Cara Mengaktifkan Akun Pembelajaran (Belajar.id)

Kherysuryawan.id – Cara aktivasi akun pembelajaran (belajar.id)

Sahabat pendidikan, bagaimana kabar anda hari ini ? semoga anda yang sedang membaca postingan ini senantiasa selalu dalam keadaan yang sehat dan selalu dalam lindungan Tuhan yang Maha Kuasa. Oh ya, pada kesempatan kali ini admin akan menulis tentang salah satu hal prnting yang harus di ketahui baik oleh para operator dapodik sekolah, guru dan juga siswa.

 

Kita ketahui Bersama bahwasannya saat ini kementerian pendidikan dan kebudayaan telah menyediakan bagi para guru dan siswa sebuah akun pembelajaran yang mana nantinya dengan akun pembelajaran tersebut maka guru dan siswa dapat menggunakan dan memanfaatkannya sebagai akses menuju ke layanan pembelajaran maupun untuk keperluan penyimpanan data.

 

Sebagai bahan informasi tentang akun pembelajaran yang mana Akun Pembelajaran diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan.

 

Dengan Akun Pembelajaran, maka nantinya kita bisa mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar. Mulai dari mengakses platform Kemdikbudristek sampai beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka ataupun jarak jauh.

 

Lantas bagaimana cara untuk kita bisa mendapatkan akun pembelajaran tersebut ?

Nah, pada postingan yang telah admin bagikan sebelumnya admin telah menjelaskan tentang bagaimana cara untuk kita bisa mendaptkan akun pembelajaran yang kita inginkan. Di postingan tersebut admin telah menginformasikan bahwa ada 2 cara untuk bisa mendapatkan akun belajar.id yakni bisa melalui operator dapodik sekolah ataupun melalui cara sendiri atau dengan cara mandiri.

Untuk lebih jelas mengenai bagaimana cara mendapatkan akun pembelajaran silahkan lihat panduannya DISINI.

 

Sahabat pendidikan ada begitu banyak manfaat yang bisa kita peroleh jika kita memiliki akun pembelajaran. Berikut ini manfaat memiliki akun pembelajaran :

Dengan memiliki Akun Pembelajaran, Anda dapat:

1.       Lebih mudah dan efektif dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar (konferensi video, dokumen daring, pengarsipan kelas, dan lain-lain)

2.       Mengakses berbagai platform Kemendikbudristek menggunakan akun belajar.id

3.       Menyimpan data secara daring dengan lebih aman

4.       Mengakses dan menggunakan Chromebook

5.       Menerima informasi resmi dari Kemendikbudristek

 

 

Sahabat pendidikan yang berbahagia, apabila anda telah memiliki akun pembelajaran (belajar.id) maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan ialah melakukan aktivasi akun atau mengaktifkan akun tersebut agar nantinya akun tersebut dapat digunakan sebagai akses menuju ke layanan pembelajaran atau untuk keperluan lainnya.

 

Bagaimana sih cara untuk mengaktifkan atau aktivasi akun pembelajaran kita ?

Baiklah untuk sahabat pendidikan yang ingin mengetahui bagaimana cara melakukan aktivasia akun pembelajaran, maka melalui postingan ini admin akan memberikan panduan tentang cara mudah melakukan aktivasi akun pembelajaran.

 

Perlu di ketahui bahwa meskipun kita sudah memiliki atau mendapatkan akun belajar.id namun belum tentu akun tersebut langsung dapat digunakan melainkan terlebih dahulu harus diaktifkan. Sebelum melakukan aktivasi akun pembelajaran maka terlebih dahulu kita dapat melakukan cek apakah akun pembelajaran yang kita miliki sudah aktif atau belum aktif. Hal ini penting untuk di lakukan agar nantinya kita bisa mengetahui status akun pembelajaran yang telah kita miliki tersebut.

 

CARA MENGECEK STATUS AKUN PEMBELAJARAN

 

1.       Silahkan Buka halaman https://belajar.id/

2.       Selanjutnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini :



3.       Masukkan data-data berikut:

  • Nama Lengkap
  • Nama Ibu Kandung
  • Tipe Pengguna, pilih Peserta Didik atau Pendidik
  • Tanggal Lahir
  • Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN)

4.       Klik tombol “Periksa Akun Pembelajaran

5.       Berikutnya Anda akan mendapatkan informasi apakah Akun Pembelajaran sudah Aktif atau belum Aktif. 


Apabila akun anda belum aktif seperti pada tampilan di bawah ini, maka itu artinya anda harus melakukan aktivasi akun pembelajaran terlebih dahulu.




CARA MENGAKTIFKAN AKUN PEMBELAJARAN (BELAJAR.ID)

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan aktivasi akun pembelajaran:

1.       Siapkan akun pembelajaran yang telah anda miliki

1.       Buka halaman https://mail.google.com/



2.       Masuk atau log in menggunakan akun pembelajaran yang dalam hal ini nama akun (User ID) dan kata sandi (password) Anda

3.       Setujui syarat dan ketentuan penggunaan Akun Pembelajaran



4.       Lakukan penggantian kata sandi (password) Akun Pembelajaran



5.       Apabila muncul gambar seperti ini, maka itu artinya akun pembelajaran anda telah aktif.



6.       Selesai.

 

BACA JUGA : 

  • CARA MENAUTKAN AKUN BELAJAR.ID DENGAN SIMPKB (DISINI)


Bagaimana sangat mudah bukan untuk melakukan aktivasi akun pembelajaran. Nah sekarang setelah akun pembelajaran anda telah aktif maka anda kini bisa menggunakannya untuk mengakses layanan pembelajaran dengan menggunakan akun yang telah diaktivasi tersebut. Jangan lupa untuk menggunakan kata sandi atau password yang telah anda aktivasi agar anda bisa masuk ke akun pembelajaran anda.

Sekian dan selamat mencoba, Semoga anda Sukses !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel