3. Beberapa contoh alat komunikasi tradisional antara lain kentongan/ bedug, media tulis daun lontar, lonceng, pengantar pesan hewan merpati, prasasti, terompet dari tanduk hewan, terompet keong, asap (pembawa pesan rahasia pada teman atau lawan), serat papyrus dan piktografi.

 

4. Beberapa contoh alat komunikasi modern antara lain surat kabar/ koran, radio, televisi, faksimili, telepon, handphone, handy talky, dan komputer serta laptop.

 

Demikianlah ringkasan dan rangkuman materi prakarya kelas 8 Bab 2 tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), semoga materi ringkasan dan rangkuman yang telah di sajikan diatas dapat membantu siswa siswi dalam belajar prakarya di kelas 8 SMP. Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel