Cara Cepat Memasukkan Siswa ke Rombel Ekskul di Dapodik

Kherysuryawan.id – Langkah mudah menyalin atau memasukkan nama-nama siswa yang ada di dapodik ke dalam rombongan belajar ekstrakurikuler agar muncul di erapor.

Sahabat pendidikan, kita ketahui bersama bahwasannya ektrakurikuler khususnya pramuka menjadi sebuah kegiatan wajib yang harus dilaksanakan pada pembelajaran dikurikulum 2013.

 

Dengan di wajibkannya ekstrakurikuler pramuka dalam pembalajaran kurikulum 2013, maka mau tak mau seluruh siswa harus masuk dalam kegiatan tersebut.  Sehingga seluruh siswa yang ada di dalam aplikasi dapodik harus di masukkan kedalam rombel ekstrakurikuler. Adapun yang harus melakukan penyetinggan agar siswa dapat masuk kedalam rombel ekskul ialah operator dapodik sekolah.

 

Sebenarnya untuk memasukkan nama-nama siswa kedalam rombongan belajar ekstrakurikuler sangatlah mudah, sebab dapat di lakukan dengan cara menyalin data siswa yang ada di setiap rombel sehingga tidak perlu lagi memilih atau menginput secara satu persatu ke dalam rombel ekstrakurikuler. Bagi para operator dapodik sekolah maka cara ini tentunya akan mempermudah dan mengurangi waktu kerja ketika akan memasukkan nama-nama siswa ke dalam rombel ekskul.

 

Perlu di ketahui pula bahwa saat ini hampir semua sekolah telah menggunakan aplikasi erapor dan pada aplikasi erapor juga telah di siapkan menu untuk melakukan penilaian ekstrakurikuler sehingga guru dan wali kelas dapat dengan mudah memberikan penilaian ekstrakurikuler. Sebenarnya sekolah bisa memasukkan beberapa jenis ekstrakurikuler yang sesuai dengan apa yang ada di sekolah masing-masing, hanya saja khusus untuk ekstrakurikuler pramuka maka wajib harus ada dan dilaksanakan oleh semua sekolah yang telah menggunakan kurikulum 2013.

 

Sahabat pendidikan, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan penjelasan atau tutorial mengenai bagaimana cara mudah untuk memasukkan nama-nama siswa secara keseluruhan kedalam rombongan belajar ekstrakurikuler di dalam aplikasi dapodik. Tujuan admin membagikan ini ialah untuk membantu agar memudahkan para operator dapodik yang akan melakukan input nama siswa ke dalam rombel ekstrakurikuler di dapodik.

 

Baiklah berikut ini cara singkat dan mudah untuk menyalin/memasukkan daftar nama siswa kedalam rombongan belajar ekstrakurikuler di dalam aplikasi dapodik :

1.   Silahkan anda masuk kedalam aplikasi dapodik

2.   Pilih menu rombongan belajar

3.   Klik menu ekskul

4.   Selanjutnya pilih nama ekskul yang telah di masukkan kedapodik

5.   Klik anggota rombel

6.   Selanjutnya klik menu “salin/keluarkan anggota rombel”



7.  Pilih “salin anggota rombel”



8.   Maka akan muncul informasi yang bunyinya akan menyalin seluruh anggota rombel.  Untuk melanjutkannya silahkan klik “Lanjutkan”



9.   Silahkan pilih rombel yang akan di salin datanya

10.   Klik “salin anggota rombel”



11.Tunggu hingga proses selesai, dan apabila sudah muncul notifikasi proses salin selesai maka silahkan klik “OK”



12.Untuk menyalin seluruh anggota rombel maka silahkan lakukan pemilihan anggota rombel satu persatu dan lakukan salin anggota rombel agar semua data siswa dapat masuk kerombel ekstrakurikuler.

13.Selesai.

 

Demikianlah informasi mengenai cara mudah untuk menyalin data siswa agar masuk kedalam rombongan belajar ekstrakurikuler secara cepat. Semoga tutorial yang bisa saya sampaikan ini bisa membantu rekan-rekan operator dapodik sekolah yang belum mengetahui tentang bagaimana cara mudah memasukkan data siswa kedalam rombel ekskul secara cepat.

Sekian dan semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel