Program Kerja Wali Kelas Terbaru Tahun 2024

Kherysuryawan.id – Contoh Laporan Program Kerja Wali kelas jenjang SD, SMP, SMA, SMK Tahun Pelajaran 2023/2024 Format Word.

Sahabat pendidikan, selamat berjumpa kembali pada website pendidikan yang mana dikesempatan kali ini admin akan membahas salah satu tugas seorang pendidik yang sangat penting khususnya pendidik yang menjadi wali kelas di sekolah.


 

Seperti kita ketahui Bersama bahwa seorang wali kelas memiliki peranan yang sangat penting di sekolah. Tugas seorang wali kelas tidaklah mudah sebab harus dapat menjadi contoh dan juga pemimpin dalam memimpin siswa-siswi perwaliannya. Ada begitu banyak tugas dan tanggung jawab seorang wali kelas di sekolah sehingga mau tak mau seorang wali kelas dituntut untuk bisa kreatif dan dapat memandu siswa perwaliannya agar dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab.

 

Sahabat pendidikan, sebagai seorang wali kelas tentunya harus memiliki program kerja yang dapat menjadi rencana kerja yang baik selama menjadi wali kelas. Dengan membuat program kerja wali kelas maka nantinya tahapan-tahapan yang akan di kerjakan dapat terlaksana dengan baik dan tentunya dapat terarah sebab telah disusun sedemikian rupa dalam bentuk program kerja.

 

Apabila bapak dan ibu guru yang saat ini selain memiliki tigas mengajar di sekolah juga di berikan tugas tambahan sebagai seorang wali kelas maka anda harus mengetahui rencana-rencana apa saja yang nantinya akan di kerjakan pada saat menjadi wali kelas.  Hal itu tentunya harus disusun dengan matang dan sesuai dengan keadaan yang ada di sekolah masing-masing.

 

Apabila anda yang saat ini menjadi seorang wali kelas baik itu di sekolah jenjang SD, SMP, SMA maupun SMK namun belum memiliki program kerja sebagai seorang wali kelas maka hendaknya anda belajar untuk membuat program kerja wali kelas. Hal itu tentunya akan sangat membantu anda saat anda menjadi wali kelas karena nantinya apa yang anda rencanakan dalam pekerjaan sebagai wali kelas dapat tersusun dan terlaksana dengan baik dalam sebuah program kerja.

 

Pada kesempatan kali ini admin kherysuryawan.id akan membantu para bapak dan ibu guru yang saat ini menjadi wali kelas di sekolah namun belum memiliki laporan wali kelas atau program wali kelas. Melalui postingan ini admin akan mmeberikan contoh program wali kelas yang dapat anda jadikan sebagai acuan atau dasar dalam membuat program kerja wali kelas.

 

Perlu bapk ibu guru ketahui bahwa Program Kerja Wali Kelas ini merupakan salah satu bagian dari tanggung jawab wali kelas sebagai pendidik dan pembimbing siswa di sekolah. Program Kerja Wali Kelas ini disusun sebagai pedoman atau pegangan wali kelas untuk mengelola kelas secara baik dan terarah guna meningkatkan dan menunjang keberhasilan siswa dalam menempuh pendidikan di sekolah.

 

Seorang wali kelas di siapkan atau dipilih di setiap kelas dengan tujuan agar bisa mendampingi dan memberikan bimbingan, pelayanan dan pembelajaran yang baik kepada setiap perwaliannya. Wali kelas dapat diartikan sebagai orang tua siswa di sekolah yang diberi tugas untuk mengawasi, membimbing, memotivasi dan mengarahkan serta menyelesaikan masalah siswa agar selalu memiliki tanggung jawab untuk belajar.dengan adanya program kerja wali kelas ini maka diharapkan kelas menjadi tempat yang nyaman, dan kondusif untuk berlangsungnya proses pembelajaran.

 

Bapak dan ibu guru yang menjadi wali kelas di sekolah perlu di ketahui bahwa ada begitu banyak tugas yang harus di kerjakan oleh seorang wali kelas di sekolah. Berikut ini beberapa jenis pekerjaan atau tugas yang dapat di kerjakan oleh seorang wali kelas :

1.   Mengelola penyelenggaraan administrasi kelas seperti denah tempat duduk  peserta didik, jadwal pelajaran dan piket, jurnal kelas, dan tata tertib kelas, struktur organisasi, buku kemajuan belajar, buku inventaris barang.

2.   Mengetahui identitas dan kepribadian anak didik (Data Rapor)

3.   Memotivasi peserta didik.

4.   Pembinaan rutin peserta didik.

5.   Mengetahui tingkat kemampuan, status sosial/ekonomi anak didik. 

6.   Merekapitulasi kehadiran peserta didik.

7.   Pengisian daftar kumpulan nilai peserta didik (leger)

8.   Pembuatan catatan khusus tentang peserta didik.

9.   Pencatatan mutasi keluar-masuk peserta didik.

10.Pengisian buku laporan hasil belajar peserta didik.

11.Pembagian buku laporan hasil belajar peserta didik.

12.Kunjungan rumah/peserta didik dalam rangka mengatasi kesulitan peserta didik/mengatasi hambatan.

13.Membuat laporan rekapitulasi kehadiran peserta didik setiap bulan.

 

Itulah beberapa jenis tugas yang harus di kerjakan oleh seorang wali kelas di sekolah. Meskipun demikian tugas tersebut mungkin saja akan berbeda dengan tugas yang ada di sekolah bapak ibu masing-masing. Intinya bahwa apabila seorang wali kelas bisa menyiapkan atau membuat program kerja maka wali kelas akan mudah dalam melaksanakan tugasnya di sekolah.

 

Program kerja wali kelas sangat penting untuk di buat oleh seorang wali kelas selain sebagai sebuah rencana nantinya program kerja tersebut akan menjadi sebuah dokumen yang sangat penting bagi sekolah baik dalam hal supervisi sekolah maupun dalam hal akresitasi sekolah, olehnya itu membuat program kerja sebagai wali kelas sangat di sarankan untuk di lakukan oleh seorang wali kelas.

 

Adapun tujuan dari admin kherysuryawan.id membuat postingan ini ialah hanya untuk membantu bapak atau ibu guru yang saat ini sedang membutuhkan dokumen program kerja wali kelas. Olehnya itu melalui kesempatan kali ini admin akan membagikan contoh program kerja wali kelas yang mana program kerja wali kelas ini dapat di gunakan baik untuk sekolah SD, SMP, SMA maupun SMK.

 

Dalam menggunakan contoh file program kerja wali kelas ini maka bapak dan ibu guru dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan keadaan yang ada di sekolah masing-masing. Oh ya file program kerja wali kelas yang akan admin kherysuryawan.id bagikan ini formatnya telah di simpan dalam bentuk MS Word, sehingga anda yang akan menggunakannya dapat dengan mudah untuk melakukan pengeditan atau penyesuaian sesuai kebutuhan masing-masing.

 

Baiklah bagi bapak dan ibu guru yang ingin memiliki file program kerja wali kelas ini, maka silahkan anda download filenya yang akan saya bagikan secara gratis di bawah ini :

 

  • Program Kerja Wali Kelas Format Word Terbaru (DISINI)

 

Demikianlah informasi mengenai contoh program kerja wali kelas untuk sekolah SD,SMP,SMA/SMK yang bisa admin kherysuryawan.id bagikan pada kesempatan kali ini, semoga file program kerja wali kelas yang telah di bagikan tersebut dapat membantu tugas bapak dan ibu guru yang saat ini mengemban tugas sebagai seorang wali kelas di sekolah.

Sekian dan semoga bermanfaat, Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel