Cara Menautkan Akun Belajar.id Dengan SIMPKB Terbaru

Kherysuryawan.id – Cara menautkan akun pembelajaran (belajar.id) dengan sim PKB.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, perlu di ketahui bahwa pemerintah dalam hal ini kementerian pendidikan dan kebudayaan telah memberikan sebuah layanan yang sangat penting baik untuk guru maupun untuk peserta didik. Layanan yang di berikan yaitu berupa akun pembelajaran yang gratis yang dapat digunakan untuk mengakses layanan pembelajaran secara unlimited.

 

Apakah akun pembelajaran sangat penting dan apa saja manfaat memiliki akun pembelajaran ?

Akun pembelajaran memang sangat penting untuk dimiliki oleh guru. Dengan memiliki akun belajar maka guru dapat memanfaatkannya untuk keperluan panggilan video dengan membuat kelas interaktif secara daring, akun pembelajaran juga dapat digunakan sebagai akses kelayanan merdeka belajar dimana guru dapat dengan mudah mengajar sesuai kemampuan murid. Diaplikasi merdeka belajar juga menyediakan pelatihan untuk tingkatan kompetensi serta berkarya untuk menginspirasi teman sejawat. Dan masih banyak peruntukkannya dalam pembelajaran sehingga akun pembelajaran sangat penting bagi guru.

 

Berikut ini beberapa manfaat dalam memiliki akun pembelajaran.

 

Dengan memiliki Akun Pembelajaran, Anda dapat:

  1. Lebih mudah dan efektif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar (konferensi video, dokumen daring, pengarsipan kelas, dan lain-lain)
  2. Mengakses berbagai platform Kemendikbudristek menggunakan akun belajar.id
  3. Menyimpan data secara daring dengan lebih aman
  4. Mengakses dan menggunakan Chromebook
  5. Menerima informasi resmi dari Kemendikbudristek

 

Perlu di ketahui bahwa akun belajar.id dapat dengan mudah untuk di miliki oleh guru, namun sebelum menggunakan akun pembelajaran tersebut maka guru wajib untuk melakukan aktivasi terlebih dahulu agar nantinya akun belajar.id dapat di gunakan untuk melakukan penyimpanan data maupun untuk melakukan akses ke layanan pembelajaran. Selain itu akun pembelajaran juga dapat di tautkan ke layanan sim PKB masing-masing guru.

 

Lantas, bagaimana cara untuk bisa mendapatkan akun pembelajaran, melakukan aktivasi akun pembelaajran serta bagaimana cara untuk bisa menautkan akun pembelajaran ke layanan sim PKB bagi guru ?

 

Pada postingan sebelumnya admin kherysuryawan.id telah membagikan panduan tentang cara mudah untuk mendapatkan akun pembelajaran dan juga melakukan aktivasi akun pembelajaran dan bagi anda yang mungkin belum mengetahui caranya maka anda bisa membaca panduan lengkapnya melalui judul di bawah ini :

  • CARA MENDAPATKAN AKUN BELAJAR.ID (DISINI)
  • CARA MENGAKTIFKAN AKUN BELAJAR.ID (DISINI)

 

Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan panduan atau tutorial tentang bagaimana cara untuk menautkan akun pembelajaran ke layanan simPKB. Nah, bagi anda yang ingin mengetahui cara menautkan sim PKB dengan akun belajar.id maka silahkan simak penjelasannya di bawah ini :

 

 

CARA MENAUTKAN SIMPKB DENGAN AKUN PEMBELAJARAN

1.   Silahkan anda buka browser ( mozila atau chrome)

2.   Kemudian buka laman https://akun.simpkb.id/

3.   Selanjutnya silahkan Masukkan Surel/SIMPKB-ID (No.UKG) dan kata sandi (password) yang biasa anda gunakan untuk mengakses ke SIMPKB.



4.   Setelah berhasil login ke dashboard simPKB maka silahkan klik menu “Integrasi Layanan”



5.   Jika anda tidak menemukan menu integrasi layanan di dashboard maka silahkan anda klik nama anda yang terletak di sudut kanan lalu klik pilihan “Dashboard Akun” maka nanti akan terlihat menu integrasi layanan



6.   Selanjutnya silahkan klik “TAUTKAN” agar akun belajar.id dapat tertaut ke layanan simPKB anda



7.   Kemudian akan muncul notifikasi “anda ingin menautkan layanan ini” ? dan silahkan klik “Tautkan”



8.   Apabila telah muncul tulisan “TERTAUT” seperti tampak pada gambar di bawah ini, maka itu artinya kini akun pembelajaran anda telah berhasil terpasang di layanan simPKB.



9.   Selesai.

 

Demikianlah informasi mengenai cara mudah untuk menautkan akun belajar.id ke sim PKB anda. Semoga dengan tutorial yang telah admin sampaikan pada kesempatan kali ini, senantiasa bisa membantu para guru yang akan menautkan akun pembelajarannya ke layanan sim PKB.

Sekian dan Terimakasih, Semoga Bermanfaat !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel