3 Contoh RKS SD,SMP,SMA,SMK Tahun 2024

Kherysuryawan.id – Rencana Kerja Sekolah (RKS) SD, SMP, SMA, SMK Terbaru Format Word untuk kebutuhan laporan satuan pendidikan di PMM.

Halo sahabat kherysuryawan, senang rasanya di kesempatan kali ini admin bisa kembali berbagi informasi yang berhubungan dengan dunia pendidikan. Seperti kita ketahui bersama salah satu laporan yang harus di buat oleh sekolah untuk menentukan arah dan tujuan sekolah yang lebih baik yaitu dengan membuat sebuah rencana kerja sekolah atau yang biasa di singkat dengan RKS.

 

Apakah di sekolah anda sudah membuat dan memiliki RKS ? perlu diketahui bahwa sekolah wajib untuk membuat RKS. Selain sebagai sebuah program sekolah, RKS juga menjadi salah satu dokumen perencanaan satuan pendidikan yang nantinya akan di butuhkan sebagai slah satu dokumen dalam bukti dukung pelaksanaan kinerja di PMM.

Jika di sekolah anda belum membuat Rencana Kerja Sekolah maka diharapkan untuk bisa melakukan rapat pembentukan Tim penyusunan RKS agar bisa membuat perencanaan sekolah demi kelancaran program-program sekolah.

 

Rencana Kerja Sekolah (RKS) merupakan sebuah proses menentukan tindakan masa depan (4 tahun) sekolah yang tepat melalui urutan pilihan untuk mencapai tujuan pendidikan. RKS yang dibuat tentunya disesuaikan dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, sosial budaya masyarakat, potensi sekolah dan kebutuhan peserta didik. RKS (Rencana Kerja Sekolah) disusun sebagai pedoman kerja dalam pengembangan sekolah, dasar untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan sekolah, dan sebagai bahan acuan untuk mengidentifikasi serta mengajukan sumber daya yang diperlukan.

 

Lantas, apa saja tujuan dibentuknya atau di buatnya RKS di sekolah ?

Berikut ini beberapa Tujuan dilakukan Penyusunan Rencana Kerja Sekolah (RKS):

1.     Mengetahui semua potensi sekolah yang ada untuk dapat diolah dan dikembangkan.

2.     Sebagai pedoman operasional dalam mengelola sekolah selama satu tahun pelajaran dan tahun-tahun berikutnya.

3.     Menjamin agar tujuan dan sasaran sekolah dapat tercapai.

4.     Mendukung koordinasi antar pelaku sekolah;

5.     Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar pelaku sekolah, antar sekolah dan dinas pendidikan;

6.     Menjamin keterkaitan antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan;

7.     Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat;

8.     Menjamin pengguanaan sumberdaya yang ekonomis, efisien, efektif, berkeadilan, berkelanjutan serta memperhatikan kesetaraan gender.

 

Adapun Manfaat penyusunan rencana kerja sekolah diantaranta adalah sebagai berikut :

1.     Pedoman kerja untuk perbaikan dan pengembangan sekolah

2.     Sarana untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan sekolah

3.     Bahan untuk mengajukan usulan pendanaan pengembangan sekolah.

 

Untuk di ketahui bahwa Proses penyusunan RKS dilakukan melalui tiga jenjang, yaitu: persiapan, perumusan RKS dan pengesahan RKS.

 

Berikut ini adalah uraian singkat tentang Alur Penyusunan RKS.

 

1. Persiapan

Sebelum penyusun RKS dilakukan, Dewan Pendidikan (Kepala sekolah dan guru) bersama Komite Sekolah membentuk tim pengembang sekolah (TPS) yang tugas utamanya adalah menyusun RKS. Pembentukan TPS hendaknya dilakukan melalui proses demokratis dengan mengedepankan musyawarah mufakat.

 

2. Proses Penyusunan RKS

Penyusunan RKS terdiri dari 5 (lima) tahap, yaitu :

  • Tahap I : Menetapkan Kondisi Sekolah saat ini
  • Tahap II : Menetapkan Kondisi Sekolah yang Diharapkan
  • Tahap III : Menyusun Program dan Kegiatan
  • Tahap IV ; Merumuskan Rencana Anggaran Sekolah
  • Tahap V : Merumuskan Rencana Kerja Tahunan Sekolah (RKTS) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

 

3. Pengesahan dari 3 (tiga) langkah, yakni ;

1)    Penyetujuan RKS oleh rapat dewan Pendidik setelah memperhatikan pertimbangan dari komite sekolah/Sekolah,

2)    Pengesahan berlakunya RKS oleh Dinas Pendidikan/Kantor Kemenag (untuk Sekolahnegeri swasta),

3)    Sosialisasi kepada pemangku kepentingan sekolah.

 

Setiap satuan pendidikan sangat penting untuk bisa membuat Rencana Kerja Sekolah (RKS). Dengan adanya RKS maka diharapkan sekolah dapat melakukan hal-hal positif sesuai dengan perencanaan untuk pengembangan sekolah.

 

Apabila disekolah anda belum memiliki atau belum membuat program Rencana Kerja Sekolah (RKS), maka tak perlu khawatir sebab melalui postingan ini admin kherysuryawan akan berbagi file contoh Rencana Kerja Sekolah (RKS) yang bisa dijadikan sebagai rujukan atau referensi dalam membuat dan menyusun Rencana Kerja Sekolah (RKS).

 

Sebagai informasi bahwa contoh program Rencana Kerja Sekolah (RKS) yang akan admin kherysuryawan bagikan pada kesempatan ini filenya telah disiapkan dalam format word dan juga PDF sehingga akan sangat mudah untuk di gunakan dan anda bisa memilih file yang sesuai dengan yang anda inginkan.

 

Intinya bahwa dalam membuat Rencana Kerja Sekolah (RKS), maka diharapkan setiap sekolah bisa menyesuaikan dengan keadaan yang sebenarnya yang terjadi di sekolah masing-masing sehingga seluruh program yang dianggap perlu sebagai pengembangan sekolah bisa terlaksana dengan baik sesuai program yang telah di buat dalam Rencana Kerja Sekolah (RKS).

 

Baiklah di bawah ini 3 contoh Rencana Kerja Sekolah (RKS) yang bisa anda miliki, dan anda bisa menjadikannya sebagai referensi dalam membuat Rencana Kerja Sekolah (RKS). Berikut ini file RKS yang telah di bagikan dalam bentuk Word maupun PDF.

 

 

Demikianlah informasi mengenai contoh Rencana Kerja Sekolah (RKS) yang bisa admin kherysuryawan bagikan di kesempatan ini. File contoh Rencana Kerja Sekolah (RKS) yang telah di berikan diatas bisa digunakan sebagai rujukan dalam menyusun RKS bagi sekolah SD, SMP, SMA dan SMK dan di harapkan dapat disesuaikan dengan keadaan real yang ada di sekolah masing-masing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel