Tugas dan Tata Tertib Teknisi ANBK Tahun 2022

Kherysuryawan.id – Memahami Tugas Teknisi dalam pelaksanaan ANBK.

Sahabat kherysuryawan yang berbahagia, sesuai dengan judul pada postingan ini maka pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang tugas dan tanggung jawab yang harus di lakukan atau di kerjakan oleh seorang Teknisi dalam pelaksanaan asesmen nasional (AN).

 


Ada beberapa hal penting yang menjadi syarat untuk kelancaran dalam melaksanakan ujian Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) diantaranya yaitu sekolah harus memiliki komputer (client dan server), memiliki akses jaringan internet yang stabil, memiliki ketersediaan listrik yang memadai serta memiliki ketersediaan sumber daya manusia Teknisi dan teknisi.

 

Seorang Teknisi memiliki peranan yang sangat penting dalam kelancaran pelaksanan asesmen nasional (AN). Di setiap sekolah yang akan melakasanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) maka wajib memiliki tenaga Teknisi di sekolah tersebut. Adapun tenaga Teknisi ANBK untuk di sekolah, dipilih oleh masing-masing satuan pendidikan dan wajib mengikuti pelatihan yang diberikan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

 

Seorang Teknisi tentunya harus memiliki keahlian atau kemahiran dalam dunia komputer dan peralatan atau jaringan komputer. Nantinya tenaga teknisi akan membantu proktor dalam mensukseskan pelaksanaan asesmen nasional. Tenaga teknisi akan lebih banyak bekerja di perbaikan alat serta jaringan komputer yang bermasalah.


Berikut ini Kriteria dan Persyaratan Teknisi ANBK :

Teknisi merupakan pendidik atau tenaga kependidikan pada satuan pendidikan dengan ketentuan:

a. memiliki pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman dalam mengelola LAN pada laboratorium di satuan pendidikan;

b. pernah mengikuti pembekalan atau bertindak sebagai Teknisi;

c. bersedia ditugaskan sebagai Teknisi di satuan pendidikan pelaksana AN; dan

d. bersedia mengisi dan menandatangani pakta integritas.

 

Sahabat kherysuryawan, perlu di ketahui bahwa tugas dan tanggung jawab seorang Teknisi tidaklah mudah sebab apabila anda terpilih menjadi seorang Teknisi ANBK maka anda harus menjalankan tugas dan tata tertib yang telah di tentukan. Tugas dan tata tertib seorang Teknisi telah di jelaskan dan di tuangkan didalam prosedur operasional standar pelaksanaan asesmen nasional (AN).

 

Bagi bapak dan ibu guru di sekolah maupun para pegawai/staf yang ada di sekolah dan kebetulan dipilih menjadi Teknisi di sekolahnya masing-masing, maka anda harus memahami apa-apa saja yang menjadi tugas seorang Teknisi dan apa saja yang menjadi tata tertib Teknisi yang harus di laksanakan selama mengikuti asesmen nasional.

 

Untuk memahami lebih jauh tentang tugas dan tata tertib seornag Teknisi dalam pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) maka Pada kesempatan kali ini, admin akan membagikan tugas dan tata tertib Teknisi ANBK Terbaru Tahun 2022.

Bagi anda yang ingin mengetahuinya secara lengkap tentang tuga dan tanggung jawab Teknisi ANBK maka silahkan simak penjelasannya di bawah ini :

 

TUGAS TEKNISI ANBK

1.   menyiapkan sarana prasarana komputer yang akan digunakan untuk AN;

2.   menyiapkan aplikasi ANBK pada komputer yang akan digunakan untuk asesmen; dan

3.   melakukan perbaikan/penggantian alat yang mengalami kerusakan saat AN

 

itulah diatas beberapa tugas Teknisi yang harus di ketahui dalam kegiatan Asesmen Nasional.

Selain tugas Teknisi maka dalam menjalankan tugas selama pelaksanaan ANBK, Teknisi juga wajib mengikuti dan mematuhi tata tertib yang telah di tentukan. Berikut ini beberapa tata tertib yang harus di patuhi oleh seorang Teknisi selama berada di ruang pelaksana dan diruang asesmen nasional. 

 

TATA TERTIB TEKNISI DI RUANG PELAKSANA

1.   Teknisi harus hadir di lokasi pelaksanaan AN 45 (empat puluh lima) menit sebelum AN dimulai;

2.   Teknisi menerima penjelasan dan pengarahan dari kepala satuan pendidikan atau pelaksana tingkat satuan pendidikan; dan

3.   Teknisi mengisi dan menandatangani pakta integritas

 

TATA TERTIB TEKNISI DI RUANG ASESMEN NASIONAL

  • Adapun tugas teknisi diruang asesmen nasional ialah membantu dalam melakukan perbaikan ketika terjadi gangguan pada jaringan komputer yang digunakan baik oleh siswa maupun oleh guru selama pelaksanaan asesmen berlangsung.

 

Demikianlah penjelasan mengenai tugas Teknisi ANBK serta tata tertib Teknisi ANBK terbaru yang harus di pahami oleh para Teknisi ANBK selama menjalankan tugasnya. Semoga postingan ini dapat membantu pihak sekolah khususnya yang memiliki tugas sebagai Teknisi selama kegiatan ANBK sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan baik demi kelancaran pelaksanaan asesmen nasional di sekolah masing-masing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel