Cara Menambah Rombel di semester 2 Pada Dapodik 2022

Kherysuryawan.id – Cara menambah rombel pada semester 2 di aplikasi dapodik dengan menggunakan menu lanjutkan semester.

Sahabat pendidikan pada kesempatan kali ini admin akan membagikan informasi seputar aplikasi dapodik yang merupakan aplikasi pendataan untuk sekolah baik sekolah jenjang PAUD, SD, SMP, SMA dan SMK.

 

Seperti kita ketahui bahwa setiap satuan pendidikan di bawah naungan kementerian pendidikan dan kebudayaan pastinya telah menggunakan aplikasi dapodik untuk melakukan pendataan sekolah. Aplikasi dapodik biasanya akan di kerjakan oleh para operator dapodik sekolah yang telah di tunjuk oleh masing-masing sekolah.

 

Nah, bagi anda yang saat ini menjadi operator dapodik sekolah maka pastinya mendengar kata dapodik anda sudah memahami bahwa aplikasi tersebut merupakan salah satu tugas anda yang harus anda kerjakan selama anda berada dan bertugas di sekolah. Sebagai operator dapodik sekolah memang ada begitu banyak pekerjaan yang harus di kerjakan.

 

Sebagai salah satu pekerjaan yang harus di kerjakan atau wajib di kerjakan ialah ketika memasuki tahun pelajaran yang baru atau memasuki semester yang baru. Ketika sekolah sudah memasuki semester baru maka disitulah tugas sebagai seorang operator dapodik menanti karena mau tak mau operator dapodik harus melakukan penginputan data dapodik mulai dari data rombongan belajar (ROMBEL), data sekolah, data pembelajaran, data sarana dan data-data lainnya.

 

Nah, melalui postingan ini admin kherysuryawan.id akan membahas salah satu tugas penting seorang operator dapodik sekolah khususnya dalam melakukan penambahan rombongan belajar ketika sekolah akan memasuki semester genap. Postingan ini kiranya bisa membantu tugas seorang operator dapodik sekolah.

 

Bagi anda yang mungkin saat ini merupakan seorang OPS yang masih baru dan belum mengetahui bagaimana cara untuk melakukan penambahan rombel pada aplikasi dapodik khususnya untuk pembelajaran di semester 2 maka postingan ini diharapkan bisa membantu para OPS baru dalam membuat rombel di aplikasi dapodik.

 

Perlu di pahami bahwa jika sudah memasuki semester 2 maka di aplikasi dapodik khususnya pada menu rombongan belajar maka akan menjadi kosong sehingga operator harus kembali melakukan penambahan rombel sesuai dengan rombel yang ada di sekolah masing-masing. Namun jika pada pembelajaran di semester 1 rombel yang akan digunakan masih sama dengan rombel yang ada pada semester 2 (tidak terjadi perubahan) maka operator dapodik sekolah tidak perlu melakukan tambah rombel melainkan cukup melakukan lanjut semester pada menu aksi sehingga secara otomatis rombel yang ada pada semester 1 atau semester ganjil akan kembali muncul di semester 2 atau semester genap.

 

Lantas bagaimana cara untuk melakukan penambahan rombel dengan menggunakan cara lanjut semester pada menu aksi di menu rombongan belajar ???

Berikut ini penjelasan dan langkah-langkah melakukan penambahan rombel secara otomatis di semester 2 pada aplikasi dapodik.

1.   Silahkan login kedalam aplikasi dapodik

2.   Klik menu “Rombongan Belajar” lalu pilih “Reguler”



3.   Selanjutnya pada bagian bawah kik tanda segitiga pada “Menu Aksi”



4.   Kemudian pilih “ Lanjutkan Semester”



5.   Pilih nama rombel yang akan di masukkan



6.   Jika rombel sudah dipilih, klik “simpan dan tutup”



7.   Selanjutnya akan muncul peringatan yang menyatakan “apakah anda yakin akan melanjutkan semester pada rombel …. “ jika yakin klik “yes”



8.   Lanjutkan cara diatas hingga semua rombel telah di masukkan ke semester genap

9.   Selesai.

 

Setelah semua rombel masuk secara otomatis pada pembelajaran di semester genap maka jangan lupa untuk melakukan penginputan data pembelajaran agar ketika akan melakukan validasi data maka sudah tidak ada lagi notofikasi invalid sehingga aplikasi dapodik dapat melakukan sinkronisasi data sebab jika masih ada data yang invalid maka sinkronisasi dapodik belum dapat dilakukan.

 

Demikianlah informasi mengenai cara mudah dalam melakukan penambahan data rombongan belajar (ROMBEL) pada pembelajaran di semester 2 di aplikasi dapodik versi terbaru. Semoga informasi ini dapat membantu para OPS dapodik sehingga bisa melakukan aktivitas penginputan data dapodik dengan mudah.

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel