2 Cara Mereset Password Akun Belajar.id

Kherysuryawan.id – Cara mengatasi lupa password akun belajar.id untuk akun guru dan siswa.

Sahabat pendidikan yang berbahagia, saat ini Kemendikbud kembali membagikan sebuah akun pembelajaran gratis bagi para guru, admin sekolah yang dalam hal ini kepala sekolah dan staf tata usaha serta bagi para peserta didik.

 

Akun pembelajaran yang di berikan oleh kemendikbud yaitu berupa email dan password akun belajar.id yang mana nantinya dengan akun pembelajaran tersebut maka guru dan siswa dapat memanfaatkannya sebagai salah satu alat untuk membantu dalam mengembangkan pembelajaran baik pembelajaran secara daring maupun secara luring.

 

Mungkin hingga hari ini masih banyak guru dan siswa yang belum mengetahui atau memahami tentang apa itu akun pembelajaran. Nah untuk lebih jelasnya maka di bawah ini sedikit penjelasan tentang akun pembelajaran yang perlu untuk di ketahui.

Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik yang diterbitkan oleh Kemendikbud sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik. Meskipun penggunaan Akun Pembelajaran bersifat opsional. Sangat disayangkan apabila Akun Pembelajaran tidak diakses sama sekali oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. Oleh sebab itu diharapkan kepada setiap satuan pendidikan agar bisa memanfaatkan akun pembelajaran tersebut untuk kebutuhan dalam pembelajaran.

 

Lantas apa saja sih manfaat dari akun pembelajaran tersebut ?

Nah, Berikut ini beberapa kelebihan dan kemudahan menggunakan akun belajar.id antara lain:

1.   Memiliki penyimpanan unlimited untuk setiap guru. 

2.   Dapat digunakan sebagai Kegiatan Rapat atau pembelajaran dengan google meet dan juga dapat direkam.

3.   Terhubung ke banyak aplikasi Pembelajaran.

4.   Bebas virus 

5.   Terhindar dari data hilang atau lupa kesave

6.   Kemungkinan Server down kecil 

7.   Tampilan menarik dan bisa dicustom sesuai selera

8.   Dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang bisa dirasakan.

 

Mungkin diantara bapak dan ibu guru atau para siswa yang ada di sekolah telah banyak yang memiliki akun pembelajaran (belajar.id), namun tidak bisa dipungkiri hingga saat ini masih banyak juga sekolah-sekolah yang belum menggunakan akun pembelajaran tersebut untuk menunjang proses pembelajaran.

 

Memang dalam menggunakan akun pembelajaran dari kemendikbud tersebut pastinya ada beberapa pengguna yang mengalami kendala saat akan mengunakannya. Sebagai salah satunya ialah tidak dapat mengakses akun pembelajarannya karena mengalami lupa password sehingga mau tak mau harus melakukan reset password.

 

Melalui postingan ini admin akan memberikan informasi tentang cara mudah mengatasi lupa password akun belajar.id sehingga nantinya akun pembelajaran yang bermasalah dapat kembali digunakan dengan baik sesuai dengan fungsinya.

 

Sebagai informasi awal bahwasannya untuk bisa mendapatkan akun pembelajaran (belajar.id) maka guru, kepala sekolah, dan siswa dapat memintanya mellui operator dapodik sekolah atau bisa juga mengambilnya secara mandiri melalui laman belajar.id. nantinya apabila setiap guru atau siswa telah memiliki akun belajar.id tersebut maka langkah awal yang harus di lakukan ialah melakukan pengaktifan akun atau melakukan aktivasi akun dengan cara mengganti password lama dengan menggunakan password yang baru.

 

Setelah akun belajar.id aktif maka nantinya pengguna bisa memanfaatkannya untuk mengakses aplikasi pembelajaran atau melakukan penyimpanan data di google drive dan bagi guru dapat menautkannya ke akun simPKB sehingga nantinya ketika guru akan membuaka akun simPKB maka bisa menggunakan akun belajar.id yang dimiliki.

 

Perlu di ketahui pula bahwa dalam akun belajar.id ada yang dikhususkan untuk guru, siswa dan untuk admin. Khusus akun belajar.id untuk admin yaitu meliputi kepala sekolah dan tenaga kependidikan (staf sekolah). Bagi yang memiliki akun admin maka nantinya ia dapat membantu para guru dan siswa dalam melakukan reset password.

 

Apabila guru maupun siswa telah melakukan aktivasi akun pembelajaran namun ketika akan membuka akun pembelajaran tersebut ternyata pengguna dalam hal ini guru/siswa lupa dengan password akun belajar.id maka melalui postingan ini admin akan memberikan solusinya.

 

Berikut ini 2 cara untuk melakukan reset password akun belajar.id atau 2 solusi untuk mengatasi lupa password akun pembelajaran (belajar.id).

 

CARA 1

Untuk cara pertama ini, bagi para guru atau siswa yang mengalami lupa password akun pembelajarannya dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

1.   Siapkan akun pembelajaran (belajar.id)

2.   Buka browser goole chrome atau mozila lalu masuk ke laman https://gmail.com

3.   Silahkan masukkan email akun belajar.id dan selanjutnya klik “Berikutnya”



4.   Karena anda lupa password maka silahkan klik “Lupa Sandi”



5.   Kemudian masukkan kata sandi terakhir ( gunakan sandi yang pertama kali di dapat saat menerima akun belajar.id)



6.   Masukkan alamat email pemulihan (email yang terdaftar di dapodik), dan klik tombol kirim. Langkah berikutnya cek kode verifikasi google di kotak masuk email dapodik anda, dan ketikkan ke dalam form kode verifikasi google.

7.   Pada laman selanjutnya silahkan isikan password baru, kemudian klik simpan. Jika berhasil akan ada pemberitahuan bahwa akun anda berhasil dipulihkan kembali, silahkan login menggunakan email dan password baru anda.

8.   Selesai.

 

CARA 2

Apabila dengan cara pertama anda masih belum berhasil melakukan pergantian password atau reset password, maka silahkan gunakan cara kedua ini. Berikut ini langkah-langkahnya :

1.   Siapkan akun pembelajaran Admin ( akun kepala sekolah atau staff yang bukan sebagai guru ) biasanya di dalam email ada tulisan admin nya.

2.   Buka browser goole chrome atau mozila lalu masuk ke laman https://admin.google.com

3.   Masukkan email admin dan klik “Berikutnya”

4.   Isikan password nya dan klik “Berikutnya”




5.   Selanjutnya klik menu “USERS”



6.   Silahkan pilih nama pengguna yang akan di reset passwordnya, kemudian klik “RESET PASSWORD”



7.   Kemudian pilih “Create Password” dan masukkan password yang baru di kolom password lalu klik “Reset”



8.   Silahkan klik “copy password” dan klik “DONE”



9.   Langkah terakhir silahkan login menggunakan akun pengguna yang telah di reset dan pada kolom password masukkan password baru yang telah di buat/di copy tadi

10.Selesai.

  

Demikianlah cara mudah untuk mengatasi lupa password akun pembelajaran (belajar.id) atau cara mudah untuk melakukan reset password akun pembelajaran. Semoga dengan tutorial yang telah admin sampaikan di kesempatan kali ini senantiasa dapat membantu rekan guru dan para peserta didik yang mengalami kendala saat menggunakan akun pembelajaran khususnya apabila password yang digunakan tidak sesuai atau lupa password.

Sekian dan Terimakasih, Semoga Bermanfaat !!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel