Solusi Gagal Login ke Laman PTK DATADIK 2022

Kherysuryawan.id – Cara mengatasi tidak bisa masuk/login ke laman ptk.datadik.kemdikbud.go.id dengan menggunakan akun guru.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi seputar akun PTK yang akan digunakan oleh masing-masing guru guna melakukan perubahan data guru atau untuk mengecek kelengkapan data masing-masing guru.

 

Seperti kita ketahui Bersama bahwa untuk melakukan perubahan ataupun penambahan data guru khususnya pada data riwayat pendidikan, maka kini hal tersebut sudah dapat di lakukan atau di akses oleh masing-masing guru melalui laman ptk.datadik sehingga tidak perlu lagi harus menginputkannya kedalam aplikasi dapodik. Adapun riwayat pendidikan yang dapat diinputkan melalui laman ptk.datadik yaitu pendidikan pertama hingga pendidikan terakhir ( mulai dari pendidikan jenjang SD hingga pendidikan jenjang sarjana).

 

Menu apa saja yang tersedia di laman ptk.datadik ???

Berikut ini menu yang tersedia di laman ptk.datadik, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1.   Biodata PTK

2.   Beban ajar

3.   Tugas

4.   Pendidikan

5.   Sertifikasi

6.   Kepangkatan

7.   KGB

8.   Riwayat

 

Nantinya menu-menu tersebut akan menampilkan data-data yang dimiliki oleh masing-masing PTK. Sebagai informasi bahwa data yang ditampilkan di setiap menu ialah data yang bersumber dari dapodik, namun secara khusus untuk data pendidikan maka dapat diinput atau di perbaharui melalui laman ptk.datadik.kemdikbud.go.id tersebut.

 

Untuk bisa login atau masuk kelaman ptk.datadik maka setiap guru harus sudah memiliki akun yang nantinya akan digunakan login ke laman tersebut. Adapun akun yang dimiliki oleh masing-masing guru yaitu bersumber dari operator dapodik sekolah sehingga bagi guru yang belum memiliki akun maka bisa memintanya kepada operator dapodik sekolah.

 

Disini admin akan memberikan penjelasan tentang cara mengatasi gagal login akun PTK dengan keterangan username dan password tidak cocok atau lebih tepatnya solusi bagaimana cara mengatasi masalah jika PTK mengalami gagal login ke laman ptk.datadik.kemdikbud.go.id. Memang ada beberapa kasus dimana PTK yang telah memiliki akun masih tetap tidak bisa melakukan login ke laman ptk.datadik padahal akun yang digunakan sudah sesuai dengan akun yang di dapatkan dari operator dapodik sekolah.

 

Nah, hal itu sering terjadi dan mengakibatkan banyak PTK yang kebingungan untuk mendapatkan solusinya sehingga terkadang PTK tidak memiliki jalan keluarnya dan hanya bisa mengulang-ulang cara yang tidak menyelesaikan masalah. sebenarnya untuk mengatasi hal tersebut maka PTK harus terlebih dahulu memastikan apakan email dan password yang digunakan untuk login sudah benar/sesuai.

 

Apabila akun (email dan password) yang digunakan oleh masing-masing PTK sudah benar dan sesuai namun masih tetap tidak berhasil login, maka jalan keluarnya ialah menghubungi operator dapodik sekolah masing-masing agar di lakukan update password. Tujuan dilakukan update password ialah agar password lama dapat di perbaharui sehingga nantinya akun dapat kembali di gunakan.

 

Untuk melakukan update password PTK agar bisa login ke laman ptk.datadik maka operator dapat memasukkan password yang lama kembali atau juga dapat mengganti dengan password baru. Intinya bahwa password PTK yang bermasalah harus di lakukan pengupdaten agar dapat kembali digunakan sebagai akun yang aktif. Update password harus di lakukan akibat dari server pusat yang telah melakukan reset kesemua akun PTK sehingga untuk bisa kembali menggunakan akun PTK agar aktif ialah wajib melakukan update password.

Sebagai informasi pula bahwa untuk melakukan update password maka PTK tidak perlu mengganti email yang telah di daftarkan/digunakan.

 

Lantas bagaimana cara melakukan update password PTK, berikut ini penjelasannya :

Update password PTK agar bisa aktif dan bisa digunakan login ke laman ptk.datadik hanya bisa di lakukan oleh operator dapodik saja, dan berikut langkah-langkahnya :

 

CARA UPDATE PASSWORD PTK

1.   Silahkan masuk / akses ke alamat berikut : https://sp.datadik.kemdikbud.go.id/

2.   Selanjutnya klik “Login menggunakan SSO”



3.   Masukkan username dan password, lalu klik “Masuk”



4.   Setelah berhasil login, klik menu “AKUN”, lalu pilih jenis akun sebagai PTK dan klik “Tampilkan”



5.   Selanjutnya pilih nama guru yang akan di update passwordnya kemudian klik tanda pensil yang ada di pojok kanan



6.   Selanjutnya silahkan masukkan password yang akan digunakan, lalu klik “UPDATE”



7.   Maka akan muncul notifikasi “Akun pengguna berhasil di simpan” dan silahkan klik “OK”



8.   Selesai.

 

Setelah operator dapodik melakukan update password maka silahkan password yang telah di update tersebut di bagikan ke PTK yang tadi tidak bisa melakukan login, apabila ptk telah mendapatkan password yang telah di update tersebut maka dapat di pastikan PTK tersebut akan berhasil melakukan login ke laman ptk.datadik.

 

Demikianlah informasi yang bisa admin kherysuryawan.id bagikan pada kesempatan kali ini semoga penjelasan tentang cara mengatasi gagal login ke laman ptk.datadik yang telah admin sampaikan melalui artikel ini senantiasa dapat membantu rekan-rekan guru yang mengalami masalah tersebut dan bisa memiliki solusinya.

Sekian dan semoga Bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel