Contoh Surat Permohonan Pembuatan Akun Belajar.id

Kherysuryawan.id – Download Format Surat Permohonan Pembuatan Akun pembelajaran (Belajar.id)

Sahabat pendidikan, saat ini kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi telah memberikan sebuah akun pembelajaran yang diberi nama akun belajar.id yang dapat digunakan baik oleh kepala sekolah, guru dan peserta didik untuk mengakses layanan pembelajaran secara online.

 


Mungkin sebagian warga pendidikan masih belum mengetahui tentang apa itu akun pembelajaran.

Perlu di ketahui bahwa Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik dengan domain belajar.id yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.

 

Bagi warga di satuan pendidikan dalam hal ini, kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik dapat memiliki akun pembelajaran melalui operator dapodik sekolah. Nantinya operator sekolah akan mendownload file yang berisikan akun pembelajaran dan kemudian akun tersebut dapat di bagikan kepada mereka yang memiliki hak akses sesuai dengan peruntukannya.

 

Setelah akun di peroleh dari operator sekolah maka nantinya setiap pemilik akun harus melakukan aktivasi akun terlebih dahulu dengan persyaratan harus melakukan pembaharuan password. Jadi sebelum melakukan aktivasi akun maka di harapkan kepada setiap pemilik akun untuk bisa menyiapkan password baru yang mudah untuk diingat namun memiliki kekuatan atau model password yang unik.

 

Degan memiliki akun pembelajaran (belajar.id) maka nantinya akan sangat membantu para pendidik dan peserta didik dalam menggunakan akun tersebut untuk mengakses layanan pembelajaran. Akun Belajar.id tersedia untuk para peserta didik dan pengajar mulai dari PAUD, SD, SMP, SMA, SLB dan kesetaraan. Selain itu, akun pembelajaran Belajar.id dapat digunakan untuk mengakses SIMPKB, Forum TanyaBOS, Merdeka Belajar dan menyimpan dokumen tanpa batas.

 

Perlu di ketahui pula bahwa akun belajar.id selain bisa di peroleh melalui operator sekolah maka masing-masing guru juga dapat memperolehnya secara mandiri dengan cara langsung mengakses laman belajar.id dan mengisi data-data yang di butuhkan sesuai dengan data yang telah terdaftar di aplikasi dapodik, selanjutnya nanti akan secara otomatis mendapatkan akun pembelajaran yang akan dikirimkan melalui email masing-masing guru sesuai dengan email yang terdaftar di dapodik.

 

Sahabat pendidikan yang berbahagia, meskipun seharusnya seluruh guru dan siswa akan mendapatkan akun pembelajaran dari kemendikbud namun pada kenyataannya hingga saat ini masih banyak juga para guru , siswa dan tenaga kependidikan yang belum mendapatkan akun pembelajaran sehingga mereka tidak bisa melakukan aktivasi akun.

 

Terlebih lagi dimana akun belajar.id tersebut sangatlah penting bagi seirang guru sebab nantinya akun pembelajaran tersebut akan di gunakan sebagai salah satu akun yang dapat mengakses layanan sim PKB. Apabila guru belum memiliki akun pembelajaran (belajar.id) maka guru tersebut tentunya tidak bisa melakukan penautan akun ke layanan sim PKB.

 

Bagi guru yang juga akan mengikuti pelaksanaan pendidikan profesi guru (PPG) maka akun pembelajaran merupkan salah satu hal yang sangat penting untuk dimiliki sebab nantinya dalam mengakses layanan sim PKB maka guru harus menggunakan akun belajar.id sebagai akun resmi untuk mengaksesnya.

 

Lantas bagaimana caranya jika ternyata masih ada guru yang belum memiliki akun belajar.id dan ingin mendapatkan akun belajar.id tersebut ???

Salah satu cara yang harus di tempuh oleh guru yang belum memiliki akun belajar.id ialah dengan membuat surat permohonan pembuatan akun belajar.id yang kemudian nantinya surat permohonan tersebut dikirim melalui email ke alamat ult pusdatin yang menjadi tempat pembuatan akun belajar.id.

 

Bagi anda bapak/ibu guru yang saat ini belum memiliki akun pembelajaran dan ingin memilikinya maka silahkan membuat surat permohonan terlebih dahulu dan apabila anda belum memiliki contoh surat permohonan pembuatan akun belajar.id maka melalui postingan ini admin kherysuryawan.id akan membagikannya secara gratis.

 

File format surat permohonan pembuatan akun belajar.id yang akan admin bagikan disini tersimpan atau dibuat dalam format Ms Word, sehingga akan sangat mudah untuk di gunakan oleh bapak/ibu guru dan apabila akan melakukan perubahan atau pengisian data maka dapat di edit dengan sangat mudah sesuai kebutuhan masing-masing.

 

Baiklah berikut ini 2 file contoh surat permohonan pembuatan akun belajar.id dalam format word yang bisa anda miliki secara gratis, dan untuk mendapatkannya maka silahkan anda download filenya yang telah di siapkan di bawah ini:

 

  • Surat Permohonan Pembuatan Akun Pembelajaran untuk Perorangan (DISINI
  • Surat Permohonan Pembuatan Akun Pembelajaran untuk Kolektif (DISINI)
  • Surat Permohonan Reset Akun Pembelajaran (DISINI)
  • Surat Permohonan Pembuatan Akun Untuk Semua Warga Sekolah Lengkap (DISINI)


Demikianlah informasi mengenai contoh surat permohonan pembuatan akun belajar.id yang bisa admin kherysuryawan.id bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga dengan file contoh surat permohonan pembuatan akun belajar.id ini maka bisa membantu para guru yang ingin mengajukan permohonan untuk bisa mendapatkan akun pembelajaran.

Sekian dan Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel