Cek Daftar Sekolah Yang Sudah Mengaktifkan Akun Belajar.id

Kherysuryawan.id – Cara Cek Daftar sekolah yang sudah mengaktifkan akun Pembelajaran (belajar.id)

Sahabat pendidikan yang berbahagia, pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang bagaimana cara untuk mengetahui perkembangan atau progress yang telah di lakukan oleh setiap sekolah di setiap propinsi / kabupaten dalam melakukan aktivasi akun pembelajaran (belajar.id).

 

Seperti kita ketahui Bersama bahwa pemerintah dalam hal ini kementerian pendidikan dan kebudayaan riset dan teknologi telah memberikan akun pembelajaran gratis kepada setiap guru, kepala sekolah, dan siswa di masing-masing satuan pendidikan mulai dari jenjang paud, sekolah dasar hingga sekolah menengah.

 

Akun pembelajaran (belajar.id) sangat penting untuk dimiliki oleh setiap guru dan siswa. Nantinya akun belajar.id tersebut dapat dimanfaatkan sebagai akses menuju ke portal pembelejaran yang telah disiapkan oleh kemendikbud dan juga melalui akun belajar.id itu guru dapat memanfaatkannya sebagai tempat penyimpanan file berupa gambar atau video pembelajaran secara gratis dan tentunya tidak terbatas.

 

Bagaimana cara untuk mendapatkan akun belajar.id ???

Pertanyaan diatas sebenarnya sudah admin kherysuryawan.id jelaskan pada postingan-postingan sebelumnya. Di artikel sebelumnya admin sudah memberikan tutorial tentang bagaimana mendapatkan akun belajar.id dan juga begaimana cara untuk mengaktifkan akun belajar.id. bagi para guru admin juga telah membahas tentang bagaimana cara menautkan akun belajar.id ke simPKB.

Bagi yang belum memahami atau mengatahui cara untuk mendapatkan akun belajar.id dan cara mengaktifkannya maka silahkan anda simak penjelasannya melalui judul yang admin telah siapkan di bawah ini :

 

 

Akun Pembelajaran diberikan kepada peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan dari berbagai satuan pendidikan, mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, dan Kesetaraan.

Dengan Akun Pembelajaran, kamu bisa mengakses berbagai kebutuhan kegiatan belajar mengajar. Mulai dari mengakses platform Kemdikbudristek sampai beragam aplikasi yang akan memudahkan kegiatan belajar mengajar, baik secara tatap muka ataupun jarak jauh.

 

Bagi setiap sekolah kemendikbud mengharapkan agar setiap satuan pendidikan dalam hal ini kepala sekolah, guru dan siswa dapat secara aktif untuk melakukan pengaktifan akun pembelajaran. Kemendikbud telah menyiapkan akun pembelajaran tersebut secara gratis kepada semua warga sekolah dan dengan harapan dapat dimanfaatkan untuk mengakses berbagai kebutuhan dalam kegiatan pembelajaran.

 

Mungkin para operator sekolah, dan para guru sering bertanya-tanya tentang bagaimana cara untuk bisa mengetahui tingkat persen atau jumlah sekolah yang telah melakukan aktivasi akun pembelajarannya. Nah melalui postingan ini admin kherysuryawan.id akan memberikan informasi tentang cara cek perkembangan atau progress untuk setiap sekolah di masing-masing daerah yang sudah melakukan aktivasi akun pembelajaran.

 

 

Untuk mengetahui progress atau tingkat aktivasi akun pembelajaran (belajar.id) di setiap daerah khususnya untuk setiap satuan pendidikan/sekolah yang berada di setiap provinsi/kabupaten maka anda bisa mengetahuinya dengan cara mengakses link yang nantinya akan mengarahkan anda ke dashboard aktivasi akun pembelajaran daerah. Disana nantinya kita bisa mengetahui banyak informasi seputar progress aktivasi akun pembelajaran yang telah di lakukan oleh setiap sekolah.

 

Berikut ini informasi yang nantinya akan di sajikan pada dashboard aktivasi akun pembelajaran daerah :

1.   Top 10 provinsi dengan jumlah aktivasi akun pembelajaran tertinggi ( yang akan menyajikan nama-nama provinsi yang telah melakukan aktivasi akun paling tertinggi)

2.   Top 10 kota/kabupaten dengan jumlah aktivasi akun pembelajaran tertinggi ( yang akan menyajikan nama-nama kabupaten/kota yang telah melakukan aktivasi akun paling tertinggi)

3.   Daftar sekolah yang memiliki akun pembelajaran

4.   Masing-masing sekolah dapat melihat progress aktivasi akun pembelajaran

 

Itulah yang dapat anda ketahui tentang dashboard aktivasi akun pembelajaran setiap daerah.

Lantas bagaimana caranya jika kita ingin mengetahui progress aktivasi akun pembelajaran di sekolah kita masing-masing untuk bisa mengetahui berapa jumlah sasaran pengguna, jumlah akun yang tersedia, total akun login dan % aktivasi akun pembelajaran.

 

Berikut ini langkah-langkah untuk mengetahui progress yang telah di lakukan oleh setiap sekolah dalam melakukan aktivasi akun pembelajaran :

1.   Silahkan kunjungi dashboard aktivasi akun pembelajaran melalui link berikut ini : https://bit.ly/bid-dashboard-dinas

2.   Selanjutnya akan tampil daftar 10 provinsi dan kabupaten/kota yang telah melakukan aktivasi akun tertinggi (seperti tampak pada gambar di bawah ini )



3.   Selanjutnya untuk melihat progress aktivasi akun pembelajaran di sekolah kita masing-masing, maka silahkan lakukan :

-          Pilih provinsi

-          Pilih kab/kota

-          Pilih type sekolah

-          Pilih type akun

-          Pilih jenjang

 


4.   Maka nantinya akan ditampilkan nama sekolah kita, jumlah saasaran pengguna, jumlah akun tersedia. Jumlah akun login dan jumlah persen aktivasi akun pembelajaran.



5.   Selesai.

 

Demikianlah informasi mengenai cara untuk mengecek progress atau perkembangan sekolah di setiap daerah yang telah melakukan aktivasi akun pembelajaran. Semoga melalui informasi dan tutorial ini maka anda yang ingin melihat progress aktivasi akun pembelajaran di sekolah masing-masing bisa mengetahuinya dengan mudah.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel