Cara Daftar Satgas Covid-19 Sekolah Bagi Kepala Sekolah

Kherysuryawan.id – Cara untuk melakukan verifikasi nomor whatsapp agar terdaftar sebagai satgas covid-19 sekolah.

Sahabat pendidikan, sudah lebih dari 1 tahun sekolah banyak yang melakukan proses belajar secara daring dan luring, hal itu di sebabkan karena masa pendemi yang hingga saat ini masih di rasakan di beberapa daerah sehingga proses pembelajaran di beberapa sekolah mau tak mau masih dilakukan secara daring.

 


Dengan adanya program vaksinasi baik untuk masyarakat umum maupun untuk warga sekolah maka diharapkan nantinya setiap satuan pendidikan dapat kembali beraktifitas seperti sedia kala yaitu bisa kembali melakukan proses belajar mengajar secara tatap muka di sekolah. Tentunya harapan semua siswa dan guru ialah agar bisa kembali bersekolah seperti biasanya.

 

Sahabat pendidikan dengan akan di berlakukannya pembelajaran tatap muka, maka ada himbauan yang harus di ketahui oleh setiap satuan pendidikan khususnya dalam hal ini ialah masing-masing kepala sekolah. Himbauan ini lebih kepada tujuan untuk melakukan penerapan peduli lindungi di satuan pendidikan.

 

Sebagai informasi lengkapnya maka berikut ini himbauan yang kherysuryawan.id dapatkan dari email Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan.

 

Bapak/Ibu Kepala Sekolah yang terhormat,

 

Perkenalkan kami dari Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan. Bersama dengan email ini kami ingin menginformasikan kepada Bapak/Ibu bahwa Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan Kementerian Agama akan menerapkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi di lingkungan Satuan Pendidikan.

 

Untuk penerapan PeduliLindungi di Satuan Pendidikan akan berbeda dengan penerapan PeduliLIndungi di tempat/fasilitas umum lain. Di Satuan Pendidikan, akan diterapkan dua skema penggunaan PeduliLindungi:

 

Model pertama:

Setiap pengunjung dan tamu yang datang ke lingkungan Satuan Pendidikan harus melakukan scan QR code PeduliLindungi dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi yang terinstall di handphone masing-masing pengunjung/tamu.

 

Model kedua:

Skema Sekolah Aman. Dalam skema ini, Kementerian Kesehatan akan mengirimkan notifikasi via Whatsapp dan email ke nomor Whatsapp & email Bapak/Ibu Kepala Sekolah apabila ada warga Satuan Pendidikan yang terdeteksi kategori Hitam pada database PeduliLindungi. Status warna hitam di PeduliLindungi bermakna ybs tercatat sebagai kasus konfirmasi COVID-19 atau tercatat sedang kontak erat dengan orang terkonfirmasi COVID-19. Ketika mendapatkan notifikasi ini, kami mohon Bapak/Ibu Kepala Sekolah dapat segera menindaklanjuti dan berkoordinasi dengan Puskesmas dan pihak-pihak terkait lain untuk penanganan lebih lanjut.

Untuk dapat menerima notifikasi Whatsapp, mohon kepada Bapak/Ibu untuk dapat melakukan verifikasi nomor Whatsapp Bapak/Ibu yang aktif.

Cara melakukan verifikasi tersebut adalah dengan mengikuti langkah berikut:

 

  • Buka web Browser anda (chrome atau Mozilla)
  • Masuk ke situs Sekolah Aman di https://sekolahaman.kemkes.go.id 
  • Selanjutnya klik masuk
  • Login SSO Kemendikbud
  • Operator sekolah memasukkan user akun di Dapodik
  • Masuk ke laman Profil Sekolah / Detil Satgas
  • Klik menu Profil Sekolah dan klik icon "Lihat detil" di kolom aksi, maka akan masuk ke laman Detil Satgas. Klik icon pencil untuk mengedit


  • Edit nomor WA
  • Masukkan nomor WA aktif dan klik icon Simpan. Sistem akan mengirimkan 6 digit kode verifikasi
  • Input kode verifikasi
  • Masukkan 6 digit kode verifikasi dan klik validasi
  • Selesai

Proses validasi nomor WA selesai dan operator sekolah akan menerima notifikasi WA bila ada warga Satuan Pendidikan yang terdeteksi kategori Hitam di database PeduliLindungi

Demikian yang dapat kami sampaikan pada saat ini. Apabila ada perkembangan lebih lanjut akan kami informasikan kembali. Kami ucapkan terima kasih atas perhatiannya, kami mohon Bapak/Ibu dapat segera melakukan verifikasi nomor Whatsapp agar dapat tercipta situasi Pembelajaran Tatap Muka yang aman dari COVID-19.

 

Salam sehat,

 

Kementerian Kesehatan RI

 

Nah melalui himbauan tersebut maka diharapkan kepada kepala sekolah untuk bisa menjadi satgas covid-19 sekolah demi melindungi seluruh warga sekolah dari ancaman virus covid-19 sehingga nantinya proses pembelajaran tatap muka di sekolah masing-masing dapat berjalan dengan aman dan semua selalu dalam keadaan sehat.

 

Melalui artikel ini pula kiranya setiap kepala sekolah dapat dengan mudah untuk mendaftarkan nomor Whatsap nya sebagai akun pengguna di sistem Sekolah Aman Covid 19 Kementrian Kesehatan.

Demikianlah informasi ini kherysuryawan.id bagikan semoga bermanfaat.

Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel