Cara Update SK Pendirian dan SK Operasional Sekolah di VERVAL SP

Kherysuryawan.id – Cara Update SK Pendirian Sekolah dan SK Operasional Sekolah melalui laman verval SP.

Sahabat pendidikan postingan kali ini akan membahas tentang bagaimana cara update data referensi pendidikan/SK operasional/SK pendirian sekolah yang sangat perlu untuk dilakukan oleh setiap satuan pendidikan yang telah menggunakan aplikasi dapodik.

 

Kita ketahui Bersama bahwa saat ini semua satuan pendidikan di bawah naungan kementerian pendidikan dan kebudayaan telah menggunakan aplikasi dapodik sebagai aplikasi pendataan sekolah. Melalui aplikasi dapodik tersebutlah nantinya sekolah dalam hal ini yang di beri tugas untuk melakukan penginputan data sekolah (operator dapodik sekolah) melakukan penginputan data sekolah yang diantaranya data siswa, data guru, data sarana, data perijinan sekolah dan lainnya yang berhubungan dengan data-data sekolah.

 

Khusus untuk melakukan penginputan data SK operasional sekolah dan SK pendirian sekolah maka hal tersebut tidak dapat langsung diinputkan melalui aplikasi dapodik melainkan cara untuk melakukan penginputan nomor SK pendirian sekolah dan nomor SK operasional sekolah hanya dapat dilakukan melalui laman verval SP.

 

Apa itu Verval SP ???

Bagi seorang operator dapodik sekolah saya rasa nama itu sudah tidak asing lagi sebab terkadang jika operator dapodik akan melakukan perubahan data sekolah maka alamat verval SP menjadi salah satu tempat bagi OPS untuk melakukan perbaikan data sekolah.

 

Verval satuan pendidikan (VERVAL SP) merupakan sebuah aplikasi pendataan yang dilakukan untuk memfasilitasi setiap satuan pendidikan dalam melakukan update data sekolah khususnya data profil sekolah. Apabila sekolah akan melakukan perubahan data khususnya data profil sekolah maka verval SP menjadi tempat untuk melakukan update data tersebut.

 

Salah satu fungsi dari verval SP ialah untuk melakukan pemutakhiran data referensi pendidikan diantranya yaitu melakukan update data SK pendirian sekolah dan update data SK operasional sekolah. Bagi bapak dan ibu guru yang sekolahnya belum melakukan update data khususnya untuk data pendirian sekolah dan data operasional sekolah, maka dapat melakukannya melalui aplikasi verval SP.

 

Melalui postingan ini kherysuryawan.id akan memberikan informasi tentang bagaimana cara untuk melakukan update data SK pendirian sekolah dan update data SK operasional sekolah melalui laman verval SP, bagi anda yang belum pernah melakukannya maka silahkan anda ikuti tahapan cara melakukannya di bawah ini :

 

CARA MELAKUKAN UPDATE DATA SK PENDIRIAN/SK OPERASIONAL SEKOLAH

Untuk login ke verval SP maka silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

1.   Silahkan kunjungi alamat berikut ini: http://vervalsp.data.kemdikbud.go.id/verval/

2.   Kemudian klik “Login” (seperti tampak pada gambar)



3.   Masukkan username dan password dengan menggunakan akun yang sudah terdaftar di jaringan pengelola data pendidikan

4.   Setelah berhasil login maka untuk melakukan update data Sk pendirian dan SK operasional sekolah, silahkan klik MENU --> PENGELOLAAN --> PERBAIKAN DATA



5. Kemudian akan tampil halaman perbaikan data seperti tampak pada gambar di bawah ini:



untuk melakukan perbaikan atau update data SK pendirian dan SK operasional sekolah maka silahkan isi sesuai pada kolom yang telah di sediakan

6.   Jika semua data telah diupdate, jangan lupa untuk melakukan upload file SK pendirian dan SK operasional sekolah (file dalam bentuk PDF dan ukuran file maksimal 2 MB)

7.   Jika semua telah dilakukan maka silahkan klik “Simpan”

8.   Selesai.

 

Jika update data SK pendirian sekolah dan SK operasional sekolah telah dilakukan, maka semua itu akan di proses dalam beberapa hari kedepan oleh operator pusat sehingga sekolah yang telah melakukan update data dapat menunggu hasil dari pengisian atau pemutakhiran data tersebut. Sembari menunggu hasilnya maka sekolah dapat melakukan cek apakah hasilnya telah di setujui oleh admin pusat atau belum di setujui.

 

CARA CEK HASIL PERSETUJUAN UPDATE DATA SK PENDIRIAN/SK OPERSIONAL SEKOLAH

Untuk  mengetahui bagaimana cara melakukan cek hasil update data SK pendirian sekolah dan SK operasional sekolah apakah sudah di setujui atau belum oleh admin pusat, maka sekolah dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

1.   Silahkan kunjungi alamat berikut  ini : https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php

2.   Masukkan nomor NPSN sekolah pada kolom yang di sediakan



3.   Selanjutnya klik menu "Dokumen dan Perijinan"

4.   Maka akan terlihat apakah data SK pendirian dan operasional sekolah telah di setujui atau belum.

5.   Berikut ini tampilan jika data SK pendirian dan Sk operasional sekolah belum di setujui (belum update)



6.   Berikut ini tampilan jika data SK pendirian dan Sk operasional sekolah sudah di setujui (sudah update)



7.   Selesai.

 

UNTUK MENGETAHUI INFORMASI LENGKAP TENTANG SK PENDIRIAN DAN SK OPERASIONAL SEKOLAH DAN CARA MENGATASI JIKA DOKUMENNYA HILANG MAKA SILAHKAN LIHAT (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai cara untuk melakukan update data SK pendirian sekolah dan SK operasional sekolah di laman verval SP serta cara untuk mengetahui apakah pengajuan perubahan / perbaikan data Sk pendirian/Sk operasional sekolah telah di setujui.

Semoga informasi yang telah admin bagikan ini bisa membantu bapak dan ibu guru khususnya yang menjadi operator dapodik sekolah sehingga dapat dengan mudah melakukan update data yang berhubungan dengan data referensi sekolah.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel