5 Contoh SK Tim Pengembang Sekolah Terbaru


Kherysuryawan.id – 5 Jenis SK Tim Pengembang Sekolah SD, SMP, SMA/SMK.
Dalam memajukan kualitas Pendidikan sekolah maka diperlukan kerja keras seluruh warga sekolah yang melibatkan guru, kepala sekolah, staf/karyawan sekolah, siswa , komite dan masyarakat. Apabila warga sekolah tidak saling bahu membahu dalam menata struktur sesuai dengan tugasnya masing-masing maka susah untuk bisa mengembangkan dan meningkatkan kualitas Pendidikan di sekolah.


Seperti yang kita ketahui bahwa di dalam suatu satuan Pendidikan baik sekolah SD, sekolah SMP, sekolah SMA maupun sekolah SMK tentunya masing-masing memiliki seorang pimpinan yang dalam hal ini adalah kepala sekolah. Pemimpin atau kepala sekolah bukan berarti bahwa ia harus melakukan semuanya untuk bisa memajukan dan mengembangkan sekolah tersebut, sebab jika hanya pimpinan sekolah saja yang di bebankan untuk bisa mengembangkan sekolah maka pastinya hal itu tidak akan bisa sepenuhnya berhasil.

Kepala sekolah memang memiliki peranan yang sangat besar dalam mengembangkan dan memajukan sekolah namun tentunya tidak akan berhasil dengan maksimal jika tanpa ada bantuan dan kerja sama dari pihak-pihak lain. Oleh sebab itulah di butuhkan beberapa orang yang bisa memberikan ide-ide cemerlang dalam menata dan membangun sekolah kearah yang lebih baik.

Untuk bisa memajukan dan mengembangkan sekolah maka di perlukan sebuah tim pengembang sekolah sebab dengan adanya tim pengembang sekolah maka peran tim pengembang sekolah sangat di butuhkan dalam memberikan ide atau gagasan yang bisa membuat sekolah menjadi semakin berkembang kearah yang lebih baik.

Apabila kepala sekolah berkerja sama dengan tim pengembang sekolah dan seluruh tim bekerja dengan optimal sesuai dengan tugasnya masing-masing, maka dapat dipastikan akan terjadi perubahan kearah yang lebih baik sesuai dengan rencana yang telah di gagas oleh tim pengembang sekolah dalam memajukan sekolah.

Kepala sekolah sebagai manajerial tentunya memiliki peranan yang sangat besar dalam memajukan sekolah, oleh sebab itu sebagai seorang kepala sekolah maka harus bisa merangkul seluruh warga sekolah agar dapat saling bahu membahu dalam merencanakan program sekolah kearah yang baik sehingga apa yang di cita-citakan dapat benar-benar terwujud sesuai dengan harapan.

Dalam mengembangkan sekolah maka setiap orang yang masuk sebagai tim pengembang sekolah di harapkan dapat benar-benar menjadi contoh dalam menata dan merumuskan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk dapat memajukan sekolah. Dalam hal ini tim pengemban sekolah pun tidak akan bisa memberikan hasil yang optimal apabila tidak ada dukungan real baik dari dewan guru, komite dan masyarkat sekitar sehingga seluruh komponen yang ada di sekolah sangat dibutuhkan untuk bisa mendukung tim pengembang sekolah dalam menjalankan programnya.

Sebagai tim pengembang sekolah, maka ada tugas yang akan di kerjakan oleh masing-masing orang yang masuk di dalam tim tersebut. Adapun yang masuk di dalam tim pengembang sekolah yaitu meliputi pengarah, penanggung jawab, ketua, sekretaris, bendahara dan anggota/seksi-seksi. Masing-masing tim tersebut memiliki tugas yang berbeda-beda sesuai dengan jabatan yang di emban masing-masing tim.

Untuk mengetahui tugas yang harus di laksanakan oleh masing-masing tim pengembang sekolah maka berikut ini beberapa jenis tugas yang akan di kerjakan oleh masing-masing tim pengembang sekolah seperti yang di jabarkan di bawah ini :

1.    Pengarah (Komite Sekolah dan Pengawas Sekolah)
Tugas dari pengarah yaitu antara lain sebagai berikut :
-       Memberikan pengarahan dalam pengisian dan pengumpulan bukti fisik EDS.
-       Memberikan pengarahan dalam mengevaluasi EDS dan menyusun RPS.
-       Membantu dan bekerja sama dengan team pengembang lainnya.
2.    Penanggung Jawab
Tugas dari seorang penanggung jawab pengembangan sekolah yaitu :
-       Menerbitkan SK Team Pengembang Sekolah
-       Memberi petunjuk dan pengarahan tentang pelaksanaan pengisian instrumen EDS dan pengumpulan bukti fisik EDS kepada team pengembang EDS sekolah
3.    Ketua
Dalam hal ini tugas seorang ketua pengembangan sekolah antara lain :
-       Membentuk team Pengembang  Sekolah.
-       Memberi petunjuk dan pengarahan tentang pelaksanaan pengisian instrumen EDS dan pengumpulan bukti fisik EDS kepada team pengembang EDS sekolah.
-       Memonitor pelaksanaan pelaksanaan pengisian instrumen EDS dan pengumpulan bukti fisik EDS kepada masing-masing penanggung jawab standar
-       Bersama-sama dengan sekretaris menyelesaikan laporan EDS.
-       Mengkoordinir pelaksanaan pelaksanaan pengisian instrumen EDS dan pengumpulan bukti fisik EDS kepada masing-masing penganggung jawab standar.
-       Membantu dan bekerja sama dengan team pengembang lainnya.
4.    Sekretaris.
Tugas sekretaris pengembangan sekolah antara lain :
-       Membuat program kerja panitia dan membagi tugas team pengembang sekolah.
-       Bersama-sama dengan ketua menyelesaikan laporan EDS.
-       Mengarsipkan semua instrumen EDS yang sudah terisi beserta bukti fisik EDS.
-       Mengkoordinir pengetikan dokumen 1dan penyelesaian dokumen 2 Kurikulum Sekolah.
-       Menerima hasil kerja semua penanggung jawab standar.
-       Membantu dan bekerja sama dengan team pengembang lainnya.
5.    Bendahara
Sebagai seorang bendahara di dalam kepanitian tim pengembang sekolah, maka tugas yang harus di laksanakan diantaranya ialah :
-       Merencanakan dan mengatur anggaran belanja program pengembangan sekolah
-       Melakukan administrasi pengelolaan keuangan
-       Membuat administrasi laporan penggunaan anggaran belanja yang dilaksanakan dalam program pengembangan sekolah
-       Menyerahkan laporan penggunaan anggaran kepada penanggung jawab
6.    Anggota
Adapun tugas dari seorang anggota atau seksi-seksi pada tim pengembang sekolah yaitu :
-       Mengisi instrument EDS sesuai dengan tanggung jawabnya.
-       Mengumpulkan bukti fisik yang dibutuhkan .
-       Ikut bertanggung jawab dalam pembuatan laporan EDS.
-       Membantu dan bekerja sama dengan team pengembang lainnya.

Nah setelah memahami tugas dan tanggung jawab dari masing-masing tim pengembang sekolah yang telah saya jelaskan diatas maka langkah selanjutnya ialah membuat surat keputusan atau SK tim pengembang sekolah yang nantinya SK tersebut menjadi bukti fisik bahwa yang tercantum Namanya di dalam SK tersebut dianggap benar-benar layak dan memiliki kemampuan dalam melaksanakan tugas sebagai tim pengembang sekolah.

Bagi anda yang bertugas dalam membuat SK tim pengembang sekolah atau mungkin sedang membutuhkan contoh dalam pembuatan SK Tim Pengembang Sekolah, maka pada postingan ini saya akan memberikan 5 jenis contoh SK Tim Pengembang Sekolah yang dapat anda miliki secara gratis untuk di jadikan sebagai acuan dalam membuat SK Tim Pengembang Sekolah di sekolah anda masing-masing.

Adapun jenis format yang di gunakan pada kelima jenis contoh SK Tim Pengembang Sekolah yang akan saya bagikan disini yaitu tersimpan dalam format word agar anda yang akan menggunakannya dapat dengan mudah mengedit dan menyesuaikannya dengan kebutuhan di sekolah masing-masing.

Saya memahami bahwa tidak semua orang dapat dengan mudah membuat SK Tim Pengembang Sekolah oleh karenanya itu maka saya sengaja membagikan ke 5 jenis SK Tim Pengembang Sekolah ini agar dapat menjadi referensi bagi siapapun yang ingin membuat SK Tim Pengembang Sekolah.

Baiklah bagi anda yang membutuhkan file dari 5 Versi jenis SK Tim Pengembang Sekolah yang akan saya berikan pada postingan ini maka di bawah ini saya telah menyiapkan filenya yang bisa anda miliki secara gratis berikut ini :
  1. SK Tim Pengembang Sekolah Versi 1 (Disini
  2. SK Tim Pengembang Sekolah Versi 2 (Disini)
  3. SK Tim Pengembang Sekolah Versi 3 (Disini)
  4. SK Tim Pengembang Sekolah Versi 4 (Disini)
  5. SK Tim Pengembang Sekolah Versi 5 (Disini)

Sebagai bahan informasi, bahwa kelima jenis contoh SK Tim Pengembang Sekolah yang telah saya bagikan di atas sengaja saya password dengan tujuan agar tidak di salah gunakan oleh pengguna yang tidak bertanggung jawab, olehnya itu saya sengaja memasangkan password agar file tersebut tetap tersimpan dengan aman.
Bagi anda yang membutuhkan passwordnya agar bisa membuka file tersebut, maka silahkan anda lihat passwordnya (DISINI)

Semoga 5 jenis contoh SK Tim Pengembang Sekolah yang telah saya bagikan di atas dapat bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkannya dan juga semoga bisa menjadi bahan pelengkap dalam administrasi tim pengembang sekolah.
Sekian dan Terimakasih.

0 Response to "5 Contoh SK Tim Pengembang Sekolah Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel