2 Contoh RKJM Tahun 2023-2027 Jenjang SD, SMP, SMA, SMK

Kherysuryawan.id – Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) Terbaru tahun 2023 sampai tahun 2027 untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK Versi doc (dalam file microsoft word)

Sahabat pendidik dimanapun berada pada kesempatan kali ini saya akan membahas dan juga akan sekaligus membagikan file contoh RKJM untuk kepala sekolah maupun untuk guru yang di tugaskan untuk membuat rencana kerja menengah pada sekolah masing-masing.

 


Adapun contoh RKJM yang akan saya berikan pada kesempatan kali ini yaitu ada 2 diantaranya ialah RKJM untuk sekolah negeri dan juga RKJM untuk sekolah madrasah. Kiranya kedua contoh file RKJM yang akan saya bagikan ini bisa membantu para kepala sekolah maupun tim yang ditugaskan untuk membuat RKJM di sekolah.

 

Bisa dimaklumi juga apabila RKJM yang terdapat di dalam kedua file ini tidaklah sempurna sebab tidak ada satupun manusia yang sempurna maka olehnya itu partisipasi anda dalam melakukan pembaruan sangat di butuhkan dalam membuat RKJM yang akan menggunakan contoh yang sesuai dengan yang saya bagikan ini.

 

Dalam proses pembuatan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) sekolah ada beberapa yang harus di persiapkan khususnya program kerja yang akan di kerjakan selama 4 tahun kedepan. Olehnya itu kerjasama sangat di butuhkan oleh seluruh pihak dan warga sekolah agar program kerja sekolah yang telah dibuat bisa berlangsung dan berjalan sesuai harapan.

 

Pada proses pembuatan Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) sekolah yang harus di buat diantaranya yaitu halaman judul, halaman pengesahan, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, visi misi dan tujuan sekolah/madrasah, profil sekolah/madrasah, Program kerja sekolah/madrasah, rencana anggaran sekolah/madrasah, dan penutup(kesimpulan).

 

Para pendidik yang berbahagia, Postingan ini juga sengaja saya buat sebagai bentuk kepedulian terhadap para kepala sekolah dan pendidik yang ingin mendapatkan contoh dalam membuat rencana kerja menengah untuk keperluan di sekolah masing-masing. Selain itu saya juga mendapatkan sebuah email yang mengaharapkan agar di blog kherysuryawan.id ini bisa membahas dan memberikan contoh RKJM sehingga di kesempatan ini saya baru bisa mewujudkan keinginan tersebut.

 

Bapak dan ibu kepala sekolah serta para pendidik lainnya perlu di ketahui bahwa di setiap satuan Pendidikan wajib untuk bisa membuat sebuah rencana dalam mengatur program yang nantinya akan dilakukan oleh sekolah dalam jangka waktu tertentu. Rencana atau program yang harus di buat sekolah salah satunya ialah rencana kerja jangka menengah (RKJM).

 

Sebagai informasi bahwa RKJM merupakan rencana kerja jangka menengah sekolah yang dibuat dalam 1 periode untuk masa waktu 4 tahun. Jadi program yang ada di dalam rencana yang telah di buat dalam RKJM merupakan program unggulan sekolah yang nantinya akan menjadi sasaran dalam melaksanakan program tersebut selama masa 4 tahun kedepan.

 

Untuk membuat RKJM sekolah baik itu RKJM sekolah SD, RKJM sekolah SMP, RKJM sekolah SMA mupun RKJM sekolah SMK maka harus ada kerjasama antara pihak yang menjadi penentu kebijakan dan penanggung jawab sekolah dalam hal ini kepala sekolah dengan tim pengembang sekolah yang telah di tetapkan oleh pihak sekolah melalui keputusan rapat dewan guru dan kepala sekolah di sekolah masing-masing.

 

Untuk membuat Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) sekolah, memang tidaklah mudah sebab akan begitu banyak program yang harus di masukkan sesuai kebutuhan sekolah dan yang akan di kerjakan selama 4 tahun kedepan maka olehnya itu kepala sekolah dan tim pengembang sekolah harus bisa bersinergi dalam membangun upaya dan rencana untuk memajukan kualitas Pendidikan dan mutu Pendidikan sekolah melalui rencana-rencana yang akan di buat dalam masa waktu 4 tahun.

 

Bagi anda kepala sekolah dan guru yang saat ini menjadi tim dalam pembuatan RKJM sekolah namun belum memiliki sebuah referensi untuk bisa membuat program Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) sekolah maka melalui postingan ini kiranya anda bisa mendapatkan contoh RKJM yang bisa anda jadikan sebagai panduan dan bantuan dalam membuat RKJM sekolah anda.

 

Contoh Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) sekolah yang akan saya bagikan ini bisa anda gunakan untuk membuat RKJM pada sekolah jenjang SD, sekolah jenjang SMP, sekolah jenjang SMA dan SMK. Sebelum anda membuatnya maka anda bisa melihat contoh yang akan saya siapkan di artikel ini atau jika anda pun ingin menggunakan file yang akan saya bagikan ini sebagai referensi maka anda bisa melakukan pengeditan atau pembaharuan sesuai kebutuhan di sekolah anda masing-masing.

 

Bapak dan ibu kepala sekolah serta dewan guru dimanapun berada, sebagai informasi pula bahwa file Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) sekolah  yang akan saya bagikan disini telah saya siapkan dan saya simpan dalam bentuk formast doc atau dalam bentuk Microsoft word sehingga tentunya akan mudah untuk di edit dan anda bisa menggunakannya untuk keperluan di sekolah anda masing-masing namun tentunya harus di sesuaikan dengan kondisi yang ada di sekolah anda masing-masing.

 

Sebelum saya membagikan file Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) perlu anda ketahui bahwa disini saya akan membagikan 2 jenis contoh RKJM yaitu RKJM untuk sekolah di bawah naungan kemendikbud dan juga RKJM untuk sekolah dibawah naungan departemen agama. Apabila anda membuatuhkan salah satu dari kedua dokumen RKJM tersebut maka anda bisa memilikinya dengan memilih salah satu yang sesuai dengan kebutuhan sekolah anda namun jika ternyata anda pun membutuhkan kedua contoh RKJM tersebut maka anda pun bisa memiliki keduanya dengan mudah.

 

Perlu diingat bahwa file Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) sekolah yang akan saya bagikan disini hanyalah sebuah contoh saja jadi bagi anda yang ingin membuat RKJM di sekolah anda masing-masing, maka anda bisa menyesuaikannya dengan kondisi dan program kerja yang sesuai dengan yang di perlukan atau di butuhkan di sekolah anda masing-masing. File RKJM ini kiranya bisa anda jadikan sebagai bahan referensi dalam membuat RKJM di sekolah anda.

 

Baiklah bagi anda yang ingin mendapatkan file contoh Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) sekolah baik untuk SD, SMP, SMA maupun SMK maka di bawah ini saya telah menyediakan 2 jenis file RKJM sekolah yang bisa anda miliki secara gratis dan berikut ini filenya :


2 CONTOH RKJM UNTUK SEKOLAH FORMAT WORD

  • Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) 1 (DISINI)
  • Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) 2 (DISINI)

Lihat Juga :
👉 Laporan Rencana Kerja Sekolah (RKS) - (DISINI)
👉 Laporan Rencana Kegiatan dan Aggaran Sekolah (RKAS) - (DISINI)
👉 Dokumen Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan - (DISINI)

Contoh Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) sekolah yang telah saya bagikan diatas merupakan contoh RKJM sekolah terbaru yang bisa membantu anda dalam membuat RKJM di sekolah anda masing-masing. Meskipun dimasa pendemi seperti sekarang ini sebagai kepala sekolah dan dewan guru yang bertanggung jawab dalam mengemabangkan mutu dan kualitas Pendidikan maka anda tetap perlu untuk bisa membuat rencana kerja sekolah agar sekolah bisa lebih berkembang.

 

Demikianlah informasi seputar Rencana Kerja Jangka Menengah (RKJM) sekolah yang bisa saya bahas pada kesempatan kali ini, semoga apa yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini senantiasa bisa bermanfaat baik untuk para kepala sekolah maupun untuk pihak warga sekolah yang terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam proses pembuatan RKJM di sekolah.

Sekian dan semoga Bermanfaat. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel