-->

Bukti Fisik Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Tahun 2020/2021


Kherysuryawan.id – Download bukti fisik penilaian kinerja kepala sekolah terbaru untuk jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA maupun jenjang SMK.
Kepala sekolah memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan sekolah yang di pimpinnya. Seperti yang kita ketahui saat ini bahwa kepala sekolah sudah tidak lagi wajib mengajar dikelas melainkan hanya sebagai manajerial, oleh sebab itu peranan kepala sekolah tentunya akan semakin efektif dalam membawahi seluruh guru dan karyawan sekolah serta menjadi contoh yang bisa di teladani oleh seluruh warga sekolah.


Dalam melakukan tugas dan tanggung jawab maka tentunya seseorang akan di nilai dari bagaimana kinerja yang dilakukannya selama memegang sebuah jabatan ataupun sebuah pekerjaan. Jika guru dinilai kinerjanya oleh kepala sekolah maka kepala sekolah tentunya akan dinilai pula kinerjanya oleh pemimpinnya yaitu kepala dinas Pendidikan kabupaten/kota yang dalam hal ini sebagai penilai bagi kinerja kepala sekolah.

Untuk bisa mengetahui bagaimana kinerja kepala sekolah, maka tentunya akan ada beberapa bentuk penilaian yang akan di lakukan mulai dari kelengkapan dokumen yang berhubungan dengan tugas guru dan kepala sekolah serta bagaimana hasil kerja fisik yang di buktikan dengan dokumentasi perkembangan sekolah selama ini.
Tugas sebagai seorang kepala sekolah tidaklah mudah karena jika ada hal-hal yang berhubungan dengan sekolah maka tentunya kepala sekolah harus bisa mengambil keputusan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan keperluan sekolah.

Keberhasilan sekolah dapat terjadi apabila ada kerjasama yang baik antara kepala sekolah, dewan guru, staf tata usaha, komite sekolah serta seluruh warga sekolah lainnya yang memiliki kepentingan dalam memajukan sekolah. Kepala sekolah sebagai atasan harus memiliki ketegasan dalam memberikan keputusan serta harus dapat mempertanggung jawabkan semua ketentuan yang telah di tetapkan sesuai dengan hasil rapat yang dilakukan Bersama-sama oleh seluruh dewan guru dan warga sekolah.

Saat ini ada beberapa pekerjaan sekolah yang harus benar-benar di pahami oleh kepala sekolah dalam memajukan perkembangan sekolah khususnya di bidang teknologi Pendidikan yang mengedepankan asas kejujuran dalam melakukan proses penginputan data sekolah untuk bisa mengetahui bagaimana hasil dan kinerja sekolah selama ini yang di aplikasikan dan di laporkan dalam bentuk pendataan pada aplikasi dapodik dan juga pada aplikasi penjaminan mutu Pendidikan.

Pada aplikasi penjaminan mutu Pendidikan (PMP) maka sekolah akan mudah untuk di nilai bagaimana perkembangan yang terjadi di dalam sekolah tersebut sebab pada pengisian PMP maka seluruh warga sekolah atau yang mewakili wajib melakukan pengisian evaluasi diri sekolah (EDS).
Didalam formulir isian EDS ada begitu banyak pertanyaan yang harus di jawab dengan sungguh-sungguh untuk bisa mengetahui apa-apa saja kekurangan dan kelebihan yang ada pada sekolah tersebut.

Adapun responden yang wajib mengisi pada EDS penjaminan mutu Pendidikan sekolah yaitu meliputi siswa, guru, kepala sekolah, komite dan pengawas sekolah. Di dalam EDS terdapat 8 standar yang akan di nilai hasil kinerjanya yaitu :
1.   Standar isi
2.   Standar proses
3.   Standar kompetensi lulusan
4.   Standar pendidik dan kependidikan
5.   Standar sarana dan prasarana
6.   Standar pengolahan
7.   Standar pembiayaan
8.   Standar penilaian
Sebagai seorang kepala sekolah maka seluruh item tersebut harus diyakinkan dapat benar-benar di kerjakan dengan baik yakni dengan memilih anggota baik guru maupun tenaga kependidikan yang membawahi masing-masing komponen tersebut agar nantinya semua dapat berjalan dengan baik sesuai harapan.

Dari kedelapan standar yang akan dinilai tersebut maka nantinya sekolah harus menuangkan 8 standar tersebut kedalam program RKJM atau rencana kerja jangka menengah. RKJM merupakan program kerja yang di canangkan selam 4 tahun yang artinya bahwa semua agenda program yang akan di kerjakan sesuai dengan rencana yang telah di buat sekolah akan di usahakan untuk bisa di selesaikan selama 4 tahun.

Dari program rencana kerja jangka menengah (RKJM) maka sekolah membuat turunan yaitu berupa rencana kerja tahunan sekolah (RKTS) yang akan di priorotaskan pelaksanaanya dalam jangka 1 tahun. rencana kerja tahunan sekolah merupakan program janga pendek yang mana untuk bisa memperoleh keberhasilan dalam melakukan program tersebut maka kepala sekolah harus bisa membuat sebuah tim yang nantinya akan mengendalikan seluruh rencana yang akan di lakukan selama 1 tahun kedepan.

Selain membuat rencana kerja tahunan maka sekolah juga harus membuat rencana kerja sekolah (RKS) yang mana disinilah sekolah membuat beberapa rencana atau program yang meliputi kegiatan guru, kegiatan staff TU, kegiatan pembelajaran regular dan ekstrakurikuler dan program sekolah lainnya yang di pandang perlu untuk di perhatikan dalam mengembangkan kualitas sekolah.

Perlu di ketahui pula bahwa dalam melakukan proses penilaian khususnya penilaian kinerja kepala sekolah maka kepala sekolah harus dapat memperlihatkan bukti fisik yang di butuhkan dalam penentuan penilaian kinerja kepala sekolah.
Ada beberapa jenis bukti fisik yang harus di persiapkan oleh seorang kepala sekolah dalam melakukan penilaian kinerja kepala sekolah.

Pada postingan kali ini, saya akan memberikan beberapa jenis file bukti fisik penilaian kinerja kepala sekolah (PKKS) yang mana seluruh bukti fisik ini di simpan dalam beberapa file yang berformat MS.word dengan tujuan agar bisa mudah di edit dan di sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna.
Bagi anda kepala sekolah yang sedang membutuhkan contoh bukti fisik penilaian kinerja kepala sekolah baik kepala sekolah jenjang SD, kepala sekolah jenjang SMP, kepala sekolah jenjang SMA maupun kepala sekolah jenjang SMK maka anda bisa mengambil file yang akan saya bagikan pada postingan ini untuk anda jadikan sebagai bahan referensi bagi kepala sekolah yang akan melakukan proses penilaian kinerja kepala sekiolah.

Berikut ini beberapa file bukti fisik penilaian kinerja kepala sekolah yang bisa anda miliki secara gratis di bawah ini :
  1. Admnistrasi K7 (Disini)
  2. Analisi Swot (Disini)
  3. Angket (Disini)
  4. Buku Pembina PTK (Disini)
  5. Buku Pembina TU (Disini)
  6. Daftar Hadir Kegiatan Keagamaan (Disini)
  7. SK Tim Pengembang Sekolah (Disini)
  8. SK Tim Pengembang Kurikulum (Disini)
  9. Rencana Kerja Tahunan Sekolah (Disini)        
  10. Evaluasi Diri Sekolah (EDS) (Disini
  11. Format Email Sekolah (Disini
  12. Format Agenda harian Kepala sekolah (Disini
  13. Format Kotak Saran (Disini)
  14. Layanan khusus (Disini)
  15. Monitoring dan Evaluasi (Disini)
  16. Program Peningkatan Kompetensi Guru (Disini)
  17. Program kerja sama (Disini)
  18. Program Pengelolaan dan pendayagunaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Disini)
  19. Program Pengembangan SDM (Disini)
  20. Program Smart (Disini)
  21. Program Supervisi Akademik (Disini)
  22. Rencana Tindak Lanjut Hasil Evaluasi Diri Sekolah (Disini)
  23. Format Senyum,Salam,Sapa (Disini)
  24. Struktur Organisasi (Disini)
  25. Usaha Kesehatan Sekolah (Disini)
  26. Format Pengembang Sekolah dan Strukturnya (Disini)

Demikinlah yang dapat saya informasikan sekaligus saya bagikan pada postingan ini, kiranya file contoh bukti fisik untuk penilaian kepala sekolah yang telah saya bagikan tersebut dapat bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkannya. Dan semoga dengan adanya file bukti fisik penilaian kepala sekolah tersebut dapat menjadi referensi bagi setiap kepala sekolah yang akan melakukan proses penilaian kinerja kepala sekolah.
Sekian dan Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel