Format Isian Bukti Fisik Penilaian Kinerja Kepala Sekolah Terbaru


Kherysuryawan.id – format jawaban bukti fisik penilaian kinerja kepala sekolah untuk kepala sekolah jenjang SD, jenjang SMP, jenjang SMA dan jenjang SMK.
Sebagai seorang kepala sekolah tentunya ada begitu banyak tugas yang harus di di kerjakan khususnya dalam membangun relasi yang baik terhadap bawahan agar seluruh warga sekolah dapat merasa nyaman dalam melaksanakan tugasnya masig-masing.


Kepala sekolah saat ini sudah tidak lagi memiliki kewajiban dalam mengajar sehingga 100 % tugasnya di peruntukkan untuk melakukan manajerial yang baik yang di harapkan bisa membangun dan mengembangkan sekolah kearah yang semakin baik. Ada begitu banyak tanggung jawab yang harus di kerjakan oleh seorang kepala sekolah mulai dari memberikan bimbingan kepada setiap guru agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik serta mengatur prosedur kerja baik secara tim maupun secara individual sehingga dapat menciptakan kemajuan sekolah dari tahun ke tahun.

Jika guru dan staff sekolah di nilai kinerjanya oleh kepala sekolah maka bukan berarti bahwa kepala sekolah hanya bertugas menilai bawahannya saja melainkan kepala sekolah juga akan tetap dinilai kinerjanya oleh atasannya yang dalam hal ini adalah kepala dinas Pendidikan kabupaten/kota masing-masing. Apabila kepala sekolah dianggap lalai dalam menjalankan amanah yang telah di berikannya maka tentunya akan mendapatkan sebuah teguran atau sanksi yang bisa mengakibatkan kepala sekolah tersebut tidak bisa lagi melanjutkan tugas dan jabatannya sebagai kepala sekolah.

Perlu di ketahui bahwa penilaian kinerja kepala sekolah atau yang sering di singkat dengan PKKS yaitu merupakan suatu kegiatan rutinitas tahunan yang bertujuan untuk menilai kinerja dari kepala sekolah mengenai apakah tugas dan tanggung jawab yang di berikan telah berhasil dilakukan dengan baik atau justru sebaliknya. Hal itu tentunya harus di barengi dengan adanya laporan serta bukti fisik yang menjadi bukti bahwa kepala sekolah sudah benar-benar menjalankan tugas dan kewajibannya dengan baik.

Sebagai kepala sekolah tentunya sudah memiliki bekal dan pengalaman yang mumpuni sebelum memegang jabatan tersebut karena untuk bisa menjadi kepala sekolah pastinya telah memiliki penguasaan dalam menjalankan kepemimpinan melalui program pelatihan sebagai calon kepala sekolah.
Dalam melakukan penilaian kinerja sebagai kepala sekolah juga di tujukan untuk mengetahui tingkat profesionalitas seorang kepala sekolah dalam merumuskan program yang menghasilkan keberhasilan sekolah yang dipimpinnya.

Kepala sekolah memegang peranan yang sangat besar dalam memajukan sekolah yang di pimpinnya. Maju mundurnya sekolah tentunya sangat berpegang pada kepemimpinan seorang kepala sekolah yang menjadi tongggak utama dalam perkembangan dan kemjuan sekolah.
Ada beberapa standar minimal prosedur tugas sebagai kepala sekolah yang harus di lakukan dan dimiliki oleh seorang kepala sekolah, diantaranya yaitu sebagai berikut :
-          Kepala sekolah sebagai pendidik
-          Kepala sekolah sebagai manajer
-          Kepala sekolah sebagai administrator
-          Kepala sekolah sebagai supervisor
-          Kepala sekolah sebagai leader
-          Kepala sekolah sebagai inovator
-          Kepala sekolah sebagai motivator
Apabila seorang kepala sekolah telah mampu menjalankan tugasnya sesuai dengan kapasitasnya sebagai seorang kepala sekolah dan telah mampu menjalankan ke tujuh standar prosedur diatas, maka dapat dipastikan kepala sekolah telah melakukan tugasnya secara professional.
Kepala sekolah menjadi contoh bagi bawahannya sehingga untuk bisa menilai bawahannya maka tentunya kepala sekolah juga harus bisa membuktikan bahwa ia pun memiliki penilaian kinerja yang baik dari atasannya.

Pada postingan kali ini saya akan membagikan beberapa dokumen yang ada hubungannya dengan penilaian kinerja kepala sekolah. Seperti yang kita ketahui bahwa dalam melakukan penilaian kinerja kepala sekolah maka ada beberapa dokumen penting yang tentunya harus di persiapkan sebagai bahan pemeriksanan oleh pengawas sekolah untuk di ajukan dalam tahapan penilaian kinerja seorang kepala sekolah.

Ada 6 komponen penilaian yang sangat penting untuk di perhatikan oleh seorang kepala sekolah diantaranya yaitu : kepribadian dan sosial, kepemimpinan pembelajaran, pengembangan sekolah, manajeman sumber daya, kewirausahaan dan supervisI pembelajaran.
Dari keenam komponen tersebut maka kepala sekolah harus bisa menyiapkan bukti fisiknya agar ketika akan melakukan penilaian kinerja maka seluruh perlengkapan tersebut dapat terlengkapi dengan baik.

Pada postingan kali ini saya akan membagikan contoh format isian jawaban dalam mempersiapkan bukti fisik penilaian kinerja kepala sekolah dari keenam komponen diatas yang meliputi unsur kriteria, indikator dan bukti fisik, dan bagi anda yang membutuhkannya maka silahkan miliki formatnya di bawah ini :
  1. Kepribadian dan sosial (Disini)
  2. Kepemimpinan pembelajaran (Disini)
  3. Pengembangan sekolah (Disini)
  4. Manajeman sumber daya (Disini)
  5. Kewirausahaan (Disini)
  6. SupervisI pembelajaran (Disini)
UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP BUKTI FISIK PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH TERBARU MAKA SILAHKAN DAPATKAN FILENYA (DISINI)


Demikianlah yang bisa saya bagikan pada kesempatan ini dalam hubungannya dengan penilaian kinerja kepala sekolah, dan semoga melalui postingan ini senantiasa bisa membantu aktivitas kepala sekolah dalam mempersiapkan keperluan dalam melakukan proses penilaian kinerja kepala sekolah.
Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel