KOSP Format Word Untuk Dokumen Bukti Dukung PMM Tahun 2024

Kherysuryawan.id – Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) Untuk PMM Jenjang PAUD, SD, SDLB, SMP, SMPLB, SMA, SMALB, SMK, SMKLB.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang salah satu admininstrasi yang sangat penting yang harus dibuat atau di persiapkan oleh setiap satuan pendidikan dalam memperlancar pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah.

 


Salah satu administrasi sekolah yang harus ada dan dimiliki oleh setiap satuan pendidikan yaitu Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP).

Apa itu KOSP ?

Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) adalah :

  • Rencana proses belajar
  • Pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran

KOSP yang akan di buat oleh setiap satuan pendidikan tentunya akan berbeda-beda agar bermakna dan  sesuai konteks dan kebutuhan.

 

Yang menjadi komponen dalam penyusunan KOSP ialah Analisis Karakteristik Satuan Pendidikan, Visi, Misi, dan Tujuan Satuan Pendidikan, Pengorganisasian Pembelajaran dan Perencanaan Pembelajaran.

Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP) memuat seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan dan sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran. Untuk menjadikannya bermakna, kurikulum operasional satuan pendidikan dikembangkan sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik dan satuan pendidikan.

 

Apakah di sekolah anda sudah membuat KOSP ?

Saat ini semua sekolah telah menerapkan kurikulum merdeka. Pada struktur Kurikulum Merdeka, Kurikulum Opersional Satuan Pendidikan (KOSP) disusun berdasarkan kerangka dasar dan struktur yang ditetapkan secara nasional, visi misi, serta karakteristik satuan pendidikan.

 

Pada prinsipnya, dalam penyusunan KOSP ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antaranya:

a.     Berpusat pada peserta didik, yaitu pembelajaran harus memenuhi keragaman potensi, kebutuhan perkembangan dan tahapan belajar, serta kepentingan peserta didik. Profil Pelajar Pancasila selalu menjadi rujukan semua tahapan dalam penyusunan kurikulum operasional di satuan pendidikan.

b.     Kontekstual, yaitu menunjukkan kekhasan dan sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, konteks sosial budaya dan lingkungan, serta dunia kerja dan industri (khusus SMK), dan menunjukkan karakteristik atau kekhususan peserta didik berkebutuhan khusus (khusus SLB).

c.     Esensial, yaitu memuat semua unsur informasi penting/utama yang dibutuhkan dan digunakan di satuan pendidikan. Bahasa yang digunakan lugas, ringkas, dan mudah dipahami.

d.     Akuntabel, yaitu dapat dipertanggungjawabkan karena berbasis data dan aktual.

e.     Melibatkan berbagai pemangku kepentingan, yaitu melibatkan komite satuan pendidikan dan berbagai pemangku kepentingan antara lain orang tua, organisasi, berbagai sentra, serta industri dan dunia kerja untuk SMK, di bawah koordinasi dan supervisi Dinas Pendidikan atau kantor kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama sesuai dengan kewenangannya.

 

Kurikulum operasional dalam satuan pendidikan merupakan dokumen yang bersifat dinamis, di mana bisa diperbaharui secara berkesinambungan, dapat dijadikan referensi dalam keseharian, dan dapat direfleksikan serta dikembangkan. Kurikulum harus disusun dengan melibatkan seluruh pihak seperti siswa, orang tua, masyarakat, industri, dan para pihak pemangku kebijakan.

 

Secara garis besar KOSP terdiri dari :

1. Karakteristik Peserta Didik

2. Visi Misi sekolah

3. Pengorganisasian Pembelajaran

4. Implementasi kurikulum

5. Struktur kurikulum

6. Kalender pendidikan

7. Perencanaan pembelajaran

8. Perangkat Pembelajaran

 

Jika di sekolah anda ternyata belum membuat dan belum memiliki Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP), maka tenang saja sebab melalui postingan ini admin kherysuryawan akan mencoba berbagi file Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) yang sudah disiapkan dalam format Word, sehingga akan sangat membantu sekolah dalam membuat dan menyiapkan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP).

 

Dalam menyusun KOSP memang tidak hanya di kerjakan secara individu saja melainkan harus ada kerja sama antar warga sekolah. Dengan sikap kolaborasi maka akan memudahkan sekolah dalam menyusun dan membuat KOSP. Sekolah diharapkan membuat KOSP sesuai dengan kurikulum yang di gunakan agar bisa menjadi dasar dan pegangan dalam menerapkan kurikulum yang telah di pilih dan di gunakan di sekolah.

 

Admin kherysuryawan disini telah menyiapkan beberapa file contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) baik dalam format word maupun juga dalam format PDF. Tujuan di bagikannya contoh Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) ini ialah agar bisa menjadi referensi bagi sekolah yang ingin membuat KOSP. Meskipun demikian untuk menyusun dan membuat KOSP maka haruslah di sesuaikan dengan kondisi dan keadaan yang ada di sekolah masing-masing.

 

Baiklah bagi anda yang ingin memiliki contoh pembuatan KOSP yang telah disiapkan dalam format Word maupun PDF, maka silahkan di miliki filenya yang telah admin kherysuryawan bagikan di bawah ini :

 

FILE Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) :

  • KOSP SMP Model 1 Format Word – (DISINI)
  • KOSP SMP Model 2 Format Word – (DISINI)
  • KOSP PAUD Format Word – (DISINI)
  • KOSP SD, SMP, SMA, SMK (Lengkap) - DISINI

 

Demikianlah informasi mengenai Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP). Semoga file KOSP yang telah admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan ini bisa menjadi referensi bagi sekolah yang baru akan menyusun dan membuat Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP).

Sekian dan Semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel