KKM Matematika Kelas 9 Semester 2 Revisi 2021/2022

Kherysuryawan.id – Download KKM Matematika Kelas 9 SMP Semester 2 Revisi Terbaru.

Sahabat pendidikan, setelah pada postingan sebelumnya saya membahas tentang perangkat pembelajaran KKM untuk mata pelajaran matematika kelas 9 semester 1, maka melalui postingan ini saya akan kembali membagikan file KKM Matematika kelas 9 untuk semester 2.

 


Ada begitu banyak jenis perangkat administrasi guru yang harus di persiapkan untuk kelancaran proses mengajar di sekolah. Perangkat pembelajaran salah satu yang harus disiapkan oleh guru ialah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Bagi anda yang merupakan guru mata pelajaran maka KKM tentunya sudah tidak asing lagi untuk anda ketahui.

 

Berbicara mengenai KKM maka pada kesempatan kali ini dan melalui postingan ini saya akan membagikan salah satu contoh KKM untuk mata pelajaran matematika Kelas 9 SMP Semester 2. Adapun format KKM yang akan saya bagikan pada postingan ini ialah format KKM yang disajikan dalam bentuk file exel dan juga telah dilengkapi dengan rumus sehingga akan sangat mudah untuk di gunakan.

 

Sebelum berbicara lebih jauh tentang KKM maka anda yang belum memahami tentang apa itu KKM dan apa fungsi dari KKM itu sendiri, maka pada kesempatan kali ini kherysuryawan.id akan memberikan penjelasan tentang apa itu KKM dan apa pula fungsinya sehingga guru dalam membuat KKM dapat memanfaatkannya sesuai dengan peruntukkannya.

 

Salah satu prinsip penilaian pada kurikulum berbasis kompetensi seperti halnya pada Kurikulum 2013 yaitu menggunakan acuan kriteria, yakni dengan cara menetapkan kriteria tertentu dalam penentuan kelulusan dan kenaikan kelas bagi peserta didik. Kriteria tersebut dinamakan Kriteria Ketuntasan Minimal atau KKM.

 

Sebelum menentukan kriteria ketuntasan belajar siswa maka perlu di pahami tentang apa itu KKM.

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) merupakan kriteria paling rendah untuk menyatakan bahwa peserta didik telah mencapai ketuntasan belajar.

Pada umumnya, Penetapan KKM dilakukan pada awal tahun pembelajaran berdasarkan hasil musyawarah guru mata pelajaran pada satuan pendidikan atau bisa juga di tetapkan pada saat rapat dewan guru dan kepala sekolah di masing-masing sekolah yang tentunya mengacu pada kesepakatan Bersama antara guru mata pelajaran yang sejenis.

 

Kriteria ketuntasan belajar setiap indikator yang ditetapkan dalam sebuah kompetensi dinyatakan dengan angka dari rentang 0-100. Nilai 100 merupakan nilai maksimal atau nilai tertinggi. Adapun penentuan nilai KKM permata pelajaran diatur sesuai kesepakatan guru mata pelajaran melalui hasil MGMP guru mata pelajaran yang ada di daerah masing-masing.

 

Dalam menentukan KKM ada beberapa unsur penting yang harus di jadikan sebagai dasar atau patokan dalam menentukan ambang nilai KKM. Jadi dalam menentukan nilai ambang KKM mata pelajaran, maka guru harus menyesuaikan dengan 3 bentuk penilaian berikut ini, yaitu :

 

1.    Kompleksitas mengacu pada tingkat kesulitan Kompetensi Dasar yang ada pada masing-masing mata pelajaran.

2.    Daya dukung meliputi kelengkapan mengajar seperti buku, ruang belajar, laboratorium (jika diperlukan) dan lain-lain.

3.    Intake merupakan kemampuan penalaran dan daya pikir peserta didik

 

Selanjutnya dalam menentukan KKM maka guru pun harus bisa mengetahui apa fungsi dari ditentukannya sebuah KKM di setiap mata pelajaran. Baiklah berikut ini penjelasan tentang beberapa fungsi dari penentuan KKM mata pelajaran di sekolah :

 

1.    Sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai KD mata pelajaran yang diikuti.

2.    Sebagai acuan bagi peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran.

3.    Dapat digunakan sebagai bagian komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.

4.    Merupakan kontrak pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan satuan pendidikan dengan masyarakat.

5.    Merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran.

 

Setelah anda memahami tentang pentingnya membuat KKM untuk pendidikan dan juga mengetahui fungsi dari KKM itu sendiri, maka baiklah kini saya akan membagikan format KKM khususnya KKM untuk amata pelajaran matematika Kelas 9 SMP Semester 2. Apabila anda adalah seorang guru matematika yang saat ini mengajar di Kelas 9 dan sedang membutuhkan format KKM dalam bentuk exel, maka anda bisa memilikinya melalui postingan ini.

 

Berikut ini format KKM Matematika Kelas 9 Semester 2 dalam bentuk exel :

 

  • KKM MATEMATIKA KELAS 9 SEMESTER 2 TERBARU (DISINI)
  • KKM MATEMATIKA KELAS 7 SEMESTER 1 TERBARU (DISINI)
  • KKM MATEMATIKA KELAS 7 SEMESTER 2 TERBARU (DISINI)
  • KKM MATEMATIKA KELAS 8 SEMESTER 1 TERBARU (DISINI)
  • KKM MATEMATIKA KELAS 8 SEMESTER 2 TERBARU (DISINI)
  • KKM MATEMATIKA KELAS 9 SEMESTER 1 TERBARU (DISINI)

 

Demikianlah informasi tentang KKM mata pelajaran matematika Kelas 9 SMP Semester 2 yang bisa saya bagikan melalui kesempatan kali ini, semoga file KKM yang telah saya bagikan tersebut bisa bermanfaat bagi guru matematika di jenjang SMP yang membutuhkannya.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel