Cara Pengisian Data SARPRAS yang Benar di Dapodik

Kherysuryawan.id – Panduan Pemutakhiran Data Sarana Prasarana di Dapodik.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, bagaimana kabar anda hari ini ? semoga anda selalu dalam keadaan sehat. Pada postingan kali ini admin akan membahas salah satu hal penting yang menjadi tugas utama seorang operator sekolah di sekolah.

 

Kita ketahui Bersama bahwa operator sekolah merupakan salah satu tenaga yang sangat penting bagi sekolah karena semua data sekolah nantinya akan di urus oleh seorang operator dapodik sekolah sehingga wajar jika operator dapodik sekolah sering dijuluki sebagai jantungnya sekolah sebab keberhasilan data sekolah pada aplikasi dapodik sekolah ada di tangan operator dapodik.

 

Nah, berbicara mengenai tugas seorang operator dapodik sekolah perlu di ketahui bahwa semua data sekolah, data guru dan data siswa nantinya akan ditangani oleh operator dapodik sekolah meskipun untuk data pribadi GTK akan diinputkan oleh masing-masing GTK itu sendiri namun tetap saja operator akan selalu menjadi pendamping dan pemandu dalam pengisian data tersebut.

 

Sahabat operator yang berbahagia, kita ketahui Bersama bahwa saat ini dengan dirilisnya aplikasi dapodik versi terbaru, maka banyak operator dapodik sekolah yang stress karena ternyata pada menu validasi khususnya pada bagian sarpras banyak sekali data yang tiba-tiba menjadi invalid alias silang merah yang menyebabkan aplikasi dapodik tidak bisa untuk melakukan syncronisasi.

 

Nah agar dapodik dapat di sinkronisasi maka mau tak mau validasi pada menu sarpras yang invalid tersebut harus di perbaiki sehingga semua datanya dapat menjadi valid. Lantas bagaimana sih cara untuk melakukan perbaikan data sarpras atau melakukan pemutakhiran data sarpras ? nah pada postingan ini admin akan membagikan panduan tentang bagaimana cara untuk melakukan pengisian atau pemutakhiran data sarpras yang benar di aplikasi dapodik.

 

Dalam rangka peningkatan kualitas dan pemutakhiran Data Pokok Pendidikan pada entitas sarana prasarana, satuan pendidikan diharapkan dapat memutakhirkan data sarana dan prasarana di Dapodik. Hal ini diperlukan agar data tersebut valid secara pendataan Dapodik. Data yang perlu dimutakhirkan, yaitu:

1.   Mengisi dan melengkapi isian data prasarana dengan benar, antara lain: data tanah, bangunan, dan ruang.

2.   Mengisi dan melengkapi isian data sarana dengan benar, antara lain: alat, angkutan, dan buku.

3.   Menjawab pertanyaan kepemilikan terkait sarana prasarana yang terdapat pada Tabulasi Data Dinamis pada menu rinci sekolah.

 

Bagi para operator dapodik sekolah yang mungin sudah sangat terbiasa melakukan pengisian atau pemutakhiran data khususnya pada data sarana dan prasarana yang ada di dalam aplikasi dapodik maka hal itu tidaklah sulit untuk dilakukan, namun bagi sebagian operator dapodik sekolah yang mungkin masih sangat baru maka tentunya hal itu akan sedikit membuat kepala menjadi pening dalam melakukannya.

 

Tenang saja, sebab melalui postingan ini admin akan membagikan sebuah panduan tentang bagaimana cara melakukan pemutakhiran data sarana prasarana yang ada di dalam aplikasi dapodik. Tentunya dengan melihat panduan maka operator dapodik sekolah yang akan melakukan pemutakhiran data sarpras akan sangat mudah untuk melakukannya.

 

Perlu di katahui bahwa Perekaman data sarana prasarana di Aplikasi Dapodik dimulai dari perekaman data tanah, selanjutnya data bangunan, dan ruang. Jadi ketiga identitas tersebut nantinya akan saling berkaitan.

Berikut ini sajian alur perekaman data SARPRAS pada aplikasi dapodik :



 

Perlu dikathui pula bahwa nantinya dalam melakukan pengisian data sarana dan prasarana sekolah seperti data tanah sekolah, data bangunan sekolah dan juga data alat yang ada di setiap bangunan sekolah semuanya harus diisikan sesuai dengan data yang sebenarnya dan tentunya harus memiliki bukti fisiknya sehingga data tersebut dapat akurat dan sesuai dengan faktanya.

 

Baiklah untuk lebih jelas mengenai bagaimana cara untuk melakukan pengisian atau pemutakhiran data sarpras yang benar di dalam aplikasi dapodik, maka berikut ini admin bagikan buku panduan pemutakhiran data sarpras untuk dapodik di bawah ini:

 

  • PANDUAN PEMUTAKHIRAN DATA SARPRAS DIDAPODIK (DISINI)

 

Dengan adanya buku panduan tentang pemutakhiran data sarpras sekolah di aplikasi dapodik yang telah admin bagikan diatas kiranya bisa menjadi bahan bacaan yang mudah untuk dimengerti dan dipahami terlebih semoga dapat memudahkan para operator dapodik sekolah yang akan melakukan pengisian data sarpras di aplilasi dapodik.

Sekian informasi kali ini, semoga apa yang telah admin bagikan ini bisa bermanfaat.

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel