2 Contoh RKAS SD,SMP,SMA,SMK Tahun 2024

Kherysuryawan.id – Contoh Pembuatan Laporan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) Tahun 2024.

Halo sahabat kherysuryawan yang berbahagia, selamat berjumpa kembali di website pendidikan ini. Pada postingan kali ini admin akan membahas tentang salah satu program sekolah yang sangat penting untuk kemajuan dan peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Adapun program sekolah yang dimaksud disini ialah tentang RKAS atau Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah.

 

Untuk melakukan pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan disekolah maka diperlukan upaya penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah ( RKAS ) agar sekolah dapat melaksanakan program-program kegiatan dalam rangka mewujudkan visi, misi dan tujuan sekolah. Dalam penyusunan RKAS maka tentunya hal ini akan berhubungan erat dengan penggunaan dana BOS sekolah. Perencanaan program BOS meliputi dua kegiatan utama yang dilakukan oleh kepala sekolah bersama Tim Manajemen BOS sekolah yaitu mengidentifikasi kebutuhan sekolah dan menyusun Rencana Anggaran Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Dalam mengidentifikasi kebutuhan sekolah, kepala sekolah dan Tim Manajemen BOS sekolah perlu menentukan kondisi sekolah saat ini. Salah satunya dengan melakukan evaluasi diri. Dengan melakukan evaluasi diri akan menunjukkan kinerja sekolah misalnya, bagian yang mengalami perbaikan atau peningkatan, bagian yang tetap, dan bagian yang mengalami penurunan. Hal ini penting dilakukan karena dana BOS merupakan sumber utama bagi sekolah untuk memenuhi biaya penyelenggaraan sekolah, dan kebijakan pemerintah mengharuskan BOS menjadi sarana penting untuk meningkatkan akses dan mutu pendidikan dasar yang bermutu.

 

Setelah mengidentifikasi kebutuhan sekolah sesuai hasil evaluasi diri yang dilakukan oleh sekolah, maka kepala sekolah bersama Tim Manajemen BOS sekolah dapat menyusun Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) berdasarkan hasil evaluasi diri sekolah. Dalam penyusunan RKAS, kepala sekolah dan Tim Manajemen BOS sekolah harus memperhatikan ketentuan-ketentuan dari masing-masing sumber dana

 

Tujuan Penyusunan RKAS

Pada dasarnya tujuan penyusunan RKAS adalah sebagai berikut :

1.     Membantu sekolah dalam membelanjakan anggaran secara bijaksana untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam satu tahun.

2.     Membantu sekolah dalam merespon tuntutan partisipasi masyarakat, dan

3.     Membantu sekolah dalam meningkatkan keterbukaan dan akuntabilitas.

4.     Mewujudkan visi misi dan tujuan sekolah

 

Manfaat RKAS

Ada beberapa Manfaat membuat Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS), diantaranya yaitu sebagai berikut :

1.     Sebagai acuan bagi sekolah untuk mencapai terget-target peningkatan kualitas pendidikan yang akan dicapai dalam jangka pendek.

2.     Dapat digunakan sebagai panduan bagi sekolah dalam memanfaatkan subsidi baik subsidi dari pemerintah maupun dari non pemerintah.

3.     Sebagai sumber inspirasi bagi seluruh warga sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran, dan

4.     Sebagai tolak ukur bagi keberhasilan implementasi berbagai program peningkatan mutu pendidikan di sekolah

 

Dalam menyusun rencana kegiatan dan anggaran sekolah ini meliputi tiga kegitan, yaitu :

1.       Merumuskan program sekolah yang dilakukan melalui empat langkah :

a.       menetapkan sasaran,

b.       merumuskan program dan menetapkan penanggung jawab program,

c.       menentukan indikator keberhasilan, dan

d.       menentukan kegiatan.

2.       Menyusun jadwal kegiatan.

3.       Menyusun Anggaran Kegiatan sesuai tahun pelajaran yang berjalan.

 

Apakah disekolah anda sudah membuat dan menyusun laporan dalam bentuk Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) ? jika belum maka wajib untuk dapat membuat RKAS agar program sekolah yang akan di rencanakan untuk pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan dapat terlaksana dengan baik sesuai harapan.

 

CONTOH LAPORAN RKAS

Nah, melalui kesempatan ini admin kherysuryawan akan mencoba untuk berbagi file contoh pembuatan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) dan juga laporan pertanggung jawaban Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Tentunya file RKAS yang akan admin kherysuryawan bagikan ini kiranya dapat membantu pihak sekolah dalam memperoleh referensi untuk melakukan penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Namun perlu untuk di pahami bahwa Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) yang akan di buat di sekolah tentunya harus di sesuaikan dengan kondisi dan biaya anggaran yang sesuai dengan keadaan di sekolah masing-masing.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan file contoh penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS), maka di bawah ini admin kherysuryawan telah menyiapkan filenya secara lengkap :

 

  • Contoh Laporan RKAS Model 1 - (DISINI
  • Contoh Laporan RKAS Model 2 - (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai contoh penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS). Semoga anda yang membutuhkan informasi ini dapat terbantu dan bisa memperoleh referensi untuk melakukan penyusunan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

Sekian dan Semoga Bermanfaat, Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel