Cara Mengecek Data Siswa Ganda di VervalPD Terbaru

Kherysuryawan.id – Cara mengetahui/melihat data peserta didik ganda yang ada di dapodik melalui vervalPD.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, apakah anda merupakan seorang operator dapodik sekolah ??? jika anda adalah seorang operator dapodik sekolah maka postingan ini ada kaitannya dengan tugas sebagai seorang operator dapodik sekolah.

 

Pada postingan kali ini admin kherysuryawan.id akan membahas tentang data siswa berganda atau dapat dikatakan sebagai siswa yang memiliki status aktif di lebih dari 1 sekolah ( terdata di 2 sekolah atau lebih). Nah, untuk operator dapodik sekolah maka hal ini merupakan salah satu tugas yang harus di pahami tentang bagaimana cara untuk mengetahui bahwa data siswa ternyata ganda.

 

Data ganda yang dimaksud disini ialah data siswa yang terbaca aktif di lebih dari satu sekolah. Sebagai contoh ada siswa yang setelah dicek data NISN nya secara online ternyata siswa tersebut terdaftar di  2 sekolah. Nah kasus seperti inilah yang dimaksud dengan data ganda sebab data siswa tersebut masih terdaftar aktif di 2 sekolah yang mana sekolah asal belum mengeluarkan siswa tersebut dan di sekolah tujuan (tempat pindah) siswa tersebut juga telah di daftarkan sehingga data siswa tersebut masih terdata aktif di 2 sekolah.

 

Ada beberapa factor yang menyebabkan data siswa/peserta didik menjadi ganda. Salah satunya di sebabkan karena siswa tersebut pernah berpindah sekolah dari sekolah yang satu kesekolah yang lainnya. Ketika siswa tersebut pindah ternyata data siswa dari sekolah asal belum di keluarkan sementara di sekolah tujuan yang baru datanya juga sudah diinputkan/di Tarik datanya sehingga terjadilah data siswa yang berganda.

 

Hal tentang data siswa ganda banyak terjadi ketika siswa berpindah sekolah dari sekolah MTs atau dari naungan Departemen Agama kesekolah yang menggunakan data dapodik. Mengapa hal tersebut bisa terjadi, salah satu faktornya ialah karena kedua sekolah terseebut tidak menggunakan aplikasi data yang sama sehingga terkadang tidak dapat sinkron.

 

Nah, bagi operator dapodik sekolah yang hingga saat in masih bingung untuk bisa mengetahui data siswa berganda yang ada di dapodik, maka melalui postingan ini admin akan mencoba untuk memberikan tutorial tentang bagaimana cara untuk mengecek data siswa berganda.

 

Sebagai informasi bahwa untuk bisa mengetahui data siswa ganda dan untuk bisa mengeluarkan siswa ganda maka hal itu dapat di lakukan melalui vervalPD. Bagi para operator dapodik sekolah laman vervalPD tentunya sudah tidak asing lagi sebab untuk melakukan perbaikan data siswa maka laman vervalPD merupakan salah satu alternatifnya.

 

Apa itu vervalPD ?

vervalPD merupakan singkatan dari Verifikasi dan Validasi Data Peserta Didik. Jadi untuk melakukan perbaikan data peserta didik yang meliputi data nama peserta didik, tempat dan tanggal lahir, NISN, nama ibu kandung maka dapat di lakukan melalui vervalPD.

 

Berbicara mengenai data siswa ganda, Lantas bagaimana cara untuk mengetahui data siswa ganda dan terdaftar di 2 sekolah ?

Berikut ini langkah-langkah mengetahui siswa ganda di verval PD :

1.   Silahkan login di laman ini : https://vervalpd.data.kemdikbud.go.id

2.   Masukkan username dan password SDM yang dimiliki oleh operator sekolah kemudian klik Login



3.   Selanjutnya klik menu “Residu”



4.   Selanjutnya silahkan lihat tanda silang merah pada kolom NISN, dan klik icon pada nama siswa yang silang merah tersebut (seperti pada gambar di bawah ini)



5.   Kemudian klik menu “Quality control”



6.   Lihat pada kolom keunikan NISN, disana kita bisa mengetahui status siswa ganda dan nama siswa tersebut terdaftar aktif di lebih dari 1 sekolah.



7.   Untuk mengeluarkan data siswa ganda silahkan lihat (DISINI)

8. Selesai.

 

Nah itulah langkah-langkah untuk mengetahui bagaimana cara mengecek data siswa berganda di laman vervalPD. Semoga postingan ini senantiasa bisa menjadi sebuah informasi yang bermanfaat dan bisa membantu para operator dapodik sekolah yang ingin melakukan cek data siswa ganda.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel