Cara Menghitung Jumlah Papan Dalam 1 Kubik

Kherysuryawan.id – Cara Mengetahui Berapa Jumlah papan atau banyak papan yang akan di dapatkan apabila akan membeli atau menjual dalam satuan kubik.

Sebelum saya membagikan informasi seputar dunia pertukangan khususnya dalam hal perhitungan kayu papan dalam dunia bisnis kayu maka terlebih dahulu saya ingin mengucapkan selamat datang kepada anda yang sedang membaca artikel ini.

 


Saya tertarik untuk membuat artikel ini dengan tujuan untuk bisa membantu masyarakat atau siapapun yang sedang membutuhkan informasi tentang cara mudah dalam melakukan perhitungan jumlah kayu/papan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Sering kali kita temui banyak orang yang ketika akan membeli papan atau bahkan menjual papan merasa kebingungan untuk menentukan jumlah kayu/papan yang akan mereka jual/beli jika menggunakan perhitungan kubik. Hal ini wajar saja bisa terjadi apalagi jika mereka belum memahami tentang bagaimana cara menghitung banyak papan dalam perkubiknya secara benar.

 

Menghitung banyak papan dalam 1 kubik memang sangat penting untuk di ketahui agar pembeli/penjual papan dapat memastikan tidak akan rugi dalam hal memperoleh atau memberikan jumalh papan yang akan mereka jual/beli. Dengan mengetahui cara menghitung jumlah lembar papan dalam perkubiknya maka akan memudahkan pembeli/penjual yang akan melakukan transaksi jual beli papan secara akurat.

 

Berapa lembar papan dalam 1 kubik ?

Pertanyaan diatas sering kali akan menjadi sebuah dilema jika kita tidak mengetahui secara jelas jumlah lembar papan dalam 1 kubik. Bisa jadi kita yang akan membeli akan merasa rugi jika kita tidak mengetahui berapa sebenarnya jumlah lembar papan yang akan kita peroleh jika kita akan membeli dalam hitungan kubik.

 

Bagi anda yang saat ini sedang membutuhkan informasi tentang bagaimana cara mengetahui banyak lembar papan yang akan di miliki dalam hitungan 1 kubik maka melalui artikel ini saya akan memberikan informasi tentang cara mudah dalam mengitung banyak lembar papan dalam 1 kubik dengan menggunakan rumus yang tentunya akan memberikan hasil yang akurat.

 

Para penjual maupun pembeli kayu papan akan sangat mudah mengetahui jumlah lembar papan yang akan mereka jual/beli dalam perkubiknya apabila mengetahui rumus yang harus digunakan dalam melakukan perhitungan jual/beli papan perkubiknya. Selain itu pembeli/penjual juga bisa menentukan harga yang akan di sepakati dengan mudah jika telah mengetahui bagaimana cara melakukan perhitungannya.

 

Dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam hal pertukangan atau bisnis mebel maka kayu papan akan menjadi sesuatu yang sangat penting untuk dijadikan sebagai bisnis jual beli. Papan memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya untuk dinding rumah, untuk pembuatan meja, lemari, kursi, dan masih banyak lagi manfaat lainnya yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu.

 

Bagi pembeli kayu papan maka dapat dipastikan ukuran papan yang akan di beli antara pembeli yang satu dengan yang lainnya tidak mungkin semuanya sama dalam hal ukuran Panjang, Lebar dan ketebalan. Oleh karena itu maka kita harus mengetahui ukuran papan yang akan di beli agar nantinya jumlah papan yang akan di terima dalam satuan kubik juga bisa sesuai.

 

Baiklah bagi anda yang membutuhkan informasi tentang cara menghitung banyak lembar papan yang akan di peroleh dalam 1 kubiknya maka disini saya akan memberikan rumus cara menentukannya serta akan dilengkapi dengan contoh perhitungannya agar para pembaca bisa memahami dengan mudah tentang cara menentukan banyak papan dalam 1 kubik.

 

Untuk mengetahui jumlah lembar papan yang akan di peroleh dalam 1 kubik maka kita harus mengetahui terlebih dahulu ukuran papan yang akan kita gunakan. Adapun ukuran yang dimaksud yaitu ukuran Panjang papan, lebar papan dan tebal papan. Setelah mengetahui ukuran papan yang akan digunakan, maka berikut ini rumus perhitungan jumlah papan dalam 1 kubik :



KETERANGAN :

P: panjang papan kayu (dalam meter)

L: adalah lebar papan (dalam cm)

T: adalah tinggi papan (dalam cm)

Sebagai contoh, maka silahkan simak cara perhitungannya di bawah ini :

Misalnya, Anda ingin membuat rumah kayu dengan dinding papan. Selanjutnya papan yang anda butuhkan yaitu berukuran panjang 4 meter, lebar 20 cm dengan tebal 2 cm. Apabila anda ingin membeli papan tersebut dalam hitungan kubik maka jumlah lembar papan yang akan di peroleh yaitu sebagai berikut :

  

Dari keterangan di atas, kita ketahui bahwa:

P = 4 meter

L = 20 centimeter

T = 2 centimeter

 

HASIL :

 


Jadi jumlah kayu papan yang akan di peroleh yaitu 62,5 Lembar atau dibulatkan menjadi 63 lembar papan.


Dengan begitu pentingnya memahami tentang cara menghitung banyak papan dalam 1 kubik maka akan memudahkan kita dalam membeli atau menjual papan yang menggunakan hitungan kubik.


Demikianlah informasi tentang cara mudah untuk menghitung lembar papan dalam 1 kubik, semoga informasi ini bisa membantu siapapun yang sedang kebingungan dalam menentukan jumlah banyak papan dalam hitungan perkubik.

Sekian dan semoga Bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel